jump to navigation

GROWOL.. Makanan khas Kulon Progo.. 28 Mei 2011

Posted by MazPed in Uncategorized.
Tags: ,
trackback

Bagi warga Kulon Progo, nama GROWOL sudah tidak asing lagi, makanan tradisional yang terbuat dari ketela ini  sangat di gemari masyarakat Kulon Progo bahkan hingga keluar daerah. Waw.. moga aja nantinya terkenal sampai ke manca negara.. 😀

Butuh waktu empat hari untuk membuat growol. Ketela dikupas, di iris kecil-kecil lalu direndam dalam air selama 3hari, kemudian di tiriskan dan di hancurkan ( di deplok ) setelah itu di masak dengan cara di kukus.

Tiap pagi, growol ini musti di bilas agar tidak kecut dan berwarna putih..

Growol di buat tanpa bahan campuran gula, sehingga sehat di konsumsi. Konon growol bermanfaat untuk mencegah kegemukan serta menyembuhkan penyakit maag dan penyakit gula. Dan pastinya NON KOLESTEROL.. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Growol biasanya di sajikan bersama kelapa parutan, di jamin GURRIHHHH… Hmmm MANTAPH…!!!!!

Semoga dapat menambah pengetahuan kita..

Iklan

Komentar»

1. gaplek mania - 28 Mei 2011

Oo.berarti sedulure thiwul.
Podo2 made from cassava

2. monde - 28 Mei 2011

oo

MazPed - 28 Mei 2011

Kalo pingin nyobain silahkan mampir kapan2 ke kota asal bro aziz.. wekekekekekekek

3. MazPed - 28 Mei 2011

leres mas bro, kalo thiwul itu khas Gunung kidul kalo gak salah..
maturnuwun sudah mampir mas bro..

4. warung DOHC - 28 Mei 2011

lawuhe tempe benguk cocog bgt gan! :mrgreen:

MazPed - 28 Mei 2011

Eling tempe benguk, marai kangen Kampung bro…
(karo ndelok tanggalan – bakdo jih suwi…)
Siap toring bareng yok bro…!!!

5. tina - 1 Juni 2011

yang punya blog kyknya mantan bakul growol pasar bendungan,ngerti banget carane gawe….:p

6. syarif - 14 Mei 2012

wah kalo punya ane sudah ane variasi growolnya menjadi rasa yang beragam, tanpa ada bau yang gak sedap dan rasa kecut karena hasil vermentasi . . . tapi silahkan anda bisa pesan lok minat harga cuga murah . . COD kulon Progo
http://okenote.info
HP:081804081595

7. mazpoetu - 27 Desember 2012

bedo yu nek ro thiwul…

artikel selengkapnya nyusul

8. Vinda - 4 Februari 2014

Hai Blogger, tulisan blog kulinernya informatif sekali:) Ikutan yuk di lomba blog ‘Jelajah Kuliner Unik Nusantara’ #KulinerDaihatsu

Hadiahnya menarik lho! perjalanan wisata ke 5 kota gratis bersama Daihatsu. Ingin tahu informasi lengkapnya? lihat di sini http://bit.ly/jelajahkuliner

9. MazPed - 28 Mei 2014

Reblogged this on BLOG KPDJ.


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s