jump to navigation

Mengenal Tehnology Injeksi PGM-Fi di Vartech 125 23 Mei 2012

Posted by MazPed in Opini, Review.
Tags: , , , ,
trackback

Sepintas yang ada di benak saya ketika denger kata injeksi adalah tehnology cuanggih…

Namanya tehnologi canggih pastinya sulit di pahami oleh orang2 awam kayak saya yang nota bene cuman lulusan STM, keseharian cuma megang barang2 rongsok, mau belajar system injeksi dari mana :hammer:

Alhamdulillah AHM mengundang saya dalam acara BLOGGER GATHERING  “Lebih Dekat dengan Teknologi Injeksi HONDA”  di AHTC Sunter. Juzz ginduzz… :mrgreen:

Makasih buat Lik Azizy yang telah mereferensikan saya… hehehehe…

Berangkat mruput dari Tangerang, janjian di depan TOYOTA Sunter ama kang Sapto, maklum orang Tangerang jarang blasak’an sampe Jakut :mrgreen:

Sampe di AHTC langsung di sambut Supra X 125 Helm in yang sudah di COAX… Weww.. eman-eman Lik…

Naik ke lantai 3 wuihhhhh ni dia yang akan di bahas…. Vartech 125…

Seumur-umur baru liat dari dekat… hadeh…
Lah mau liat di dealer HONDA stok kosong terus, boro2 liat di dealer, inden aja mesti 2 bulan.. Kok bisa ya..???
Apa lagi ada masalah di produksi atau memang terserap habis ke konsumen.. woooo Juzz Ginduzz tenan iki… :mrgreen:

Langsung masuk ke ruangan training untuk di jelaskan secara detil ttg teknologi PGM-Fi.
Namun pihak AHM membuka pertanyaan dulu seputar PGM-Fi dan terbuka untuk pertanyaan lain, langsung hajar beberapa pertanyaan dari Blogger yang hadir…

Yesss… langsung deh bikin status di wall KOBOYS agar pertanyaan dari sedulur KOBOYS bisa kami sampaikan.
Yups.. pertanyaan masih seputar fenomena “NGOROK” di seputar box folter Vartch 125.

Selama ketemu di jalan, iseng njejeri Vartech 125, dan memang ada suara penomenal tersebut, cukup mengganggu telinga bagi yang gak budeg, tapi kok ga semuanya ya..??? Maksutnya setiap Vartech 125 yg saya jejeri di jalan ga semuanya ada fitur ngorok ini. Atau cuman muncul pas di betot agak dalem.. lah mbuh.. rung tau njajal kok 😛

Namun gejala ngorok ini hanya timbul saat jalan saja, jadi bila di geber dalam kondisi di standar tengah, suara ini ga ada..
Opone JiaL….??????

Jawaban AHM…. Hmmm…. belum ada klaim mengenai ngorok tsb dan nanti akan di analisa darimana sumber suara tsb, namun di pastikan suara tsb tidak  mengganggu unit motor, maksutnya ngorok tsb bukanlah suatu gejala kerusakan atau kelainan yg menyebabkan unit rusak, yahh cuman mengganggu telinga saja.
Oke dehh.. kita tunggu jawaban resmi dari AHM…..

Pertanyaan lain seputar kompresi Vartech yang tinggi.. 11 : 1 yang katanya masih bisa di kasih minum bahan bakar PREMIUM  dgn RON 88.
Padahal kompresi segitu seharusnya wajib pake bahan bakar dengan RON di atas 91.

Waw… gimana nih…????

Namun sayang nampaknya AHM kurang begitu mengerti maksut dari pertanyaan kami .

AHM menjawab Vartech 125 telah di bekali suatu sensor yang akan menyesuaikan mapping pengapian sesuai bahan bakar yang di gunakan… waw juzz ginduzzz… Bagaimana dgn gejala ngelitik (detonasi) akibat kompresi tinggi yang di jejali RON 88…??????

Kami belum dapet jawabannya… Padahal kalo di biarkan akibatnya fatal lho, di mana  kompresi tinggi dengan RON 88 api busi akan memantik sebelum waktunya, setang seher bisa bengkok.. klep bisa benturan dengan seher yang ujung2nya merontokkan enggine, wuihhh seremmmm….

Semoga dengan tulisan ini AHM bisa menjawabnya di sesi lain. Cmiww.

Setelah sesi tanya jawab di tutup langsung masuk sesi presentasi Pengenalan Tehnologi Injeksi PGM-Fi pada HONDA.

Di sini di jelaskan bagaimana keunggulan system injeksi PGM-Fi di banding system karburator..

Yooo kita bahas one by one keunggulan system injeksi daripada system karburator..

1. Campuran bahan bakar vs udara partikelnya lebih kecil dan homogen mas broh… di banding dengan system karburator, inilah yang menyebabkan pembakaran lebih sempurna. Cmiww..

2. Sytem injeksi tidak akan terpengaruh suhu sekitar mas broh… coz sudah di sematkan sensor suhu di enggine.

Jadi pas pagi-pagi start langsung brummm…. Beda dengan system karbu yang memerlukan fitur CHOKE..

3. Emisi gas buang lebih ramah lingkungan… dengan adanya sensor O2 yang materialnya menggunakan bahan EMAS PUTIH yang lebih baik di banding logam lain..

Sensor O2 ini akan mendeteksi kadar O2 dalam saluran gas buang, bila terjadi ketidak sempurnaan dalam pembakaran maka sensor ini akan mengirim sinyal ke ECM untuk membuat campuran bahan bakar dan udara menjadi passss, wah cukup berat juga ya tugas ECM ini… Pasti beda dengan CDI biasa yg bentuknya relatif kecil.. Coba kita lihat segedhe apa sih ECM Vartech 125 ini…

4. System injeksi lebih irit lho…. hal ini di karenakan pass’nya campuran bahan bakar dgn udara yang berimbas ke sempurnanya pembakaran, al hasil tenaga yang di hasilkan lebih besar, anti mbrebet dunk… :mrgreen:

5. Sistem PGM-Fi merupakan WORD TOP CLASS FLOW CONTROL.. Ukuran partikel PGM-Fi yang di semprotkan terkecil DI DUNIA.

Memiliki kemampuan dalam mengontrol jumlah bahan bakar dengan presisi dalam SKALA MINIMUM… Wuehhhh… Juzz Ginduzz

Sistem pengaturan dengan tingkat presisi tertinggi di dunia, dapat menghasilkan pengaturan jumlah bahan bakar yang sangat tepat sehingga irit bahan bakar dan ramah lingkungan…

Tak cukup hanya sebatas teori, AHM pun brani membuktikan bagaimana hasil pengkabutan system PGM-Fi ini.

Memang hasilnya lembut banget, cruzzzzzz langsung jadi kabut.. Di bandingkan dengan injeksi kompetitor (tengah)

Mendengar kata partikel yang di semprotkan terkecil di dunia, lubang nozel injeksi PGM-Fi ini so pasti kwecil banget dong. Apa gak rawan mampet tuh, semakin kecil lubangnya bukannya semakin rawan mampet, apalagi bahan bakar di Indonesia tau sendiri bagaimana tingkat kebersihannya. Cmiww..

Namun PGM-Fi ini telah dibekali saringan bensin yang cukup baik, mencegah kotoran dari bahan bakar agar tidak ikut masuk ke injeksi, namun saringan bensin yang berada di tangki bahan bakar ini wajib di ganti setelah pemakaian 48.000 km. Jauh lahhhh.

Saringan bensin ini di jual terpisah dari pompa bensin, jadi gak harus sepaket dengan pompa bensin, harga sekitar Rp125.000 (kalo gak salah), cukup murahlah untuk penggantian berkala per 48.000 km.

5. Perawatan PGM-Fi lebih mudah ketimbang system karburator.. Mossokkk….??????

PGM-Fi merupakan system pengaturan bahan bakar elektronik, dimana campuran bahan bakar dan udara di atur oleh ECM, beda dengan karburator yang masih mengandalkan seting campuran secara manual.. So PGM-Fi ini ga perlu di utak-atik saat menjalani servis berkala, kecuali bila mengalami masalah yaitu bila lampu indikator system injeksi pada spidometer ini berkedip.
Jumlah kedipan menandakan bagian mana yang bermasalah..

Tabel kedipan liat di foto mas broh..

Apakah PGM-Fi ini awet…??????? Pribadi saya gak brani jawab, namun AHM berani menggaransi system PGM-Fi ini 5 tahun..

Welahdalah… Berani menggaransi 5 tahun mas broh… Kalo PGM-Fi ini abal-abal pasti ga brani tuh kasih garansi, 5 tahun pula.

Bila terjadi kerusakan dalam masa garansi, AHM akan menggantinya dengan part baru tanpa di kenai biaya. Juzz Ginduzz…

Mengingat PGM-Fi sudah menggunakan WORLD TOP CLASS FLOW CONTROL ya percaya deh… :mrgreen:

Lalu bagaimanakah anggapan mengenai sytem Injeksi yang menjadi MOMOK para konsumen yang awam terhadap teknologi ini…

Bagi saya pupus sudah anggapan Injeksi ribet, mahal dan pandangan negatif lainnya.

Lah jelas pemakaian lebih mudah, pagi2 langsung brumm, campuran bahan bakar passs tanpa seting ini itu, lebih ramah lingkungan, kuatir injeksi bermasalah..??? Lah sudah di garansi 5 tahun.. opo meneh… Mahal..????? Bandrol motor injeksi sekarang gak jauh2 amat selisihnya dengan versi karburator…

ANDA PILIH MANA…. MASIHKAN MENCINTAI KARBURATOR… berarti anda masih suka dengan yang namanya REPOT.. wkwkwkwkwk. IMHO.

 

Bonus nih CBR150R all new yg di COAK… hadeh…

Sedikit pembahasan mengenai PGM-Fi.. Bagaimana dengan YMJet-Fi YAMAHA..????
Ditunggu undangannya dari YIMM. :mrgreen:

Mohon di koreksi bila ada kesalahan… Semoga bermanfaat, salam Heroe Pedrosa…. ROSOKKK…ROSSOKKK… :mrgreen:

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 23 Mei 2012
MazPed - 23 Mei 2012

samping omahku tukang las.. mengko tak potone Tralis jembatan Cisadane :mrgreen:

2. Aa Ikhwan - 23 Mei 2012

sip,..bermanfaat dan ajiib 😀

MazPed - 23 Mei 2012

ajibbb juga mas broh…

3. Hartono Nitinegoro - 23 Mei 2012

joss tenan bloge

MazPed - 23 Mei 2012

matursuwun Pak Hartono..

4. violettesand - 23 Mei 2012

5 besar ahhh….

MazPed - 23 Mei 2012

hadiahe swendaL broo….. wer………………………………

violettesand - 23 Mei 2012

Tangkap…… *happpp

gowo mlayu,,,ro nyangking ibanez cmiwwwww

5. Koplo - 23 Mei 2012

Coba vario cbs yg lama di injeksi.. Lebih keren .

MazPed - 23 Mei 2012

Wahhh semakin Juzz Ginduzz tuh… Mulai memasuki era Injeksi…

6. bejo - 23 Mei 2012

Dowooo

MazPed - 23 Mei 2012

Anti bocor kang… :mrgreen: sido di tambal jadah po tangkine…

7. gareng n roses - 23 Mei 2012

mantap penjelasannya, marai pengen ndang tuku seng injeksi, golek utangan ah……..

MazPed - 23 Mei 2012

Kurang pirooooo……. (mbukak dompet)
*mbukak thok, nek kon ngutangi yo mikir.. :mrgreen:

gareng n roses - 23 Mei 2012

╋╋ム╋╋ム╋╋ム╋╋ム╋╋ム

alon2 waton klakson wae lah karo nunggu penampakan beat injeksi koyo opo…

8. KmphLynx - 23 Mei 2012

wasyembh… kedisikan rek…. :mrgreen:
pertanyaanku wis dipek disit kie… 👿

MazPed - 23 Mei 2012

sesi prakteknya belum di posting tuh… dowiii.
tur aku yo ra mudheng.. :mrgreen:

9. eni purwanty - 23 Mei 2012

mantaf blognya,…walo ak gak tau mesin heeheheheheh,… ,..selamat ngoprek2 mesin
!!!!!!!!!!!

MazPed - 23 Mei 2012

Juzz Ginduzz mbak…. salam Binangun

10. mazpoetu - 23 Mei 2012

goe koncoku mbrebet,,,system injeksi,,,,berarti elek yo,,,,

mlayuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu,,,,,,,,,,,,,,,,

MazPed - 23 Mei 2012

di INJEK ae motoree…..

violettesand - 23 Mei 2012

ngisine kleru solar ora kui????

*ngacirr nggo sufra

11. arjun lap - 23 Mei 2012

waduh, niblog keren gan, soalnya ane juga anak oto, ..ihihihih

MazPed - 23 Mei 2012

masih nubie gan… makasih banget dukungannya… Juzz Ginduzz

Rocio - 12 Juni 2014

Saya baru bermain inenrtet, namun sya juag pedagang yang tertarik utk memasarkan produk saya lewat website, paling tidak saya ingin mendapatkan penjelasan yang siangkat dan mudah di mengerti tentang website

12. Agus Marciano Riyanto - 23 Mei 2012

Woh mocone sampai nggethu ! Akeh tenan . . . Blog nyar xixixixixi

MazPed - 23 Mei 2012

Heheheheh… masih kalah ama blog’nya wonogiri suksesnya Jomblisss…
Gazzzzsssss lagi cak Agussss……

ipanase - 23 Mei 2012

hayah, blog e juragan rosok iki wis jossssssss, wis sue ki, senior
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/23/modifikasi-kawasakin-ninja-250-r-ganti-headlamp-jupiter-z/

13. erlangga yoga - 23 Mei 2012

mahal itu relatif, klo mau murah ngonthel ae …
masih suka yg karbu klo ada2 apa2 d jln bisa utak atik sendiri, bengkel pinggir jln jg bisa nangani
*bayangin klo lg jln mlm2 tau hari libur ahass tutup

oyo coba cek emailku iki .. 😀 mesti ngerti sopo aku

MazPed - 23 Mei 2012

Mahal itu relatip, yah memang… di sini maksutnya di komparasi dengan yang versi karbu mas broh…
Mau irit lagi ya mlaku ae…. paling kempole sik aboh….. :mrgreen:

MazPed - 23 Mei 2012

Woah si kacamata…. Gubrak…..!!!!!

erlangga yoga - 23 Mei 2012

wkwkk …

14. Taufik - 23 Mei 2012

[penjelasannya josss

MazPed - 23 Mei 2012

makasih bang haji, semangat ngeblog lagi nih..

15. Rio Hendrawan - 23 Mei 2012

Kami belum dapet jawabannya… Padahal kalo di biarkan akibatnya fatal lho, di mana kompresi tinggi dengan RON 88 api busi akan memantik sebelum waktunya, setang seher bisa bengkok.. klep bisa benturan dengan seher yang ujung2nya merontokkan enggine, wuihhh seremmmm
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Pengalaman ane pake MX selama 6 tahun (60200KM) pakai PREMIUM terus mesin awet2 aja,jujur sampai sekarang blum tahu gmana gejala ngelitik itu.krn sejak beli sampe sekarang pke PREMIUM (ga pernah isi PERTAMAX).
ya gak nyalahin teori juga,terkadang teori dg praktek lapangan berbeda hasilnya,maka dari itu gak perlu mempercayai kata2 orang lain,lebih baik buktikan n rasakan sendiri

MazPed - 23 Mei 2012

secara teori memang seperti itu mas bro, mungkin AHM belajar dari pengalaman di lapangan, makasih banyakmas bro..

16. gaplek mania - 23 Mei 2012

josss..nunggu rongsokan pgmfi

MazPed - 23 Mei 2012

woooooooooooooooo… CS1 pake pgm-fi… Juzz ginduzzzzz

elraz - 24 Mei 2012

nah ini nih..tp kpn CS150:p

elraz - 24 Mei 2012

nah ini,nunggu CS150..:p

17. jofrin - 23 Mei 2012

Jawaban AHM…. Hmmm…. belum ada klaim mengenai ngorok tsb dan nanti akan di analisa darimana sumber suara tsb, namun di pastikan suara tsb tidak mengganggu unit motor, maksutnya ngorok tsb bukanlah suatu gejala kerusakan atau kelainan yg menyebabkan unit rusak, yahh cuman mengganggu telinga saja.
Oke dehh.. kita tunggu jawaban resmi dari AHM…..
========================================================================
perasaan klaim suara ngorok itu uda srg diutarakan ama pengguna vario 125 pas servis pertama tapi jawaban yg diberikan gak mengatasi masalah….tp kenapa di PCX suara ngorok bisa gak ada bro….mesin khan serupa meski pasti ada yg berbeda….jangan jawaban beda harga lg lho bro :p

MazPed - 25 Mei 2012

Pas acara ini berlangsung yaitu tanggal 28 April kang, jadi waktu kabar ngorok lagi rame2nya, klaim sudah masuk ke dealer, mungkin belum sampe ke HC3 AHM.
Semoga kita bisa memaklumi.. makasih kang,

jofrin - 26 Mei 2012

semoga AHM bisa menjelaskan mengenai hal itu shg gak dijadiin bahan BC terus2an dan meningkatkan Quality Control-nya….btw salam kenal bro…jadi tambah blog netral yg bisa jd rujukan buat semua org

18. nunk@iman - 31 Mei 2012

markotlopppp

19. mas bro - 21 Juli 2012

Mantaf tenan mas gan pokoke Juzz Ginduzz ditunggu tentang efek pake premium

20. awe - 6 September 2012

jos mantaf mazped …..

21. D El Rachman - 26 Januari 2014

wonge ramah, blog e berkualitas .. jossss heheu

MazPed - 26 Januari 2014

Wah….

Blm tau ya ramahnya pemilik warung kalo lagi laper…

Bisa dimakan ente brow..

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

22. Anonim - 9 Agustus 2014

NGOMONG PKI BHS INDONESIA AJA DOOONG????


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s