jump to navigation

Trik Mengisi Minyak Rem… 26 Mei 2012

Posted by MazPed in Modif.
Tags: , , , ,
trackback

Mengisi atau menguras minyak rem (versi disk brake) banyak orang bilang SUSAH, bahkan bengkel sekalipun.

Sebenarnya kalo sudah tau trik’nya gampang banget mas broh… Cukup 5 menit beres, entah itu ganti baru atau pengisian minyak setelah pembongkaran piranti ini.

Kebanyakan bengkel hanya main KOCOK saja sampai handel rem terasa menggigit, so itu pasti lamaaaaaaaaaa.

Untuk trik yang mudah, monggo ikuti langkah2 berikut.

1. Siapkan alat’nya.. obeng kembang, kunci pas-ring 8, minyak rem dan air bersih.

2.  Buka tutup reservoir minyak rem

*gunakan obeng plus yang bagus, yang pas dengan kepala baut  untuk menghindari baut rusak.

3. Buka nipel pembuangan minyak di kaliper dgn kunci ring 8

 

4. Isi minyak rem ke reservoir, jangan penuh-penuh yak. Nanti tumpah .Sifat minyak rem ini dapat merusak cat..

 

5. Siapkan JEMPOLnya mas broh. :mrgreen: tekan lubang pembuangan minyak di kaliper pake jempol.

 

6. Tekan handel rem sementara jempol masih menekan di lubang pembuangan kaliper.

Rasakan udara dan minyak yang keluar. Perhatikan minyak yang perlahan-lahan surut..

Jangan terlalu bertenaga, bisa MUNCRAT mas broh..

 

7.  Lepas handel, tambah tekanan jempol ketika handel di lepas, agar udara tidak masuk melalui lubang pembuangan minyak.

Lakukan berulang-ulang sambil memperhatikan minyak rem dalam reservoir.

Tekan hadel rem – tekanan jempol di kurangi agar minyak dan udara dapat keluar.

Lepas handel rem – tekanan jempol di tambah agar udara tak masuk melalui lubang pembuangan.

Terus diulang hingga tak terasa lagi ada udara yang keluar lewat nipel pembuangan minyak.

*PERHATIKAN MINYAK dalam reservoir, jangan sampai kehabisan kayak gini mas broh.. :mrgreen:

Segera isi minyak jika minyak sudah hampir terserap habis, posisi handel di tekan dalam penambahan minyak ini.

Jempol sementara di lepas gak papa. tapi dalam kondisi handel rem di tekan…

 

8. Ketika di rasa sudah tak ada lagi udara yang keluar dari pembuangan, (terasa hanya minyak saja)

Segera tutup nipel dalam posisi handel tetap di tekan, bila tak ada asisten, siapkan karet gelang untuk mengareti handel dengan grip gas. :mrgreen:

9. Tambahkan minyak sampai batas atas (uper level) *jangan penuh2 lhooo..

10. Tutup kembali tabung reservoir, lalu siram master rem dan kaliper dengan air bersih agar minyak rem ter-netralisir.

Yups.. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Salam Heroe Pedrosa.. Juzz Ginduzz….

 

 

 

 

 

Iklan

Komentar»

1. mazpoetu - 26 Mei 2012

pertamax

MazPed - 26 Mei 2012

pertamax larang….

2. ipanase - 26 Mei 2012
MazPed - 26 Mei 2012

Endi mug’ke….. pecah po…???????
Mana up date megison…. kok ga ada kabar..??

ipanase - 26 Mei 2012

msok bar tag ganti minyak rem 3 sasi wis reget meneh?

3. Bothel - 26 Mei 2012

minyak rem po minyak mbelek kui hare??

MazPed - 26 Mei 2012

Woooooooo…… DIGILMU…. :mrgreen:

4. nanared - 26 Mei 2012
5. erlangga yoga - 26 Mei 2012

wah cara ribet ini, lebih simpel pake bekas suntikan ma slang seukuran slang pembuangan bensin dikarbu, tinggal tancep sedooottt…beres, sisa minyak rem jg ga kbuang percuma….
itu yg buat buka screw kuning beli dimane pake tenaga angin pa listrik, boleh jg….

6. bapakeVALKYLA - 26 Mei 2012

pencerahan otomotif nih…

nice share..
😀

heroe pedrosa - 20 Juni 2012

silahkan di coba kang…

7. violettesand - 27 Mei 2012

HSNg q tromol e…..
…..heheeeeeeee

*HSNg(Honda Supra Ngebul) 😀

8. nunk iman - 20 Juni 2012

luwih lengkap gambare….

9. Cakram gan + tutorial…. « nunkiman O'blog - 20 Juni 2012

[…] nih punya mazped lebih buanyak […]

10. pandahitam - 24 Juni 2012

weew ngeri pake mesin buka bautnya 😀

nitip ya bro,,,

pemakai Converse masuk sini
http://pandahitam.wordpress.com/2012/06/24/converse-original-vs-converse-kawe/

11. bhaguz - 22 Juli 2012

kok minyak rem saya tetep ga bsa keluar ya.
gmana cara.a?

12. erdistra - 24 Juli 2012

mantap artikelnya..
ijin ngeshare di FB ya bos..

13. erdistra - 24 Juli 2012

mampir blog ane ya bos..

14. wawan - 22 Desember 2012

mantap mas bro….;)

15. nbsusanto - 18 Januari 2013

meh njajal dhewe wedi mawut..tur nek moco yo rung kebayang..kudu ndelok langsung + enek tutor.. 😆

16. Ubaid Zaky - 31 Maret 2014

1000% berhasil gan saya praktekkan matur nuwun atas pencerahannya


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s