Akali Fitur AHO di Vartech 125 13 Juli 2012
Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.Tags: AHO, lampu utama, saklar AHO, Vario 125
trackback
Alhamdulillah cuma inden 3 hari, terhitung jumat nego ama Dealer Honda Tanah Tinggi Tangerang, hari senen di daftarin urutan inden di PRJ dan hari Rabu, unit sudah siap, Kamis siang motor udah nangkring di garasi… Jossssssssssssss……
Sebagian ada yang heran gan.. kok bisa cepet yua….
Ada yang njawab “Lo kan Bloger… jadi di cepetin takut masalah inden jadi HOT TOPIK kayak kasus NGOROKnya Vartech 125..” MOSSOKKK…..???????
Pertama kali nangkring… Woah.. jinjit gan… Dingklik detected….
Pencet starter gaoyang dikit kaya gempa… eh mesin nyala… Geber dikit mak nyussss….
Lebih responsif dari mantan BeAT ane… IMHO
Kembali ke topik gan…. Pertama kali yg ane rasa mengganggu ane adalah fitur AHO..
Maklum rumah ane di daerah perkampungan dengan gang-gang kecil yang nota bene banyak anak2 nongkrong di pinggir jalan.
Pancaran headlamp Vartech ini cukup terang coz lampu depan system DC jadi langsung byar maximal meski grip gas ga di pelintir..
SILAU MEN…… Asli gak enak ama anak2 yang lagi nongkrong…
Pernah ane ulas disini, masalah alay’nya fitur AHO
Putar otak gan bagaimana cara membuat saklar On / Off buat Vartech ini.
Mau pasang saklar tambahan kok kesannya kurang efektif..
Jadi ya… korbanin lampu dekat aja..
Lampu jauh tetep aktif, sementara lampu dekat di bunuh aja.. Toh jarang pake lampu jarak jauh – dekat bergantian.
Kenapa mesti lampu jauh yg di aktifin..???? coz biar keliatan gan.. kalo lampu jauh nyala kan ada indikatornya di spido.
Jadi kalo pas di jalan liat Pramuka rompi ijo… lgsg cek spido.. Headlamp dah on belum… tar kelupaan kena tilang malah berabe..
Ni yang mau ikut trik ane silahkan, coz gak maksa kok… 😀
Pertama congkel saklar lampu jauh – dekat pake tespen.. (jangan pake linggis gan)
Cabut soketnya… Trus lepas tuh kabel warna putih dari couple. Setelah lepas, bungkus ya… biar gak konslet.
Pasang lagi soket… Masukkan lagi ke batok.. beresss…
Posisikan pancaran lampu jauh ini sama dengan pancaran lampu dekat, dengan men’seting adjuster headlamp.
Posisi adjuster ada di belakang reflektor.. model adjuster kayak CBR old version nih..
Putar adjuster pake obeng plus ( kalo bingung, silahkan liat buku panduan halaman 47).. Sesuaikan pancarannya..
Ayo di jajaL…..
Mantap…. Trik sederhana gan…
Kalo suatu saat mau di balikin standar… tinggal pasang lagi kabel putih yg td di cabut… Gampang kan…
Semoga bermanfaat… Salam ROSSOK…. Juzz Ginduzz…
Revisi : cara mencabut kabel dari soket.
Siapkan obeng min kecil.. biasa buat servis jam, kalo gak ada bisa pake jarum pentuL.
Colokkan obeng ke kabel yang mau di cabut dari sisi dalam.. lalu tarik obeng dan kabel secara bersamaan.
pertamaX kah 🙂
Wow… Tiger Picek banter yak…
ngonku malh mati ra gelem nyala..
Kui mah plenthonge om…
*mug jih ono ra….????
Pengeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
Gowo rene Cepz… tak obrak-abrik hehehe
pengen pariyem mu kui kok…. 😆
Wuih mantaB Gan…
Agan emang jagonya ngulik motor…
Jadi pengen cepet order neh Gan…(ngiming imingi aku)
Lho…. keracunan to kang..
inden PRJ cepet lho..
nek lewat dealer 2 bulan.
sebenrnya aku benci ama pengendara yang pake lampu jauh, soalnya kalo terlalu silau bikin orang buta sesaat, bisa menyebabkan kecelakaan
ini lampu jauhnya di seting ulang setara lampu dekat Con…
lampu jauh emang bikin emosi di jalan.
terutama mobil2 blagu.
ooohhh,,, bagus lah kalo begitu
lha iki malah duite indent..
Piye jal xi xi xi xi
wooooooooo….
manteb triknya, umpama lampu jauhnya mati tinggal yg diidupin yg deket wkwkw 😀
kan doubel headlamp.
kalo mati gak mungkin bareng yooo..
hahaha…
tp masih ada lampu senja kalo mau eyel-eyelan ama isilop genit
haha klo lupa ngidupin lampu ktm pak pol ya nekad aja lha ini kan AHO pak berarti td pas ga nyala error mungkin lha ini jd nyala lg..gt haha
ngomong2 beAT ku payu piro yo?
sayang karo nopol’e..
penomenal….
lah piro…???
koyone kakak iparku butuh. :melet:
em…..
rasido 3 minggu tho. weeh.
cepet wes langsung diobrak abrik. wkwkwkkww
maklum tangane nrithik.. hahaha
wes raprawan ki langsung. 🙂
sip!
tapi hati2 kang… di UU No 22 Tahun 2009 di atur tentang pancaran cahaya loh, heheheh
mati in lampunya cuma kalo lewat gang aja kang.
paling ada juga polisi tidor…
Lindes aja kalo itu mahhhhhh…… cessssss
hahahha….. sip!!!
kalo new cbr 150 gimana caranya…? 😕
new CBR lebih gampang.
tinggal ganti panel saklar kiri kanan yang belum AHO.
lah,,,
jadi kagak bisa ngedim dunk..
kedip-kedip genit getoo………
http//:www.at0zz.wordpress.com
ya tetep bisa dunk….
caranya..?
wong lampune mati siji
ngedim itu kan intinya mengedipan lampu, jadi masih bisa, hanya saja konsepnya bukan ngedim dembak pake lampu jauh, tapi mengedipkan lampu (on off) secara cepat, dijamin gk bakal gelap kok, soalnya lampu kalo dioffkan ada waktu sekian mili second sampai benar-benar hilang cahayanya, dan kalo kita lakukan dimming cepat maka lampu gk hilang total cahayanya.
tuku ah sesok
Jaran Birune di DoL piroo..???
info mantab gan. Kayaknya bisa diaplikasikan ke motor motor mAHO lainya. ^^
sipp mas bro..
wah.. asik2…
lha tpi kok anyar2 wis dicongkel mas? 😯
sip
sip ajib,..jozz ginduzz..
sangat bernasss dan cerdasss . . . mantabbb mas
makasih kang haji..
kreatif,,, mantap,,,
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/16/mahal-bromobil-listrik-ahmadi-di-jual-seharga-200-300-juta/
josss bgt gan 😀
Like this…
http://alfido.wordpress.com/2012/06/12/tips-agar-lampu-utama-motor-selalu-menyala-di-siang-hari/
Indennya kok begitu cepet yah…..
walah, sama ik. tp tiwas caraku pake bongkar2 tebeng depan + kepala. gilak gak tuh…
wah… ada yang senasip mati’in AHO juga nih… heheheheheheh
wah ane tangerang juga neh mazped,.,.,wantufef ane warna orange masih nunggu STNK dah 2 minggu belum dateng juga,.,.itu congkel n pasang saklarnya gampang ga? terus lokasi adjusternya harus buka body depan ga? matur tengkyu juragan
gampang mas… gak perlu bongkar2..
ttp lampu jauh perlu jika malam di perjalanan luar kota
ini kan cuma buat harian aja gan..
kalo mau turing luar kota.. tinggal kembalikan standar lagi.. kan gampang..
ga perlu bongkar2… ga ribet kok mas bro..
kalo lampu jauh nya yang di bunuh, berarti lampu jauh nya nganggur dong brow,,, gi mana klo di jadiin lampu dim ja mas bisa ga tu di vartek125
ijin jiplak mas bro……….dua jempol………
gan boleh copas ga saya masukin ke http://www.facebook.com/groups/329380423775776/
silahkan gan…
setuju lampu wajib nyala tp ra setuju nek saklar lampu dihapus.. 😦
Kalau silau yaa suruh pakai kacamata hitam yg pada nongkrong
seperti foto profil blog ini kan tambah keren .ciatciatciathahaha
Kalo lampu jauh yg di mati’in kabel nya warna apa..??
Mas itu cara buat lepasin konektor (putih) dr soketnya koq keras banget, td udah saya coba tp berhubung konektor (putih) sulit d buka makanya saya batalkan, takut patah.
Mohon bimbingannya….!
Update……!
Trik dari agan udah berhasil ane praktekin, awalnya ane kesulitan saat mencabut soket dari konektor, setelah soket berhasil dicabut kesulitan lagi waktu cabut kabel putihnya…….! Mungkin karena masih baru jd agak keras. Setelah kabel putihnya lepas ane selotip deh pake selotip kabel (warna hitam). Dan ternyata memang lebih praktis dengan trik ini. Awalnya sih sempet niat mau nambahin saklar buat headlamp nya, cuman konsekuensinya garansi kelistrikan hilang, so mending di buat kaya di artikel ini aja klo mau dibalikin k standar lagi yah tinggal dipasang lagi kabel putihnya…!
Oh iya mas, apa dengan cara ini tidak merusak/tdk memberikan efek negatif untuk sistem kelistirkan vario 125? Sebab arus listrik tetap mengalir k kabel putih yg di cabut. Lalu kabel putih (yang dicabut) dan dibungkus dengan selotip kabel apa tidak menyebabkan panas yg bisa melehkan selotip kabelnya…? Mohon pencerahannya.
Kabel putih di cabut.. otomatis tidak ada aliran listrik mas bro.
Gak akan ngaruh apa2 kok.
Makasih..
Masih ada trik 2.. Tp belum sempat ane tulis artikelnya.
Oooo gitu ya gan, pikirnya masih ada arus listirknya.
Ditunggu trik k 2 nya gan, kali aja lebih mantep….!
Sy ada rencana pasang klakson hella disc (hitam) apa bisa plug n play aja mas d rio125?, siapa tau mas punya pengalaman.
mas, maf motor saya spacy fi nih. saya mau ikutin cara mas. Tp saya maunya yg lampu jauh yg di dibunuh. Jd kabel yg harus dilepas apa ya mas. Tq.
idem ama agan yg di atas nih. kabel yg di lepas yg warna apa mas?
gan,Posisi adjuster headlamp tepatnya dimana gan???ane bingung gan???
di belakang reflektor mas.
di intip aja dari sisi kiri spabor depan.
ada semacam gear dan baut di situ.
*liat pict di atas
tq.
mas lepas body plastik
depan gimana caranya…..
mas, posisi adjusternya dimana? reflektor itu mana? bingung mas, dijelasin ato dikasi foto lain dungs
di belakang lampu utama mas.
di intip saja dari samping kiri spakbor depan. kelihatan kok.
itu harus dicopot dulu cover depannya? bisa ngga dibuat posting tersendiri mas? makasih
cakep kang infonya dah tak praktekin…. langsung ngacir…. (Lampunya heheheheheh)
kalau lampu jauh yg di lepas harus ngambil kabel yg warna apa mas?
Lampu jauh yg di lepas kabel warna biru polos mas.
tanya mas…
Posisi adjuster ada di belakang reflektor,,,itu dimana sih mas? gbr ga jelas
kalau lampu jauh yg di lepas harus ngambil kabel yg warna apa mas?
Posisinya di intip dari samping spakbor depan sebelah kiri mas.
Ada gigi logam.
Nah itu di puter pake obeng plus.
top markotob… kasih 5 jempol buat maz ped..
Mas mau tanya,nyongkel saklar nya gampang ga..?trues utk just lampunya,harus buka body lampu apa ga…tanks
garansi dijamin tidak membatalka garansi kelistrikan yah??
trims triknya om segera ane praktekkin di blade 😉
Ono trik lebih gampang.
Bukak cover stang (blade)
Tuker posisi kabel biru karo putih pada soket lampu.
Trus kabel putih rasah dipasang.
cover stang itu bagian mana om 😉
Thothok lampu nek bosone wong jowo.
New Blade to
oooohh..dibuka kabehh om? 😉
iyoo om new blade risol 😀
Sik ngarep ae.
Pas soket kabel kan ono kabel 3.
Warna ijo. biru karo putih.
Kabel biru di pindah nang kabel putih.
Trus kabel putih rasah di pasang. Blebet solasi ae
Woahhh lengkap penjelasan e om 😉 suwooonn temenan omm…
Ksok tak praktekkan ahhh hihihihii 😀
gan wes tak coba nuruti tutornya dan berhasil…tapi kenapa indikator bensin jadu turun 2 strip ??? apa gak engaruh nih…
Ga ngaruh harusnya masbro..
Wis ta’ coba nang Spacy Fi. Kabel biru polos ra’ aku copot ning aku blok kalo kertas karton tipis nang wadah saklare. Dadine apik mas,hemat setrum, akine panjang umur. Suwun nggih!
Mau nanya posisi adjuster tuh yg dimana yah,bisa lebih detail ga mas?liat buku panduan kok gada namanya adjuster 🙂 terimakasih
Gara” ga nemu adjuster dimana, jadinya saya nyabut kabel biru deh,soalnya sblmnya udh nyobain cabut kabel putih (sblm tau kabel biru buat lampu jauh) kalo malem rada kurang penerangannya kalo lampu jauh,
Jdnya gausah setting adjuster lg kan ya mas kalo udh cbt kabel biru?? 🙂
ane baru coba kmaren, mantaffff dah…. cuma agak khawatir, kdpannya aman ga ya buat klistrikan WTF !
Aman…..
Ane dah 7 bulan ga masalah mas
mantafff…agar lampu jauh/dekat berfungsi, ngambil kabel yang tengah(coklat) + tambah kabel+ saklar. aman ga gan? biar ga bongkar pasang klu mau kluar kota.
trus kabel coklat nya di gabungin di mana kang
klo di beat fi sy pasang switch on/off buat lampunya. kira2 switchnya sama gak mas sm beat yg lama…? thx
Switch’nya pake punya Absolute Revo mas.
thx mas nanti saya coba……
kang ne spacy harus dilepas kabel warna apa..biru po putih yo.. maslahe kan beda arus dengan vario, spacy AC vario DC gimana donk lalu adjuster itu dimana ya letaknya,kalo yang dibawah batok lampu itu apa..yang bisa buat stel jarak lampu… najalo wejangan ne kang…suwon
mazped…kalo posisinya dituker bisa gak? jadi kabel lampu jauh dicabut dan diisi dengan kabel lampu dekat. indikator di spido tetap nyala , tp yg nyala lampu dekat… *ide ngaco
🙂
Ane juga di tuker kok mas.
Tp yg dituker di soket lampunya.
Biru dituker putih.
Gan kalo mao matiin sebelah aja lampu dekatnya, apa bisa yaa ane cabut kabel putih yang di socket lampunya aja (bukan socket saklar)
Bisa
tapi pasti dijamin mati sebelah kan gan lampu dekatnya?, berarti lampu jauh masi bisa nyala 2-2nya kan?
Yup
Trim’s infonya mas, sdh sy praktekkan tp yg diaktifkan lampu dekat sj dan sangat bermanfaat 🙂
Trim’s infonya mas, mantap tipsnya, sdh sy praktekkan tp yg diaktifkan lampu dekat sj dan sangat bermanfaat 🙂
inden2 sparepar sui banget lek, edyan
Karakter motor ini enak buat jln jauh, tenaga mantap di putaran atas, bodi stabil di kecepatan tinggi.minusnya ga enak buat jalanan berlubang dan licin di medan basah. Tapi sampe skrg belum ada yg bisa menandingi tekhnologi di kelasnya’ terutama sistem ACG staternya.,,, belum lagi sistem kelistrikan yg full dc tapi aki ga ngedrop karna sepul pengisian ada3 buah…mantappp,..
Setuju…
Jempolku sampek coklek kukune goro2 nyopot socket uatozzz bgt,,…. berdarah2 goro2 virus . Mboso wes cepot…. eh klejingan… seneng hore.
Nganggo jarum pentul mas…
Gampang kok.
thank’s gan, ane udh coba dan 100% berhasil…
Begitu baca artikel ini. Malem ini juga langsung ane coba gan dan mission succes lampu jauh uda di musnahkan! 😀 pertamanya ane nyerah soalny mau ngelepasin soketny susah amat dan takut patah, akhirny ane batalin. Masih penasaran gimana cara buka nya ane bongkar lgi dan dapet sela nya akhirny lepas juga dari wadah saklarny. Untuk cabut kabel nya trik agan pakek jarum pentol emng mantap dah (y) walau pun sedikit ane modifikasi jdi kaya pengait pancing biar lebih gampang 😀 heheh thanks gan buat tips and trick nya. Joss dah!!!!!
mantep mazped….
Ane juga di tuker kok mas.
Tp yg dituker di soket lampunya.
Biru dituker putih.
gan tu yang balesan komene agan
maksutnya yang dituker di soket lampu tu soket yang mana gan?
mohon pencerahan gan
Udah tak cobain mas barusan…
Gak nyampek 15 menit langsung jadiiii….
Makasih mas
wes tak cobo di vario anyar baru jalan 72km. tok cer.. mumpung lampune masih putih koyo cino…. vario lawas blm tak cabut wus kadung lampune maleh kuning… cuman ane lepas kabel birune… kalau di ceklik jauh mati… indikator lampu jauh juga mati jadi ga ngganggu nyetir.
Matur Suwunn… (lali)
mazbro kabel biru kan buat lampu jauh, terus kabel yang coklat buat lampu apa ya? suwun
Gan
Kalo Mencabut soket nya gimana ya ?
Aho brhasil di atasi. . .
Tapi pas nyalain mesin, ada beda suara ketUKAN mesin ya ketika lampu dpan mati dan di nyalakan??
bantai ngorok di vario,,
1. ganti kipas radiator vario dengan kipas PCX
2.selang filter di lubangin agar tidak terlalu banyak keluarnya di ujung selang,,
3.roller cvt berhadapan
4.mau di tambah lari nya,pake per cvt pcx + per sentri zommer x + selang filter air blade (fungsi nya mesin kg getar di tarikan awal)
semoga membantu
kalo mau pasang saklar lampu dim/tembak seperti tiger bagaimana ya caranya?….
Mas mau tanya emang kaalau penukaran soket yg putih pindah tempat ke yang biru
trs yg birunya di cabut kaga di pake lampu jauhnya , emang pengaruh ke lampu di spiodo jd nyalaaa… pencerahan dongg… makasih mas heru
Makasi ilmunya bro, saya sudah ikutin caranya dan berhasil, setelah itu saya posting deh di blog saya atas rujukan blog ini,
silahkan di cek bro, itung-itung laporan ke bro mazped
lupa kasih linknya, ini masbro
http://www.jalantapak.com/2013/12/cari-matikan-lampu-aho-vario-cbs-pgm-fi.html
thanks bro tips nya….murah mudah….sukses selalu!!
.
kalau BeAT PGM-FI bisa ga yg d korbankan lampu jauh,trus kabel warna apa yg harus d cabut?
soal ny jarang d pake lampu jauh,lgian kn kalau jalan malam ga hrus liat indikator lg,uda kliatan nyala atw ga ny lampu
trima ksih tlong jwaban ny ?
Bisa…
Bisa
piye mas nek motor selaen matic
misale sport or bebek honda iso po ra mase?
Posisi adjuster itu sblah mana 0m ?puter 0pakai obeng kembang bisa ga
Wah, Sumpah, Sangat Bermanfaat Mas. Makasih Banyak, Praktek Langsung Tok-Cer.. He..
Udah beli saklar lampu absolut revo, tapi karna ane pake lampu xenon (sejenis lampu halogen, tapi ini lampu yg diisi gas xenon, bukan gas halogen, jadi bukan lampu HID ya), jadinya ane kurang perlu lampu jauh, lah ane pake low beam/lampu dekat aja orang sering ngedim ke ane tanda kesilauan, jadinya ane putuskan pakai trik ini dulu untuk sementara waktu, karna ane aplikasikan ini tengah malam jadinya gk bisa test seberapa jauh jangkauan cahayanya, kalo kurang jauh terpaksa pasang saklar aja agar lampu jauh bisa diaktifkan,,,
mantab om treathnya, thanks banget 😀
mantappp om, patut dicoba nih…
ane nyoba di new vario fi 2014, ko ngga ngaruh ya gan..masih tetep nyala lampunya..apa karena udah pke led ya? mohon pencerahannya om?
kl saklarnya ada yg jual ga ya pak.. puny beat ane lumer jd ga bisa nyala lmpu deketny..
Di AHASS banyak pak
Tidak bisa om.. Cabut kabel dari soketnya… Ampe nyerah… Ane.. Tolong kalau ada pencerahan mungkin soketnya ada kuncinya…
Klo di mtr mio gt bisa gk gan?