jump to navigation

Salah Kaprah Mengenai Lampu Hazard di Motor 18 Juli 2012

Posted by MazPed in Opini.
Tags: , ,
trackback

Dapet jeweran dari sahabat ane gan… Waktu ana pasang lampu hazard  di sepeda motor.

Kalo di lihat memang KEREN sih… ketika jalan lampu sein nyala kiri kanan berbarengan..

Namun dari sisi lain hal itu ternyata GAK BOLEH….. Wow….

Inilah pentingnya sedulur.. di saat kita bangga dengan kesalahan kita.. ada yang mau menasehati tentunya dengan tujuan positif..

Keluar dari sisi keren lampu hazard yang ada di kendaraan roda 4 memang gak boleh di aplikasikan ke roda 2.

Fungsi Lampu Hazard adalah : untuk memberi tahu pada pengendara lain bahwa kendaraan kita sedang berhenti di tepi atau di tengah jalan atau sedang dalam masalah….

Jadi jika kendaraan kita normal… pas jalan JANGAN menyalakan lampu hazard…. atau sama aja di bilang alay..

Lampu hazard pada sepeda motor dalam keadaan jalan, bisa mengganggu pandangan dan konsentrasi pengendara lain, selain itu juga bisa salah tafsir…. pengendara lain akan bingung sebenarnya kita mau nge SEIN ke kiri atau ke kanan.. Bingung to…???

Yang mau pasang Hazard silahkan.. tapi patuhi peraturan di atas….

asal pas kita berhenti aja.. misal pas mogok atau lagi nambaL ban… keren tuh.. :mrgreen:

 

Atau waktu diparkiran… biar aman dari maling, kan di kira motor bermasalah… wkwkwkwkwkwkwkwkwk koplak.

Atau boleh juga pas motor kita di geret ama mobil derek…. Hweh.. hweh.. hweh… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Special thank buat sedulur KOBOYS, oM DunaL, Lik Azizy dkk …. Juzz Ginduzz…..

Iklan

Komentar»

1. abonsapi - 18 Juli 2012

kedip2

MazPed - 18 Juli 2012

yoi…

2. Amama Ali - 18 Juli 2012

kelingan mas Hadi pas ke malang, sirahe ngelu berkunang-kunang gara-gara kena sorot lampu kunang-kunang sama pak camat

MazPed - 18 Juli 2012

woh… pak Camat pake juga toh…. heheheheheehh..
bukan aku yg ngajari lhoooooooooooo :mrgreen:

3. nunk iman - 18 Juli 2012
4. bejo - 18 Juli 2012

Betul itu
Tp banyak yg slh kaprahh

MazPed - 18 Juli 2012

semoga bs meluruskan

5. axo92 - 18 Juli 2012

jujur, saya juga pasang mas.. :mrgreen:
tapi flashernya sebulan lalu kebakar, ganti flasher trus jadi nggak mau ngedip. 😦

MazPed - 18 Juli 2012

wah kok bisa mas..
flashernya pake dua..
kalo satu buat nyalain kiri kanan ya berat lahhh…

*ojo di tiru :mrgreen:

axo92 - 18 Juli 2012

itu pake flasher imitasi mas, 10 ribuan. bisa tahan 2 taun.. 😀
klo pake ori malah cuma melotot. 😦
akhirnya sekarang dinormalin aja dulu, lagi males ribet liat ada sakelar tambahan.
jadi klo mau paka hazzard tinggal beli flasher yg cocok sama tambah saklar, kabel2nya masih nempel semua. 🙂

6. MazPed - 18 Juli 2012

sippppp…..

7. Aa Ikhwan - 19 Juli 2012

sip ajib,..ane gak suka juga sama motor yang dibuat model hazard lampu seinnya,..ajib juga paseduluran yg saling menasehati ..ajib 😀

8. blognyamitra - 19 Juli 2012

Patwal kalo lagi ngawal nyalain lampu hazard…padahal sirbo aja udah cukup.

9. ipanase - 20 Juli 2012

josssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

10. zaqlutv - 20 Juli 2012

boleh nambahin gak? beberapa poin yang aye dapet di beberapa forum roda dua (termasuk onthel donk) :mrgreen:

yang aye ngerti fungsi lampu hazard di mobil:
1. Lampu Hazard wajib digunakan pada saat kendaraan mogok baik itu di tengah jalan maupun di bahu jalan agar pengendara lain dapat melihat kedipan lampu dan mengambil langkah antisipasi.

2. Lampu Hazard dapat digunakan apabila kendaraan memerlukan prioritas, seperti adanya keadaan darurat lantaran ada penumpang yang membutuhkan pertolongan medis dengan segera. Hal ini dapat digunakan tapi tidak dianjurkan karena perpindahan jalur kendaraan tersebut tidak diketahui oleh kendaraan lain.

3. Lampu Hazard dapat digunakan apabila ada kendaraan dengan beban sangat berat melaju jauh dibawah kecepatan yang dianjurkan, sehingga harus memperingatkan kendaraan lain dari belakang yang melaju dengan cepat untuk mengambil langkah antisipasi.

4. Lampu Hazard dapat digunakan untuk memotong perempatan yang tidak memakai traffic light dan kendaraan dimaksud akan berjalan lurus.

5. Lampu Hazard dapat digunakan apabila kendaraan mengalami pengurangan percepatan yang sangat mendadak dan untuk memperingatkan pengendara lain dibelakang agar berhati-hati.

6. Lampu Hazard dapat digunakan pada saat memutar arah dan memotong jalur utama.

poin-poin tersebut kebanyakan untuk mobil.. sedangkan untuk motor bagaimana?

1. motor kalo mogok di tengah jalan, bisa langsung di dorong ke pinggir / trotoar / bahu jalan / bengkel terdekat

2. motor kita ngga ada prioritasnya sama sekali untuk didahulukan, sama-sama memiliki hak yang sama dengan pengendara lainnya

3. motor dengan beban berat? overweight donk, secara safety bawa motor jangan overweight, kalau pun jalan pelan-pelan, pasti bisa dipinggir koq..

4. motong perempatan, ada baiknya tetap liat kiri-kanan-depan-belakang, ngga perlu pake hazard juga bisa

5. mengalami pengurangan percepatan secara drastis, cukup nyalakan sein kiri dan menepi secara perlahan

6. memutar / memotong jalur? cukup gunakan sein dengan baik ngga perlu sampe pake hazard

CMIIW 😳

11. Bjl - 20 Juli 2012

om zaki pinter deh
:mrgreen:

12. Ari CX Rider - 20 Juli 2012

untung di ingetin ,, kalo gak ?? bikin berabe 😀

13. zaqlutv - 20 Juli 2012

emang bener tah om arif 😳

14. satrioe - 9 Oktober 2012

thanks gan…

15. Prast - 3 Januari 2013

Wah baru aja brosing2 mo masang lampu ginian, gara2 semalem liat motor orang kayaknya keren. Ternyata eh ternyata ga boleh ya buat roda 2. Makasih infonya bos, untuk mampir dimari

16. herry - 20 Februari 2013

ya gpp lah boss .. yang penting tidak membahayakan orang lain.. !! sering saya memakai riting kiri maupun kanan !! eh malah pengendara lain tidak memperhatikan riting saya. !! jadi mereka acuh terhadap riting yang saya nyalakan? sepertinya mereka mendahulukan ego mereka daripada orang lain !!

jadi kalau mau berbelok nunggu barisan kosong walaupun riting tetap nyala..

17. Sansan Cub Supra - 18 Mei 2013

makasih infonya mang brother. 😀

18. cahyo - 6 Juni 2013

mas kalo buat motor bebek caranya gmana saya punya motor bebek supra x 125

19. jalecko - 13 Agustus 2013

sambungan gan,ane mau kasih tau fungsi dari lampu hazard dan sein yg sebenernya.
sebenernya lampu hazard itu lampu sein yg bekerja kedua duanya.
fungsi dari lampu sein itu sendiri adalah meminta jalan,contoh kalo kita nyalain lampu sein kiri berati kita meminta jalan sebelah kiri,jadi pengemudi lain harus mengosongkan kiri jalan sebelah kita.dan sebaliknya.kalau yg menyala sebelah kanan berati pengemudi lain harus mengosongkan kanan jalan kita.
jadi..kalau lampu sein menyala kedua duanya alias Hazard,itu berati pengemudi meminta mengosongkan sisi kanan dan sisi kiri kita.
jadi gak cuma saat kendaraan berhenti di tengah jalan saja bisa menyalakan lampu hazard.
lampu hazard bisa di gunakan saat keadaan darurat yg memaksa kita melaju dengan kecepatan tinggi.agar pengemudi lain bisa memberi jalan cukup untuk kita.
contoh lihat saja ambulans,rombongan aparat,pawai sepeda motor dll,mereka menggunakan lampu hazard untuk keadaan darurat.

MazPed - 13 Agustus 2013

Itu buat kendara’an roda 4, untuk roda 2 belum ada aturan’nya kecuali motor pak polkis

20. aldi - 28 November 2013

Salam kenal mas bro.. Blog nya sangat inspiratif.. *Salut..
Saya penunggang baru motor, sblm nya slalu pakai mobil tp karna semua tambah mahal, isi dompet bisa tekor akhirnya diakali pke motor..
Soal Hazard ini menarik, kebiasaan waktu bawa mobil, saya biasa nyalakan hazard klo kondisi pengereman mendadak, atau ada orang menyebrang supaya yg dibelakang lebih aware.. Kebiasaan orang kita klo lampu penyebrangan sudah merah, ada aja yg nerobos.. Bisa membahayakan penyebrang jalan..
Stlh baca” ulasan soal hazard, saya kepikir modif hazard di vartech 125 tp penggunaannya jika saya pakai rem depan..
Pemikiran saya kalau rem belakang, kondisi pengereman biasa..
Klo ditambah rem depan artinya butuh pengereman extra..
Lampu hazard saya khusus klo saya tekan tuas rem kanan aja..

Mohon masukannya mas bro.. Dan semoga bisa jadi inspiratif selanjutnya..

21. ugie - 15 Februari 2014

Saya pernah lihat ada club motor berkendara rombongan menyalakan lampu hazard.
Apa itu diperbolehkan?
Silahkan mampir juga ke website saya yaaaa
Terima kasih

MazPed - 15 Februari 2014

Sebenernya tidak di perbolehkan bila sifatnya pribadi ( bukan kendaraan dinas )
Kcuali patwal, mobil pemadam , ambulance, mobil jenazah, derek dsb


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s