jump to navigation

Mengintip Kesiapan AHASS Melayani Injeksi 1 Agustus 2012

Posted by MazPed in Opini.
Tags: , , ,
trackback

Setelah sukses ganti ban tubeless yang menyebabkan ane harus ambil cuti, waktu gak ane buang sia-sia gan..

Sekian lama penasaran dengan kesiapan AHASS HONDA melayani Injeksi yang katanya masih jauh ketinggalan di banding YAMAHA.

Ane berniat servis Vario 125 ane lebih cepet dari yang di jadwalkan, baru menempuh 300,00 km dan waktu 3 minggu sejak turun dari pick up.

So… gak papa kan, sekedar mengobati rasa penasaran dengan bagaimana sih mekanik AHASS menangani  jenis injeksi ini, meski sebenernya ane juga merasakan keluhan putaran langsam yang terlalu kecil…

Alhamdulillah Vario 125 ane gak NGOROK gan…. Suippp pokoknya…

AHASS yang ane tuju langsung ke AHASS gedhe gan…

Daftarin dulu ke meja pendaftaran dengan menyerahkan buku servis juga kunci kontak, lanjut duduk antri.

*ga ada soft drink gratis coz lagi puasa :mrgreen:

Tiba giliran Vario ane di pegang sang kepala mekanik, ane langsung trabas aja masuk ke ruang servis.. hehehehehe

Nanya nanya ama mekaniknya seputar tehnology ni motor.

Pertama yang ane tanyakan adalah masalah NGOROK… hmm…

Mekanik menjawab : ngoroknya Vario gak berpengaruh ke performa kok mas.

Ketika di tanya sumber suaranya, mekanik cuma geleng2.. Suara ngorok itu memang dah bawaan, memang aslinya begitu mas.

Ow….. gitu too….

Lanjut pertanyaan seputar BUSI… wew banyak kasus busi Vartech ini yang koit… gejalanya tersendat-sendat saat ber akselerasi atau deselerasi.. Why…????

Sebelum servis sengaja beli 2 busi.. 1 busi Jupie MX dengan kode CR8E seharga 12.000 dan busi CR7EH-9 seharga 27.000 yang kata penjualnya busi asli Vario 125 eh ternyata busi Vario 110. makasih om kilaubiru atas informasinya.

Bawaan Vartech ini merk DENSO dgn kode U22EPR9..

Cek gambar di atas gan…

Urut dari atas adalah busi Jupie MX NGK CR8E, tengah busi bawaan Vartech 125 DENSO U22EPR9 dan bawah busi Vartech 125 110 NGK CR7EH9.

Beda di elektrodanya gan… Busi Jupie MX elektroda agak kedalem (mblesek) yah ciri busi dingin gan..

Ane suruh mekaniknya untuk pasang aja yang paling atas (Busi Jupie MX) sementara yang 2 buat cadangan..

Lanjut servis bagian penggantian olie mesin…

Wow… mekanik mengeluh di lubang pembuangan olie yang gak strategis gan.. Mosok nampung olie bekas mesti begini caranya..

Wadah tampungan terpaksa terinjak standar tengah… wadaw… wadaw…

Kelar ganti olie… mekanik langsung cek kelistrikan…

Lampu dekat mati ya masss…..????

Eh… nggak kok, sengaja di mati’in Pak.. biar ga nyala terus.. takut boros bohlam… heheheheheheheheh :mrgreen:

Lanjut buka cover depan… agak curiga, ane mendekat..

Mekanik menyiapkan sebuah soket lalu di colokkan ke sebuah konektor di atas box aki..

Apaan tuh Pak.. ????

Ni alat buat ngecek system injeksi apakah masih normal atau tidak..???

Kok cuman begitu bentuknya….??

SimpeL dan  sederhana mas…

Emang gak ada alat sejenis Injection Diagnostic Tool atau apalah namanya…???

Di sini gak ada mas… Satu-satunya alat buat ngecek injeksi ya cuma soket ini…. WAW…………!!!!!!!!!!

Padahal ane pernah ikut training dan di tunjukin alat Injection Diagnostic Tool yang kayak gini gan…

Ternyata cek system injeksi HONDA simpel yak.. cukup pake soket ajah, gak perlu bawa alat2 aneh apalagi nenteng laptop.

So…… Bagaimana pelayanan injeksi  AHASS di daerah anda…???? Mudah… SimpeL… atau Ribet…???

Semoga berguna..

Salam rossok….

Iklan

Komentar»

1. kilaubiru - 1 Agustus 2012

busi yg paling bawah itu busi vario 110 gan, beda 😀

kalo ane pake busi motornya komeng :mrgreen:

http://kilaubiru.wordpress.com/2012/07/11/beli-busi-vario-125-atau-busi-new-megapro-susah-di-dealer-yamaha-melimpah/

MazPed - 1 Agustus 2012

sippp…
maturnuwun pencerahannya kang.
aq sidane go busi MX tuku nang toko
nggir ndalan pirang2. :mrgreen:

dipoganteng - 1 Agustus 2012

hooh kuwi
CE8R elektrodane mendelep nek CPR8 elektrodane nonjol :mrgreen:, ki busi fu nganggur goro2 salah tuku, raenak nggo pulsar 😦

2. #99 bro. - 1 Agustus 2012

busine sing vario 110kanggo aku ae..

MazPed - 1 Agustus 2012

jupuk deweeeeee

3. Cepz - 1 Agustus 2012

absen….. <—-napak tilas :mrgreen:

MazPed - 1 Agustus 2012

sendaL mana sendaL :mrenges:

4. bapakeVALKYLA - 1 Agustus 2012

wah…wah…wah….
ternyata..

*geleng2 kepala

5. Amama Ali - 1 Agustus 2012

ngecek injeksinya pake feeling .. kacau!

6. Nadzirin (@bossnada2) - 1 Agustus 2012

AHASS oon mengatasi injeksi bro… CBR 150i ane jadi korban 2 dealer+AHASS..gak mau servis lagi ah..cukup ganti oli sendiri aja

7. satria merah - 1 Agustus 2012

bersihin busi sama setel rantai :mrgreen:

8. tovavanjava - 2 Agustus 2012

pake socket..?? 😆

9. Nichoz Ahmad - 2 Agustus 2012
10. Papa Afnhy - 2 Agustus 2012

itu dijawa… jangan tanya didaerah :mrgreen:

11. Cipto Gareng - 4 Agustus 2012

Jadi ingat mobil pick up yg sering lewat dpn rumah sambil bunyi rosok rosok………rosoke buuuuu….kulo tumbase………………wwkkwwkkkwwkk……………………. salam kenal juragan
Klo melihat cara service diatas,itu prosedur standard. Yg dilakukan montir adalah mereset ECM. Walaupun seharusnya memakai HiDS,untuk seting pengapian dan injeksi. Klo dgn cara diatas sudah oke…ya ndak papa. Walaupun banyak vartech 125 yg jadi korban malpraktek di AHASS.
Klo standardnya vartech125 memakai busi platinum. Akan tetapi krn salah perawatan,busi menjadi cepat mati. Sering berjalan di rpm rendah jg bisa menjadi penyebab busi mati,krn tidak sesuai dgn karakter busi platinum. Untuk lebih jelasnya bisa baca2 disini gan http://pojok.welovehonda.com/showthread.php?150-VARIO-125-Motor-Terasa-mau-mati-saat-di-Gass-suara-mesin-agak-keras
Salam Rosok…rosooookkk……………

12. ariipod - 6 Agustus 2012

servis ing endi mazped??!! selama saya servis cbr150i ing ahass tgr, belum prnh ngliat tu motor dicolok2 pke HIDS, ap sbnarnya, SOP dr ahass seprti itu?? cuman dijumper doank gitu??!! lah selama ini yg dimaksud bengkel AHASS yg ready injection tu yg kyk ap ya?? di tangerang, ahass mana aj??
hehehe, jdi esmoni saya bawanya, kl ngomongin servis injeksinya honda..,

maskojun - 8 Agustus 2012

aneh ya, sering ketemu hv 125 yg merah ga pada ngorok. warna laen kok kenceng??

kemarin servis pertama cuma stel klep + betulin body(tapi ga bisa). itu juga karena ane minta. ga ada colok2 n cek rpm…
ngorok, geter, ngempos, ndutndutan, tetep…

13. Alfido™ - 7 Agustus 2012

woh, lha wadah oline njupuk’e pye kuwi mas? ora muncrat n nyiprat2?

14. Zee - 25 Agustus 2012

vartech 125 gmn cara tau total jarak yg ditempuh tuh?

MazPed - 26 Agustus 2012

kan tercatat di odometer

15. bejo dawar - 7 September 2012

wong ngilangi glodak glodak nang belakang ae gk becus , gitu ae kok gawe sragam , salam jari tengah buat eka prima mojokerto . tukang mung iso gawe konci paluan tok . gaptek . TAK jamin …

MazPed - 7 September 2012

wakakakakakakak…. memang gak semua mekanik AHASS itu bagus.
bagus sragamnya doang…

16. MalaGultom - 23 September 2012

nice info,,tapi aku ttp bingung, jadi harus beli busi yang tipe apa dong ??????
toloooong ya kasih info lagi buat busi vario inject
#maklum cewek gak tau apa2

17. yudhex - 11 Oktober 2012

tadi abis dari ahass tunas jaya buat sembuhin kuda besi vartec 125
yg ndut2an, ternyata cuma ganti busi pake yang DENSO U27EPR9 kata mekaniknya busi ini khusus didatangkan dari jepang dan ternyata resepnya pun mujarap klo agan2 gak percaya silahkan coba sendiri di ahass tunas jaya mekar armada wonosari depan garasi majulancar……..

MazPed - 11 Oktober 2012

betul mas itu type busi yg kemarin khusus di datangkan dr jepang buat wtf.
sekalian di share harganya mas.. biar pada tau.
trimakasih. nais inpoh mas

18. suparno - 13 Oktober 2012

apakah varian tsb gagal produk

19. Inibudi - 20 Oktober 2012

Iya nih, mekaniknya belum pada paham wantupep. Masak buka cover aki (tameng) dicongkel pake obeng. Jadi baret semua tuh motor ane…
Rosssok…rosokkk…

20. Ari Hidayat - 2 November 2012

Alhamdulillah,Pelayanan AHAS di daerah ane ckup bgus.
Cm kndalax ttep d Busi+Suara Ngrok, kyk org bu2,tp g apalah, yg pting trikanx Mantab.
Cm mslh d Busi yg bkin rwet. Mnrut kpla mkanik, “ni mslh bnsinx yg krang bgus, Pak”.. Tp dr kami (Honda) akn mmbrikan Busi Gratis kluaran trbaru. Busix Merk Denso dgn kode U27E.. dst. (maaf ane lp klnjtan kodex). Hrgax brkisar Rp 150rb. Dan tdk d jual d pasarn, so untk uji cb buat Vario 125i.
Ptnjuk dr Kpla mikanik, stlh pkai Busi ini (kode U27E..), bensinx pke Premium aja Pak. Kami akan cek brp lma ktahanan Busi ini. Bl tdk ada kndala/ ngedut2 slma tiga minggu, brrti busi ini co2k buat Vario 125i.
Tgl 31-10-2012, bsi vario 125i pny ane d gnti Busi Densi U27E..dan mggunkan Bensin Premium. Smpai koment ini buat, alhamdulillah tdk ada kndala..
Wassalam..

21. BamBy RED V - 2 November 2012

Berjalan d RPM rendah bs jd penyebab busi mati? yang bener aja. brarti VARTECH yg businya sering mati g bisa di pake d kampung dunk….. ko jalam speed brapa? bentar2 prapatan, trus trek pendek. di kotapun banyak poldur (speed trap) berserakan. so???????
Salam Satu Hati (Vartech wantupaif Rider)

22. itang - 24 November 2012

vario 125 punya saya sering ngempos klo di gas, ngeri pas mau nyalip, bukan nya bisa ngalip malah ditabrak dari belakang.

23. Ferry Obersturmhrer - 18 Desember 2012

PR9EA-9 (NGK) / U27EPR-9 (standar beat Injection) ini busi special order AHM ke NGK dan Denso harga 120 ribu karena masih langka nanti juga turun, tapi jangan kawatir ini gratis koq dengan di tukar busi lama waktu servis… Maret unit Vartec 125 pake busi standard U22 harga gejala sama seperti teman teman diatas ndut ndutan, loss power, Agustus di ganti dengan busi standard CS1 U24 hilang semua gejala diatas dan mantaf sampai 5000 mulai ndut ndut dan wajar karena rekomendasinya 4000 servis kembali dikasih busi CPR9EA-9 (NGK) / U27EPR-9 free of charge dan lebih mantap lagi U24 sekarang odomoter sudah 13000 problem solved brother.

24. deni - 17 Januari 2014

Bang rossok ane punya vario 125 ,tp lampu indikator injek yg di spido mati , lampu spido hidup sen hidup dan klakson hidup cuma ga bs stater , kira2 apanya ya bang roSs


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s