ATASI NGOROK VARIO 125 5 Agustus 2012
Posted by MazPed in Modif.Tags: atasi ngorok vario, kipas radiator
trackback
Vario 125 ngorok….??????
Ada yang iya….. tapi ada juga yang tidak…
Ada alasan logis yang dapat menjawab kenapa Vartech 125 ini ngorok… dan nih solusinya gan…
Sumber suara ngorok di Vartech 125 berasal dari sisi sebelah kanan, tepatnya seputar radiator.
Vartech 125 ini mesin’nya masih satu gen dengan PCX 125, tapi PCX 125 gak ngorok kan… ?????
Wah produk premium kalo ngorok ya malu-maluin gan… lah larang kok.
dapet info dari majalah OTOMOTIF edisi 14 tgl 2 – 8 agustus 2012 cekidot dah…
Menurut info di atas… Kipas PCX dan Vartech 125 ini beda, kipas radiator Vartech memang sengaja di desain lebih panjang siripnya untuk mengoptimalkan pendingingan, nah… karna sirip yang lebih besar tersebut, kekuatan isapan pun lebih besar, akibatnya timbul suara ngorok. Menurut ane ini alasan paling masuk akal gan.
Cekidot perbedaanya gan…
Yang ingin suara ngoroknya ilang… Ganti kipas radiator Vartech 125 dengan kipas radiator PCX.. Langsung PNP gan..
Namun langkah ini akan mempengaruhi daya isap udara ke radiator so.. pendinginan jadi gak sebaik jika menggunakan kipas asli Vartech 125.
Lah yang gak ngorok kalo pengen ngorok gimana….. (malah ndageL… )
Silahkan di coba….
Semoga berguna…. Salam rossok…
revisi : Harga kipas radiator PCX cuman Rp 18.000 aja…
Murah euy……. RACUN MENEHHHH,……….
cekidot
Pertamax di amankan…
jam sgini y waktunya ngorok..

mari ngorok bersama…. heheheheheh
BeAT ku iseh ngorok ;(
njalok ganti motor nek kui..
ngorok???ngiler x…
jajalen lek, mesti gampang oleh kipas pcx
gampang to….
wis biasa pesen part impor.
rego kipas PCX mik 18.000 kih.
koplak tenan
selamat dikunyah kunyah…. 🙂
jadi panas dong
la aku krungu wantufaif sing muni klothok2…mosok kipase…???
bearti sebenarnya memang itu maslahnya ya . . . dimensi kipas ya?
malah dapet jawabannya di sini….
kalo ini ?
http://iwanbanaran.com/2012/06/14/suara-ngorok-di-vario-125-pgm-fi-berasal-dari-bearing-crankshaft-dan-crankcase/
kayaknya ini bisa dipercaya xixi mantaf..,kalau gak berhasil siap2 demo ahm
kipase kegeden,,,
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/08/05/bajaj-enggan-membuat-mesin-injeksi-3/
Wahhh..
Bsa dcoba tuh..
Pi brang’a d’delear lngsung ada g iia pa inden dlu..?
Sebenarnya ngorok tidak bisa dihilangkan 100%,cuma bisa dikurangi tingkat kebisingannya spt diatas. Klo vartech125 sy,sy ganti dgn kipas vario110. Dan bisa mengurangi tingkat kebisingan hingga 70%. Ini sudah hari ke 18 sy ganti kipas. Klo untuk diganti punya PCX malah belum nyoba, soalnya cari partnya disolo agak susah, musti inden dulu. Btw thanks inponya………….
mas..kalo pake kipas radiator vario 110 untuk dudukan baut pas ato pake ngrubah gak?saya disolo juga…kesulitan cari kipas pcx
Memang benar adanya, suara ngorok Vario 125 itu tidak mempengaruhi performa atau tarikan mesinnya. Cuman suara ngoroknya itu yang kadangkala bikin kuping verlissa “gatal”. Verlissa sendiri sudah pernah coba ganti kipas Vario 125 dengan kipas Vario 110 ataupun PCX. Hasilnya memang cukup memuaskan untuk mengurangi suara bising yang timbul. Untuk penggantian menggunakan kipas Vario 110 ataupun PCX, beda tingkat kesenyapannya tidak terlalu signifikan kok.
ngapusi mas… Bro.!!saya habis tes ,sebelum beli kipas saya lepas kipas trus saya pakai muter muter vario tanpa kipas(mesin panas pol ojo adoh adoh)ternyata masih ada suara ngoroknya walau tidak keras!!ngorok itu sebenarnya dari sebelah kiri cuma kalau pakai kipas suaranya menggema seperti di radiator,gitu bro.Tambah mumet ngorok yo wis penting iso nyalip JMX
Kan sudah dibilang mengurangi,bukan menghilangkan gan. Klo mo tau sumber ngorok itu pada mangkok magnet & kipas yg pada saat berputar membuat resonansi suara dan menggema di dinding atas.Lihat gambar atas sendiri yg ditunjuk. Na klo penggantian kipas mengurangi jumlah hembusan angin balik ke dinding tsb. Klo mo betul2 senyap musti bikin peredam suara. Cuma masalahnya mo dipasang dimana peredam suaranya . Ini sy jg lg cari2 cara bwat peredam yg aman. Klo ada yg sudah bereksperimen…monggo di share….
suwun tips nya gan walo ngorok ni vartec125 setan jalanan awas lho diwedeni hehehe
tak jajal disek… yen pancen iseh ngorok di dol ae ijol karo xeon (ditranslate: vario itu bagus dan produk handal) ndasmusempal.com
gantio / dolen !!!!!!!!!!!!!!!!! vario 125 tetap di hati………………….kwe areg ngemeng eepeh ora urusan
lahpo ganti…opo maneh ganti xe..o”on,loroo kabeeh
di mana2 ada masbro………………………..wakkkkkkkkkkkakkkkkkk
gan , klo dah di ganti kipas pcx ntr peforma dalam jangka lama vartech125 jd gmn ?
scara pndinginan nya dah beda . .
KLO CARA SAYA G PAKE MAEN GANTI KIPAS BISA SEMBUH NGOROKNYA,CM MODAL SUSUN ULANG ROLLER AJ DAH DIPASTIKAN HILANG NGOROKNYA.DH BERKALI2 TK APLIKASIKAN DAN HASILNYA SEMBUH TOTAL.KLO PGN TAU CARANYA BISA KONTAK AKU DI one_one_29@yahoo.com TAK KIRIMI PENJELASANYA.THANKS
Wow…. ajibb mas..
oke nanti ane mampir.
Di tunggu penjelasannya.
Waaah..
╔═╦╦═╦╦╦╗ (y)
║╚╣║║║║║║ :D/
╠╗║║╔╬╬╬╣ ☜√))
╚═╩╩╝╚╩╩╝ _/¯≥ dah.. Temu ni penyebabnya.
saya sdh baca mengenai roller vario 125 tapi lupa link nya tapi sempat saya copy paste, suara ngorok akan hilang . Terakhir setelah ada beberapa pengguna vario 125 mempraktekan cara ini ternyata setelah kalau ngga salah kurang lebih 45 km, suara ngorok nya timbul kembali.
Maaf saya mengikuti terus masalah ini sampai saat ini, karena memang saya kepincut banget sama vario 125 injeksi keren ini. Sampai problem solved baru saya akan minang vario 125.
Ini dia ulasan dr link nya :
THE ALL NEW VARIO 125 PGM FI
Bagi para pemilik HONDA VARIO 125 yg kebanyakan mengeluhkan suara ‘NGOROK’ pada motornya,disini saya mau berbagi solusi untuk mengatasi hal tersebut.Pengalaman ini saya dapatkan melalui riset trial & error.Jadi sudah benar2 terbukti dan sudah sering saya aplikasikan,hasilnyapun manjur.Ngorok hilang sama sekali.
Berikut ini langkahnya :
– Banyak yg bilang kalo suara ngorok disebabkan dari kipas pendingin radiator,hal itu salah besar.Yg benar adalah dari posisi roller.Diketahui bahwa roller vario 125 dimensinya besar,dan lebih berat daripada vario type sebelumnya.Dimana roller dari vario 125 ada marking kuning di salah satu sisinya.Nah hal ini yg akan kita rubah.
– Susunan awal roller dari pabrikan ditunjukkan seperti gambar 1
–
– Dan akan kita rubah seperti gambar 2
–
–
– Yg mana awalnya marking kuning tidak berhadapan kita rubah menjadi berhadapan.
– Lakukan juga hal tersebut untuk ke empat roller yg lainya,sehingga ada tiga pasang roller yg saling berhadapan marking kuningnya.
– .Setelah itu kita susun kembali di dl dalam face comp,movable driven seperti gambar 3
–
–
–
– Terakhir tinggal dirakit lagi pada motor dan rasakan hasilnya,suara ngorok pasti hilang sama sekali.
– Disini saya jg mau memberitahu bahwa kondisi abnormal lainya selain suara ngorok adalah :
Motor tersendat sendat saat jalan,atau kecepatan max 60 km/jam,atau terasa seperti suplay bensin telat.Hal tersebut dapat diatasi dg jalan mengganti busi dg type lebih dingin (busi standart adalah NGK CPR 7 EA-9 / DENSO U 22 EPR-9) diganti NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9.Kalo susah mendapatkanya bisa pakai busi milik supra 125 yaitu : DENSO U 20 EPR-9 (selama ini saya pakai type tersebut dan tidak ada masalah).Dipastikan kendala loss power/tersendat hilang.
– Ada sebagian kecil yg mengeluhkan suara kasar pada saat stasioner hal tersebut disebabkan oleh lifter tensioner (stut/otomatis rantai keteng/kamrat) yg kurang keras tekananya.Hal tersebut bisa diatasi dg menggulung ulang plat yg ada di dalam lifter tensioner.Bagi yg kurang paham bisa minta tlg sama bengkel.Lifter tensioner ditunjukkan seperti pada gambar 4
–
– SEMOGA BERMANFAAT.
15 Agustus 2012 10:11
Wow… Makasih masukannya mas.
Sampe sekarang masih belum jelas darimana suara tersebut.
Namun sudah banyak insinyur2 kita yg berinisiatip sendiri mencari solusinya.
Saya ga bs nyoba, soalnya Vario saya gak ngorok mas.
Kata dealer untuk Vario sudah ga ngorok lagi yg perakitannya bulan mei keatas.
Kata dealer lho.
Toh punya saya perakitan bulan 6 dan sudah mengaspal keliling Jawa 4.000 km tetep ga ngorok mas.
Alhamdulillah ya
wah justru yg punya ane vario 125 keluaran bulan oktober masih mengeluarkan suara ngorok.., berarti pabrik AHM ngga bener nih…, konsumen sudah banyak dirugikan dengan hasil rakitannya…., mudah2an pihak AHM terbuka hatinya dan punya solusi tuk perbaikan pada Vario 125 PGM-FI yang mengeluarkan suara ngorok dengan service atau perbaikan GRATIS di seluruh negri ini….
Kepada Pihak pabrik AHM berani membuat VARIO 125 PGM-FI dengan suara ngorok berarti berani BERTANGUNG JAWAB..!!!
Setau saya ngorok itu memang bawa’an dari Click 125 fi.
Karena ngorok sama sekali ga berpengaruh ke performa.
Toh masih ada matic merk lain yg ngorok, tp kenapa ga di permasalahkan seperti Vario 125.
Punya saya juga ngorok.
Tp buat saya itu gak masalah.
Fun fun aja masbro.
[…] Lalu dari majalah Otomotif juga pernah ngasih solusi dengan ganti kipas PCX. Selengkapnya klik disini. […]
[…] “Atasi Ngorok Vario 125″ telah memakan korban. Diantaranya bro Ya Dee yang sudah jengkel dengan suara ngorok yang misterius […]
[…] untuk sekalian replace kipas radiator pake punya PCX sesuai wangsit dari juragan rongsok MazPed. (Baca Artikelnya klik disini) (mau bukti, klik disini […]
Mohon ma’af, seharusnya pihak pabrikan mengganti secara gratis segala kerusakan yang ditimbulkan masalah part yang di produksi. Misalnya masalah tromol SUZUKI SPIN yang oleng dan knalpotnya yang gampang retak, pihak SUZUKI memberikan penggantian secara gratis tromol berikut roda dan ban baru. Kanlpot juga diganti dengan yang bertipe plat 2 lapis dan mengganti juga kabel gas yang sering kemasukan air. Semua GRATIS dan juga dapat kemeja gratis dari SUZUKI. Buka konsumen yang harus mengganti dan membeli sendiri…..
ngoroknya hanya saat tancap gas pertama kali karena kena beban seperti karburator buka filter trus buka’n pertama gas kontan nah seperti itulah yang di sebut ngorok selama ini. jadi masalah sebenarnya adalah komposisi udara dan bensin kurang pas itu saja, jadi mainnya di filter injeksi sama setelan klep itu saja
vartech ane baru 200km dah ngorok gan. ane beli akhir desember. kalo start awal sampe kecepatan 40 suara bening sebening matamu kabeh…..tapi 40 keatas kalo digas dengan cepat apalagi kalo nyalib nyalib suarane ngaro ngor ngar ngorr…… ane dah komplain ke ahas katanya suruh nyoba sampe 1000km. wadoooohhhhh bakal lebih lama lagi denger ngorok’e….
yang udah bisa ilang ngoroknya tlg dishare bos…
pnyku baru 1 mnggu ya norok jg..ktnya yg perakitan diatas bulan mei g ngork…..lah honda bulshit… nyesel bli vartech..
Kalo ganti karbu bisa gak ya ???
Bisa masbro…
Di jogja udah ada yg nyoba
gw ko maleh seneng ya denger suara vartech ngorok cz terasa motor balap yg filter karbux dlepas, racing bgt… (suggest)
vertech ane kluaran februari 2013 ngorok parah bnget…
klo gnti kipas radiator apa ga pengaruh d pendingin nya….
takutnya overheat