jump to navigation

Analisa lain Penyebab dan Solusi Ngorok Vario 125 7 September 2012

Posted by MazPed in Opini.
Tags: ,
trackback

Lagi-lagi ada insinyur kita yang mau dengan suka rela menganalisa sumber suara ngorok misterius Vario 125… 2 jempoL dah…

Sebelumnya pernah ada analisa bahwa suara ngorok timbul dari sekitar bearing Crankcase.

Posisi bearing Crankcase kurang masuk kedalam, jadi tinggal mendorong bearing crankcase, ngorok bisa ilang, dan sudah di buktikan lhooo…

Selengkapnya klik disini.

Lalu dari majalah Otomotif juga pernah ngasih solusi dengan ganti kipas PCX.

Kipas Vario 125 siripnya lebih besar sehingga timbul suara ngorok, dengan mengganti kipas Radiator PCX yang siripnya lebih kecil, suara ngorok juga berkurang.

Selengkapnya klik disini.

Lalu ada juga yang cuman modal setting klep bisa ilang ngorok’nya… (link lupa..)

Kali ini ada yang menganalisa bahwa sumber ngorok berasal dari susunan Roller.

Yang menarik bahwa dari semua analisa di atas yang berbeda-beda…  Semuanya di yakini bisa menghilangkan suara penomenal tersebut.

Terus sumber sebenarnya dari mana… belum terpecahkan.. WoW… keren tenan Vario kie…

Yang jelas semakin lama kok analisannya dan solusinya semakin simpel saja ya.

Di mulai dari Bearing Crankcase, denger kata Crankcase aja udah serem gan… kayaknya bagian jeroan mesin gitu (gak paham mesin gan)… Dan pastinya hanya mekanik yang bisa ngerjain.

Trus muncul analisa ke 2 dari Kipas Radiator… Hmmm…. mulai bergeser ke luar… ga nyrempet jeroan.. Ganti Kipas PCX beres katanya.

Dan sudah di buktikan oleh beberapa pemilik Vario 125, memang suara ngorok berkurang signifikan.

Kali ini ada analisa lagi bahwa suara ngorok berasal dari susunan Roller. Hanya perlu susun ulang posisi Roller suara ngorok bablasss…

Semakin simpel aja kan…. Entah besok mungkin akan ada analisa lebih simpel lagi bahwa suara ngorok akibat tutup pentiL kendor…

(walah malah NdageL… :mrgreen: )

So apapun analisa dan solusi yang ada, kita patut acungi jempol buat insinyur-insinyur kita yang mau ngutak-atik Vario 125 dan menemukan solusinya meski berbeda-beda, tapi kan jelas tujuannya sama….

Apalagi mereka mau berbagi ilmu mereka.. Josss pokok’eee…

Kembali ke topik gan…

Analisa kali ini dari posisi susunan Roller Vario 125.

Diketahui bahwa roller vario 125 dimensinya besar, dan lebih berat daripada vario type sebelumnya. Dimana roller dari vario 125 ada marking kuning di salah satu sisinya. Nah hal ini yg akan kita rubah.
Berikut ini langkahnya :
– Susunan awal roller dari pabrikan ditunjukkan seperti gambar 1

– Dan akan kita rubah seperti gambar 2

Yg mana awalnya marking kuning tidak berhadapan kita rubah menjadi berhadapan. Lakukan juga hal tersebut untuk ke empat roller yg lainya,sehingga ada tiga pasang roller yg saling berhadapan marking kuningnya.

– Setelah itu kita susun kembali di dl dalam face comp,movable driven seperti gambar 3

– Terakhir tinggal dirakit lagi pada motor dan rasakan hasilnya, suara ngorok pasti hilang sama sekali.

*sumber Pojok Welovehonda.com

Kalo mau josss lagi.. pasang Flying Roller seperti racun dari bro Nino… wakakakakakak… :mrgreen:

Monggo yang mau mencoba trik ini… Simpel kok…

Dan yang sudah coba beberapa trik di atas, monggo di share hasilnya…

Cari Solusi lebih baik daripada hanya bisa mencaci maki….

Juss Ginduzzz….

Semoga berguna….

Iklan

Komentar»

1. dhanicsetio - 7 September 2012

turu ku yo ngorok

MazPed - 7 September 2012

jejeli sendaL mari nek kui… :mrgreen:

2. Aa Ikhwan - 7 September 2012

ajib..lanjutken.. 😀

MazPed - 7 September 2012

ane turut prihatin akan masalah ngorok ini…
xixixixixixixi

3. ipanase - 7 September 2012

wah, wantupep

MazPed - 7 September 2012

Megison aman…. Paling mik ngiler…. olie rembessss

4. gaplek mania - 7 September 2012

yang lbh gampang lagi kapas mas.atau filter rokok.
tinggal sumpelin kuping.beres.hahaha

warung DOHC - 8 September 2012

nyidat iki jenenge :mrgreen:

5. ariefbladeriska - 8 September 2012

wlo ngorok tp dijalanan udah mulai mbludak je,,,bakal laris manis lg kayaknya si wantupep ini,,,,ane aj rela tuker tambah ma blade ane demi wantupep ini(nek ono sing gelem)

MazPed - 9 September 2012

Tuker tambah ama Blade…..??????
Ayo sopo sik gelemm………

(sepi…………………………) :mrgreen:

6. rojaly - 8 September 2012

solusi 1 gak mungkin,mesin
ambrol duluan kayaknya…solusi
2 mungkin 50%
mengurangi,pernah tes gak
pakai kipas suara berasal dari
kiri bukan sebelah kanan,jadi cuma resonansi karena
kipas,solusi 3 masuk akal juga
karena suara ngorok timbul
kalau ada beban/tanjakan,coba
standar tengah mesin hidup gas
poll gak mungkin ngorook (mosok kipase),yang sudah
praktek solusi ke 3 sopo..???
roller peyang???

MazPed - 9 September 2012

Analisanya mantap broooo……

7. Nino Pradipto Padmodiwiryo-Soedigdo - 9 September 2012

lha aku ganti roller FR kok ngorok masih ada……wah kudu semedi sik nang kulonprogo….wkwk

MazPed - 9 September 2012

Lah…. malah mumet meneh kie…..
jangankan ubah posisi roller, ganti roller pun ngorok gak ilang..
Nunggu solusi berikutnya deh….

8. Nino Pradipto Padmodiwiryo-Soedigdo - 9 September 2012

yuuk ngewangi aku semedi….ngenteni pangsit liwat…wkwkwk

MazPed - 9 September 2012

Nunggu Wangsit sik liwat PANGSIT…..

*2 mangkok gak pake telor Pak…. :mrgreen:

9. thole - 12 September 2012

dr sekian penyebab, yg masuk akal itu cuma 1
analisa di warung pojok WLHI, masalah ada pada Bearing, Crankshaft, Crankcase,

dengan solusi, mendorong kruk as ke kanan (ke arah radiator) sekitar 1mm ngorok hilang

sedangkan solusi ganti kipas, otak atik box filter hanya mengurangi bukan menghilangkan

trus solusi ganti roller, itu ada hubungannya dgn case pertama, memasang perangkat pulley depan, harus ada tracker pulley dan butuh tenaga utk mengencangkan baut, tidak disadari kan?? tindakan itu sama seperti solusi pertama, yaitu mendorong kruk as ke arah radiator?? hasilnya? ngorok bablas katanya, gmn? :mrgreen:

rojaly - 12 September 2012

rak ono sing bener kabeh..,sing bener ganti sistem pengabutan dengan karburator suara ngorok ilang,siapa mau coba duluan??tambah mumet rak kowe:mrgreen:

10. grandvblog - 26 September 2012

Solusi paling paten : gunakan jurus LEMBIRU,… lempar,… beli baru 🙂

melfelani - 9 Mei 2014

mo cb msh rg re!

11. Nizam - 19 Desember 2012

turu ngorok gak onok sing ribut, speda ngorok malah akeh sing ribut

12. deans - 30 Desember 2012

cah cah ruwet kabehhhhh….
lek motore gae knalpot bosok, mbrebeki kupeng podho ra protes…
duwe motor muni grok sak itik wes podo senep…
jan…. podo ruwettttt
kupinge disumpeli gae pembalut ae…merek Charm BodyFit…

13. Anonim - 12 Januari 2015

kalo gue ikutin jaman bro karena semua pasti ada jln keluarnya

14. fajarendy - 15 Januari 2015

yamaha T-Max aja ngorok…


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s