jump to navigation

Trik Lifter Vario 125 Letoy 23 September 2012

Posted by MazPed in Modif.
Tags:
trackback

Passss pasang LED kemarin, baju Wtf mesti di buka.

image

Nah kesempatan nih buat ngoprek lifter (penonjok rante keteng) atau bahasa bengkelnya sering di sebut otomatis kamprat.
Lifter ini bila lemah, akan menimbulkan bunyi tek…tek…tek… (bukan suara tukang nasi goreng lewat lho masbrooo).
Bunyi timbul biasanya pada saat manasin atau keadaan langsam.

Posisi lifter ini tepat di bawah throtle body (TB), jadi harus copot baut manifold TB seperti di tunjuk.anak panah.

image

hati hati menggeser TB beserta injectornya, terutama pada selang bensin, ada plastik pemegang selang tepat di depan injektor.
Lalu lepaskan baut penutup adjuster (setelan) di kepala injektor.
Awas ada seal cincin’nya.
Susah lho kalo nyopotnya setelah lifter di lepas dari engine.

image

Barulah  baut M10 lifter ini di lepas.
Hati2 lho masbrooo.
image

Setelah Lifter di lepas, coba deh puter adjuster berlawanan jarum jam pake obeng min sampe mentok lalu lepaskan.

image

Maka ujung penonjok akan menonjok keluar.
Rasakan kekuatan pegasnya masbrooo.

Yang mengalami kasus bunyi tek…tek…tek… spt di atas, sebaiknya kunjunggi AHASS terdekat, karena bila di biarkan bs fatal akibatnya masbrooo.
Lifter yang lemah tidak mampu menahan sabetan rante keteng sehingga menimbulkan bunyi.
Lama2 spring pita bs patah, akibatnya keteng tak terkendali, rante keteng lompat dari sproket dan Dhuar…… Klep sukses mencium seher…. Njeblug masbrooo.
Harga lifter ini sekitar 105 ribu.
Tapi yg garansinya masih berlaku, penggantian part ini SEHARUSNYA gratis…

Bagi yang mau mencoba trik memperkuat tonjokkan liftter, ikuti langkah2 berikut masbrooo.
Putar adjuster lifter sampe kira2 setengah.
Tahan pake jempol biar nggak njepat.
Lepas ring penahan. Liat pict.

image

Masih tetap di tahan jempol, lepaskan dan puter yg di beri tanda panah berlawanan jarum jam antara 180° – 360°
Lalu pasang kembali ring penahan.

image

Puter adjuster berlawanan jarum jam seperti tadi.
Bedakan kekuatan pegasnya dgn yg di awal tadi.
Setelah di rasa cukup.
Pasang kembali ke engine.

Cara pasangnya, putar adjuster berlawanan jarum jam sampe mentok sehingga penonjok terkunci. Lihat pict.

image

Pasang lifter ke engine dgn kunci shok 10.
Puter adjuster searah jarum jam, maka penonjok akan njepat otomatis.
Pasang seal penutup adjuster berikut bautnya.
Pasang manifold TB.
Lalu coba nyalakan…..

Apa masih ada suara tukang nasi goreng lewat….???

Lanjut cek kebocoran setrum di kop busi.
Pake multotester masbroooo.
Yang belum punya multitester ya cukup pake tangan aja.
image

image

Selamat mencoba, tp jgn coba2 kalo belum paham betul.

Iklan

Komentar»

1. noemoto - 23 September 2012

pertamax.

MazPed - 26 September 2012

josssss

2. Khabib Jetfire - Tonnie - 24 September 2012

raduwe weteep..

MazPed - 26 September 2012

tuku

3. Virus - 24 September 2012

ini vario 125 kok banyak amat perawatan nya???
klo orang yg paham sih enak, lah klo yg awam??? dtg ke bengkel AHASS??? tar disaranin ini itu yg “sesat” persis kayak di artikel blog om ridertua
*halah honda honda
produknya dinegara ini klo downgrade produk dari luar bener2 hancur produk nya, dah bagus mesin spec pcx125 eh dirubah (downgrade jadi vario125) kok malah banyak amat masalahnya

MazPed - 26 September 2012

yang bilang banyak masalah berarti belum bisa ngrawat motor injeksi, bisanya mencaci maki… heheheheheheh

Virus - 28 September 2012

wakwakwakwakwak tersinggung kh om??? ane gak ada caci maki, dan bukannya merawat motor injeksi gampang? ane juga ada motor injeksi 2 unit, dan bahkan minim masalah dibanding vario 125 ini.
ampe segitunya om bela-belain ni produk, padahal dah banyak masalah yg timbul apa masih “tutup mata” ???
klo bagi konsumen awam jelas merepotkan, klo bagi anda sih mungkin hal yg gampang.

4. Aa Ikhwan - 24 September 2012

sip ajib,..nice share 😀

MazPed - 26 September 2012

juzz ginduzzz

5. galau - 24 September 2012

kalo ngecek pake tangan gimana rasanya?

MazPed - 25 September 2012

Kalo nyetrum brarti bocor masbro…
Simpel kannn….

MazPed - 25 September 2012

Nih biang nya nongol :mrgreen:

6. anaksehat - 25 September 2012

pake multimeter kabel merah hitam di tempel kemana ya trs ukuranya apa lek?

MazPed - 25 September 2012

Merah ke cop busi.
Hitam ke body motor.

Ukuran ACV 1000

7. rojaly - 25 September 2012

sip bro..

8. grandvblog - 26 September 2012

Produk gagal… banyak banget keluhannya… klo AHM gak berani recall, nunggu versi revisinya aja deh…

MazPed - 26 September 2012

Punya ane aman2 aja om… cuman tak kasih trik aja bagi yg bermasalah..
Setelah memasuki 6000 km gak ada masalah tuh…

9. ipanase - 26 September 2012

sip lek, megison y wis tek2, LAT ne laranggggggggggg

MazPed - 26 September 2012

di gulung ae pan

ipanase - 26 September 2012

wedi njepat

MazPed - 26 September 2012

daripada ketengmu sik njepat..

10. moezed - 27 September 2012

wah wtf ku tek22…. hbis servis prtama,mekanik ahass ditanya mlh gak ngerti.
trus skrng KM 1800, tak cek olinya koq udah gosong y.
pdhl ps motor bru turun,KM hmpr 800 olinya msh kuning bagus.
mau ke ahass lg takutnya byr macem2.

11. thole - 27 September 2012

penyakit umum matik honda, dlu vario 2008 gw klo langsam/lewat polisi tidur, mainin gas dikit pasti bunyi ktak…ktak..tak..tak..tak kyk besi beradu

terutama mesin generasi beat, udah pasti itu, coba klo langsam pasti bunyi tak tak tak tak tak, 😆

12. erlangga - 7 Oktober 2012

Itu persis penyakit WTF 125I ane Om…
dulu udah digulung ulang di ahass… yaah 2 minggu yg lalu lah.. eh sekarang nongol lagi suaranya……

13. cipto bagong - 3 Desember 2012

Hadeeeeh adegan berbahaya nih bagi yg minim ilmu mesin tuk iseng/belajar betulkannya. Yang gak mo beresiko mending bawa ke ahass besar aja lebih mumpuni.

MazPed - 3 Desember 2012

Betul masbro…

Didi - 27 April 2017

Om katanya lilitan per nya bisa diganti sama tensioner lifter tiger kw…apakah itu betul? Saya tanya ke ahass katanya ga bisa

14. Ngoprek Lifter NMP « Juragan Rongsok Blog - 3 Desember 2012

[…] ini pernah mazped ulas di artikel ini. Mungkin masbro ada yang mengalami kasus serupa bisa lakukan trik ini, biasanya kalo di bawa ke […]

15. Kainan - 25 Februari 2013

Mas Bro…..ane baru beli ini motor 1 bulan yang lalu..emang aa suara seperti ngorok dan spontannya lambat kali…walaupun sdh di panasin….aku tanya ahli mesin motor…dan di gantilah Roler dan Spring(per) Koplingnya yang ukurannya 150…setelah itu aku coba dan ternyata…ngorok hilang, spontan lebih cepat sekali, buka gas langsung bisa standing dan di jalan ga ada masalah….jadi kenceng banget nich motor…jarak 100 M aku tempuh sekitar 15 detik dengan kecepatan 80 Km/jam….giman menurut Mas Bro ?

16. rahmanmaspeke - 21 September 2013

Jika terjadi kebocoran setrum solusinya bagmn gan?

17. plunger - 12 Oktober 2013

itu si grandv nongol jg akhirnya,… dimana-mana aku baca komentnya grandv slalu minor., huaddeehhh… kayanya orang sebrang ni anti banget dengan “H” yaak….!!

18. rahmanmaspeke - 18 Oktober 2013

Thanks Gan. Sedikit cerita nih, takut bongkar sendiri akhirnya td siang ane bawa deh wtfnya ke ahass, setelah di cek lifternya memang sdh letoy trus ditawarin lifter baru sm bosnya, lifter impor dr thailand seharga 200rb sdh dgn ongkos pasang. Alhasil gak ada suara aneh lg,. 🙂 O iya, lifter yg impor materialnya kok terasa agak tebal ya dr pada yg bawaan pabrik,. 😦

19. jeffrey - 15 November 2013

buka LAT cukup buka / copot baut manifold TB aja oo,,.?!

20. jeffrey - 15 November 2013

buka LAT cukup buka / copot baut manifold TB aja oom.?!

21. iman - 19 Mei 2014

vario 110 ane juga bunyi gt om udh lama..tiap dibawa ke bengkel psti blg nya klep nya yg kendor tp stlh cek klep gpp..hmmmm harus ganti lifter nya jg nih kaya nya…


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s