jump to navigation

ECU SouL GT eror gara2 LED 27 September 2012

Posted by MazPed in Opini.
Tags: , ,
trackback

Inget kan ama duo sodara ini…

image

Yups  SouL GT milik Sardot dan Vario 125 milik Sodron.
Rekan kerja satu kantor di jln Kelapa Hijau Jakut….

Kira2 sebulan yg lalu, lampu MIL injeksi SouL GT nyala terus. Seharusnya kan cuman sebentar pas kunci kontak On.

Ama si Sardot di bopong deh ke Bengkel Resmi Yamaha Cempaka Putih.

WoW ada penampakan Yamaha Majesty dan moge sepot tulen eR-One..  *rasah di bahas (_ _”)

Setelah SouL GT masuk meja oprasi, sang mekanik yg katanya pinter2 n propesional itu bilang.

“mas.. Ini lampu MiL eror gara2 anda pasang LeD di spidometer, LeD ini gak banyak makan setrum seperti bohlam orinya, akibatnya ada arus berlebih yang masuk ke ECU.. kalo mau di benerin ongkosnya 530 rebu aja mas, 2 hari kelar..”

image

Sardot pun menjawab…
“berapa bang…. 500an rebu cuma benerin lampu doang..?? Gak ah, biarin gini aja yang penting masi bisa jalan…”

Padahal LED yang di pasang tuh model payung, tinggal PNP, gak main potong kabel segala. Kok bs eror yak..??? Atau mekaniknya yg salah mendiagnosa.

Sampe di rumah kantor Sardot cerita, “aku tuh dulu pernah jadi sales Yamaha, jadi taulah akal-akalan model gitu… Mantan sales mau di kadalin..” Sambil ngeloyor bikin kopi… Xixixixixixi…

Mosok sih ECU bisa eror cuman gara2 LED…???? Kok di Wantufaiv aman2 aja..

Setelah pulang dari beres Yamaha, keluhan berubah.
Yang tadinya nyala terus, sekarang malah gak nyala babar blasss…

Wadaw…. Wadaw…..

Semoga berguna…

image

Iklan

Komentar»

1. lanangbagus - 27 September 2012

konslet..

MazPed - 27 September 2012

Ora ngutak atik kelistrikan kok

2. oh no oh yes - 27 September 2012

ha nek ga nyala njuk mesine urip ora kui

MazPed - 27 September 2012

Nyala normal om..

3. Cepz - 27 September 2012

YAMAHO elek. titik 😆

…..penting sih iso ngglinding

MazPed - 27 September 2012

Lha ini empu’nya SouL GT dah nongol…
:mrgreen:

4. oh no oh yes - 27 September 2012

mio j nak di gas bunyine ngung ngung ngung

MazPed - 27 September 2012

Kalo Wtf nging….. nging lebih kenceng suaranya drpd SouL GT

5. galau - 27 September 2012

wkwkwk… lah pie neng hv 125 ora ko?!! moso nang soul eror? DIPERTANYAKAN

MazPed - 27 September 2012

Nek Yamaha eror jarang2.
Soale sik tuku yo jarang…

Po pie aku manut

Cepz - 2 Oktober 2012

DOES nan nek iki juragane

wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…. 😆

6. SambelKacang - 27 September 2012

kakean dkumbah yak no,500 ewu edan po akal2an biar target harian i2 mas ngerti lah diler pie streng ra popo mok retak sitik we kon nganti,mtor mbrebet kon tku pj mj ne karbu weleh

MazPed - 27 September 2012

Sampeyan yo mantan sales po kang…. :mrgreen:

*mlayu cincing sarung

7. ryo - 27 September 2012

wuedyaaan cari setoran yooooooooooo iku

8. Alfido™ - 27 September 2012

trus mas? kok kyke cerita ne mandheg ditengah jalan 😀

9. Trisno - 27 September 2012

Keren neeh… mestinya kasi testimoni gini dipojok sharing.. biar temen2 yg kecewa bisa berbesar hati,,, 😀 😀
http://pojok.welovehonda.com/forumdisplay.php?10-Pojok-Sharing

stop kontak - 27 September 2012

anda jangan bc bung!!
Motor keluaran honda pasti sempurna, tanpa cacat.
Kalopun ada keluhan konsumen, itu karna pemakainya yang tidak becus.
Mana ada motor dg kualitas jelek laris manis.
Kalau anda terus-terusan bc, akan saya laporkan ke KPU.
Salam one hurt

Trisno - 28 September 2012

Siapa juga yg bc Om,, Acara touring Various Reg.Surabaya ke Cangar maren aja mesti pake acara ganti busi gara2 ngempos

10. satriafu150 - 27 September 2012

cuma diganti lampu model lama.

11. jatie88 - 27 September 2012

ramelu.melu bang, hihi…

Btw, cara buat speedo warnawarni kaya gitu gimana yah?

12. imam - 27 September 2012

mangkane ojo kakean polah ambek mesin injek….tau sendiri to akibate

13. thole - 27 September 2012

salah diagnosa tuh, tmen gw 2 orang pake Soul GT (putih&ijo) lampu kota diganti LED, normal aja 😆

14. aditninjamaniac - 27 September 2012

lah si boxy semua lampu speedo udah diganti LED ga ada masalah mas..lampu sign pun ikut LED..ga ada masalah..adem ayem wae.. 😀

15. Virus - 28 September 2012

hmmm vixor ane jg dah ganti lampu speedo dengan LED gak ad masalah, apa LED ny yg bermasalah tuh update terakhir katanya sekarang LED ny gak nyala???
coba aja ganti LED nya.
*dari beberapa artikel nih pemilik blog sesuatu (i know lah alur pikiran nya) wkakakakakakakakak

16. Aa Ikhwan - 28 September 2012

yaaah,…mati dunk :mrgreen:

17. ipanase - 29 September 2012

wkwkkwkwkwkw, error 😀 megison ganti led kabeh aman i ( ratakon )

Cepz - 2 Oktober 2012

sing error mah sik nduwe…. :mrgreen:

wkwkwkwkwkwkwkwkwk…..

18. Rachmat Triono - 12 Desember 2012

masbro ecumu tu rusak soalnya pemasangan led mu tu , mungkin saat pemasangan ada konselt, kalo 580 tu harga ecu nya, makanya konsultasi dulu ma mekanik klu mau psang asesoris tambahan…..

MazPed - 13 Desember 2012

Varioku tak odel odel gak papa tuh.
Kok SouL GT eror yak.
Pdhl cm Led di spido ama lampu senja yg model tancep.

19. kangmas - 30 Mei 2013

Pada bulan Agustus 2012 saya tertarik untuk meminang sebuah motor baru,pilihan jatuh pada motor matic andalan Yamaha,yaitu Yamaha Soul GT dengan no. mesin 1KP118581 dan nomer rangka MH31KP001CK117151.Motor ini bodinya macho banget,keren abis dech pokoknya.Sesuai dengan tagline Yamaha Keren,Lincah,Irit.Tetapi menurut pengalaman saya itu semua tidak terbukti.ternyata hanya sekedar bodynya aja yang keren,sedang mesinya berbeda 180 derajad.
Pengalaman saya memakai Yamaha Soul GT,saat odometer menunjukan 2000km mulai muncul getaran di cvt saat berjalan pada kecepatan konstan 50-60kpj(kilometer per jam).Shock depan dan shock belakangnya keras banget.Apalagi saat melewati jalan yang tidak rata.Pada saat masuk ke bengkel resmi yamaha,saya tanyakan keluhan yang saya alami tersebut ke mekaniknya,dan kata mekaniknya itu gara-gara filter udara nya yang lebih panjang dari versi mio karbu(mekanik yg ahli pasti ketawa nich mendengar jawaban dari mekanik Yamaha yg seperti itu) hingga timbul gejala greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj.Kalau shock yang keras,diciptakan untuk mendapatkan handling yang mantap (bagaimana bisa dapat handling yang mantap kalau tangan kesemutan dan pinggang sakit karena shock yang keras?). Ya sudahlah, cuma masalah kecil saya kira.Tapi saat odometer menunjukan 4000km kok getaranya semakin bertambah keras.Kerasa greg-greg sampai kekaki,dan larinya juga bertambah pelan,top speed cuma 80kpj.
Akhirnya saya tlp call center Yamaha pusat Jakarta pada tanggal 27 september 2012 untuk menyampaikan keluhan saya tersebut.Pada tanggal 28 september 2012 pagi sudah ditlp balik oleh yamaha call center Surabaya (bener2 fast respon,but not sure)karena memang posisi saya di Surabaya.Akhirnya bikin janjian bertempat di pusat claim shop yamaha Surabaya yang berada di Pusat Motor daerah Kenjeran,ketemu dengan mas Pawit.Setelah menyampaikan keluhan saya,akhirnya motor saya tersebut ditinggal untuk dianalisa penyebab keluhan keluhan tersebut.Menginap dech 1 hari.Pada keesokan harinya saya dihubungi kembali,masalah sudah teratasi,kata mas Pawit gara-gara rolernya ada yg aus(baru jln 4000km dah aus rollernya,gimana nich mutu part original Yamaha?).sedangkan untuk shock yang keras jawabanya sama dengan mekanik yang pertama menangani motor sayaYa sudahlah yg penting sudah sembuh penyakitnya(greg-greg saat kecepatan konstan 50-60kpj).Saya bisa beraktifitas lagi dengan menunggang motor kesayangan walaupun dengan shock yang tidak nyaman.
Tetapi setelah pemakaian jarak 10.000km ada gejala baru,tiap start awal dari 0-10kpj ada gejala gredeg-gredeg (getaran pada seluruh boddy motor) yg sangat keras.Rasanya bersumber dari cvt bagian belakang .Power juga menurun saat dipakai jarak jauh dan saat dipakai berboncengan .Motor kembali saya masukan ke bengkel resmi Yamaha (Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya),sekalian buat perawatan rutin.Kata mekaniknya karena stelan klep dan settingan ECU injeksinya kurang pas (untuk keluhan lost power), dan kotor pada bagian cvtnya (untuk keluhan gredeg-gredeg).Ya sudah service ringan(stel kerenggangan klep dan setting ECU) plus bongkar,sekalian dibersihkan cvt-nya (jasa service service ringan dan service cvt berbeda).Setelah keluar bengkel,motor sehat wal’afiat,seger waras.
Tetapi setelah pemakaian berjalan jarak 350km-an dari saat masuk bengkel gejala greg-greg itu muncul lagi.Karena masih ada garansi service motor saya bawa masuk bengkel resmi Yamaha(Cahya Persada Motor jln.Sulawesi 39 Surabaya) lagi.Oleh mekaniknya(mas Nanda,sama dengan saat masuk pertama di bengkel ini) dibongkar lagi dan dibersihkan lagi cvt-nya.Posis pembersihan ditempat yg sama saat saya pertama masuk bengkel.Mekaniknya bilang kampas ganda (clutch carier assy) dan rumahnya(clutch housing comp) kurang bersih(bagaimana prosedur kerja bengkel resmi yamaha hingga masalah yang sama bisa terulang 2x?).Keluar dari bengkel resmi,seger buger dech,wah kurang bersih berarti kmarin saat masuk pertama,lega juga ternyata cuma kotor aja.tapi setelah 500km dari masuk yg ke-2 tiba2 gejala itu muncul lagi,bahkan makin keras,kayak kampas (clutch carier assy) nggak menggigit sempurna rumah koplingnya (clutch housing comp) ,ini muncul saat motor dalam kondisi dingin dan saat dikendarai di jalan yang macet.
Saya mulai jengkel dengan banyak masalah yang mulai timbul lagi di motor ini.Akhirnya saya putuskan untuk kembali tlp call center Yamaha Jakarta.Tanggal 22 april 2013 saya tlp dan menyampaikan keluhan yang saya alami.Seminggu lebih kemudian,tepatnya pada tanggal 30 April 2013 saya ditlp Yamaha call center Surabaya,dengan contact person mas Yohan.Saya diminta datang lagi ke pusat klaim shop yamaha di Pusat Motor Kenjeran,ketemu dengan mas yohan ini,kata dia “ini motornya ditinggal ya mas,menginap dulu biar bisa dianalisa dengan tuntas keluhanya”. Sekalian saya keluhkan lagi tentang shock depan yg keras (shock belakang sudah mendingan karena saya ganti dengan shock belakang Honda vario Techno 125 original) juga lost power saat mesin panas,atau saat dipakai berkendara jarak jauh (lebih dari 50KM).Saat dipakai berboncengan juga lemot tarikanya(bagaimana tagline keren,lincah,irit bisa terealisasi,kalau kenyataanya seperti ini?).”ok mas,semua saya cek nanti”,jawab mas Yohan
Pada tanggal 1 Mei 2013 sore saya ditelepon,motor saya sudah selesai. Pada tanggal 2 Mei 2013 saya baru bisa mengambil motor tersebut.Menurut mas Yohan sudah beres,sudah ketemu rusaknya dan sudah diganti 1 unit cvt bagian depan.Sekalian rollernya diganti,tapi dengan punya motor Yamaha tipe lain yaitu yamaha mio sporty,biar lebih enteng tarikanya katanya mas Yohan .Pengerjaan berikutnya settingan CO dinaikan menjadi +10 (gak tau nich efeknya apa,tetapi yang saya rasakan tarikan tetep berat,malah lebih boros BBM).Saya lega juga sudah ketemu penyebabnya.
Selang beberapa hari kemudian,tepatnya pada jarak tempuh 450km setelah masuk bengkel pertama, keluhan awal itu muncul lagi.Karena saya sudah punya tlpnya mas Yohan (call center yamaha Surabaya),saya putuskan pada tanggal 10 Mei 2013,untuk langsung menghubungi mas yohan.Kata mas Yohan akan dikonsultasikan lagi dengan Pak Bekti orang yamaha pusat.Pada tanggal 13 mei 2013 saya di SMS mas Yohan untuk (lagi-lagi) datang ke pusat motor Kenjeran.katanya mau diganti satu set cvt belakang (clutch carier assy dan clutch housing comp) sekalian diganti van beltnya.Saya diminta untuk melihat langsung proses penggantian part ini.Ketika part penggantinya ditunjukan ke saya,saya melihat adanya bekas pemakaian di kedua part pengganti tersebut. Menurut penjelasan mas Yohan gak ada stock part barunya,sehingga dikanibalkan dari unit baru,bekas pemakaian itu terjadi saat unit motor yang dikanibal tersebut dites jalan.Ya sudahlah,terima aja,pokoknya diganti dan masalah yang timbul nggak muncul lagi.Akhirnya part dipasang,beres dech,motor saya bawa pulang dengan hati riang,walaupun mulai was-was masalah akan muncu lagi.
Ternyata kekawatiran yang saya rasakan benar-benar terjadi.Habis pulang kampung tanggal 20 Mei 2013 pagi,masalah itu(greg-greg saat start awal 0-10kpj) muncul lagi.Bahkan muncul masalah baru,yaitu greg-greg saat kecepatan konstan,seperti complain saya pada tanggal 28 September 2012.Saya curiga ini gara-gara penggantian roller yg tidak sesuai dengan bawaan asli soul gt.Saya sudah benar-benar kecewa dengan produk Yamaha Soul GT ini.Setelah saya browsing di internet ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah dengan Yamaha soul gt.Banyak pemakainya yang mempunyai pengalaman serupa dengan soul gt saya.Akhirnya saya tumpahkan kekecewaan saya ke call center Yamaha pusat pada tangggal 22 Mei 2013,saya sudah pusing dengan semua masalah yang timbul di motor ini,saya tumpahkan semua masalah yang timbul,dari shock yang keras,power yang hilang saat motor jalan 50km keatas,tarikan berat saat dipakai berboncengan,dan yang paling mengganggu getaran yang keras pada seluruh boddy motor saat start awal (jadi tambah parah setelah diganti satu set cvt bagian belakang).Saking jengkelnya saya minta Yamaha membeli saja motor saya ini dengan harga motor bekas.Daripada terus kecewa,karena motor yang dibeli dengan harga yang tidak murah,dari hasil kerja keras saya selama ini ternyata seperti itu.
Tanggapan yang cepat datang dari Yamaha,pagi saya tlp Yamaha Jakarta,malamnya saya sudah ditelepon oleh Yamaha call center Surabaya.Tetapi alangkah terkejutnya saya,bukan respon baik yang disampaikan tetapi terkesan Yamaha cuci tangan dengan problem yang menimpa motor saya ini.Mereka bilang tidak bisa mengabulkan claim garansi saya,karena motor saya sudah dimodifikasi shock belakanya.Saya jadi bertanya-tanya,mengapa tidak dari pertama mereka menolak complain saya,sedangkan dulu saya memasangkan shock juga yang memasangkan mekanik Yamaha pusat motor.Dari keluhan tanggal 28 september 2012 juga saya sudah ganti shock belakang motor saya.Jika dipikir dengan logika,juga saat saya konsultasikan dengan mekanik lain diluar Yamaha yang sudah berpengalaman,mereka mengatakan tidak ada hubungannya gredeg-gredeg pada cvt dengan shock belakang yang diganti.
Apakah seperti ini cara menangani complain konsumen oleh pabrikan besar sekelas Yamaha?Perlu dipertanyakan juga kualitas part dari pabrikan Yamaha ini,setelah motor saya diganti dengan spare part original yang katanya dari unit baru kok masalah malah bertambah parah?bagaimana manajemen dan prosedur penanganan complain sehingga complain berulang terjadi?konsumen dilarang mengganti part selain bawaan asli soul gt,sedangkan pihak Yamaha sendiri mengganti roller soul gt saya dengan roller Yamaha tipe lain yang bukan asli bawaan soul gt(mio sporty) padahal jelas-jelas beda part number di catalog sparepart Yamaha.

20. santoso - 19 Juni 2014

alhamdullilah saya cukup bangga dengan mio gt yang aku beli pada bulan pebruari 2014,
pertama kali aku mengendarai mio gt yang masih gres reketek baru diantar dari deler, aku sudah merasakan tidak seperti vario yang pernah saya pinjem dari temen. ketika aku naik vario, babar blas ga terasa adanya getaran mesin maupun suspensi (waktu itu saya cuma berani memacu pada kecepatan 100kpj walaupun pengendalian masih terasa tsabil);
Tapi dengan mio gt, aku langsung meraskan getaran mesin yang responsif (harap hati-hati mengendarai di jalan yang ga mulus – tangan bisa terlepas dari stang,karena suspensinya baru terasa lembut ketika di bebani sekintal beras)
yang saya kira sebagi ciri khas dari mesin yang bertenaga besar; ternyata benar juga, ketika saya geber gas pol pada kondisi jalan datar mencapai kecepatan puncak (ga mau naik lagi) 80.000 meter per jam.

Tapi jangan kwatir buat temen temen yang udah punya mio, sebenere kalo kalian berani memacunya mio yang mesinya ga lebih dari 150cc bakal meluncur 190 kilo meter per jam.
syaratnya gas pol di jalan turunan jangan pake rem.

terimakasih atas layanan nya yang ga perlu aku bahas.

21. Bajaj - 1 Agustus 2014

Sdh ga percaya sm beres resmi yamaha,sy konplain mio gt krn timbul getar yg hebat dan berisik di bagian CVT malah di jawab sudah bawaan dari sananya,karakter mio emang begitu.coba klu motor bkn dlm masa garansi,tanpa kita ngeluh dah pasti dia menyarankan utk di service.

shant990 - 5 Agustus 2014

tp mio saya lumayan juga untuk di bikin mesin becak.

22. jangkung - 6 November 2014

hhh….dasar sales2 y kyk gtu….saling menjatuhkn cb klw dia jd sales produk yg dia jelek2kin….psti sbalikny jg…pstny perusahaan2 besar kek honda ataupun yamaha sdh melalui riset sblm ngeluarin produk baru…dan bkn main2…krn taruhannya nama besar dr prshaan….ms trjdi hal sprt itu…MIKIR….????klw pun trjd….itu krn human error si pemakai….yg gk prnh tw ngerawat mtorny….

salam dari pemakai ” honda “…

23. chienk - 29 Januari 2015

Apa sebab mio gt klw d goyang trus mati

24. heri DJ sbynt - 31 Januari 2015

ojo kewatir mas, Led tdk bikin rusak kok, led hanya memerlukan daya yg kecil, Jadi dengan daya yg kecil aja bisa nyala. Aku juga pasang led di indikator injeksi ( kasusnya sama persi ni) tp tdk berpengaruh dgn mesin/ kelistikan. Biarin aja teknisi yamaha bingung sendiri. Kita pura2 begok aja, kita komplain kenapa lampu indikatornya kok menyala terus. Pasti penjelasanya macem2. Kalo mau kembali seperti semula ya ganti lagi aja dgn lampu dop seperti bawaan pabrik.


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s