jump to navigation

DIY Bikin Hazard Pada Motor Sport HONDA 3 Februari 2013

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
Tags: , ,
trackback

Pagi-pagi belum juga bangun tidur udah ada tamu penunggang CB… wadaw…

Mau pasang hazard katannya…

Sebelum mazped garap.. tentunya mazped kasih tau dulu tata cara penggunaan hazard, yang sebenarnya itu gak boleh di aplikasikan pada motor.

Mazped pun berpesan…. Harap di pakai pada kondisi kendaraan sedang dalam masalah…

Misalnya ketika mogok dimalam hari atau lg ban kempes… Oke… Deal.

IMG_4353

Untuk membuat hazard sederhana ini hanya di perlukan sebuah relay 8 PIN dan flasher yang speknya sama dengan bawa’an motor.

Jadi di sini kita akan memakai 2 buah flasher…

Apa itu flaser..??? Yaitu sebuah part yang berfungsi untuk membuat agar lampu sein berkedip dengan periode kedipan 85 x dalam 1 menit.
Kalo gak percaya itung aja.. :mrgreen:

Ini berlaku untuk semua motor sport Honda yah… GL series, Tiger atau New Megapro.

Namun disini mazped mau aplikasikan ke CB karna kebetulan sang CB udah pake saklar NMP.

Yup…. copot dulu saklar bagian kiri…

Siapkan alat dan bahan di atas, termasuk solder, timah, solasi, kopi, cemilan, music + Djarum Super…. BuL… BuL….

Gulung selongsong kabel… lalu perhatikan kabelnya.

Untuk motor Tiger, kabel hitam dengan abu2 di short ( di sambung langsung ) lalu di solasi.

Untuk CB di short aja 2 kabel pada soket hitam.

bikin hazard

Liat gambar

Potong kabel orange ama biru muda… Lalu kita anggap saja sebagai A dan B.

Siapkan relay 12 V 8 PIN seperti ini masbrow…

relay + dioda

Lalu di rakit dengan 3 buah dioda seperti pada gambar.

Sambung sesuai kodenya aja…

A2 = kabel Orange dari saklar

B2 = kabel biru muda dari saklar

C = sambung ke kabel biru ( lampu jauh )

D = sambung ke kabel hijau ( masa )

Penampakan wiringnya

wiring

Siapkan 2 buah flasher dengan spek sama

flasher 2

Pada PIN flasher ada kode huruf pada PIN’nya, huruf B ( batere ) dan huruf L ( lampu ).

kode flasher

Kabel A2 dan B2 colokkan pada PIN B ( batere) pada flaser, sedang kabel A1 dan B1 colokkan pada PIN L ( lampu )

wiring flasher

Di tes doloooooooooooooo….

Hazard CB

Lho nyalainnya gimana…???

Mazped gak pake saklar tambahan mazbro…

Tapi mengkombinasikan antara sein dengan dim..

Jadi kalo mau nyalain hazard, tinggal sein kiri atau kanan lalu tembak dengan dim…

Kalo mau mati’ing tinggal mati’in sein ajah… Beress….

Yang penasaran dan nekad mau buffering.. monggo..!!!!

GAK BOLEH KEPINGIN… :mrgreen:

Iklan

Komentar»

1. emir99 - 3 Februari 2013

Tak tiru yo Mas ning Nasir ku… He he.. Matur nuwun.. πŸ˜€

2. fitready - 3 Februari 2013

Siip…

3. Trisna Ariwibawa - 3 Februari 2013

buat old vixi bisa juga nih? xixi
http://trexton.wordpress.com/

MazPed - 3 Februari 2013

bisa mas.. triknya sama, dulu juga pernah pasang di Vixi kok

Trisna Ariwibawa - 3 Februari 2013

kepengen.. tapi jauh nih… bagi no telpnya mas..
kapan main kebandung mas?

4. Wiira Dinanta - 3 Februari 2013

di wtf bisa ga mas? πŸ˜€

MazPed - 3 Februari 2013

Wtf ane dah lama pake ginian.

Kombinasi sein ama starter.

Penampakan di http://mazped.com/2012/07/18/salah-kaprah-mengenai-lampu-hazard-di-motor/

5. Wiira Dinanta - 3 Februari 2013

caranya dmna bos?

MazPed - 3 Februari 2013

Rangkaian sama mas, cuman yg huruf C, disambung ke starter

6. rusmanjay - 3 Februari 2013

semoga ga disalahgunakan

7. ipanase - 3 Februari 2013

jossss tenan

8. absoluterevo - 3 Februari 2013

Josssssss mantap nice info abah…! Terus itu bisa di pasang ga di absoluterevo?

MazPed - 3 Februari 2013

Bisa mas

9. melon rider - 3 Februari 2013

ayo nang pulsar orange juss Lek… Waaahhhhh… kapan muleh ki…??

MazPed - 3 Februari 2013

Oahm….. *angop

Mbah Kasan - 3 Februari 2013

malah angop… wooo…

10. anaksehat - 3 Februari 2013

tutup mata dulu 😦

11. bapakeVALKYLA - 4 Februari 2013

moga2 aja tidak disalahgunakan..

12. Aa Ikhwan - 5 Februari 2013

sip ajib kang,.. tp gak kepingin πŸ˜€

13. jo jo - 5 Februari 2013

wah kepingin maz buat v125 saya..
canggih ilmu mcgyver’e..hehe.. πŸ˜€

14. well wellonk - 6 Februari 2013

mantappp

15. karadi - 7 Februari 2013

manteppppppp…………

16. jangkrik_jogja - 26 Februari 2013

aku kepengen tur sek 2 mode, kedip 2x kanan, kedip 2x kiri bergantian hidupnya… hahahaha… pengeeeeeeeeeeeeen….

17. Fajar - 2 Maret 2013

kabel orange sama biru apa mas??

18. albina - 31 Maret 2013

mas klo sen kanan dan kirinya masih berpungsi engga…..gimana caranya

MazPed - 31 Maret 2013

Berfungsi mas.
Nyalain Hazard harus nyalain sein dulu, lalu dipancing pake dim.
Mau mati’in tgl mati’in sein aja.

dipol central - 4 Mei 2014

Klo untuk mio apa ja yg d btuhkan

19. irfan nawawi - 12 April 2013

ayo mas sya ga bisa-bisa nih…tolong di bantu untuk yamaha mio.

20. tata - 13 April 2013

ni pas hazard on,trus di mau belok kanan/kiri hazard mati ga???
apa ttep nyala hazard nya??

21. wawan - 27 April 2013

kalo bwt honda beat bisa ga???

22. kenari87 - 29 April 2013

buat vario g1 ada ? tanpa nambah flasher bisa ?

23. cahyo - 6 Juni 2013

mas kalo buat motor bebek caranya gmana saya punya motor bebek supra x 125

24. Avim Rizani Hardianto - 8 Juni 2013

mas bro.. mau tanya kalo rellaynya guede gimana?, bisa apa enggak di pake?
ini speknya :
240vac
5a
30vdc
dc12v

bisa minta pin ato cp yg bisa dihubungi, biar nanyanya lebih enak..

25. adittya - 27 Juni 2013

mas minta ptunjuk mtrt saya tiger namun untuk saklar kirinya pake punya RX king( biar ga banyak kabel dari stang mas hehehe)
kemudian untuk staternya jd pake tombol dim mas
mohon pencerahan mas mau pasang hazard tp pake saklar rx king trimakasih
salam,,,
cp 085722415486
dari aditya – bogor – jawabarat

26. Rafif Gayuh Islami - 8 Juli 2013

mas, bisa nggak dipasang di Mio dan beat?? dan saya mau tanya dim itu klakson apa yang lain?? trus pake dioda kode berapa??
mohon di balas ya di no hp saya
085726574195. saya tunggu mas
Dari Rafif Gayuh Islami di Semarang

27. AndreanH - 12 Juli 2013

Diodanya berapa amper ya gan..?

MazPed - 13 Juli 2013

1 Ampere cukup

AndreanH - 14 Juli 2013

diode nya itu di pasangkan ke no. pin berapa aja ya..?
atau terserah dipasangkannya ??

28. AndreanH - 15 Juli 2013

boleh tanya gak mas???
di tiger revo kan aku nemu 2 kabel hitam sama 1 kabel abu” nih..
lah trus yg mna yg harus di sambung diantara 2kabel hitam ini??
thanks before

29. Adhie Semarang - 27 Juli 2013

bro, kalau mau pasang di vario 125 injeksi caranya bagaimana?
thanks

30. Openg - 27 Agustus 2013

Caranya Ribet dan terlalu panjang masbro,
Kesulitan Buat org yg low sama pengetahuan elektronika,
Ada yg lbh simple, dan tanpa merusak kabel dengan cara memotong2 bgitu,
Itu pengerjaan yg kasar kl ane bilang…
Klo org jawa bilang,
“Sing penting Waton urip”

MazPed - 31 Agustus 2013

Ah ya gak juga.. iki gak waton.

31. Centro - 28 Agustus 2013

Bg yg gakmau ribet beli aja flasher hazard murah kok hanya 15rebong doank

32. herry - 7 September 2013

mas klo wat byson sma gk

33. pak tarno - 21 September 2013

bagus mas, kreatif.
masalaahnya kalo mau nyalip bus, kita kan kasih sein kanan, kadang tangan kita juga reflex ngedim sambil nyalip, dan hasilnya sein bakal nyala semua. wohhh…ribet juga urusannya.

MazPed - 21 September 2013

Yg versi terbaru sudah dipindah sein + starter.

pak tarno - 21 September 2013

berarti pas lagi jalan sambil pencet starter gitu? apa gak bahaya ama kolping staternya?

MazPed - 21 September 2013

Gak gapa…
Mencetnya jangan sambil tarik kopling.
Sebenernya buat input pancingan hazard terserah yg make mau lewat apa, mau klakson, lampu dekat, jauh atau starter bisa aja.
Lagian cm 1 x tekan saja, gak perlu ditahan.
Pilih sendiri mana yg cocok.
Nanti kalo ane bilang bisa lewat klakson… ente bantah lagi “bikin brisik”

34. Luqi Ponorogo - 8 Oktober 2013

mana mazped yg kedipnya bergantian kanan 2x trus kiri 2x..?

MazPed - 8 Oktober 2013

Yg gantian kanan kiri itu dah bukan hazard lagi, tp strobo.

Motor gak boleh pake strobo ya…

chipud - 10 November 2013

tolong bantu mas bro
kalo mau buat saklar tambahan untuk lampu hazardnya gimana?????
thx sebelumnya mas brouw

35. chipud - 14 Oktober 2013

mas kalo kabel yg c disambung ke saklar kosong (baru) sebagai pemancingnya bisa gk?? biar gk ganggu saklar yg laen

36. Abadi Pamungkas - 2 Maret 2014

punten mas ntu klo bwat di pke di mtor byson bisa gx ea mas???
trus pemasangannya ap sma jg sperti cntoh di atas mas??
punten mas mhon pencerahannya matur nuwun,,,,

37. dhani - 19 Maret 2014

Kalo beat gmana caranya gan ???
N cara nyambung k’dim bgmana ?

38. tiara - 26 Maret 2014

yang digabung itu kbel soket ke kupling ya…

39. Maszt Beiy - 9 April 2014

mas mo tanya.. emang klo flhaser gitu ga kita pasang di motor,. coba kita arus sama lampu (pake aki.misalnya)
kenapa lampunya ga kedip kedip yaaa….!!!
sementara kita posisikan lagi di motor kita aktifin pake swite sein kemali kedip kedip.
sebenernya yg bikin lampu sein itu bisa kedip kedip itu flaser tersebuttt.. atao masih ada perangkat lain untuk sein selain flasher…??

mkasih.. sblmunya

40. dicky - 28 April 2014

mbrengkali postingan alamat masped!!!

mau tanya mas!!
ane mau ngasih sein tambahan di motor ane!!
Tpi ktika saklar sein Non aktiv dy berfungsi layaknya lampu kota!!
punya rangkaianya g mas??
ato mungkin punya ide??

kempul serang - 16 Agustus 2014

gah usah pake rangkaian tingal sambung kabel arus lmpu tmbhan” ke arus lampu kota terus. kbl masa lmpu tmbhan smbng ke arus sen” jadi deh mudah kan

MazPed - 16 Agustus 2014

Nanti nyalanya silang mas… sen nyala sebelah, lampu tambahan nyala pas sein mati, karna memanfaatkan jalur positif sein sbg negatif lampu tambahan.

41. Anonim - 29 April 2014

Klw buat verza bisa ga gan,,trus untuk relay ma flaezaer abis brpa dwit??

42. Ungke - 23 Juli 2014

Gan…kalo untuk xeon bisa gak.?

43. Anonim - 16 Agustus 2014

bos saya punya riley sentuh dulu bks pengaman api cdi bisa gk di pasang di hadzar n klo pke fleser mobil bisa gk jdi gk usah dobel

44. dimas dheany - 23 Oktober 2014

gan kalok untuk yamaha scorpio z new gmna iya , soalnya masih bingung untuk motor yang satu ini .

45. Anonim - 31 Oktober 2014

joz

46. masegadwitara - 26 November 2014

kalo untuk saklar scorpio yg dipasang di cb, kabel kabel yg dipotong mana aja ni mas?? kan beda sama saklar NMP yg di gambar itu

47. Lulut - 1 Januari 2015

Mas kalau aku mau pakek saklar gimana mas ? Tolong kasih di agramnya πŸ™‚ makasih motor
new megapro

48. Anonim - 2 Januari 2015

mas itu dioda nya spec nya apa mas

49. ganesha - 2 Januari 2015

mas itu dioda nya spec nya apa mas?

50. suwar81 - 23 Januari 2015

mas… kabel orange dan biru muda (A dan B) itu lampu sein yah?


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s