jump to navigation

Capasitor Bank… Buat Apa Sih..??? 17 April 2013

Posted by MazPed in Review.
Tags: , ,
trackback

Haduwh…. Toblas bro….

Banyak artikel yang pending gara-gara kesibukan ane ngurusi orderan, giliran ada waktu… gantian jaringan internet yang payah..

Yo wis ahh… dikit-dikit ane coba update meski upload 1 foto nunggunya sampe ngabisin rokok 1 batang.. weleh.. weleh…. dyar tenan..

Sesuai janji ane kemarin… Mau bahas masalah Kapasitor Bank..

Apa sih kapasitor bank itu..???

url

Kapasitor bank sekarang banyak di jumpai di motor2 injeksi HONDA entry level juga mid level ( di high level justru malah gak ada ) .

Fungsinya sebagai penyimpan energi listrik sementara… Boleh di bilang kapasitor bank merupakan aki cadangan dengan daya simpan arus yang kecil.

Kenapa perlu ada kapasitor bank…???

Nah… part ini amat sangat membantu di kala aki tekor atau soak, piranti injeksi ( ECM dan fuel pump ) butuh tegangan untuk mempersiapkan diri ( booting ) sebelum motor di starter.

Cek dah.. pada motor injeksi pasti ada bunyi “ngiiiiiiing..” pada fuel pump ( tangki bahan bakar ) ketika kontak di nyalakan.

Itu pertanda fuel pump sedang menyiapkan tekanan bahan bakar ke injektor agar nantinya di semburkan ke ruang bakar.

Nah… untuk persiapan part tersebut pasti membutuhkan arus dari aki…. Lalu bagaimana jika aki bermasalah..??? Tekor atau soak.

Apalagi fitur AHO sering membuat motor2 jaman sekarang tekor karna pengisian ke aki lebih sedikit ketimbang pengeluaran.

Pabrikan AHM telah mengakalinya dengan kapasitor bank… Namun belum semua part ini di cangkok’kan ke motor injeksi Honda atau merk lainnya.

Baru CB150R dan Verza saja yang ane tau… Untuk ukuran ( Farad ) kapasitor bank ori pabrikan belum di ketahui nilainya, karena pas sesi tanya jawab dengan Pak Sawono Edhi ( AHM ) beliau pun tidak memberitahukan berapa nilai’nya.

Tapi nanti kalo nemu part’nya di loakan… ane coba ukur… meski gak ada alat ukur buat membaca nilai kapasitor, namun ane punya trik sederhana ngukur nilai Farad kapasitor.. hueheheheheheheheheh…

pertamax7-wordpress-com-119-small

Bagaimana motor injeksi lain yang belum pake Kapasitor bank…

Nih sedikit trik… Sebenernya ini trik lawas… dah pada pake ginian sejak motor karbu berkuasa. Juragan Pertamax7 juga udah pasang sejak jaman kompeni :mrgreen:

Kalo di motor karbu fungsinya sebagai stabilizer tegangan aki… Di motor injeksi pun sama… Selain buat stabilizer tegangan aki, juga berfungsi sebagai pemasok arus darurat.

Part yang di butuhkan hanyalah sebuah atau beberapa buah Kapasitor yang biasa di sebut ELCO ( Electrolit Condensator )

Ukuran yang di pake rata-rata 10.000uF, untuk tegangan yang penting di atas 16 Volt. Untuk harga sih bervariasi.. Untuk yang 10.000uF/50 Volt antara Rp 15.000 – Rp 20.000 saja.

Sedang yang 15.000uF kemarin ane beli Rp40.000… Tapi di jamin mantep….

Cara pasangnya cukup di hubungkan paralel dengan aki… Gitu doank… Simpel kan.

kapasitor

Untuk kedepannya… Ane mau mencoba ber-experimen ke motor yang lebih canggih, katakanlah Vario 125.

Di mana suply arus pada Vario ini di bagi-bagi menjadi beberapa bagian, cek dah bagian FUSEBOX ( rumah sekring ), di situ ada beberapa FUSE yang bertugas mengamankan part2 kelistrikan sesuai kategorinya, misal buat sistem injeksi, buat lampu-lampu, buat spido, sekring utama dan lain-lain…  jadi perlu trik khusus agar kapasitor bank ini berfungsi maximal pada wiring yang benar2 membutuhkan suply arus darurat.

Untuk motor jenis lain seperti Mio J, Soul GT, Beat Fi, Scoopy Fi cara pasangnya cukup di pasang paralel dengan aki…

Perlu di ingat bahwa Kapasitor ini mempunyai kutub negatif dan positif.

kapasitor - tanda negatif

Kutup negatif di tandai dengan garis atau tanda (-) pada sisi badannya.. Dan pemasangan tidak boleh terbalik.

Kutup Positif (+) kapasitor di hubungkan ke Kutub positif Aki, Kutub negatif (-) kapasitor di hubungkan ke Kutub Negatif Aki…

Kalo terbalik gimana…?????? Meledak masbroooo….. Gak percaya…??? Coba aja… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

* ane belum sempet masang bro… belum ada waktu buat bongkar.

Sebenernya simpel sih… tapi karna Vario ane ada jamnya, jadi kalo nglepas kutub aki kudu seting ulang jam… nah itu yang bikin ribet karna seting jam ane harus buka setang, spido dll.

Tunggu artikel selanjutnyah….

Semoga kepingin.

Iklan

Komentar»

1. Trisna Ariwibawa - 17 April 2013
2. rusmanjay - 17 April 2013

gara2 petasan dilarang kapasitor elektrolit dulu di daerah saya dijadiin pengganti petasan :mrgreen:

jangan ditiru bahaya :mrgreen:

MazPed - 17 April 2013

Woah….
╮(“╯_╰)╭ kelakuan

Aku dulu sering tp gak sengaja pas bikin power suply OCL.
Kalo kebalik… ada asap plus suara berdesis… trus…

DHUAR…….

Tombok dah.. :mrgreen:

gunawan - 18 April 2013

orang indonesia memang terkenal kreatif, he e e tak ada rotan akar pun jadi

3. sijidewe aka snalpot99 - 17 April 2013

master e eloktronika iki :mrgreen: joss (y)

4. nbsusanto - 17 April 2013

pertamax7 kit jaman kompeni?wes tuek temen.. 😆

pasangke lek..eh sik ding..nek nggo supra karbu efek e opo?nambah terang lampu ra?iso nambah berapa dk? 😆

5. proleevo - 17 April 2013

Mantap mas Heru, tulung pasangke nggonku…

sisan nitip jemuran…

http://proleevo.wordpress.com/2013/04/17/desa-ku-yang-asri/

6. Aku - 17 April 2013

Ditunggu artikel yang lebih lengkap dan detail

Nuhun mazped 😀

7. Aku - 17 April 2013

Ohya mas, kalo utk WTF ngak bisa langsung di paralel ya?

MazPed - 17 April 2013

Bisa

8. Nichoz Ahmad - 18 April 2013

aq ws tau kejeblugan 100μF ,,, lumayan njimprak

😆 tangan yang kena umayan gatel 😆

9. Joko - 18 April 2013

Kapasitor kan tetap makan listriknya aki. Misal aki nggak dipakai beberapa hari, apa malah nggak bikin aki lebih cepat habis? Terutama yg punya motor lebih dari satu, biasanya nggak bisa tiap hari motor keluar utk jalan2.

MazPed - 18 April 2013

Kapasitor gak makan setrum bro…
Dia punya sifat menyimpan arus ketika ada listrik.
Dan mengeluarkan listrik saat ga ada aliran listrik.

Nah lho…..

Joko - 19 April 2013

Kalau kapasitornya ideal iya, tapi kenyataannya kan nggak ada yg ideal.
http://www.electronics-tutorials.ws/capacitor/cap_3.html
Coba dibaca di bagian 4 ttg kebocoran arus.

10. Maskur - 18 April 2013

nek Power Bank
:mrgreen:

11. ipanase - 19 April 2013

ra paham aku lek 😀

12. pritikiew - 22 April 2013

bedanya sama xcs hurricane apa ya?
Secara xcs itu harganya muuaaahaaaaallll tapi fungsinya sama kaya elco ini…

13. Ali Imron - 18 Mei 2013

mau nanya kalo untuk sound system bisa ga?

14. zainul - 13 Juni 2013

mantab……………. sekalian gambar wiring nya…qiqiqiqi

15. Les Pinggir - 9 Juli 2013

lek..buat mio sporty ukurannya elconya berapa ?..10rb uf 50v sdh cukup ya

16. polenkmerkesenk - 27 Agustus 2013

Di skywave wis ene perangkat iki

17. jaos pads - 3 Desember 2013

Pada beberapa tipe spt cb & verza ang terpisah masbro.
Tp di tipe lain macam supri 125, sepaci, bit fi kapasitor jadi satu dengan regulator rectifier…. Perhatikan fisiknya, ada jendolanya(ada yang 2 ada yang 1 jendolan). Kalo kapasitas mungkin juga menyesuaikan dengan kapasitas motor (cc)

Jadi kayaknya itu memang sdh standar di motor honda injeksi.

18. al amin - 14 Desember 2013

gmna kan kalo elco/kapasitor itu ane pasang doble…
misal kpasitasnya 1500uf nah ane pengen 3000uf llu q beli 2 unit ukran 1500 llu q dble boleh ga???

19. kura kura - 17 Desember 2013

mio j,soul gt lum ada kapasitornya y kang?

MazPed - 17 Desember 2013

Belum

20. yanuar - 18 Desember 2013

ane pernah baca katanya yang negatif dihubungin ke body, ga ke negatif aki. yg bener yg mana masbro? help ya

MazPed - 18 Desember 2013

Sama aja :mrgreen:

21. ade west - 20 Februari 2014

gambar wiring e endi kang bro?

22. Ramasita Agung - 27 April 2014

klo aq minusx tak bagi dua ke minus aki 1, satunya ke body

MazPed - 27 April 2014

Sama saja itu mah..

23. Youdees - 7 Mei 2014

Klu untuk vario 125, elconya pke yg brapa gan ? maaf ane ga ngerti elektro tp mau coba buat vario125 ane. trims

MazPed - 7 Mei 2014

Vario udah ada capasitornya.
Jadi gak perlu pasang cap-bank lagi

Youdees - 8 Mei 2014

Jd ga perlu ya…tp umur aki vario ane 1,5 tahun dah minta ganti.

24. busduct - 21 Juli 2014

ilegal gak sih kalau pakai capacitor..?

25. sabda alam - 22 September 2014

Klo Supra X 125 Helm In udah ada blom sih mas… trus tuh masih halfwave apa udah fullwave… trus sebenernya kelebihan fullwave tuh apa sih… trus klo motor ku masih halfwave, buat jadiin fullwave gmana caranya, bisakah DIY fullwave…. secara ku bukan ahli elektronik…. maaf banyak nanya…..

26. Hendriko Hendriko - 17 Oktober 2014

mas gmn klo tiger pake kapasitor
sprague powerlytic 36DE 19.000UF 60vdc
9116l +95’C
asli amerika punya
thx sblumnya mas,atas infonya… 🙂

27. Fachrizal Jgc - 1 Desember 2014

Mas Bro, gimana, apa udah nyoba buat dipasang di Vario 125ISS???

28. Didi - 1 Desember 2014

Gan klai buat mtor VIXION .
Ukran nya brapa mas


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s