jump to navigation

Ganti Olie Pertama Cekupi ep-ai 24 April 2013

Posted by MazPed in Review.
Tags: ,
trackback

Yups… saatnya mulai ngebahas keluarga baru ane… Cekupi ep-ai..

Menjalani masa inreiyen 0 – 500 km pertama mudah di raih dalam 1 minggu saja.

Maklum tempat kuliah ane lumayan jauh mazbro.. PP aja total 90 km.. :mrgreen:

cekupi ep ai

Impresi pertama nunggang skutik ini… Ringan meski body mlenuk-mlenuk.. hmm handling cocok buat riding nyantai, setang tinggi namun posisi duduk agak rendah ( di banding Vario 125 )

Saat awal-awal ini ane gak kenal sayang… main geber aja sebisanya… Lah wong waktu kunjungan ke pabrik’nya sono pas tes unit pada di geber gas poll ama yang ngetes.

Setelah ane tanya ama orang AHMnya… ” itu gak masalah di geber-geber pak..???”

“Mesin HONDA sekarang perhitungannya sudah presisi jadi meski masih baru, gak papa main geber.. di jamin aman..”

Okelah kalo gitu…. masih ada garansi mesin ini..   :mrgreen:

Masalahnya odometer Cekupi udah lebih dari 500 km per hari ini, dan dah masuk jadwalnya servis pertama.

Setelah tadi iseng ane pulang kerja mampir AHASS, ane minta ijin buat servis sendiri aja ni motor, nanti tinggal minta tanda tangan aja ama kepala mekanik di buku servis.

Maklum ane super sibuk banget, gak sempat servis, apalagi kudu antri… wadaw…. ngebayangin aja udah capek broo…

Jadi ya servis sendiri ajah.

500 km

Toh point-point yang harus di servis ane dah apal ( belagu dikit bro) :mrgreen:

Servis motor injeksi cukup mudah..

  1. cek filter udara
  2. cek kelistrikan ( fungsi2 starter, sein, lampu rem, klakson dll )
  3. cek rem depan belakang
  4. cek sistem injeksi ( pake soket DLC ) trik’nya di bahas di lain artikel
  5. cek langsam putaran mesin
  6. cek tekanan ban
  7. cek jarak pengereman
  8. ganti olie pertama

Nah.. untuk sistem injeksi hanya di cek manual menggunakan soket DLC, gak boleh di utak-atik apalagi di bongkar2 kek karburator, karena sistem injeksi HONDA ini bebas perawatan dan di garansi 5 tahun.

Jadi mazbro yang punya motor injeksi HONDA gak usah kuatir. Bila ada masalah dengan part injeksi, masbro bisa klaim dan akan di tangani gratis baik pelayanan juga penggantian sparepart.

Cuman ane agak kaget pas ane ngetap olie… ( ane sengaja pake olie matik SPX 2, meski dapet gratis yang MPX 2 tapi biarin, gak ane ambil , sekalian test ni olie )

olie SPX2

Ingat ini olie masih bawa’an dari pabrik dan baru mau di ganti.

Untuk jarak tempuh 500 km.. kok pengurangannya buanyak banget yak..????

Hmm….. masak sih nguap..??? Apa jangan2 memang dari sananya hanya terisi kurang dari standar yang di tetapkan ( 800cc penggantian – 1000cc pembongkaran )

Untung aja gak sampe kering bro…

selisih olie

Nah ini pelajaran buat mazbro semuah… yang pada nurunin motor baru, sebaiknya cek ketinggian olie, jangan asal yakin.

Kekurangan olie dalam jumlah yang signifikan dapat menyebabkan kerusakan serius pada motor mazbro..

Lagian ini sih sebenernya tugas Dealer… Seharusnya pengecekan harus teliti sebelum ni motor nyampe ke konsumen.

Memang sih garansi.. tapi kan kita gak mau di repotin ama yang namanya garansi.. Ribet klaim ini itu.. belum lagi kalo motor mesti nginep di AHASS.

Kalo memang bisa di cek sejak dini.. kenapa tidak….

Semoga berguna…

Iklan

Komentar»

1. kilaubiru - 24 April 2013

ganti injektor satus pitung puluh ewu :mrgreen:

2. sijidewe aka snalpot99 - 24 April 2013

oranye

3. rusmanjay - 24 April 2013

kalau oli bawaan dari pabrik mending langsung diganti

4. Joko - 24 April 2013

Kenapa olinya berkurang banyak? Krn sering digeber. Ingat, mesin ini pendingin udara, dan nggak ada indikator suhu mesinnya. Pasti sering kepanasan. Lagian oli sekarang encer2, memang lebih gampang menguap. Pengalaman pakai oli mpx di vario 125, bawanya alus, maksimal 70kpj, kecuali mendahului bisa 80-90kpj, sampai 4000km, olinya belum di bawah stik pengukur oli. Tapi sekarang mau ganti yg spx sih.

5. orong-orong - 24 April 2013

siiiiiiiiip

6. nbsusanto - 24 April 2013

wuiss..servis dewe kok piye..jare sibuk kuliah, eh serpis dewe.. :mrgreen:

7. Cah_Angon - 24 April 2013

Lihat penampakan motornya rasanya belum pernah dicuci semenjak dari dealer 😀

MazPed - 24 April 2013

Asemik….

Emang iyah…

˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚••˚ώκώЌώk

8. Ujang Nurdin - 24 April 2013

Ditunggu artikel cek injeksi DLC nya

9. Dian - 24 April 2013

manteb tenan serpis sendiri tapi dapet tandatangan kepala mekanik 😀

MazPed - 24 April 2013

Soal’nya kalo pas servis di AHASS, kadang iseng liatin, iseng bantuin jadi ya apal apa aja yg di servis.
Nyicil bro… kali aja tar AHASS butuh mekanik baru..

˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚••˚ώκώЌώk

10. ipanase - 24 April 2013

sayang istri, sayng istri

11. Trisna Ariwibawa - 24 April 2013
12. andi - 26 April 2013

Kl saya dah pake spx2 bro waktu ganti oli pertama buat 125 gw..
Oli mpx nya kok ngak di ambil,sayang x bro hehe..

(Kl gw ambil bwa pulang buat di pake di vario mmc jadul hehe)

Maz ped kl mau pasang saklar di v125 kabel nya bgs nya ambil dri jalur mana??


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s