jump to navigation

Wiring Spido CB150R 9 Mei 2013

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
trackback

Kumat bro…

Mulai ngutak-atik spido lagi.

Kali ini spido CB150R jadi korban dan harus rela di pasang di Tiger Picek… Wew….

Ni sebenernya pesenan sedulur bro.. jadi ane cuman ngurusi kabel-kabelnya aja biar bisa PNP ke Tiger Picek.

Untuk penampakannya akan di bahas nanti, wong motornya nun jauh di sana kok…

Oke….

PNP on Tiger

Secara umum… untuk mengkonversi dari spido analog ke digital setidaknya ada 3 part penting yang musti di siapin.

Apa ajaaaa…

Pertama jelassss… SPIDO DIGITALnya bro…

Kedua SOKETnya

Ketiga adalah gearbox roda atau sensor speed’nya.

Nah…. buat yang mau modif.. tolong di perhatikan.

Biasanya kita kalo beli spido digital merk KOSO atau merk2 kondang lainnya udah komplit semua, baik sensor atau soketnya.

Namun yang mau pasang spido pabrikan macam NMP, CB150R, Byson, Satria FU dll kedua part sensor dan soket biasanya di jual terpisah.

Kalo sensor sih agak mudah nyarinya meskipun mahal sekitar 175 – 250 ribuan.

gearbox roda depan

Namun untuk soketnya… ampun brooo…. untuk type NMP dan CB150R soket spido gabung ama kabel body, masak mau ambil soketnya aja musti beli satu set kabel body……

Putar otak broo….

soket spido supra x 125

Setelah melihat-lihat.. ternyata soket kabel spido Honda kebanyakan sama…

Mulai dari Supra X125, Vario 125, NMP, CB150R, Verza dan type2 lainnya.

Kebetulan spido Supra X soket spidonya terpisah, jadi tinggal ke loakan aja berburu set kabel spido Supra X 125.

Alhamdulillah nemu 3 biji dengan harga per set 40.000 aja…. heheheheheheh…

soket spido Supra on CB

Kabel set Supra X tadi di bongkar dan di ambil soket spidonya aja…

Tuh kan langsung Plug ke soket spido NMP juga CB150R.

soket spido Supra on NMP

Memang untuk warna kabel tidak bisa di jadikan acuan, pasti beda.

Dan untuk mengetahui wiring diagramnya paling tidak kita musti punya contoh soket kabel aslinya.

Kalo gak punya gimana brooo…..

Pake aji pengawuran ajah….

Modal adaptor 12 Volt lalu main colok sana sini..

Kalo pas ketemu negatif positifnya kan pasti tuh spido nyala… :mrgreen:

Tapi meskipun ngawur… ketemu juga kok…. wueheheheheheheheheheh….

result wiring

bagi yang takut pake aji pengawuran…

Ni ane kasih matengnya aja…

pin-spido-

Perhatikan gambar di atas..  Angka mewakili arah kabel..

  1. lampu sein kiri
  2. penunjuk temperatur radiator
  3. penunjuk bahan bakar
  4. indikator lampu jauh
  5. ke gearbox kabel hitam
  6. indikator Neutral
  7. indikator MIL
  8. RPM ( takometer ) ke pulser
  9. lampu sein kanan
  10. ke accu
  11. ke gearbox kabel warna pink
  12. kosong ( tidak terpakai )
  13. arus negatif ( ground )
  14. kosong ( tidak terpakai 0
  15. arus positif
  16. ke gearbox kabel warna putih

 

Nah… yang mau modif spido CB ke motor lain.. monggo bisa buat panduan.

Kalo suksess… jangan lupa sajen buat mbah Rongsok… :mrgreen:

Semoga berguna…

Selanjutnya siap-siap musmet ndaze… mau nggarap spido Satria FU yang di masukin ke wadah spido Fino… Wadaw…

spido satria on Fino

Iklan

Komentar»

1. Trisna Ariwibawa - 9 Mei 2013
2. rusmanjay - 9 Mei 2013

mantap dan mumet…

3. jambrong - 9 Mei 2013

mazped cam cbr iso pnp ke cb ora ya?

MazPed - 9 Mei 2013

Bisa

4. alamsyah - 9 Mei 2013

semoga kepinging kata masped wkwkwkwk

5. aix - 9 Mei 2013

mau nanya ni..
kalau spido ama gps kan ada selisihnya
misalkan di spido 80 km/jam dan di gps 70 km/jam
klau pengen melambatkan spido dengan menambahkan R ( resistor ) bisa endak kira2 suhu?

MazPed - 9 Mei 2013

Gak bisa pake R.
Cara melambatkan spido dgn cara mengurangi impuls sinyal dari gearbox.
Jumlah impuls sinyal dari gearbox CB sebanyak 16x dalam 1 x putaran roda, maka tinggal dikurangi aja misal jadi 14 x

aix - 9 Mei 2013

sip, matur nuhun, penjelasanya.
mungkin dengan membesarkan ban depan bisa melabat

6. balfajrs a.k.a brrrmmm - 10 Mei 2013

tuku kene 😀

7. reycho - 10 Mei 2013

weleh puinter tenan sampeyan iki..çk¢k¢k¢kćkčk..

8. Aa Ikhwan - 10 Mei 2013

sip ajib,..kemaren knp mabur duluan :mrgreen:

MazPed - 10 Mei 2013

Ujan A….

┼┼aa┼┼aa..=D ┼┼aa┼┼aa..=))

9. orong-orong - 10 Mei 2013

weladalah motor baru kok dah diobrak abrik. ceeeeeeeeeees
http://sarikurnia980.wordpress.com/

10. hendrajawa - 10 Mei 2013

walah.. njaluk sajen si mbah.. wwwkwkwkwkkw…

11. ipanase - 10 Mei 2013

jossssssss tenan iki

12. WOKO - 10 Mei 2013

rego spido cb150r seken piro kang??

MazPed - 11 Mei 2013

sejuta’an komplit

13. nbsusanto - 10 Mei 2013

tonjo tenan ki..
tiati nek njebluk lho lek.. 😆

14. cipto gareng - 10 Mei 2013

wiring srii………………….asek asek…juuoosss……………. 😀

15. cb150rsfwb - 12 Mei 2013

mazped…nek aku arep ngganti lampu speedo ben ora putih apakah cukup nggor ganti bohlam-e opo piye..? karepku tak ganti lampune ben warna ijo…rak apik to yo…? tapi carane piye yo…?

MazPed - 12 Mei 2013

gak usah ganti lampu mas… lepas aja papan panelnya trus di lapisi dengan skotlet transparan warna ijo.
simpel kan

chipud - 17 Oktober 2013

mas cara lepas jarum spido cbsf gimana ya???
ane juga pengen ganti warna papan panennya mas

16. Gondes - 12 Mei 2013

No 10 ke accu positif apa negatifnya kok ga ada petunjuknya bro gimana?…

MazPed - 12 Mei 2013

positif bro… langsung ke positif aki buat ngasih daya ke jam digital biar selalu stanbye ketika kontak di matikan.
8 makasih udah di ingatkan.. 🙂

17. chipit - 12 Mei 2013

joooossss kang

18. gendon - 14 Mei 2013

gmna mas ped spido fu di vixion lama

19. Dika - 14 Mei 2013

Gan mau tanya nih,, harga headlamp Cb150r berapa ya? bisa beli spedo nya doang ga?

20. Ini Dia Penampakan Tiger Ber-Konde | Juragan Rongsok Blog - 17 Mei 2013

[…] Ini tantangan buat ane… Dimana sebelumnya ane belum pernah ngutak-atik spido CB ini…  Spido pun di oprek dan di bikin PNP ke soket spido Tiger… opreknya klik disini.. […]

21. si putra cb150r - 19 Mei 2013

mas.bro apa bisa SPIDIG cb150r pakek sensor punya NMP

apa kabel switch bisa klop/cocok?

MazPed - 20 Mei 2013

Sensor speed NMP bisa di pasang di CB, juga sebalik’nya.
Tapi soket spido’nya beda.
Switch juga beda.

si putra cb150r - 21 Mei 2013

kabel switch cb kalo ndak salah, ad 3 mas.bro.

kalo mp bgaimana?

mohon pencerahannya….

MazPed - 21 Mei 2013

Kabel swicth yg mana sih maksudnya bro..??

si putra cb150r - 26 Mei 2013

kabel sensor yang nancep d kabel body, itu kan ad 1 soket isi 2 kabel & 1 kabel yang nyempal sendiri (punya cb150r)
tp kalo yang punya’nya NMP piye mas.bro

(oia, mika headlamp cb’nya udah nyampek n dah nemplok d cb mas.bro matur suwun…)

MazPed - 26 Mei 2013

Ow… iya…
NMP ama CB sama juga soket sensornya.

si putra cb150r - 28 Mei 2013

kira-kira brapa mas.bro harga sensor NMP’nya?

MazPed - 28 Mei 2013

Kalo baru sekitar 275.000

Seken 150.000

Ane ready, tp seken

22. Nero - 25 Mei 2013

MasBro.. Untuk pasang ke CBR 150 old yang lebih PnP pake CB150R ato New CBR 150 ya.? N kabel speedo sama sensor CBR old itu sama kaya’ motor honda apa.?

MazPed - 25 Mei 2013

Mau NMP atau CB bisa mas…
Soket sama, sensor juga sama.
Untuk yg NMP ane pernah pasang di CBR old.
Minus’nya di penunjuk temperatur.
Atau kalo mau pasang spido CBR all new, ane juga ready kok…

Nero - 25 Mei 2013

Wah.. Juragan ini apa aja ada.. PM in kontak ato pin nya dong bro kl mau tanya?.. Ke neo.arc46@gmail.com

23. gendon - 26 Juni 2013

hello mazped ready g spido fu di old vixion sensor pke cb150 pa NMP.ane minat nih. email ku ki andick_wu@yahoo.co.id

MazPed - 27 Juni 2013

Sensor speed FU ama NMP beda masbro…
Kalo spido FU ane ready banyak tuh

24. Andreas Sevenfoldism - 21 Juli 2013

gan,,,,,tu kabel sensor speed w putus klo li di ahass ada ngga??? n harga brp???tanks,,,,

MazPed - 22 Juli 2013

Ada… tapi harganya mahal…
Sekitar 275.000
Ane jual yg seken aja 150.000

25. bayu.dwiky - 12 Agustus 2013

mazped, mhn bmbingan nya dng, d grub supra 125 skg lg booming pake spedo fu nh, minta skema speedo fu dng maz, skalian krimin harga spedo fu +kbel spedo serta skema nya ke bayu.dwiky@rocketmail.com mksh mazped

26. dwi rahman wijayanto - 21 Agustus 2013

mas minta wiring yang punya supra 125 dong…skemenya pas disoketnya,,kaya contoh diatas itu

MazPed - 23 Agustus 2013

Oke…
Ditunggu mas

27. dwi rahman wijayanto - 21 Agustus 2013

email saya mas. dira_djadja@yahoo.com

28. djupris - 23 Agustus 2013

Mas…pM no hape ato pin BB mas… djupris@gmail.com mau tanya tanya mas, udah kepingin dan keracunan stadium akut mas…

29. djupris - 24 Agustus 2013

Mau pesen kabel sensor NMP mas….pripun carane pesen mas???????

MazPed - 24 Agustus 2013

Email mawon ten gandhor@yahoo.com

30. ipanase - 31 Agustus 2013

nguenggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg

31. dean - 23 September 2013

Isoh dipasang nang cbr old ga mas??

MazPed - 23 September 2013

Oraiso…
Rpm-e ngaco, wis tau njajal soale

32. dean - 23 September 2013

asli,apik tnan sakjane mas..hahahaa..
lha kiro2 sing isoh,nganggo spido digital op mas?slain nmp..

MazPed - 23 September 2013

Koso mas….
Iki ready 2 pcs type RX1N

33. dean - 23 September 2013

gone megelli kae yo mas?
piro kui mas rgane?
isoh dgawe pnp ga?
suwun..

MazPed - 23 September 2013

Iyo… iki enek sik putih karo item.
Iso di gae PNP.

Due whatsapp ora..?
Kirim nomere nang email’ku gandhor@yahoo.com

34. nuh4 - 8 Oktober 2013

alamate bengkel dmn gan? tk melu masang

35. vidhi - 9 November 2013

mas spidone cb150r dipasang neng verza iso ora?
kan verza rung enek tachometere?

36. nanang - 15 November 2013

harga spido cab sekitar berapa on.

MazPed - 15 November 2013

700.000an di loakan ane, kondisi gress baru, 0 km

37. Rudee - 12 Februari 2014

mas bro, spedometer cb150 itu utk body’y dijual terpisah atau satu paket dg speedometer’y?

MazPed - 12 Februari 2014

Sepaket lah….

38. Alvan - 20 Maret 2014

mas, mazped klo pengen ganti headlamp verza to cb150r, mazped bisa gantiin nggak?

MazPed - 20 Maret 2014

Bisa….

39. Munir - 27 April 2014

kalo speedo ini di pasang di Neng Verza butuh oprekan ga ya?

MazPed - 27 April 2014

Mindah posisi kabel ama nambah 2 kabel buat ke aki (stand-by jam) ama buat rpm.

Kayaknya verza lebih cocok pake NMP-Fi

Anonim - 24 Juli 2014

Spido NMP FI pasang di verza langsung pnp ga mas? Terus sinyal rpmnya sambungin kemana,,
Mohon pencerahan ane bingung udah pasang rpm variasi tapi ga jdi2(masih ngaco ngebacanya)

MazPed - 24 Juli 2014

Rpm variasi itu buat motor karbu, biasanya input ambil lewat pulser.
Kalo rpm variasi karbu di pasang di injeksi trus sinyal ambil dr pulser, maka akan nunjuk 9x lipat karna pulser injeksi ada 9 buah.

MazPed - 24 Juli 2014

NMP Fi bisa ke Verza, tapi berikut ama kabel bodynya.

40. bagus jaya - 20 Mei 2014

Mas bro..odo meter cb150r bisa direset ulang ga mas bro??

MazPed - 20 Mei 2014

Odo gak bisa.
Kalo trip meter bisa

41. deddy - 10 Juli 2014

mazped..mau tanya..
itu kalo spedo cb150r di cabut semua soketnya, jam digitalnya berubah ke 0, ato ada backup batrenya..?
thank’s…salam sukses

42. edo - 31 Agustus 2014

Bro kan ane punya nmp nih, pinginnya spidonya ane ganti analog, spido model cb cb gitu deh bro, kira2 bisa apa gak bro? Yg di rubah kira2 apa aja?

MazPed - 31 Agustus 2014

Bisa banget…. rata2 pada pake spido fino

edo - 15 September 2014

Gearboxnya di ganti ga bro?

43. R. Priangga - 7 September 2014

Maz, bisa minta langsung warna kabel tuk: indikator netral, arus positif waktu dikontak, & groundnya.. Multitester ane lg rusak mslhnya 😛

MazPed - 7 September 2014

Netral = hijau muda garis merah
Positif = putih garis hijau
Ground = hijau

R. Priangga - 8 September 2014

Ok, mantabs lngsng dibalas, thanks

44. awsuyamdi - 10 September 2014

mas ane mau pasang speedo variasi cuma ada kabel merah dan hitam.. pasang dimana itu??

45. Roni - 2 Oktober 2014

Bos…cb150r sy d pasang spido tiger 2005,kabel rpmnya kan 2,1 ke rpm yg no 8 tu,1nya lg d sambung ke mna y?dah sy coba sambung satu2 tp rpmnya g mau jln,

46. Wildan Baihaqie Ginanjar - 7 Oktober 2014

mas cb saya lampu sudah pesek saya mau pasang ampere bensin fino , boleh tau sambung kabelnya yg warna apa aja ya ? ini udh tak otak atik tp masih ga berfungsi mohon bantuannya mas hehe

47. arif16 - 18 Oktober 2014

Fu ku spedone rpm mokek kang.. Cara mengatasinya bagemanaa…?? 😦

MazPed - 18 Oktober 2014

Lho… emang di apain..?

oby - 29 Oktober 2014

Mas bro klo old vixion ganti headlamp + spedo lengkap pnya cb150r bisaa gakk ?
Trs bnyk yg di rubah jg gakk nihh ?
Kirim ke email aj mas broo.. Biar enakk spa tw deket dri tmptku jdi bsa ksna langsung heheheheh…
Email : reunionnex@yahoo.com

48. Akasaka Verrian - 23 Oktober 2014

iyo mas jarene no 10 ke aki ben jam digital e iso standby teru la pas tak coba kok malah semuanya nyala lampu background ne

49. Akasaka Verrian - 23 Oktober 2014

bukan akai tapi aki (accu) LOL

50. Olan - 26 Oktober 2014

Maz spido apa yg bisa di aplikasikan di vario125…bisa minta wiring diagram spido vario125…suwun maz

51. Oby - 31 Oktober 2014

Mas bro klo old vixion ganti headlamp + spedo lengkap pnya cb150r bisaa gakk ?
Trs bnyk yg di rubah jg gakk nihh ?
Kirim ke email aj mas broo.. Biar enakk spa tw deket dri tmptku jdi bsa ksna langsung heheheheh…
Email : reunionnex@yahoo.com

52. Januar Chaiank Mamy - 13 November 2014

gan mau tanya spido apa yang pluk en ple ama new megapro ?

MazPed - 13 November 2014

Ya spido bawaannya new Megapro

Anonim - 27 Januari 2015

wkwkwkkw
,, kayanya dy cari dan nanya varian/merk lain gan
haha jawabannta jutek abis dah

MazPed - 27 Januari 2015

Wkwkwk….
Merk lain ya koso.

53. Anonim - 25 November 2014

bro law cb150r make takomter n full meter….gmn cranya

54. Ditys - 2 Januari 2015

Mazped mau tanya, kalau CB150R mau dipasang indikator bensin yg analog ambil jalurnya gimana ya?
Spidometer ambrol gara2 jatuh ;'(

55. Cepe - 2 Januari 2015

Om mau nanya dong,soket spido NVL apa sama urutan kabelnya dgn soket spido cb?

MazPed - 3 Januari 2015

Beda lah…

56. Cepe - 2 Januari 2015

Mas ped klo spedo NVL pasang di tiger apa sama urutan kabel spido yg gambar diatas? Atau ada tambahan lagi?

MazPed - 3 Januari 2015

Spido NVL gak bisa di pasang di Tiger

57. Johan - 7 Januari 2015

Assalamualaikum

Dear masbro

Bisa minta tolong beri skema diagram utk speedo CBR 250 FI? Minta tolong gambar seperti yg diagram CB150R diatas

Sebab saya nyari diagram utk speedo CBR 250 nda ketemu, kebetulan saya mau kanibal mas, ada speedonya saja, motor nya ra ono hahaha

Bila sudi bisa mintak tolong kirimkan diagram nya yah mas ke email ku sibirulangit@gmail.com

Makasih sebelumnya masbro

MazPed - 7 Januari 2015

Lah kalo saya gak punya spido CBR250 trus gimana mau di cari..

Apa di trawang aja modal kemenyan ama kembang kantil. 😀

58. Malaikat Kesiangan - 7 Januari 2015

misi mas bro..
mau nanya nih,,,
gimana cara lepas jarum spido cb150r?????????????????

mohon bantuannya,,,

MazPed - 7 Januari 2015

Di cabut aja sambil di tarik berlawanan arah jarum jam

59. cupcake - 27 Januari 2015

mantaf jaya

60. darmaji - 31 Januari 2015

selamat pagi gan, kalo mau mendapatkan soket spedo supra x 125 caranya gmana ya gan? terimakasih sebelumnya

MazPed - 31 Januari 2015

Hubungi yg punya blog aja mas 😀

61. Tomy - 23 April 2017

Om..aku coba sesuai di gambar..kog tetap gak mau nyala ya speedonya…

Speedo cb 150 old dipasang di tiger

62. Meteran bensin digital bikin susah tahu sisanya sehingga pasang meteran bensin analog aftermarket solusinya tapi kok . | Mengupas soal motor - 16 Mei 2017

[…] Untuk kabel yang di motor, bisa lihat referensi berikut: – Aplikasi Indikator Bensin Aftermarket – Pasang Sendiri Takometer Aftermarket, Mudah Kok – Wiring Spido CB150R […]

63. Rento - 24 Juni 2017

Bisa minta nomer hp nya bang

64. ian - 9 Juli 2017

Maaf mas bro,mau tanya klu spedometer cb150r yg fuel digital mo dipasang ke old vixion prlu part ap aj y,,

65. Joe Sng - 31 Juli 2017

Mas bro ..
bisa buatkan kabel headlamp new cb 150 r supaya bisa pnp ke megapro primus. mksih


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s