jump to navigation

Wiring Diagram Spido Hi-Bro ( New Vixion Lighting ) 25 Mei 2013

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
Tags: , ,
trackback

Sesuai janji ane kemarin bahwa ane mau sedikit ngebahas mengenai spido NVL yang kebetulan ane dapet baru di toko deket rumah.

Pesenan sedulur ane yang di kampung.. katanya mau di pasang di Megapro 2003 namun udah di body CB klasik…  Gemblung tenan..

Si pemilik Megapro  punya konsep modif ” tampilan klasik tapi fitur modern”  dan rencana mau di injeksikan juga… nunggu…………… dana  :mrgreen:

Maklum di kampung ane lagi marak-maraknya trend klasik modern. Sein Scoopy lawas lagi larisss… 😀

Wah… malah curhat… heheheheh… Ni ane ada 3 pcs… Yang 2 mau di kirim ke kampung, yang 1 buat di odel – odel…  sapa tau pembaca ada yang minat dengan harga 700.000 aja ori – baru….

Yang minat langsung email ane ajah.. daripada kesrobot orang  :mrgreen:

spido NVL baru

Yang perlu di siapin kalo mau di pasang ke motor lain adalah…… WIRING DIAGRAM…

Yuk… sama-sama di cari wiring diagramnya…

Modal Adaptor, sensor speed NMP, dan soket spido Supra X yang kebetulan pluk en ple :mrgreen:

Siapkan juga kertas ama potelot.. Djarum Super buat temen ngebuL biar gak kesambet kalo bengong… 😆

Oiya… buat ngidupin RPM juga digital speed , ane pake rangkaian multivibrator ( flip-flop ) yang pake IC 555 ama IC 4017.

Untung masih inget pelajaran elektro jaman masih makan bangku sekolahan….

tool kit ane

Seperti biasa.. namanya juga akal-akalan.. nyari kabel positip dan negatif-nya dulu…

Main colok sana sini… kalo pas nemu mak BYAR…. Nah brarti bener tuh positip negatipnya…

Langsung ane di sapa ama tuh spido….. “Hi – Bro…..” kontan ane jawab… “Hai Juga….” :mrgreen:  :mrgreen:  :mrgreen:

Hi - Bro

Back Light spido NVL ini ternyata ikut nyala mesin bro..

Maksutnya kalo mesin mati maka back light’nya juga mati…

——————

Ane rada pusing nyari kabel indikator lampu jauh bro….

Sisa kabel ane colok ke positif gak ada yang mau nyala…

Apa ni spido rusak… wadw… masak baru udah rusyak……

Iseng ane bongkar dah… sapa tau Led dalemnya kebolak….   Nekad… :mrgreen:

bongkar

Mungil tenan spido iki broo…. Cocok emang buat yang seneng minimalis namun komplit….

spido NVL 1

Cek dalemannya ternyata fine-fine ajah…

Kepikiran kasus yang sama pada spido CS1.. kalo indikator lampu jauh tu inputnya tegangan bolak-balik…

Ow… langsung ane colokin ke trafo adaptornya….  NYALA…….. Yes…. Yes….. koproL bro….

Akhirnya semua indikator berfungsi…..

spido NVL 2

Hi Bro…. !!!! Mumet Bro…. !!!!

Puas… ane tutup lagi bro… meski setelah di baut malah ada baut sisa 3 pcs di lantai.. wadaw… yang dalem kelupa’an… * tepok jidat..

Yang penasaran wiring diagramnya… nih ane kasih….

Jadi yang mau modip pake spido ini tinggal ngikutin petunjuk aja….

Oiya… soket spido NVL ini sama plek ama soket spido Supra X 125, sama ama CB150R juga NMP.. jadi yang kesulitan cari soket kabelnya.. bisa canibal punya Supra X 125….

Di loakan banyak….

soket Supra X

Langsung aja nih… WIRING DIAGRAM Spido NVL…

Perhatikan gambar..

PIN NVL

Petunjuk arah kabel.

1. ( kosong )

2. Indikator Neutral

3. Indikator Sein

4. Indikator Sein

5. Sensor Spido ( – )

6. Negatif

7. Positif

8. Sensor Spido ( + )

9. Indikator Lampu Jauh

a. Indikator Over Heat

b. Indikator MIL

c. ( kosong )

d. Sensor Spido ( pulse )

e. RPM

f. ( kosong )

g. Bar Bahan Bakar

Sukses oprek spido NVL

Semoga membantu… dan semoga kepingin…  :mrgreen:

Komentar»

1. Aa Ikhwan - 25 Mei 2013

Ajib tenan iki…

2. ipanase - 25 Mei 2013

akeheee, pironan kui 100 y, mlayuuuuuuuuuuuuuu

3. nbsusanto - 25 Mei 2013

nek dipasang ning old piksen yo tetep ribet yo lek?

4. sijidewe aka snalpot99 - 26 Mei 2013

mantabs..

spidone ora ono jam’e

5. balitour - 26 Mei 2013

Waooooo, mantep, aq wae lulusan stm jurusan elektro gak mudeng isihan.

6. rusmanjay - 26 Mei 2013

wow nih…

7. 46 lover - 26 Mei 2013

mantep e masbro….nice share

8. Soeharto Jooss - 27 Mei 2013

pemasangane masbro,sensor2nya piye?

9. endruw dcx - 27 Mei 2013

pasang di WTF iso rak??

10. Khabib Jetfire - Tonnie - 27 Mei 2013

mbiyen tau mangan bangku sekolaha tp kok ora lemu.? 😈

11. mydasign - 27 Mei 2013

juos tenan…. lampu LED e dioprek kang. divariasi lampu dugem.xixixixi

12. ade - 27 Mei 2013

mau mas, pasang verza iso yo?

13. ngaspalblog - 28 Mei 2013

mas klo untuk old vixion bisa ga….fungsi smua ga…

MazPed - 28 Mei 2013

Bisa mas…

Teguh Judianto Kingdom - 28 Mei 2013

mas nunut komen sama tanya yo, bisa bikinin soket adapternya sekalian ke NMP (soket yang female di kabel bodi saya kebakar pas pin positifnya (+), rencananya mau di potong abis di ganti sama soket yang udah di tata buat spido NVL) mungkin bulan depan saya pesen 1 biji )……..

MazPed - 28 Mei 2013

Gak salah nih spido NMP mo ganti pake Hi-bro..??

14. Teguh Judianto Kingdom - 29 Mei 2013

spidoku ajur mas pcb nya patah, stepper motornya cepot ra karuan parane :D. wiringnya bisa kan. sekalian ganti bentuk …………. bosen yang gitu2 aja

15. Hendra Super - 29 Mei 2013

ini orang ada aja yang di kerjain…tapi jenius…kapan2 pesen ah..

16. dwi yustisianto.sh - 30 Mei 2013

asli mazped,,,aku dadi rajin ki mlebu ng blog iki,,,,sedot ilmune oleh to mazped???tapi aku orameh do2 lho mazped,,hhhhhhaaaaa

17. Aditya Pranata (@anataDIT) - 31 Mei 2013

berapaan maz yang pnp old vixy?? ngiler euy… kebetulan spido ane odometer dan tripmeter nya udah almarhum. 😦

Ens Ndutz - 5 Juni 2013

Kpingin juga nich buat Old Vixyku… Brp mas pnp?? suwun…

18. Trisna Ariwibawa - 5 Juni 2013

Mantap siap di kanibal nih…
http://trexton.wordpress.com/

19. Adhitya Ramadian - 14 Juni 2013

pasang dipulsar bisa?

20. eka - 15 Juni 2013

alamat fb nya apa mas bro?
add aq dunk ciduk_atw@yahoo.com
suwun

21. giri motor speed - 17 Juni 2013

mkasie bnyak brooo…atas infonya,,

22. Yoyok Efendi Mayayuliana - 27 Juni 2013
23. stefanus - 19 Juli 2013

Bro mazped, mau tnya donk kan ada beberapa jarum indikator d soketnya supra X yg kosong tuh cara copotnya gmn yah biar indikator lampu jauh nomer 9 di spido nvl, sama indikator sein nomer 3, di soket supra nya gk ada kabel d nomer 3 dan 9 😦

MazPed - 22 Juli 2013

Dicongkel pake jarum pentul mas…

stefanus chandra - 26 Juli 2013

iya mas bisa tak congkel, semua fitur sudah work di all vixi nih cuma ada beberapa kendala yg ane alamin nih brother….
1.lampu jauh nya blm aktif
2.kilometer blom aktif juga, tadi ane coba ke pulser dari motor langsung malah ngaco masa baru start engine udah 25km/h abisnya ane colok ke pulser yg langsung dari kabel spido malah tidak bisa terdetek

mohon solusinya mazPed 😦

24. toni suhartono - 21 Agustus 2013

siang mas bro, mohon bantuannya ane udah ngubek2 nyari soketnya speedo itu gak nemu2 bro, mohon bantuannya apakah ada yang punya?kalo ada bisa kontak ane

MazPed - 21 Agustus 2013

Ane ada banyak mas….

toni suhartono - 23 Agustus 2013

boleh ane beli mas bro?

MazPed - 23 Agustus 2013

Boleh aja

Adi setiawan - 9 November 2014

Ane jg psen 1 dong bro mazped, bisa ane mnta contactnya

toni suhartono - 23 Agustus 2013

o ya satu lagi, speed sensornya biar bisa berfungsi kan harus pake speed sensornya NVL juga ya?nah kalo pemasangannya di byson itu nanti ke area mana ya mas bro?

MazPed - 23 Agustus 2013

Ke Byson gak bisa

toni suhartono - 23 Agustus 2013

wah kenapa gak bisa ya bro?ane udah t’lanjur beli speedonya, kalo mau beli soketnya aja gimana caranya bro?kalo boleh kontak ane di 085648778947

Anonim - 1 Juni 2017

ada nomer hp gak mas. mau pesen soket ama rangkainnya bisa?

25. stefanus - 22 Agustus 2013

bro speed sensor nya blm bisa work yah ? ane dah ikutin petunju wiring kaya di atas cuma speed sensor blm bisa uyyy 😦 di old vixi mazzz

MazPed - 23 Agustus 2013

Sensor speed contek NVL aja, lewat mesin

stefanus - 23 Agustus 2013

Klo ane beli yg rakitan dr ente speednya bisa work mas e ? Atau punya nya cbr klo mau d jual dan d wiring ke old vixi PM saya mas bro 😀

MazPed - 26 Agustus 2013

Sebenernya ane belum yakin bisa apa enggak’nya kalo dipasang di Vixi, masalahnya ane jarang pegang Vixi. Ga ada Vixi yg suka rela buat percoba’an mas. 😀

26. zenk - 25 Agustus 2013

boleh minta diagram multivibratornya bro

27. stefanus - 28 Agustus 2013

kmaren saya cobain ambil speed sensor negatif n positif nya dari kabel + dan – throttle body tetep aja gk bisa, ambil pulser dari pulser ori vixion malah ngaco speednya udah kaya RPM aj wkwkwkwkkwkwkwkwkwk……..

28. Sutini - 2 September 2013

Pake soket spido satria FU PNP ngga masbro? Harga barunya 75rb doank.

29. dwi rahman wijayanto - 2 September 2013

bro aku juga dari kp ki… ad fbku ya : dira_djadja@yahoo.com,,pasang di supra 125 bisa nda masss

30. Heronimus Kristianto - 3 September 2013

Pertanyaan yg hampir sama dgn mas dwi. Sensor speednya bisa pake punya karisma/supra 125 ga mas? Kan dr mesin juga tuh.
Dr foto di atas itu ky sensor speednya cs1, NMP. Itu cocok ga klo disambung ke speedo NVL

31. Vichy - 12 September 2013

Mas kalo buat si juju MX yang lama bisa gak ya???

32. kajo - 20 September 2013

mas e lek nggawe speed sensor e byson iso opo ora?

33. ipul - 28 September 2013

Mas e , makasih penerawangan wirringnya hebat sampean. btw sya sdh nyoba sesuai skema anda tp ada kesulitan untuk indikator lampu jauhnya masih blm aktif nih mas, gmna ya caranya spy indikator lampu jauh menyalah.. thx atensinya…..

34. bayusaputra - 3 Oktober 2013

masbro ane mw order spido meter nvl nya.
minta cp nya dong.
o iya ane mw pasang di supra x 125 ane.
ada wiring diagram spido supra x 125 ga ?
makasih masbro

MazPed - 3 Oktober 2013

Tinggal’kan no HP aja mas, nanti ane sms.
atau email ke gandhor@yahoo.com

bayusaputra - 3 Oktober 2013

nih nmer hpe ane masbro
089636539046
thanks

35. Spido NVL Bisa Di Aplikasikan ke Supra X 125 | Juragan Rongsok Blog - 12 Oktober 2013

[…] mohon maaf buat pembaca blog racun ini… akibat artikel wiring diagram spido NVL (artikel disini) banyak yang keracunan dan rela menebus spido NVL dan memasangkan ke motor selain […]

36. Blankclhees* - 15 Oktober 2013

Klo*tengki*nvl*bs*dpsang*d old*vixion*gk*bro*tlong*dbhs*donk

37. t0niwijayant0 - 29 November 2013

Bro, gk ada wiringnya bwt nyalain gear 6 yg tersembunyi nya?

MazPed - 29 November 2013

Gear 6..??

Wakakakak …
Bukan gear 6 bro… itu cuman huruf G

t0niwijayant0 - 1 Desember 2013

Iy buat top gear kn bro? Nyalainnya pake wiring yg mna.
Artikel gear 6 nya disini:
http://jurigkamera.wordpress.com/2013/05/09/apa-arti-gear-dan-angka-6-di-speedometer-yamaha-new-vixion/

38. andra - 1 Desember 2013

iya Bos…pamu pasang di Supa X125, soket si PNP, tp apakah letak kabel pada soket supra sama degan NVL,,matur suwun…..

Aree - 9 Desember 2013

Letak kabel disesuaikan bro… 🙂

39. Riehan - 10 Desember 2013

Mas brow, speedo new vixionnya bisa gak di pasang di yamaha Vega lama? Lok bwtin PNPnya kena berapa mas bro? Tolong dibalas, minat banget,,,,,,,,,

MazPed - 11 Desember 2013

Gak bisa ke vega mas…
Speed’nya gak jalan..

40. black - 11 Desember 2013

kalo yang kabel sensor spido (+), sensor spido (-), sensor spido pulser,,nyambung kemana gan kalo si supra 125 apa langsung nyambung ke tiga kabel yg dari sensor speed? trus rpm ambil kabel yang mana?

41. yopi - 21 Desember 2013

Klw pnp ke old vixion brapa om?

42. roy - 23 Desember 2013

Bro,itu soket supra x 125 yang injeksi apa ngga ya?

MazPed - 23 Desember 2013

Sama aja

43. prana - 31 Desember 2013

mas ped nek tuku sokete neng ngendi kui aku bth regane piro

44. gohoits - 27 Januari 2014

Mas mau tanya masalah wiring speedoo, itu bagian mana ya yg outputannya bisa saya displaykan ? maksudnya dari PCBnya itu kabel yg mana yg bisa saya displaykan ke PC speedometernya…, butuh pencerahan…

MazPed - 27 Januari 2014

Gak paham maksudnya mas..

45. ganjar - 31 Januari 2014

Mas bisa di pasang di old vixi g mas?

46. ahmad dani - 12 Februari 2014

Mas…apa bisa speedometer nvl nya masang si old vixi??
Soalnya ane pny old vixi…
Plz share ilmunya dong mas..
Plz sms 081360680913…ato bbm ane
Plz…

47. arie - 18 Februari 2014

ke old vixi bisa ga????

48. ide gila - 15 Maret 2014

dear gan mazped,numpang nanya
ente sempat ngetes ga besarnya arus input RPM tiap kenaikan 1rb RPM? kira-kira bisa ga ya tu speedo ditambahin semacem rangkaian sound level meter 10led with IC LM3914(seperti yg ada di amplifier) inputnya ngambil dari input RPM
kayaknya keren tu jadinya,kaya mobil F1 hehehe

MazPed - 15 Maret 2014

Bisa mas, saya udah nyoba , tp sebelum masuk rangkaian VU Display ada rangkaian lagi sebagai inverter frekwensi ke tegangan, biasanya pake IC LM2917N

49. rian - 24 Maret 2014

mas kalo dipasang di supra tinggal colok aja kah

MazPed - 24 Maret 2014

Ya enggak lah….
Di sesuaikan wiringnya

50. Viyo Vito Fernando - 28 Maret 2014

bos piye nak arep di pasang neng GL iso orak yo…

RPM ne njimo nang ndi lah…

thanks mas bos

51. Riehan - 28 Maret 2014

Gak iso diakaki bos? Pake sensor roda?

MazPed - 28 Maret 2014

Bisa…. lagi coba experimen pake microcontroler.
( lagi blajar )

52. laksa - 11 April 2014

Gan kalo speedo nvl ini dipasang di ninja pke soket apa ya gan?

53. agustinus - 18 April 2014

mas bro,
boleh di share donk untuk wiring supra x 125 nya buat belajar nih..

54. achmap np - 21 April 2014

Wah makasih banyek eh kaya pisang bisuk, makasih banyak maksud nya, ngebantu bgt, aneter tarik bgt malah sebelum tertari

55. achmad np - 21 April 2014

Rangkaian multi fibrator itu yang kaya apa, kalo rpm nya dari pengapian gimana bisa gak mas, butuh jwaban nya mas
Trimakasih…..

56. pujik brian semarang - 21 Mei 2014

mas punya ku spedometer megapro new 2010 tp kok yg digitalnya ga mau jalan ya hehe bisa ke lokasi sampean ga mas buat benerin tu spedo

pujik brian semarang - 21 Mei 2014

apa sms saja aja mas monggo 085741525591 nanti saya telpon

57. Modifikasi Motor - 26 Mei 2014

Mantap sharing-nya bro… Terimakasih sangat membantu. Ane sekarang tau seluk beluk spidometer New Vixion Lighting.

58. Anonim - 2 Juni 2014

lampu back light nya biar nyala terus bs g???? carany???

59. Fajar Rizky - 2 Juni 2014

Bro masped, ane rencana mau pasang spido “hi bro” ke cbr old ane. Untuk speed sensor nya gimana ya ?

60. agus - 30 Juni 2014

Broo, itu g d selang spedonya y??

61. muklis wkc - 2 Juli 2014

bisa dipasang di rx-king gak mz

62. muklis wkc - 2 Juli 2014

bisa dipasang di rx-king gak mas

63. Anonim - 7 Agustus 2014

permisi om admin numpang promosi,
Agan2 semua tolong bantu saya untuk memperbanyak jumlah pengunjung blog saya
http://racing-community.blogspot.com/
dg cara mengunjunginya
krn saya mendapat tgs dr guru sya untuk membuat blog, & smakin banyak pengunjungnya smakin bgus nilainya, mhon bantuannya agan2
sekian & terima kasih sebelumnya

64. karel - 21 Agustus 2014

piroan iku lek regane. mantem iku nggo NVL

65. Anonim - 1 September 2014

mas, kalo pesen soketnya aj gmn? yg pnp buat old vixion?

66. fatal crazgear - 2 September 2014

spido nvl bisa di pasang gak mas buat ninja 150 r.

67. ari - 8 September 2014

mas bro aku pingin pesen siji pnp ke old vixie ya, serius tenan wis ngecessss

e - 20 September 2014

Wr

rooky - 20 September 2014

Bro masped, mo nanya nie…
Nvl ane dh d ubah klistrikan headlamp y. Dr AC ke DC..
tp. Indikator lmpu jauh d spedo y kn mati… byar bsa d idup lg gmn mas bro..?, apa bsa dri pin no.9 yg d soket spedo d kasih dioda z.
Up gmn mas. Klo ea. Dioda y yg speck y brpa…
Mhon pencerahan y mas..
Thx,,

MazPed - 20 September 2014

Udah pernah di bahas masalah ini bro.
Cari aja artikelnya

rooky - 20 September 2014

Ea. Mas bro… ane dh prnah nemu,.. pke y resistor… tp ane mo nyoba pke dioda. Yg d sisipin ke pin no.9,,
Kira” gmn y..
Bsa up lbih aman pke resistor kya d artikel y..

MazPed - 20 September 2014

Yup.. di coba aja masbro

68. agus - 13 Oktober 2014

Om mo nanya nih, speedo nvl arus masuknya ac apa dc??
Mo coba kanibal ni..
Hehe
Makasih

69. alex_san - 26 Oktober 2014

saya ada spido NVL sudah PNP ke vixi,mungkin ada yang minat.
hub 081357777545

70. ilham - 29 Oktober 2014

om nglepas jarum spedo nvl gmn y?? kok susuh dcabut…

zemo - 6 November 2014

Mas bisa di pasang di ninja rr gak speedo hi bro nya

71. Whyu Nur Adi - 7 November 2014

mas masped
speedo nvl bisa dipasang di soul gt ga? soul gt kan pake gigi nanas sedangkan NVL g bisa
tengkyu mas masped

72. ragil's - 28 November 2014

Itu kabel spido NMP kn kabelnya ada 3 om, warna merah, hitam, putih,
Merah itu dari apa ke apa om?
Hitam itu dari apa ke apa om?
Putih itu dar apa ke apa om?
Mohon balasannya.
Sebelumnya makasih banyak ilmunya om

73. Agung - 19 Desember 2014

Gan ane udah beli spido sama soketnya. Masalahnya gk ada yg bisa masang gan, motor ane honda tiger. Mohon di bantu gan cara pasangnya. Ini nmr hp ane gan. 083854727580

74. Anonim - 25 Desember 2014

Brow q minta pencerahan…kenapa lampu led indikator km di spedometer new vixy mati

75. jack - 31 Desember 2014

Mas ntu d pasang di tiger bisa g?Estimasi biaya habis berapa kalau di pasang di tiger?

76. Mike - 3 Januari 2015

Bro.. Ane coba pasang..dah nyala bro.. Tpi lampu speedoNya gk nyala bro.(lampu background speedometer ) btw thanks for sharing.

MazPed - 3 Januari 2015

Lampu spido nyala bareng ama rpm

zemo - 4 Januari 2015

Mazzped speedometer nvl bs gak di pasang di ninja rr

77. agung - 14 Januari 2015

mas MazPed
kalau rpm nya dari koel bisa apa gk mas?
spda saya mp 2008, sensor spedonya pake mp mono
tolong di bantu mas….

78. panji gautama - 22 Januari 2015

Duwek q speed karo lampu jauh g iso kang..piye iso ngerjain ora kang…tak kirim iso gak…ben mak byaaaaaaarrrr lampu nekabeh..terus enek angka2 ne yendi gowo mlaku hihihi

79. Anonim - 21 Juli 2017

Wiring diagramnya sama persis dengan speedometer nva ndak itu gan?

80. Anonim - 21 Juli 2017

Wiring diagram nya speedometer nvl sama nva apa beda om?

81. nur isna - 26 Agustus 2017

Mas kenapa jarum spido nvl kok gak bergerak padahal kabel rpm sudah saya sambungkan ke pulser

82. Anonim - 2 September 2017

Bro apa rpm Spedometer NVL ini akan bekerja normal jika pin E dihubungkan Pin rpm yg ada di ECU NVL?

83. afandi - 24 Oktober 2017

gan,aku dirumah ada honda kharisma125,diganti ama speedometer suprax125,sebelum diganti semua normal,tp setelah diganti,jarum speedometer ga mau naik pas jalan,padahalsaat di on kan, jarumnya langsung muter,,indikator bensin ga jalan,cuma kedip2 di lcdnya&trip meternya ga nambah,itu yg salah apanya ya?,mohon pencerahan ya 😉


Bagaimana Menurut Masbro....

