jump to navigation

Experimen Projie Dengan 2 Led 16 Juni 2013

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan, Review.
Tags: , ,
trackback

Mohon maaf buat pembaca blog ecek-ecek ini yang selalu kecele tiap hari buka kok gak nambah artikel’nya.. :mrgreen:

Maklum lagi banyak acara, banyak kegiatan di luar masbro… Dan jadwal pun masih sederet gak ada putusnya sampe habis lebaran nanti..

Malem – malem iseng ane sempet-sempetin update artikel biar blog ane ini gak mati suri kek taun lalu…

Langsung aja masbro… Melanjutkan project ane yang kemarin masalah projie Led…

projie

Projie yang umumnya menggunakan lampu HID atau Halogen ini memang banyak di gemari karna memang super terang…..

Namun daya yang besar serta biaya yang tinggi menjadi kendala biker ELIT ( Ekonomi Sulit ) kek ane ini buat memiliki yang namanya projie HID.

Ketika ane mengenal projie Led yang biasa di sebut Luxeon ada juga yang menyebut CREE, ane mulai tertarik untuk ngutak-atik.

Dari segi harga memang lebih terjangkau, set projie Led ukuran 10 Watt dengan kekuatan cahaya 3200 K – 6500K bisa di tebus hanya dengan 250.000 an saja.

Bandingkan dengan projie HID… bisa juta’an rupiah masbroo……

Ke unggulan Led ini yang pasti… lebih murah… dan lebih hemat daya Listrik.. So… buat lampu tambahan pun aman.. karna ukurannya hanya 10 – 20 watt saja.

Bandingkan dengan lampu standar motor yang minimal 35 watt atau yang di Vario 125 ane adalah 2 x 25 watt ( 50 Watt )

Jelas Projie Led ini lebih hemat listrik…

Bagaimana dengan terangnya….. Tunggu artikel selanjutnyah…. :mrgreen:

———————

Kembali ke judul…

Salah satu kelemahan projie Led ini adalah… hanya terdapat 1 buah Led saja dalam satu paket.

Banyak yang penasaran ada gak yang bisa Hi – Low… maksudnya bisa buat lampu  jarak jauh juga buat lampu  jarak dekat.

Ane coba berfikir… ya salah satu caranya ya dengan memasukkan 2 Led ke dalam casing projie…

Bisakah…..

ready 7 pcs projie

Mari kita ber experimen sama – sama….

Satu set projie harus di relain buat di acak-acak….

Termasuk 2 buah Led , 2 driver dan 2 batang Djarum Super biar gak jenuh…. :mrgreen:

Lepas Lensanya dan masukkan 2 buah Led kedalam casingnya, Alhamdulillah masih ada space buat naruhnya…

Karna ini hanya sekedar experimen maka ane cuman pake double tip aja buat nempelin Led ke casing, nanti kalo emang berhasil, baru deh di patenkan di baut biar gak gogrok…

EXPERIMEN 1

Led ane posisikan mepet ke pinggir, jadi masih ada space di bagian tengah…

Buat perbandingan… ane memasang Led dengan warna putih warm ( putih kekuningan – 3200 K )  buat Low  dan Led warna putih ( 6500 K ) buat High’nya..

letak Led experimen 1

Karna menggunakan 2 buah Led… maka kita juga harus pake 2 driver biar aman…

2 driver

Led ini bener – bener hemat listrik.. untuk experimen ini aja ane cuman pake adaptor 2 Ampere dengan voltase 11,8 Volt DC, Led dapat memancar sempurna meski 2 buah Led dinyalakan bersama’an.

Dan inilah hasil experimen pertama..

test projie 2 led experimen 1

Wow…. gimana masbro…. pada experimen pertama ini terlihat ada jarak antara pancaran Low dan High… Untuk fokus pancaran seharusnya sama antara High dan Low.. ( pada gambar terlihat fokus Low lebih kecil.

Itu akibat posisi Led yang kurang pas aja masbro… nanti kalo udah di patenkan semoga bisa imbang.

Dari pict di atas bisa di lihat juga perbandingan pancaran cahaya antara warna putih warm dan putih… Bisa buat acuan..

EXPERIMEN 2

Memperbaiki hasil dari experimen pertama, yaitu adanya jarak yang terlampau jauh antara Low dan High.. maka ane mencoba merapatkan ke-2 Led.

Led di posisikan berdempetan di tengah..

letak Led experimen 2

Dan hasilnya seperti ini masbro….

test projie 2 Led experimen 2

Kalo yang single Led di jual 250.000…. trus yang Hi-Low jadi berapa yak…????

Semoga kepingin  :mrgreen:  :mrgreen:  :mrgreen:

Iklan

Komentar»

1. endruw dcx - 17 Juni 2013

ane kepingin dari kmaren,
kirim ke semarang gan,
pm endruw25@ymail.com

MazPed - 17 Juni 2013

satu korban keracunan :mrgreen:

nataniel - 31 Agustus 2013

bro ane kpengen nie buat di jupie mx
jupie mx ane udh modif pake yamaha X1 jd headlamp pindah di bwh plat nopol
ane pengen yg double angel yeyes & double projie

2. khoirul - 17 Juni 2013

kenapa di bedakan warna LEDnya mas,,??

MazPed - 17 Juni 2013

Buat membandingkan terang antara yg putih warm dengan putih mas..
Banyak yg nanya terang mana antara putih warm dan putih.

3. sijidewe aka snalpot99 - 17 Juni 2013

lek selanjutnya coba trial yang cut off jadi biar seperti projector hid dr depan ga silau

Joko - 17 Juni 2013

Setuju, ditunggu hasilnya.

4. jmjanuar - 17 Juni 2013

artikel yg dtunggu.,,, msh menunggu cara pemasangan n penampakan di wtf… klo gampang boyong…. 😀

arif - 17 Juni 2013

Setuju bangett…kalo dah jadi dan rekomended di WTF ikut boyong..

5. Trisna Ariwibawa - 17 Juni 2013
6. Joko - 17 Juni 2013

Doubletapenya pakai yg menghantarkan panas, biar led makin awet.

MazPed - 17 Juni 2013

Ini cuma experiment mas, nanti kalo dah fix, tetep dibaut sesuai standar pemasangan.

7. Joko - 17 Juni 2013

Oya, kalau dua led, reflektornya gimana?

MazPed - 17 Juni 2013

Ga pake reflektor

8. rusman - 17 Juni 2013

wedew….. ratjoen lagi…..

9. Aa Ikhwan - 17 Juni 2013

ajib aja

10. at0zz - 17 Juni 2013

250 ewu yo…??
lampuku blereng ki…
adoh pora yo mancare…
#kertjoenan

11. genndu - 17 Juni 2013

om itu klo relfektornya gk dipake outputnya masih fokus gk?

MazPed - 17 Juni 2013

Fokuslah….
Yg bikin fokus tuh lensanya, bukan reflektor mas

12. wiratm - 17 Juni 2013

Mazped segera diluncurkan saja.sy juga sangat tertarik apa lagi lebih hemat dari bohlam biasa.

MazPed - 17 Juni 2013

Ready 7 pcs mas..

13. Ning hp gombong - 17 Juni 2013

Mas nyari lednya dimana susah nyarinya terus hub.paralel apa gimana dikasih tahanan berapa ohm,apa tergantung pada regulatornya ditunggu sekali mas nuwun

MazPed - 17 Juni 2013

Cara merakit projie ada di artikel sebelum’nya mas…

14. Adhitya Ramadian - 17 Juni 2013

2led = 300k sekalian pasang bisa?

MazPed - 17 Juni 2013

Cek tempat lain masbro…
Kalo ada yg harga segitu, ane ikut beli selusin dah :mrgreen:

15. mydasign - 17 Juni 2013

aku kepingin ki. piro kang seng 2 led ?
(pingin.tok.rak.tuku).hahahaha..

16. jofrin - 17 Juni 2013

selalu menarik artikelnya masbrooo

MazPed - 17 Juni 2013

Makasih masbro..

17. Riza Agus Pratama - 17 Juni 2013

Mas bro
bkin teknologi yang kalo lampi hi nyala, low juga nyala biar bisa lebih terang. kan hemat listrik n minim panas

trus misal buat WTF perlu retrofit g mas
pengen wtf ane kasih gituan
:malus

18. orong-orong - 18 Juni 2013
19. jalak condet - 18 Juni 2013

kayanya nunggu artikel berikutnya yg dah jadi di wtf, buat wtf pribadi biar terang pas masuk kebon

20. Soeharto Jooss - 18 Juni 2013

punyaku 20 w mas cara fokusinnya gimana mas pnyku masih nyebar sinarnya,kliatan yg pinggir lebih terang drpd yg tengah..aku tanem reflektor revo

21. Otoradians - 18 Juni 2013
22. #99 bro. - 18 Juni 2013

aku pingin.. berapa ongkirnya gan

23. Pengen.. - 18 Juni 2013

Masbro,
berapa tuh harganya kalo plus ongkir mpe salatiga?
Pengen je 😀

MazPed - 18 Juni 2013

Yg double Led 350.000 aja.
Ongkir cek di http://www.jne.co.id

pade aris - 19 Juni 2013

klo 2 led bisa ngdim jg g mas?
kracunan nih
hehe
klo bisa skalian artikel pnampakan di CB150R mas.. 🙂

MazPed - 20 Juni 2013

Bisa donk

pade aris - 20 Juni 2013

pnampakannya yg udh jadi dong mas.. 😀

Pengen - 18 Juni 2013

Kalo umpmne skalian dipasangke ke reflektor NJMX brp mas,mksde tgl pasang getoh..

24. wawan - 18 Juni 2013

utk jupz 2009 bs pnp ga gan?

25. husnulislam - 18 Juni 2013

Kepingiiin…

adib - 15 Maret 2014

klu d psang 2 led brrti nnti ndk d ksih reflektornya ya…
d smrng/online pusatled.com

26. ikram - 18 Juni 2013

Trus itu hidup dua2nya,gmana caranya kalau di kota mau pake yg dkat aja,trus di tmpat yg gelap baru pake yg jauhnya aja

MazPed - 19 Juni 2013

Ini cuman buat experimen mas.
Kalo ntar dipasang di motor ya gak dinyala’in 2-2 nya kaleeee

(ˇ_ˇ’!l)

27. Maskur - 19 Juni 2013

masange angel ra nggo MX ya, pengin juga

MazPed - 19 Juni 2013

Go lampu tambahan ae Pakde…

Iki wis karo braketeh kok..

Maskur - 19 Juni 2013

ooo, yen lampu utama sing tinggal plek piye

28. wasiq - 19 Juni 2013

pernah papasan sama motor yg pake lampu ginian,
saya cuma bisa bilang KAMPREEETTT. sialunya gak ketulungan,

MazPed - 19 Juni 2013

Ini yang Led mas. bukan HID, kalo yang HID emang silau, kalo yang ini asal arahnya gak tinggi, gak silau kok.

29. abie83 - 19 Juni 2013

Pasang Di wtf terima rapih brp mas? Minat bgt nih..

30. blackpunya - 21 Juni 2013

om kl ke ninin 150rr bisa masuk gak

31. zainuri cah ngawi - 26 Juni 2013

kalau pasang projie harus ada yang dirubah ngak bro

ane lagi belajar,jadi tolong dijelasin karena saya tertarik banget

32. Dani - 26 Juli 2013

Brapa in tuh mas ukuran’nya,msk ke vario techno 110 g mas,tkt kegedean gt…..

33. indra - 2 Agustus 2013

mas pesen 1,
Qu daerah palembang yow.
No hp 081234647764

34. Dani - 2 Agustus 2013

Ni jenis luxeon’nya yg original atau pa mas,bs request g mas.klu pakai luxeon yg jns focus/super focus di Hi-low+shroud AE jd brapa harga’nya mas

MazPed - 2 Agustus 2013

Silahkan via email mas biar lebih enak

35. tony - 29 Agustus 2013

kalau dipasang di vario 125 bisa engga ya mas…

36. ipanase - 31 Agustus 2013

woh iki 😀

37. poetra - 12 April 2014

Untuk bola lampu yamaha F1ZR apa bisa di pasangi proje ?

38. Anonim - 23 April 2014

mas,bwt satria fu batok kecil bs?
pm: g_husada@yahoo.com

39. afwan - 27 April 2014

pesen siji lek, sik onok ? no rek. piro ?

40. roezman - 29 April 2014

Dilepes dengan harga berapa mas brow..??

41. elecatro - 9 Juni 2014

gw nyari yg 3watt di daerah gw susah… cuma ada1watt.

42. Anonim - 9 Juni 2014

Palembang nya di mna gan?

43. Yadi Tri Saputra - 16 Juni 2014

kalo kedua2nya di nyalakan bareng bagus ga ya gan? tanpa hi low

MazPed - 16 Juni 2014

Ini experimen lawas masbro… hasil aktualnya mengecewakan.

Yadi Tri Saputra - 16 Juni 2014

oh gitu, thak infonya ya, sangat membantu, klo di modif led luxeonnya di ganti pake bohlam kaki 1 25w kira2 bisa ga min?

MazPed - 16 Juni 2014

Coba aja gan…
Saya belum pernah nyoba..

Update terbaru.. saya lebih pilih pake CREE.. lebih bagus cahayanya

Yadi Tri Saputra - 16 Juni 2014

gimana caranya gan klo ganti pake cree pake driver juga ya

44. erwin - 10 Juli 2014

Om… geman biar lampunya bisa ada garis cahayanya kayak lampu mobil /motor yg pake lampu halogen… ane coba ganti led luxeonnya biar pake lampu mobil tapi ga bs… alias ga terang & ga adagaris cahayanya… mohin solusi om…

45. pramono - 18 Juli 2014

coool gan… mantabs..

mau tanya gan.. kalo mau beli projinya tapi yang part-nya terpisah dimana ya gan..??

46. Pakde Margo Wong Stasiun - 3 September 2014

bisa bagi CPnya gak mas
dr Rider Supra Bondowoso Jatim (RSB)

47. Ngurah Wisnu Saputra - 8 Oktober 2014

kok ga di pakein lensa pas masang 2 led?

48. Anonim - 20 Oktober 2014

Permisi Mas Admin….. numpang bawarin LED 10watt barangkali ada yng butuh disini: http://www.kaskus.co.id/post/542a53305a5163ee1f8b4573#post542a53305a5163ee1f8b4573
kalau menggangu delet aja…
Thanks.

MazPed - 20 Oktober 2014

Silahkan masbro….
Justru malah membantu pembaca di sini untuk berburu komponen.

49. syauful - 3 November 2014

Wauwwww istimewa

50. Datu - 18 Desember 2014

waduh.. mulai kena racun nih… jadi pengen juga…

51. august susanto - 16 Januari 2015

Gan, pm gan, 081311500050

52. sandy - 31 Januari 2015

Mas… Motor saya mio soul lama tahun 2011… Spy komplit bisa jadi projie dgn 2 led cree spt yg Mas buat plus aplikasi double angle eye dengan shroud dobel Ae, berapa biaya yang dibutuhkan y (plus jasa pasangnya dounk yg pasti… hehehe)…

53. Yopie - 11 April 2017

Mas, kl saya minat bs hubungi kmn ya? Soalnya saya pasang projie aes malah di bengkelnya kayanya ad yg kurang kompinen kelistrikannya. Boleh info alamat / no yg bisa d hubungi ke : ipoy1st@gmail.com ? Kebetulan saya di jakarta barat.
Salam, yopie

54. Anonim - 5 Juni 2017

om , projie led buat motor f1zr bisa engga tanpa aki…? tolong penjelasannya om


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s