jump to navigation

Mencoba Tambal Ban Tubeless dengan Power Glue 2 Juli 2013

Posted by MazPed in Modif, Review.
trackback

Pagi-pagi mau njemur Vario 125.. eh… ban belakang kempes ampe abissss broo…..

Setelah di chek… ada 4 paku menancap dengan santainya…

Mau ke si Alay nambal ban kok males dorong nya..

Jadi inget tips dari kang Elsa Barto, yang dulu juga pernah di bahas juga ama kang haji TMC-Blog.. Juga temen2 ane yang udah nyobain dan BERHASIL..

Yups.. nambal ban Tubeless dengan Lem Power-Glue dan sejenisnya..

Pertama… cuci dulu ban dengan air sabun…. Lalu biarkan sampe KERING dulu…

cuci ban dengan air sabun

Setelah kering… Pastikan udara dalam ban KOSONG ( tidak ada tekanan dari dalam )

Siapkan Lem Power Glue… di warung cuman seharga 1000 rupiah…

Mau yang lebih bagus, pake ALTECO…. Kayak punya ane ini…. harga ALTECO di warung tigarebulimaratus broo…

ALTECO ya broo… bukan AL-CERET , AL-POCI atau AL-PANCI..

siapkan Lem

Lalu cabut pakunya pake tang lancip masbro….. Plisss… jangan pake gigi.. gak recomended bangeud kalo pake gigi.. :mrgreen:

Dan… jangan buang paku’nya sembarangan masbro…. ntar kena motor ente lagi…

cabut paku

Setelah paku di cabut… putar ban… posisikan bagian yang terkena paku tadi di atas…

Lalu letakkan ujung Lem pada lubang.. lalu tekan badan lem agar cairan lem masuk ke lubang.

Jika perlu, dorong dengan paku bekas tadi agar lem benar2 merata sampe dalam..

Perlu di ingat.. arah tancapan paku .. karna ketika paku menancap, posisinya gak selalu tegak, kadang ada yang miring..ย  jadi jangan sampe kita bermaksut meratakan tapi malah bikin lubang baru… ๐Ÿ˜†

tetesi dengan Lem

Setelah lem merata… Diamkan kira-kira 20 menit..

Lalu di pompa sesuai tekanan yang di anjurkan….

Ane sih manual aja mompanya…………

pompa kembaliKelebihan nambal pake tehnik ini di ulas nanti yak….

Maklum bikin artikel di jam kerja…..

Adaw…… * di jewer bosss… ( maenan netbuk mulu ) ๐Ÿ˜†

Semoga membantu…..

Iklan

Komentar»

1. aprillia - 2 Juli 2013

wakaka keren om keren, boleh dicoba neh

2. aldimelovers - 2 Juli 2013

jossss

3. willy - 2 Juli 2013

nomong2 itu buat sementara atau bisa sementahun kang bro?

MazPed - 2 Juli 2013

Tahan sampe ban botak masbro…
Di jamin…

4. budi - 2 Juli 2013

Ane sih rada skeptis om, soalnya sifat power glue kan kaku kaya mika, kalo kena tekanan tinggi malah pecah trus bannya meletus… eh, tapi kalo ban tubelesnya bocor masa mo didorong ke bengkel (yg terdekat rumah ane aja lumayan bikin ngos-ngosan ama ngabisin prasmanan satu piring) belom resiko peleknya rusak,,, eh, tapi kalo dipake cara si om apa malah ga bahaya, mana jalanan rame… eh, kalo gitu cuma sementara aja, bawa pelan2, sampe bengkel ganti baru… eh, masa tiap kali bocor harus ganti ban baru (kampung ane banyak lokasi konstruksi)… eh,…eh,…on my umbrella… ella,…ella,… eh,…eh,… ane malah ngaco…ngaco,…ngaco,…
Sementara belom bocor, ngarep bengkel2 di sekitar sini buka layanan door-to-door service deh, jadi bisa ditelepon kaya makanan cepat saji ๐Ÿ˜€

MazPed - 2 Juli 2013

Buktikan dulu biar percaya mas…

budi - 2 Juli 2013

Nah itu die, ni lagi mikir mau pake motor siapa buat percobaan ๐Ÿ˜€

Sutini - 30 Agustus 2013

Saya udah nyobain sendiri trik ini di Pulsar 220 ane. Udah 2 tahun no problem dengan tambalan nya. O iya, ada yang kurang dengan trik ini. Ban tubeless lebih bagus klo di tambal dari sisi dalam ban, bukan cuma luarnya aja. Kenapa? karena tekanan udara di dalam ban mendorong ke luar. klo di tambal di sebelah luar, tambalan bisa terdorong lepas, klo di tambal dari dalam, tambalan akan di dorong udara dari dalam menyumbat lubang. Semakin kuat dorongan, semakin rapat tambalan. Bisa di coba pakai suntikan bekas, tusuk sampai tembus ke dalam, pompa power glue, biarkan sebagian sisa terdorong keluar, mantap klo pake cara ini. Salam biker.

5. Trisna Ariwibawa - 2 Juli 2013

Mantap nih tipsnya…
http://trexton.wordpress.com/

6. penasehatt - 2 Juli 2013

sepaham ma om budi, alteco kan keras mas,jg bisa buat daerah skitarnya keras jg, kalo ban kan lentur?? apa ga papa?? ya nunggu ripyu’a mazped slama 1bln dulu,, he

MazPed - 3 Juli 2013

Udah banyak yg nyoba dan gak pernah ada masalah.

Yg bermasalah justru yg ditusuk pake karet tubles, udah lubang di gedhe’in kadang masih bocor alus, selain itu tampilan jadi gak rapi.
Alteco memang keras.
Tp ini kan merekatkan kembali karet ban, maka nambal’nya posisi ban kempes biar lubang gak mengembang.
Kenapa takut meledak atau sobek.
Logika saja, berapa sih diameter lubang paku..??
Berpengaruhkah terhadap aspal sebuah titik yg sedemikian kecil.
Bandingkan dgn karet tubeless…
Anda tau berapa ketebalan ban..??
Apa mungkin ban meledak atau sobek karna tambalan sekecil itu dan ban setebal itu..???

IMHO

jofrin - 1 Agustus 2013

hehehe…tempatku kena paku beton je mas….tp emang pake lem powerglue / alteco masi recommended buat bocor2 ringan kayak yg disampaikan….yg jelas pancen juossssss

7. Aa Ikhwan - 3 Juli 2013

sip ajib

8. Ning hp gombong - 3 Juli 2013

Penak temen yo piye nek ban biasa nganggo ban njero opo iso ora

9. orong-orong - 3 Juli 2013
10. rusman - 3 Juli 2013

sipp…. bisa dicoba nih kalau sampe ban mongtorku kena paku. tapi mudah-mudahan sih jangan sampe :mrgreen:

11. blitz-r - 3 Juli 2013

alteco dah gak laku gan! Gara2 ada lem ‘G’ cuma 5ribuan!

12. Triyanto Banyumasan - 3 Juli 2013

wis tahu njajal, kuat seminggu. bar kuwe mbrabas angine ๐Ÿ˜€

13. deidara - 3 Juli 2013

pake lem yang ajib gan,, lem G… lem buat besi,,, belinya ditoko matrial,,, powerglue, alteco, lewat semua dah,,

adibo - 4 Juli 2013

nanya maz bror

lem G merk ataw inisial merk maz? bentuknya sprti alteco jg ya?

numpang_lewat - 9 Juli 2013

merk lemx G masbro..
botolx lebih besar n isix lebih banyak harga lebih murah
resiko klo smpi kena tangan sm persis dgn alteco, bisa bikin 2 jari lengket ket n klo nutup botolx g betul cepat kering.
pkokx sifat dari lem itu persis alteco

14. sunu - 3 Juli 2013

loh mas bro bukanya uda juragan ya?? kq msh punya bos??
krja dmn mazped??

15. #99 bro. - 3 Juli 2013

wis tau

16. kroco - 3 Juli 2013

ane dulu malah pakai cara super klasik om..cabut paku..cari baut model sekrup runcing..lilit pakai pita putih buat pipa baralon,lalu baut ke daerah bocor tadi,ga bocor lagi ampe ban botak ๐Ÿ˜†

17. JFE - 3 Juli 2013

Cara yang sama pernah daku terapkan di honda beat daku 2 tahun yang lalu, sampai ban botak tidak pernah bocor lagi kok hehe

Bagi yang ragu monggo dicoba sendiri, ini hanya share pengalaman ๐Ÿ™‚

18. Hendy - 3 Juli 2013

Mas, emailku tolong dibales donk. Suwun

19. ad - 4 Juli 2013

ini yang oke info nya , coz bisa alternatif daripada ganti ban ataw pasang ban dalam
tx

20. torres - 4 Juli 2013

Jossss gandoss praktis dan ekonomis

21. lanangbagus - 4 Juli 2013

udah pernah nyoba.. ga cuma di ban tubles di ban masih pake ban dalam juga bisa

22. tjapil - 5 Juli 2013

Apakah sudah ada yang pernah nyoba nambal ban tubeless dg Alteco pada ban mobil?
Testimoninya dong

23. cicak bin kadal - 5 Juli 2013

Layak dicoba neh gan.. Thx inpoh na.. Badewei kok ‘semoga membantu’ gan, yg udah2 kan ‘semoga kepingin’.. Hehehe ๐Ÿ˜€

numpang_lewat - 9 Juli 2013

emang da yg mau dorong motor krn ban ketusuk paku gan..????
itu adlah hal yg paling tdk diinginkan semua biker….
hehehe

MazPed - 10 Juli 2013

Paku kadang emg sengaja disebar ama oknum..

Konyol \(า‚`โŒ‚ยด)/โ”Œโ”›*( โ˜†,โœ–)

24. bendhol - 8 Juli 2013

maz bro kog artikelnya gak bisa d buka lewat hp ya,, yg muncul cuma judulnya aj

MazPed - 9 Juli 2013

WordPress lagi eror mas, yg lain juga banyak yg ngalamin.

Coba klik “view full site” paling bawah

25. streetfire-150 - 10 Juli 2013

mas saya sudah e-mail untuk memesan, tolong di cek ya secepatnya

26. Andi - 10 Juli 2013

Kalo ane mah yang bingung bukan lem power glue ny,, koq bs ban tubles di pompa pake manual?? Ane pernah di kerjain di kmpesin tuh ban tubles trus pas mau pompa cuma ada pompa manual gt, eh yg ada mala ga masuk” tuh angin ga kuat dorong,, atau posisi bibir ban ud kegeser dkit ya jadi butuh angin yg kncang biar bs pompa ntuh ban lagi ๐Ÿ˜€ alhasil ane dorong 2 km buat cari tambel ban…

MazPed - 10 Juli 2013

Bisa tuh….

Kalo gak bisa, mungkin ban ga sesuai spek sehingga bibir velg ama bibir ban gak bisa melekat sempurna

Sutini - 30 Agustus 2013

mungkin itu bukan ban tubeless asli, ban biasa yg di jadikan tubeless. Klo ban tubeless asli dinding ban nya ada kawat baja yg mengikat rapat bibir ban dengan velg. Susah untuk bergeser. Soalnya ane pernah modif ban biasa jadi tubeless. Selama ban kencang sih no problem, tp pas ban udah kempes, ngga bisa di pompa manual, harus ke tukang tambal ban yang punya pompa ban truk, sekali cobloss, woooossssh angin nya mendorong bibir ban merapat ke bibir velg, kiss kiss…

MazPed - 31 Agustus 2013

Gak tuh…
Ini tubless biasa. Merk FDR.
Biar kempes juga antara velg dan bibir ban tetep melekat.

27. Tips - 13 Juli 2013

Sisa lem disarankan disimpan di kulkas,
biar tdk mengeras dlm jangka panjang, bisa dipakai lagi lain waktu

28. enie - 14 Juli 2013

nice inpo gan.
mw stok ALTEKO ah. buat jaga2 tang plus pompa.

29. ryan - 15 Juli 2013

kalo bocornya ke samping (dinding ban ) bisa gak ya?

30. Al - 22 Juli 2013

ni tips sebenarnya dah lama,ane dah nyoba thn 2010..sampe skrng tu bocor yg d tambal powerglue ga pernah bocor,krna sy rasa motor g terlalu berat bebannya

31. ipanase - 31 Agustus 2013

mantebh lah
ojo ngasi lah ๐Ÿ˜€

32. Ronald Fernando - 3 September 2013

motorku kena paku malah hancur motornya… #paku bumi :p

33. kangidin - 9 September 2013

artikelnya buagus buangettss… bikin ane ketawa….. matur suwon infonya bos…. aslmk…

34. noorgage - 16 September 2013

LEBIH SIMPEL LAGI menurut ane waktu beli ban tubeless sekalian tambah cairan ANTI BOCOR kena paku tinggal cabut udah rapet sendiri, umur pemakaian seumur ban, harga 35rebu

MazPed - 16 September 2013

Ane pernah pake cairan antibocor, tapi gak efektif, kecewa dan kapok.
Selain bikin rusak velg, cairan juga berpengaruh terhadap keseimbangan ban.

dupss - 22 September 2013

betul kata juragan mazped. ada yg aneh di ban belakang ane setelah dikasih cairan antibocor. rekomen dr ane ngga usah dikasih begituan..

35. subarjo - 29 Juli 2014

mantap makasih informasinya bro…

36. Anonim - 24 Oktober 2014

ban ane tubeles kena potongan silet cutter gan… gimana ini.robek??


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s