Mencoba Tambal Ban Tubeless dengan Power Glue 2 Juli 2013
Posted by MazPed in Modif, Review.trackback
Pagi-pagi mau njemur Vario 125.. eh… ban belakang kempes ampe abissss broo…..
Setelah di chek… ada 4 paku menancap dengan santainya…
Mau ke si Alay nambal ban kok males dorong nya..
Jadi inget tips dari kang Elsa Barto, yang dulu juga pernah di bahas juga ama kang haji TMC-Blog.. Juga temen2 ane yang udah nyobain dan BERHASIL..
Yups.. nambal ban Tubeless dengan Lem Power-Glue dan sejenisnya..
Pertama… cuci dulu ban dengan air sabun…. Lalu biarkan sampe KERING dulu…
Setelah kering… Pastikan udara dalam ban KOSONG ( tidak ada tekanan dari dalam )
Siapkan Lem Power Glue… di warung cuman seharga 1000 rupiah…
Mau yang lebih bagus, pake ALTECO…. Kayak punya ane ini…. harga ALTECO di warung tigarebulimaratus broo…
ALTECO ya broo… bukan AL-CERET , AL-POCI atau AL-PANCI..
Lalu cabut pakunya pake tang lancip masbro….. Plisss… jangan pake gigi.. gak recomended bangeud kalo pake gigi..
Dan… jangan buang paku’nya sembarangan masbro…. ntar kena motor ente lagi…
Setelah paku di cabut… putar ban… posisikan bagian yang terkena paku tadi di atas…
Lalu letakkan ujung Lem pada lubang.. lalu tekan badan lem agar cairan lem masuk ke lubang.
Jika perlu, dorong dengan paku bekas tadi agar lem benar2 merata sampe dalam..
Perlu di ingat.. arah tancapan paku .. karna ketika paku menancap, posisinya gak selalu tegak, kadang ada yang miring.. jadi jangan sampe kita bermaksut meratakan tapi malah bikin lubang baru… 😆
Setelah lem merata… Diamkan kira-kira 20 menit..
Lalu di pompa sesuai tekanan yang di anjurkan….
Ane sih manual aja mompanya…………
Kelebihan nambal pake tehnik ini di ulas nanti yak….
Maklum bikin artikel di jam kerja…..
Adaw…… * di jewer bosss… ( maenan netbuk mulu ) 😆
Semoga membantu…..
wakaka keren om keren, boleh dicoba neh
jossss
nomong2 itu buat sementara atau bisa sementahun kang bro?
Tahan sampe ban botak masbro…
Di jamin…
Ane sih rada skeptis om, soalnya sifat power glue kan kaku kaya mika, kalo kena tekanan tinggi malah pecah trus bannya meletus… eh, tapi kalo ban tubelesnya bocor masa mo didorong ke bengkel (yg terdekat rumah ane aja lumayan bikin ngos-ngosan ama ngabisin prasmanan satu piring) belom resiko peleknya rusak,,, eh, tapi kalo dipake cara si om apa malah ga bahaya, mana jalanan rame… eh, kalo gitu cuma sementara aja, bawa pelan2, sampe bengkel ganti baru… eh, masa tiap kali bocor harus ganti ban baru (kampung ane banyak lokasi konstruksi)… eh,…eh,…on my umbrella… ella,…ella,… eh,…eh,… ane malah ngaco…ngaco,…ngaco,…
Sementara belom bocor, ngarep bengkel2 di sekitar sini buka layanan door-to-door service deh, jadi bisa ditelepon kaya makanan cepat saji 😀
Buktikan dulu biar percaya mas…
Nah itu die, ni lagi mikir mau pake motor siapa buat percobaan 😀
Saya udah nyobain sendiri trik ini di Pulsar 220 ane. Udah 2 tahun no problem dengan tambalan nya. O iya, ada yang kurang dengan trik ini. Ban tubeless lebih bagus klo di tambal dari sisi dalam ban, bukan cuma luarnya aja. Kenapa? karena tekanan udara di dalam ban mendorong ke luar. klo di tambal di sebelah luar, tambalan bisa terdorong lepas, klo di tambal dari dalam, tambalan akan di dorong udara dari dalam menyumbat lubang. Semakin kuat dorongan, semakin rapat tambalan. Bisa di coba pakai suntikan bekas, tusuk sampai tembus ke dalam, pompa power glue, biarkan sebagian sisa terdorong keluar, mantap klo pake cara ini. Salam biker.
Mantap nih tipsnya…
http://trexton.wordpress.com/
sepaham ma om budi, alteco kan keras mas,jg bisa buat daerah skitarnya keras jg, kalo ban kan lentur?? apa ga papa?? ya nunggu ripyu’a mazped slama 1bln dulu,, he
Udah banyak yg nyoba dan gak pernah ada masalah.
Yg bermasalah justru yg ditusuk pake karet tubles, udah lubang di gedhe’in kadang masih bocor alus, selain itu tampilan jadi gak rapi.
Alteco memang keras.
Tp ini kan merekatkan kembali karet ban, maka nambal’nya posisi ban kempes biar lubang gak mengembang.
Kenapa takut meledak atau sobek.
Logika saja, berapa sih diameter lubang paku..??
Berpengaruhkah terhadap aspal sebuah titik yg sedemikian kecil.
Bandingkan dgn karet tubeless…
Anda tau berapa ketebalan ban..??
Apa mungkin ban meledak atau sobek karna tambalan sekecil itu dan ban setebal itu..???
IMHO
hehehe…tempatku kena paku beton je mas….tp emang pake lem powerglue / alteco masi recommended buat bocor2 ringan kayak yg disampaikan….yg jelas pancen juossssss
sip ajib
Penak temen yo piye nek ban biasa nganggo ban njero opo iso ora
wow, isoh to, tak kiro bane isoh leleh
sipp…. bisa dicoba nih kalau sampe ban mongtorku kena paku. tapi mudah-mudahan sih jangan sampe
alteco dah gak laku gan! Gara2 ada lem ‘G’ cuma 5ribuan!
wis tahu njajal, kuat seminggu. bar kuwe mbrabas angine 😀
pake lem yang ajib gan,, lem G… lem buat besi,,, belinya ditoko matrial,,, powerglue, alteco, lewat semua dah,,
nanya maz bror
lem G merk ataw inisial merk maz? bentuknya sprti alteco jg ya?
merk lemx G masbro..
botolx lebih besar n isix lebih banyak harga lebih murah
resiko klo smpi kena tangan sm persis dgn alteco, bisa bikin 2 jari lengket ket n klo nutup botolx g betul cepat kering.
pkokx sifat dari lem itu persis alteco
loh mas bro bukanya uda juragan ya?? kq msh punya bos??
krja dmn mazped??
wis tau
ane dulu malah pakai cara super klasik om..cabut paku..cari baut model sekrup runcing..lilit pakai pita putih buat pipa baralon,lalu baut ke daerah bocor tadi,ga bocor lagi ampe ban botak 😆
Cara yang sama pernah daku terapkan di honda beat daku 2 tahun yang lalu, sampai ban botak tidak pernah bocor lagi kok hehe
Bagi yang ragu monggo dicoba sendiri, ini hanya share pengalaman 🙂
Mas, emailku tolong dibales donk. Suwun
ini yang oke info nya , coz bisa alternatif daripada ganti ban ataw pasang ban dalam
tx
Jossss gandoss praktis dan ekonomis
udah pernah nyoba.. ga cuma di ban tubles di ban masih pake ban dalam juga bisa
Apakah sudah ada yang pernah nyoba nambal ban tubeless dg Alteco pada ban mobil?
Testimoninya dong
Layak dicoba neh gan.. Thx inpoh na.. Badewei kok ‘semoga membantu’ gan, yg udah2 kan ‘semoga kepingin’.. Hehehe 😀
emang da yg mau dorong motor krn ban ketusuk paku gan..????
itu adlah hal yg paling tdk diinginkan semua biker….
hehehe
Paku kadang emg sengaja disebar ama oknum..
Konyol \(҂`⌂´)/┌┛*( ☆,✖)
maz bro kog artikelnya gak bisa d buka lewat hp ya,, yg muncul cuma judulnya aj
WordPress lagi eror mas, yg lain juga banyak yg ngalamin.
Coba klik “view full site” paling bawah
mas saya sudah e-mail untuk memesan, tolong di cek ya secepatnya
Kalo ane mah yang bingung bukan lem power glue ny,, koq bs ban tubles di pompa pake manual?? Ane pernah di kerjain di kmpesin tuh ban tubles trus pas mau pompa cuma ada pompa manual gt, eh yg ada mala ga masuk” tuh angin ga kuat dorong,, atau posisi bibir ban ud kegeser dkit ya jadi butuh angin yg kncang biar bs pompa ntuh ban lagi 😀 alhasil ane dorong 2 km buat cari tambel ban…
Bisa tuh….
Kalo gak bisa, mungkin ban ga sesuai spek sehingga bibir velg ama bibir ban gak bisa melekat sempurna
mungkin itu bukan ban tubeless asli, ban biasa yg di jadikan tubeless. Klo ban tubeless asli dinding ban nya ada kawat baja yg mengikat rapat bibir ban dengan velg. Susah untuk bergeser. Soalnya ane pernah modif ban biasa jadi tubeless. Selama ban kencang sih no problem, tp pas ban udah kempes, ngga bisa di pompa manual, harus ke tukang tambal ban yang punya pompa ban truk, sekali cobloss, woooossssh angin nya mendorong bibir ban merapat ke bibir velg, kiss kiss…
Gak tuh…
Ini tubless biasa. Merk FDR.
Biar kempes juga antara velg dan bibir ban tetep melekat.
Sisa lem disarankan disimpan di kulkas,
biar tdk mengeras dlm jangka panjang, bisa dipakai lagi lain waktu
nice inpo gan.
mw stok ALTEKO ah. buat jaga2 tang plus pompa.
kalo bocornya ke samping (dinding ban ) bisa gak ya?
ni tips sebenarnya dah lama,ane dah nyoba thn 2010..sampe skrng tu bocor yg d tambal powerglue ga pernah bocor,krna sy rasa motor g terlalu berat bebannya
mantebh lah
ojo ngasi lah 😀
motorku kena paku malah hancur motornya… #paku bumi :p
artikelnya buagus buangettss… bikin ane ketawa….. matur suwon infonya bos…. aslmk…
LEBIH SIMPEL LAGI menurut ane waktu beli ban tubeless sekalian tambah cairan ANTI BOCOR kena paku tinggal cabut udah rapet sendiri, umur pemakaian seumur ban, harga 35rebu
Ane pernah pake cairan antibocor, tapi gak efektif, kecewa dan kapok.
Selain bikin rusak velg, cairan juga berpengaruh terhadap keseimbangan ban.
betul kata juragan mazped. ada yg aneh di ban belakang ane setelah dikasih cairan antibocor. rekomen dr ane ngga usah dikasih begituan..
mantap makasih informasinya bro…
ban ane tubeles kena potongan silet cutter gan… gimana ini.robek??
[…] ke lubang dengan menggunanakan ujung runcingnya. Lalu biarkan 20 menit hingga kering sempurna [artikel]. Menurut yang sudah praktek, hasil ini cukup mujarab untuk lubang yang relatif […]