jump to navigation

Sedikit Tips Mogok Menerjang Banjir 25 Januari 2014

Posted by MazPed in Opini.
trackback

image

Banjir masih mengancam negara kita masbro…
Bagi yang menunggang bebek atau matic pasti ciut nyali untuk menerjangnya.
Khawatir mogok apalagi berujung jebolnya mesin..

image

Seperti yang di alami salah satu owner Vario 125 ini.
Piston patah dan mesin pecah stelah menerjang banjir. Apalagi mesin terlanjur di bongkar di bengkel biasa sehingga AHASS pun enggan menerima klaim garansi. Blaik tenan…
Penanganan yang salah berujung duka.

image

Nah… untuk menghindari kejadian fatal seperti di atas… gimana sih penanganan yang benar ketika motor masbro mogok menerjang banjir..??

Ini pengalaman ane ketika menerjang banjir di area Jembatan gantung jln Daan Mogot pada hari minggu kemaren.

– Pertama jangan nekad masbro.
Pantau dulu ketinggian air.
Jika air lebih tinggi dari knalpot dan moncong FILTER UDARA. Jangan main hajar saja.
Melewati genangan tinggi di atas filter udara justru menyebabkan air mudah tersedot ke filter dan berujung ke ruang bakar.
Mesin akan mati, itu sudah pasti.
Langkah aman menerjang genangan air di atas filter ya dgn mematikan mesin, tutup rapat moncong filter dan knalpot dgn plastik lalu di dorong saja.
Setelah genangan terlewati…
JANGAN LANGSUNG DI SELAH ATAU DI STARTER… BERBAHAYA.

Masuknya air keruang bakar yang kemudian di kompresi piston akan menyebabkan stang piston bengkok atau patah.

– Segera buka busi, lalu diselah…
Biarkan air keluar melalui lubang busi.
Tendang terus sampe air di dalam ruang bakar benar-benar kering dengan menutup rapat lubang busi dengan jempol lalu di selah…

Dhuar…. dhuar…. crot….

Kira-kira begitu bunyinya :mrgreen:

– Untuk matic, silahkan lepas karet penutup lubang filter dan CVT.

image

Biarkan air yang masuk keruang filter dan CVT terbuang melewati lubang tsb.

image

– Buka filter dan keringkan.
Air yang meresap pada filter akan membuat mesin susah dinyalakan.

Cek pipa knalpot, apakah ada lubang buat keluarnya air…??
Jika tidak, lepas knalpot…
Buang semua air yang ada pada knalpot.

– Setelah ruang bakar yakin kering, pipa knalpot gak ada air.
Pasang busi, knalpot juga filter.
Lalu nyalakan mesin.
Cek indikator spido… untuk type Injeksi, pastikan indikator MIL tidak  menyala berkedip. Indikator MIL sbg patokan bahwa sistem kelistrikan tidak ada masalah.

Jika indikator MIL menyala, seka dgn kain lap bagian-bagian soket kelistrikan, jika memungkinkan semprot dgn angin kompresor.

—-

Segera ganti olie setelah menemui bengkel , dan lihat kondisi olie.
Jika coklat seperti susu.
Lakukan pengurasan dgn oli baru, nyalakan mesin sesaat, lalu kuras lagi sampe mesin benar-benar bersih dari kandungan air..

Semoga banjir tak melanda Endonesa lagi..*tapi angel kayane.

Jika terpaksa melewati banjir, semoga tips di atas bisa bermanfaat.

NB: Lengkapi toolkit motor anda dan berdoalah sebelum berpergian…..

Iklan

Komentar»

1. Diposedicigp8 - 25 Januari 2014

tak kira jadi pelampung bannya 🙄

2. Aan Kiye - 25 Januari 2014
3. s0erya - 25 Januari 2014

dari pada naikin grobak, napa gak di modif biar bisa tahan banjir? 😀

MazPed - 25 Januari 2014

Lah kok malah bahas grobak…

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

Grobak bakso’ne Parmin…

s0erya - 25 Januari 2014

kan marak ojek grobag 😀 klo lubang knalpot ma lubang filter udara di kasih selang ke atas gitu gmn? Bisa aman nerjang banjir gak?

4. djawa - 25 Januari 2014

makasih mas atas tipsnya

5. rusman - 25 Januari 2014

cari jalan lain

6. wtf170 - 25 Januari 2014

aman

7. rahmanmaspeke - 26 Januari 2014

,.. (y)

8. moezib - 27 Januari 2014

mantab


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s