jump to navigation

HID Tanpa Projie bikin Silau… Antemi Wae 5 Februari 2014

Posted by MazPed in Opini.
trackback

image

Ternyata masih banyak ya…. Sodara-sodara kita yang belum paham mengenai safety dan etika berkendara di jalan raya.
Terbukti masih banyak’nya postingan-postingan pemasangan HID tanpa Projie di grup-grup fesbuk sepeda motor.

Cuman ngelus dada gan….
Mereka butuh terang tapi tak peduli dampaknya buat pengendara lain.

Egois…… Antemi Wae… :mrgreen:

Bukan bermaksud anarkis, tapi itulah komentar dari beberapa temen ane ketika membicarakan biker yang pasang HID tanpa Projie.

HID wajib pake Projie….

Sayang nasehat ini gak pernah di denger ama orang-orang kaya dengan boil-boil mewahnya, atau ama rider-rider alay yang cuma mementingkan tampilan dan terang semata.

image

Gengsi…. gak pake HID gak gaul kata mereka.
Tapi ketika di tanya kenapa gak pake Projie…??
Jawabannya simpel…. “Mahal…”

Mahal mana ama keselamatan orang lain..???

Mungkin anak-anak alay belum nyampe buat berfikir sampe kesitu kali ya.
Mereka dgn mudah terbujuk rayuan sales HID tanpa Projie yang memang sampe saat ini pasaran’nya kian menurun karna tergilas harga Projie yang makin terjangkau… Hmm…..

image

Kenapa ane begitu jengkel ama HID tanpa Projie gan..???
Terutama ama mobil-mobil yang se’enaknya main tembak.

… ceritanya pas bulan puasa kemarin, bokap ane subuh-subuh nganter simbok (nenek) dari rumah ( Pengasih )  ke pasar Sentolo lewat Kaliagung.
Yang kenal daerah situ pasti tau.. jalan lebar, banyak tikungan dan naik turun.
Pas di tikungan ke kanan, bokap ane berpapasan ama mobil yang pake HID.
Mungkin niatnya ngasih tau aja kalo dia mau lewat dengan isyarat “nembak”
Kontan saja mata bokap ane jadi buta sesaat, dan apes’nya lagi posisi di tikungan, alhasil gagal nikung dan dlosor terdampar di pinggir jalan.
Motor ringsek bagian kanan, spion patah, sein dan headlamp baret retak.
Tapi itu belum seberapa karena kaki dan dengkul kanan cidera parah.
Beruntung pake helm fulface karena area dagu pun tak luput dari aspal, sehingga dagu hanya luka akibat benturan dengan “cakil” helm.

Kadang ane kasian liat bokap kalo lagi sholat, kek’nya nahan sakit dibagian dengkul kalo pas duduk.
Ngenes kan gan….
Akibat ke’egoisan orang…

image

Lalu bagaimanakah tips menghadapi pancaran sinar yang bak malaikat turun dari ToL itu…??
Biar kita gak celaka dari sinar sumber celaka itu..

– jangan lihat titik sinarnya gan, memandang titik sinar HID akan menyebabkan buta sesaat, pandangan anda serasa yang menghalangi.
Jika itu terjadi, segera menepi dan berhenti, lanjutkan perjalanan setelah pandangan anda normal kembali.
– jika arah dari belakang, biarkan dia mendahului anda, pasti anda gak akan mau tersiksa terkena pantulan sinar tersebut dari kaca spion.
– jika itu teman anda, silahkan berikan penjelasan tentang bahaya HID tanpa Projie..
Jika ngeyel….. Antemi wae…

(˘˛˘)—–)˚з˚)ː̖  dyes…..́

(っˆヮˆ)っ  ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

  malah ngajari Sesat….

Lebih baik dia yang bonyok karna ditonjokin…
Daripada orang lain tanpa dosa celaka karna dia…

Betul…???

Silahkan di tambahi tips lain’nya gan…
Semoga kedepan gak ada lagi yang celaka.

Modif harus safety, gak safety gak usah modif.

Iklan

Komentar»

1. emir99 - 5 Februari 2014

Nek aku tak bales karo lampu sorot Cree LED 20w. Posisi pas menyorot pengemudi mobil/motor arah brlawanan.. Dijamin sirahe ngelu :mrgreen:

MazPed - 5 Februari 2014

Malah tembak-tembak’an…

Uncali granat ae nak due..

Wing……

(ノ-_-)ノ~┻━┻☆(x__X )

2. belalangmerah - 5 Februari 2014
3. ipanase - 5 Februari 2014

mobil mobil guweh :v

MazPed - 5 Februari 2014

Gua tembak juga lu….

Kenapa..??? Bedil – bedil gueh… 😆

ipanase - 5 Februari 2014

wwkwwwwwwwwwwwwwwwww

zaqlutv - 6 Februari 2014

untung gak dibales “gw cipok lu.. bibir.. bibir gw”

kaboorrr..

4. parmin - 5 Februari 2014

(⌣́_⌣̀)ʃ guweh siap melu ngantemi aje (งˆ▽ˆ)ง

MazPed - 5 Februari 2014

Wah… ra eman karo kegantengan’mu po min…??

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

5. parmin - 5 Februari 2014

(⌣́_⌣̀)ʃ guweh gak mungkin remuk,tp hancur lebur ლ(⊙益⊙)ლ

6. ade west - 5 Februari 2014

mending ngesakki watu…. duncali watu lampune ……..
#sesat

bocah - 6 Februari 2014

wah, paling masuk akal iki
sesuk kapan2 tek coba om
🙂
watu watu guweh

7. mustjump - 5 Februari 2014

Keyooong 😦

8. Aan Kiye - 5 Februari 2014

pomeneh boil’e ‘epi-fi’ jian, pingin tak culeg motone.. (pas bgt temu moto jeh)
:mrgreen:
http://tegean.wordpress.com/2014/02/05/hayooooo-mau-kemana/

9. sijidewe - 6 Februari 2014

ncen cok tenan sing ngunu kuwi..

mau kebetulan bar ketemu lampu ditembak sambi nyalip.. nyoohh sikilku..

10. Gus Nuk - 6 Februari 2014

biasa biker2 alay juga suka make kek beginian di motor nunggingnya :nohope

11. MbahManten - 6 Februari 2014

#CieCieCie, pada main tembak-tembakan, padahal baru ketemu dijalan udah main tembak aja. Saya doakan aja deh, semoga nembaknya diterima. Jangan lupa makan-makannya kalau diterima. #DigetokYangPunyaWarung

12. sandal_jepit - 6 Februari 2014

hidup juragan rongsok?
100% ane setuju . . .

Emang bener nih hid tanpa projie mengganggu. . .

13. Fitready - 6 Februari 2014

lempar popok bekas ke kacanya 😀

14. Amamoto - 6 Februari 2014

lempar batu aja, cukup dilempar ke atas pas dia lewat pasti langsung prang pecah kacane
aku yo mangkel banget.
pernah ketemu bocah satria fu, lampu belakang sing di HID, tak tendang dia ndlosor aku mlyauu :mrgreen:

MazPed - 6 Februari 2014

Woh…..

╮(“╯_╰)╭ kelakuan

Tp Suippppp :jempol: :mrgreen:

15. s0erya - 6 Februari 2014

bawa lampu senter swat 15000w aja gan… Langsung di bales arahin senter ke mukanya! 😀 biar ngrasain juga tu pemakai hid tanpa proji

16. Aa Ikhwan - 6 Februari 2014

silau men

17. kuro22id - 6 Februari 2014

Laporkan ke polisi aja mas bro.

18. Bapak'e Salma - 6 Februari 2014

kamplengi wae

MazPed - 6 Februari 2014

Tak ewangi..

\(҂`⌂´)/┌┛*( ☆,✖)

19. zaqlutv - 6 Februari 2014

kalo alasan projie itu mahal, kan sekarang ada paket hid+projie mumer,, yaitu projie AES, paling kisaran 600 s/d 700rb.. udah 1 set, tinggal pasang..
keren dapet, safety dapet..
tapi projie AES itu ibarat hid+projie rasa halogen 😆 lhaa murah kok jaluk apik :mrgreen:

MazPed - 6 Februari 2014

HID skarang 250 rebong dah dapet kumplit… 😆

zaqlutv - 6 Februari 2014

tapi cuma HID+ballast+wiring set wae, Om..
tapi ya itu, bikin nafsu, bukan bikin nafsu pengen beli..
bikin nafsu pengen sambit batu ke motor/mobil yang terpasang lampu HID tanpa projector..

MazPed - 6 Februari 2014

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

20. rusman - 6 Februari 2014

masih pake lampu standar

21. ockta - 6 Februari 2014

ane nambahin gan.. modif sesat bikin celaka, sebel banget ane seandainya ketemu pengendara motor yang lampu stopnya mika yang merah dicopot. silau gan, apalagi kalo pas dijalan rusak, nembak ke arah pengendara lain berkali2…. moga2 pak polkis mbaca artikel agan, sampe komen2nya..

22. bejoselamet - 6 Februari 2014

Mas lampu projie LED kae piro,nek udan ilang ora sinar e? Aku tak dolan nek sampeyan ijih nang tangerang

MazPed - 6 Februari 2014

Ntek

23. kompeni - 6 Februari 2014

ARTIKEL JOSS, setuju ane gan,..antemi wae,…ane juga pernah hampir celaka mirip sama bokap juragan, bedane ane mo nubruk sepeda pancal didepan ane,.alhamdulillah masih dikasih selamat sama yang diatas alias bisa menghindar

24. gc133hijrah - 6 Februari 2014

Ane ikutan nendang…. Buggg….. Dueng…. Diggg…. Pyaarrrr kacanya pecah….

25. vario125 - 6 Februari 2014

kalo misal pada mobil seperti nissan juke, itu kalo gak salah kan pake hid tapi tanpa projie kayaknya. kok gak silau ya kalo bener gitu..??

26. Pakailah Bahasa Indonesia yang baik dan benar - 6 Februari 2014

Percuma anda marah2 di sini , ngga pada ngerti apa yg di omongin, makanya pakai bahasa Indonesia saja, bahasa kampung jangan di bawa2 😛

Orang ngga pakai Projie di omelin, anda pakai bahasa kampung apa ngga di omelin juga bagi yang ngga ngerti apa yg di omongin.

Ujung2nya nya kahirnya suka2 saya, toh, hayo pada ribut lah 😛 😛 😛

MazPed - 6 Februari 2014

Gak papa..
Tulisan ane jelek, gak bisa dipahami ya memang saya sedang belajar menulis.
Kenapa pake bahasa kampung..?
Ya karna saya orang kampung, yang mencoba menjunjung tinggi budaya dan norma-norma daerah.

Bukan elu-elu… gue-gue…

Itu bahasa keseharian saya, dan saya merasa lebih lepas dgn bahasa itu.

Kenapa gak di terjemahin ke bahasa Indonesia..??

Karena jadi terkesan aneh.
memaksakan banget.

Yah mudah-mudahan kedepan bisa lebih di perbaiki.
Namanya juga lagi tahap belajar dan belajar itu butuh proses.

Mohon maaf buat yang blm bisa memahami.

andi - 7 Februari 2014

Yang komen juga ga pake bahasa Indonesia yang baik dan benar….hihihi…anonim lagi.
Tenang om, orang cuma bisa ngritik tanpa ngasih solusi sama aja omdo. Sini tak kasih solusi, tak ajari menulis dengan bahasa indonesia yang baik dan benar…halah.
Setuju sama ente mas, saya juga lagi nabung buat beli projie. Tapi nanti setelah beli sidebox, velg lebar, ban lebar….yah…kapan kebelinya? hehehe.
Kalo saya sih kapok pake hid ngga pake projie, pernah bikin orang jatuh soalnya. Nyeselnya bener-bener deh. akhirnya hid tak preteli lagi, balikin lampu standar dan diniatin beli projie, semoga segera terbeli, aamiin…

MazPed - 7 Februari 2014

Aamiin….

27. vario125 - 6 Februari 2014

tolong dong dibahas kalo misal ada mobil pake hid tapi gak pake projie namun gak bikin silau. ada gak..?? kalo ada, kan gak harus pake projie. yang terpenting, gmn caranya agar bisa pakai hid tanpa projie yang gak bikin silau (kalo memungkinkan)..??

MazPed - 6 Februari 2014

Yang ane bahas yang bikin silau… Sesuai judul..

Pake HID tnp Projie yang bikin Silau.

Karna masalahnya di “Silau” bukan HIDnya, bukan tnp Projie’nya.

Tapi rata-rata yang bikin silau yang tanpa Projie. Dan sekarang merambah ke sepeda motor yang reflektornya gak di desain buat pemasangan HID.
So tau sendirilah…. gimana “silau” nya.

Kalo mobil pake HID udah gak silau, itu karna HID yg di gunakan udah pake cut off.
Dan memang udah didesain buat pake HID dari sono’nya.
Jadi aman.. karna pabrikan pasti memperhitungkan safety tidaknya untuk dilempar ke pasar.

Semoga membantu.

gc133hijrah - 7 Februari 2014

Mantab gan… Kepala tetap dingin, dengan komentator yg beragam, dan dijawab dengan ilmiah…. Keep blogging

vario125 - 7 Februari 2014

nah ditunggu bro artikel selanjutnya soal motor pake hid tanpa projie namun gak bikin silau. kan lumayan tuh dilihat dari sisi harga hehehehhe

MazPed - 7 Februari 2014

Reflektor sepeda motor tidak di desain buat pemasangan HID, jadi meskipun bisa di buat cut-off namun materialnya tak akan mampu menahan radiasinya.
Leleh dah….

28. halah - 7 Februari 2014

Mau nyari kuntilanak di pohon sekalian kali. Jadi abis pasang ga di kalibrasi ulang arah sinarnya

29. nbsusanto - 8 Februari 2014

melu nek ngantemi lek..tak ewangi nggo samplakan s*mpak.. 😆
muangkel tenan pengen mbales tur lampuku ra padyang..e yo anggere ra mbelerengi uwong sik ra mblerengi aku wae..

30. jackalride - 8 Februari 2014

cen mbahayake wong liya… iyo toh mas..

_______________________
maaf, ini bukan motor alay!
http://jackalride.wordpress.com/2014/02/08/perhatian-ini-bukan-motor-alay/

31. Meidi - 9 Februari 2014

Joss postinganmu bro , .. Nek ak weruh nang ndalan langsung tak balas tembak bro … Lagian mobil2 biasane lampune di urepke kabeh ben ketok alay tp nyilokoke kancane … Biasane langsung tak jak padu ng ndalan …

32. touringrider - 9 Februari 2014

antemi ae.. sawat watu

33. jurigkamera - 12 Februari 2014

pengen gaya gak punya duit ? yo standar ae gan :mrgreen: . guweehh elooohhh enddd hahaha

34. telesphorus - 20 Februari 2014

kalau lampu LED masih gak kenapa2 kan mas? soale saya pasang LED kemarin pas belum tak rendahin kok banyak yang ngedim2 kalau papasan.

35. aldisa conqueror - 2 Maret 2014

Salam hormat bro MazPed.. Salut sama postingan”nya..
Salut juga dengan tanggapan dari komentar orang yang kontra..
Terus berkreasi dan ditunggu postingan berikutnya..

Jangan berhenti kasih info modif” lainnya.. Tentu saja tetap beretika tanpa merugikan dan membahayakan orang lain..

Buat yg gak beretika.. Setuju sawat watu ae koyok asuu.. *keluar suroboyoannya.. Hahaha

36. udin - 2 April 2014

Suruh berhenti ajak beli skotlet hitam.

MazPed - 2 April 2014

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

Bagus… bagus…

37. illank - 26 Mei 2014

Silau tergantung kita bro,halogen biasa klau arahnya terlalu tinggi pasti silau,dulu saya jga tabrak pengendara lain karena lampunya silau n harus nanggung biaya kecelakaan n sekarang sya pke hid tpi agak sya tunddukkan n hid yg aku pke ndak silau wlau tnpa projie


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s