jump to navigation

Mengenal Busi Denso Iridium IU27A 22 Februari 2014

Posted by MazPed in Review.
trackback

image

Rehat dulu nulis artikel ringan sebelum ngerjain oprekan yang sedari tadi gak ada habisnya.. sayang kalo sampe blog ini terbengkalai gara2 ngebengkel terus. :mrgreen:

Sesuai judul… ane mau bahas senjata pengapian sepeda motor yaitu busi Denso Iridium IU27A.

Busi dingin tingkat panas 27 untuk ukuran brand Denso ini setara dengan busi dingin brand NGK dengan tingkat panas 9.
Nah… busi dingin ini cocok buat mesin dengan kompresi tinggi seperti Vario 125, CBR series, CS1, FU, dan sejenisnya.

image

Material iridium merupakan logam keras yang mampu bertahan dengan baik pada suhu tinggi, meski di desain dengan anoda yang kecil, logam ini tak mudah terkikis karna proses pembakaran.
Kita tak perlu bahkan tidak dianjurkan mengamplas apalagi mengikir bagian ini jika hendak membersihkan.. cukup semprot saja pake karburator cleaner lalu di seka dengan kain lap.

image

Busi iridium di desain dgn ujung runcing membuat percikan api semakin fokus, tidak berpendar seperti halnya busi biasa, sehingga api yang di hasil’kan semakin kuat dan berwarna biru.
Efeknya pembakaran semakin sempurna dan tenaga otomatis terdongkrak.

image

Sudah lama ane berburu busi ini, ngubek-ubek kaskus gak nemu, sampe akhirnya seorang rekan bloger posting di grup mengenai busi Iridium IU27 tapi doi yang ready type A.

Apa beda busi Iridium IU27 ini dengan yang IU27 type A…??
Mari kita bahas kode A ini maksudnya apa sih…?

Setelah bertanya dengan mbah google, inilah jawaban’nya.

image

Perbedaan yang mencolok dari sisi visual adalah pada bagian katodanya, atau bagian kepala busi yang melengkung itu lho…

image

Pada busi biasa terlihat melengkung seperti gambar diatas, sedangkan type A tidak melengkung melainkan lurus diagonal menuju elektroda anodanya.

image

Kelihatannya simpel yak perbedaanya, tapi dengan desain katoda lebih pendek berdampak pada pengurangan resistant dari katoda itu sendiri. IMHO.

Perbedaan lain….. silahkan terjemahkan sendiri gambar di atas.
ane lagi bukak kamus nih.. maklum gak paham bahasa asing… :mrgreen:

Gimana review’nya….??
Hm…. di pasang juga belum…..
Sabar ea…. mau malmingan dulu nih…

Iklan

Komentar»

1. Karis - 22 Februari 2014
MazPed - 22 Februari 2014

Bisa banget, kode sama kok

Karis - 22 Februari 2014

Berapa duit itu mas?

2. Fitready - 22 Februari 2014

ditunggu ripiunya, cobain di cibiernya, kan samaan xixixi…

MazPed - 22 Februari 2014

Yup… moga besok gak hujan…
Tadi pagi hujan deras banjir parah bro….
Sayang mau ngluarin CBR

Fitready - 22 Februari 2014

yoi, emane maz

3. Mase - 22 Februari 2014

anyar maneh

MazPed - 22 Februari 2014

Anyar… padahal wis sue, akune wae sik telat.. :mrgreen:

4. Kobayogas - 22 Februari 2014
MazPed - 22 Februari 2014

Sip… ke TKP om kobay… siapin gorengan yak :mrgreen:

5. s0erya - 22 Februari 2014

harga?

MazPed - 22 Februari 2014

Sama saja… kisaran 100ribuan/batang.

#padhak’kan udud wae :mrgreen:

6. galau - 22 Februari 2014

regone piro?

MazPed - 22 Februari 2014

Satus ewuan per batang..

Di emut membunuhmu kang..

<( ˘з˘)y━・~~

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

7. ipanase - 23 Februari 2014

gassss wae, iridium josssss

8. cahyadip - 23 Februari 2014

Tolong ripiu jugabusi cbr250 donk bro yg NGK SIMR8A9

9. Ody - 23 Februari 2014

mas klo bwt ymh Xeon busi denso iridiumnya typenya apa yah???

10. rusman - 24 Februari 2014

nunggu reviewnya dulu

11. ♣♠™ MB@H D@RMO ™ ♠♣ - 24 Februari 2014

Mas kita koq mirip ya?

MazPed - 24 Februari 2014

… ??????? …

12. alif maulana ihsan - 28 Februari 2014

kalo buat motor new honda blade 110 cc make busi iridium tipe apa?

13. Aditya Dwi Raharja - 14 Maret 2014

om kalo buat cb150r bagus pake yg iridium a apa yg tanpa a?

14. Anonim - 31 Mei 2014

dimana saya bisa mendapatkan busi iridium type A untuk motor vario 125? apakah bisa pesan?

15. Anonim - 23 Agustus 2014

bagus yang mana iu27 atau iu27a,gan?

16. boy_patria - 27 September 2014

Pake busu iridium klo motornya pada koil,magnet,cdi atw ecu standar rugi ,
Review gue
Enak putaran bawah,gas spontan memang oke,
Tp putaran atas mlempem,buat harian atw jarak jauh bentotin gas wae
Malah boros Bbm

17. hilman - 18 Oktober 2014

broo ane coba cari nih busi belum nemu2.. Ada rekomendasi diatributornya bro?

MazPed - 18 Oktober 2014

Stok ane masih ada 2 pcs

18. ari - 3 Desember 2014

Om masped bedanya busi ngx iridium sma iridum laser apa ya..?

19. ari - 3 Desember 2014

Om masped bedanya busi ngk iridium sama iridium laser apa ya.?

20. abhisetta - 24 Januari 2015

Secara fisik beda IU27 sama IU27A terletak pada model electrodenya… tetapi menilik dari spesifikasinya ada perbedaan pada tinggi center tip (jarum iridium) dan tinggi ground electrodenya, SPARK ELECTRODE HEIGHT IU27A = 2.9mm dan buat IU27 = 2.6mm, sedangkan SPARK POSITION IU27A = 1mm dan IU27 = 0.7mm. Kedua busi memiliki Gap (0.9mm) dan resistance (5) yang sama.
Jadi busi IU27A secara fisik sedikit lebih panjang dari busi IU27, dimana lentikan api dari IU27A pada kubah kepala silinder lebih dekat daripada busi IU27 … cuman resiko kepala busi lebih panjang bisa menyebabkan mentok dengan kepala piston saat TMA dan bisa beradu dengan payung klep


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s