jump to navigation

Experimen Pasang Capasitor Bank di NVL 23 Februari 2014

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan, Review.
Tags: , ,
trackback

Dah pada tau donk kalo NVL mengalami aki tekor.. di selah berapa kalipun mesin gak akan mau nyala.
Berbeda dengan old Vixion yang masih bisa diselah tanpa accu karena telah di bekali Capasitor Bank dengan kode part 3C1-H1965-00, entah kenapa pada NVL ini justru di hilangkan…

Padahal akibatnya fatal lho….
Bayangin aja kalo aki tekor dan mogok di jalan sepi atau tempat yang jauh dari tanda-tanda kehidupan…
Iso ngowoh pean di godani demit. :mrgreen:

image

Okey…. langsung aja bengkel dibuka…
Regedeg…… ada NVL sowan silaturahmi guna pasang pengaman sentuh…
Kebetulan sekali bongkar NVL sekalian ijin experimen pasang Capasitor Bank di NVL…

image

Capasitor yang ane pake berukuran 15.000uF bro…
Cara pasang tinggal di paralel saja dengan accu.

image

Sebagai simulasi kalo accu koit, maka accu gak disambung kutub (+) nya.
Jadi kabel (+) accu langsung di hubungkan ke Capasitor.

Kontak di ON kan… lalu di selah…..

1 x …. aja gelem…
2 x …. ora gelem…
3 x …. ora gelem maning….

Minum aer dulu….

Nyoba nyelah lagi…….

Tapi tetep gak mau nyalah….

Intinya Gagal masbro…..

Yah namanya juga experimen, cuma iseng coba-coba.

Ada beberapa kemungkinan kenapa meski sudah di pasang Capasitor NVL di selah tetep gak mau nyalah…
1. Ukuran Capasitor kurang gedhe
2. Jalur pemasangan Capasitor Bank yang benar tidak seperti cara diatas, mungkin arus simpanan dari Cap Bank hanya di arahkan ke perangkat yang bersangkutan dengan injeksi saja, sedang cara di atas arus simpanan Cap Bank akan lari kemana-mana.
3. Capasitor Bank ori pabrikan bisa saja tak hanya berisi Capasitor saja, bisa jadi ada rangkaian tertentu sebagai penunjang fungsi Capasitor sebagai penyuply tegangan ke perangkat injeksi.
4. Montirnya bego, sok tau aja dan kurang kerjaan :mrgreen:

Ane belum menyerah masbro… Semakin penasaran ama kasus ini.
Siap-siap berburu Capasitor Bank Old Vixi dan CB150R buat experimen lagi…

Hm…. ada yang mau jadi korban percobaan ane….???

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 23 Februari 2014

latihan ngengkol po :v

MazPed - 23 Februari 2014

wis taunan ra tau ngengkol…

Lagi sadar :mrgreen:

Dian - 24 Februari 2014

wkwkwkwkwk

2. Fitready - 23 Februari 2014

belum ada yang komentar

3. mandirajati - 23 Februari 2014

memantau

MazPed - 23 Februari 2014

Melu nyimak…

4. sijidewe - 23 Februari 2014

jos tenan suara engine pas di selah..
aja gelem
ora gelem
ora gelem maning :mrgreen:

aki-ku soak kang 😦

MazPed - 23 Februari 2014

Subtitusinya pake accu Vario 125

sijidewe - 23 Februari 2014

iya.. ki mau arep tuku warunge tutup ra keliangan nek minggu..

MazPed - 23 Februari 2014

Sekenan wae 150ewuan we, mbuh nak anyar

sijidewe - 24 Februari 2014

Uwes kang yuasa kena 230rb ki mau

5. Fitready - 23 Februari 2014

ada banyak,,, tapi mosok kelinci percobaan yang menghampiri aljagal nya 😛

MazPed - 23 Februari 2014

Lah mosok NVL uwong nang parkiran tak acak’acak 😆

Fitready - 23 Februari 2014

bruakakakak…

6. arifcb - 23 Februari 2014

kl boleh tau alamat bngkel nya dmna kang

MazPed - 23 Februari 2014

Bengkel kaget mas…
Bukaknya cuman kalo ada pasien plus agak maksa..

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

7. Followers - 23 Februari 2014

Vario125 ku pernah soak akinya, ditambah bensin kering alias kehabisan bensin, tapi pas di isi bensin langsung nyala lagi, apakah ada kapasitornya?

MazPed - 23 Februari 2014

Ada…
Di Honda rata-rata sudah dibekali Cap Bank, kcuali CBR series.

Lha ndak ada engkole, jadi buat apa pake Cap Bank :mrgreen:

♣♠™ MB@H D@RMO ™ ♠♣ - 24 Februari 2014

Didorong kale

sabda alam - 20 Oktober 2014

Klo di supra x 125 helm in pgm fi udah ada Capasitor Bank blom kang…. klo blom ada, bisa ga ditambahin Capasitor Bank….. thx kang…

8. Papa Afnhy - 23 Februari 2014

Motornya lagi iseng…. ngerjain montirnya sendiri wkwkwkwk

9. han - 23 Februari 2014

pulsar q pake caps.bank berhasil berhasil berhasil 😀

MazPed - 23 Februari 2014

Pulsar injeksi…????

han - 23 Februari 2014

bisa jadi bisa jadi

Kobayogas - 23 Februari 2014

seri build up?

10. Kobayogas - 23 Februari 2014
11. Karis - 23 Februari 2014

Downgrde

12. rezaholic - 23 Februari 2014

nek di dorong pripun mas? mau idup ngga? :mrgreen:

Test akselerasi honda verza 0 – 60 Km/h 😀
http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/23/test-akselerasi-honda-verza-2013/

sekedarshare - 24 Februari 2014

sy test capasitor bank di mio j gak berfungsi kalau tanpa aki, jadi perasaan ECM ama pompa Injeksi yamaha yg baru kok perlu tegangan besar ya? untuk NVL kalau ada yg mau coba pasang capasitor bank tanpa aki trus dorong mau hidup gak belum ada kelinci percobaan.

MazPed - 24 Februari 2014

Injeksi Yamaha proses Bootingnya lama.
Bunyi nging… fuelpump ketika kontak on… ane nyebutnya booting.
Beda ama Honda yg cuma sebentar.

13. Mas Odi - 23 Februari 2014

Kalo dilogikan bisa sih. Mungkin akinya sudah habis banget. Gak bisa kasih energi yang cukup buat di simpan kapasitor. Tau ah, cara kerja kapasitor sebenarnya itu gimana sih 😀

14. s0erya - 24 Februari 2014

ganti kelistrikan pake old vixion 😀

15. rusman - 24 Februari 2014

mungkin aki juga harus dipasang meski sudah tekor, sebagai temporary

16. Maskur - 24 Februari 2014

nunggu update trial-e

17. orong-orong - 24 Februari 2014

wah keren iki

18. dentria - 24 Februari 2014

coba kasih yang 1farad…audio mobil aja ajeb ajeb kalau di pake’i ntu.

19. cisad - 24 Februari 2014

tdk bisa langsung seperti itu,hrs kondisi normal dulu,biar capasitor terisi .

20. hulssay - 24 Februari 2014
21. ᅧᅧᅧᅧᅧtorresᅧᅧᅧᅧᅧ - 24 Februari 2014

Om kentoet boreup udah nyobain bro… Nyobanya pakai aki soak… Jadi tetep pake aki… 😀

MazPed - 24 Februari 2014

Hasilnya….???

Btw.. kiprox NVL konon beda dgn kiprox old vixi, yang mengelola pengisian aki.
Menurut teknisinya kalo mau berhasil kudu ganti kiprox dulu.

Cmiiw

pritikiew - 1 Maret 2014

aki harus tetep nyambung mas bro. Karna menurut blog om kenthoet,kiprok ga mau ngeluarin listrik jika tidak ada aki.
Om kenthoet jg udah buktiin. nvl berhasil hidup dengan aki soak plus capasitor bank. Namun ketika aki dilepas, motor diengkol berkali kali jg ga mau hidup.

Jadi kesimpulannya,cuma masalah di aki. Harus nyambung. Besok lagi nyobanya pake aki tekor aja bro.

22. Gondes - 24 Februari 2014

Mas aku punya yang 250.000uf/15v guede dipakai dibeat udah 5th accu ga ganti awet banget,temen udah pada ganti 2x

MazPed - 24 Februari 2014

Sippp… guedhe’ne sepiro kui..?

23. ᅧᅧᅧᅧᅧtorresᅧᅧᅧᅧᅧ - 24 Februari 2014
24. kura kura - 25 Februari 2014

kalo misale motor lg jalan tiba2 fuse putus gmn kang?

MazPed - 25 Februari 2014

Ganti aja fuse pake cadangan’nya.

25. kura kura - 25 Februari 2014

maksudnya kalo tiba2 fuse putus apa motor bisa mendadak mati kang 😀

MazPed - 25 Februari 2014

Betul

26. Pasang dan review kapasitorbank (elco) di new vixion lightning | Jurigkamera - 28 Februari 2014

[…] yang jadi referensi: # capasitor bank megison | pertamax7 Review: lampu dan sein gak ngedip . # capasitor bank nvl | mazped.com Review: pake elco 15000mf aki soak ragelem di selah # cappasitor bank oldvixion di nvl | […]

27. tedee - 6 Maret 2014

Salam kenal bro, kulo cah Kutoarjo.
Masukan aja: klo ditambah penyearah (dioda) mngkn ada efeknya bro. Tp aq jg blm pernah coba dink…….
Melu nyimak ae…

MazPed - 6 Maret 2014

Ya kalo pake dioda kan arus jadi searah saja.
Sedang capasitor kan pertama buat ngisi (masuk) lalu buat nyuply (keluar)
Lah tambah dioda ya terus pie.. :mrgreen:

28. tekno - 17 April 2014

Rame banget.. pada ngapain yak?

29. dicky - 27 April 2014

usul
bukan sok!!
mungkin……
mungkin Ni yaaa….!!
mungkin tu Capasitornya belum keisi Sama arus listrik!!
jd coba sambungin dulu aki nya!!
bila perlu bangunin bentar tu “shincan” bila perlu geber dikit .Heeeeeeeee!!!
baru copot tu aki aki!!!
monggo dicoba!!
semoga berhasil!!

MazPed - 27 April 2014

Bukan mas…
Masalah ada pada kiprok NVL yg akan meng-short arus ke massa jika tanpa aki.
Jadi disitu masalahnya.

*kata suhu Ovi

red nevil - 10 Juni 2014

mas bro numpang nanya., NVL gw udah gw fullwave pake kiprok TIG*R., tapi kok lampu spido nyalanya tetep nunggu mesin nyala yah,ga mau jreeng pak kontak di ON., la itu ngambil arusnya dari mana??

MazPed - 10 Juni 2014

Ya memang lampu backlight spido nyala tergantung rpm mas..

30. dicky - 27 April 2014

jd dalm kiprox nvl d semacam “relay” gtu pO mas??
kelebihan ato kekurangan ya mas??

atau mungkin bisa jg cap g mencukupi saat kompresi awal mesin (saat kontak on) n tenaga habis cuma buat bilang “Hi Broooo”

senang bisa konsultasi dg mazped!!

31. Anonim - 3 Juni 2014

Cas dl capbanknya kali gan..

32. white verza - 11 Juni 2014

untung verza sy dah disimulasi; aki dicopot, tendang 3x kickstarter mesin langsung nyala.
Tp headlamp nyalanya kedip2 ngikut gas ky motor bebek

btw.. puaslah, buat jaga2 waktu aki tekor.
Cap Bank buat NVL tetap dtunggu updatenya mas.. salam..

33. timbul - 7 Juli 2014

wng ngd bro?

kys - 12 Juli 2014

ya ampunnnnnnnnnn

Desy - 12 Juli 2014

mantapppppppppp

34. arrie - 3 Desember 2014

Setau ane capasitor bank harus di cas dulu bro. Soalnya awalnya kosong. Kalo langsung di konek ke aki malah jdi makan listrik yg ada di aki. Jdi sebaiknya di cas terlebih dahulu. CMIIW

MazPed - 4 Desember 2014

Caoasitornya akan terisi pas kick starter di tendang mas.
Gak ada gunanya meng’charge kapasitor karna penyimpanannya hanya bersifat sementara.

35. Anonim - 2 Januari 2015

d kc capasitor10000 mikro ‘d slah nyala kok

36. Anonim - 23 Januari 2015

Mas bisa minta nmr hpnya

MazPed - 23 Januari 2015

Buat apa mas 😀

37. Anonim - 23 Januari 2015

Buat sering tentang motor injeksi

38. Anonim - 23 Januari 2015

Siapa tau cocok


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s