jump to navigation

Mengenal Air Filter “FERROX” 8 Maret 2014

Posted by MazPed in Modif, Review.
trackback

image

Filter udara sepeda motor jaman sekarang kebanyakan cuman 1 x pake gan.
Artinya jika filter udah kotor, tidak di ijinkan untuk di bersihkan namun harus ganti baru…

Ya kalo di AHASS selalu ready sih gak masalah…. tapi kalo tiba saatnya filter minta ganti dan di AHASS stok kosong gimana..?? Tau dong penyakit AHASS dlm penyediaan sparepart itu gimana… :mrgreen:

image

Akhirnya ane mencoba mencari filter yg gak ngrepotin… Dalam artian filter yang cara perawatannya seperti motor jaman dulu, kalo kotor tinggal di bersihkan aja.
Atas saran dari beberapa temen..akhirnya ketemu juga filter udara bertehnology canggih yaitu “FERROX”

image

Harga lumayan gan 325 ribuan buat Vario 125 dan PCX150.
CB dan CBR150 kisaran 350 ribuan.

Mahal yak :mrgreen:
Tapi kalo beli 1 x buat selamanya mah gak papa… ya tho…..?

Nah… sebenernya apa sih air filter Ferrox itu…??
Dan apa aja kelebihannya…

Ni langsung ane copas aja dari situsnya.

image

Apakah Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Itu?

Ferrox Air Filter adalah alat penyaring udara (Air Filter) yang digunakan pada kendaraan bermotor. Fungsinya sama seperti paru-paru manusia yaitu, menyaring udara kotor dari luar sebelum meneruskannya ke dalam ruang pembakaran (Combustion Chamber).

*Apakah Bedanya Ferrox™ Stainless Steel Air

Filter Dengan Produk Sejenis?
Jika hanya dilihat dari sisi fungsinya sebagai alat penyaring udara, Ferrox Air Filter tidak berbeda dengan produk standar bawaan dari kendaraan tersebut maupun produk sejenis lainnya.

*Perbedaan Apa Yang Paling Mendasar Antara Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Dan Produk Lainnya?

Pada umumnya, alat penyaring udara yang beredar di pasaran itu dibuat dari bahan kertas, kapas, ataupun busa. Alasan utama digunakannya bahan-bahan tersebut karena rendahnya biaya produksi serta mudah diproduksi secara massal. Sedangkan Ferrox Air Filter menggunakan bahan dasar baja tahan karat (Stainless Steel 304), yang biasanya dipakai untuk bahan baku industri, pipa penyulingan anggur, pabrik pembuat alat masak, dan lain sebagainya.

*Mengapa Ferrox™ Stainless Steel Air Filter

Memilih Menggunakan Bahan Lain?
Bahan-bahan dari kertas, kapas, maupun busa telah lama digunakan sebagai lapisan penyaring udara selama ini. Semua bahan tersebut dibatasi oleh usia pakainya sehingga pemilik kendaraan bermotor, diharuskan untuk memeriksa dan mengganti alat penyaring udaranya secara berkala. Sejalan dengan usia pemakaian, tumpukan debu akan terus bertambah tebal di permukaan lapisan penyaring udara sehingga jumlah udara bersih yang dipasok ke dalam ruang pembakaran, semakin terbatas.
Temuan teknologi terkini di Jepang di bidang pembuatan lembaran baja tahan karat hingga mencapai kehalusan 45 micron adalah cikal bakal lahirnya Ferrox Air Filter. Selain mudah sekali dibersihkan sehingga pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi mengganti alat penyaring udaranya, penggunaan bahan baja tahan karat (Stainless Steel) juga
memaksimalkan pasokan udara bersih ke dalam ruang pembakaran (Maximum Air Flow) tanpa mengubah fungsinya sebagai alat penyaring udara kotor dari luar.

*Mengapa Pasokan Udara Yang Memadai Diperlukan?

Untuk bisa memungkinkan kendaraan bermotor berfungsi secara maksimal, mesin membutuhkan bahan bakar, percikan api, serta pasokan oksigen yang memadai. Ketiga komponen ini bercampur di dalam ruang pembakaran sehingga terjadi ledakan yang menekan kepala piston.
Kurangnya pasokan oksigen, menyebabkan sebagian dari bahan bakar tidak terbakar. Inilah salah satu penyebab tidak efisiennya konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor. Kinerja mesin juga akan langsung terpengaruhi oleh ketidaksempurnaan proses pembakaran.
Untuk mengatasi kurangnya pasokan oksigen pada kecepatan tinggi, secara otomatis, semakin banyak bahan bakar yang diperlukan untuk menghasilkan tenaga kuda yang setara atau memadai. Akibatnya, konsumsi bahan bakar akan meningkat pesat dengan sendirinya.

*Apakah Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Adalah Alat Penghemat BBM?

Tingkat konsumsi BBM pada kendaraan bermotor
ditentukan oleh banyak faktor, di antaranya:
kebiasaan si pengendara bermotor, keadaan lalu lintas, serta jalan yang dilalui. Ferrox Air Filter bukanlah alat penghemat BBM. Yang diperbaiki oleh Ferrox Air Filter adalah besarnya pasokan oksigen menuju ruang pembakaran.
Dengan pasokan oksigen yang memadai, proses terbakarnya BBM di ruang pembakaran menjadi lebih sempurna. Hampir dapat dipastikan tidak adanya BBM yang terbuang sia-sia tanpa diubah menjadi tenaga pendorong kepala piston. Mesin menjadi lebih bersih oleh karenanya.

*Apakah Penggunaan Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Menyebabkan Borosnya Konsumsi BBM?

Selain sebagai alat penyaring udara kotor, Ferrox Air Filter memasok jauh lebih banyak oksigen ke dalam ruang pembakaran sehingga meningkatkan kinerja dan efisiensi mesin kendaraan bermotor. Pada akselarasi tinggi, BBM yang disemprotkan ke dalam ruang pembakaran memang akan lebih banyak. Dengan pasokan udara yang memadai, BBM akan langsung terkonversi menjadi tenaga sehingga jarak yang ditempuh juga akan bertambah panjang.
Bayangkan seorang pelari marathon yang diharuskan mengenakan masker anti virus flu burung. Betapa sulitnya menempuh jarak panjang dan terus menerus sedangkan pasokan oksigen terbatas. Akibatnya, si pelari marathon akan kekurangan tenaga dan kehabisan napas sebelum mencapai garis finish.
Penggunaan Ferrox Air Filter akan membuat kinerja mesin kendaraan bermotor semakin maksimal. Ini adalah hal yang tidak dapat diperoleh dari produk alat penyaring udara lainnya.

*Apakah Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Tahan Karat?

Material yang digunakan oleh Ferrox Air Filter adalah stainless steel 304 yang mana, campuran kromiumnya mencapai 18% dan nikel mencapai 8%. Ini adalah salah satu campuran terbaik untuk mengatasi karat pada logam. Saat ini, stainless steel 304 banyak dipakai di dalam industri yang berhubungan dengan asam dan juga industri pembuatan alat masak. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa Ferrox Air Filter adalah produk yang tahan karat dalam penggunaan yang normal.

*Apakah Bahan Karet Pada Ferrox™ Stainless
Steel Air Filter Juga Awet?

Untuk membingkai anyaman stainless steel 304,
Ferrox Air Filter menggunakan bahan karet alam yang tidak dicampur dengan banyak bahan kimia selain tepung pada saat pencetakannya. Yang perlu diperhatikan adalah, segala macam bahan karet tidak tahan terhadap oli, minyak, gemuk. Demikian pula dengan karet alam pada Ferrox Air Filter. Sedapat mungkin, hindari permukaan karet dari bahan-bahan tersebut.

*Apakah Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Bergaransi?

Ferrox Air Filter memberikan garansi selama 6 bulan untuk klaim atas cacatnya produksi dan dalam penggunaan normal. Harap memperhatikan kondisi fisik Ferrox Air Filter pada saat membuka kemasan dan pastikan bahwa produk dalam keadaan baik. Kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pemakai, tidak tercakup dalam garansi produk. Klaim dapat diajukan dengan menyertakan invoice dan tanggal pembelian yang jelas.

*Berapakah Usia Pemakaian Ferrox™ Stainless
Steel Air Filter?

Pemakaian bahan baja tahan karat berkualitas tinggi serta bahan karet alam yang kuat, Ferrox Air Filter dipercaya akan bertahan lebih lama daripada usia kendaraan bermotor itu sendiri.
Dengan perawatan yang minimal dan mudah, Ferrox Air Filter akan selalu tampil seperti baru. Harap tidak membuang ataupun mengganti Ferrox Air Filter karena usianya akan sangat panjang.

*Bagaimanakah Cara Perawatan Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Yang Dianjurkan?

Untuk pemakaian normal, pengemudi disarankan untuk memeriksa keadaan Ferrox Air Filter setiap 10.000 km hanya untuk memastikan apakah sudah tiba waktunya untuk dibersihkan.
Cara membersihkannyapun cukup mudah:
Celupkan Ferrox Air Filter ke dalam air bersih dan digerak-gerakan di dalam air untuk melepaskan debu yang melekat. Seandainya diperlukan, silakan tambahan sedikit detergent atau shampoo untuk mempercepat proses lepasnya debu dari lapisan stainless steel. Boleh juga gunakan sikat halus hanya saat terdapat noda membandel. Hindari pemakaian sikat kawat ataupun bahan kimia lainnya yang bersifat merusak permukaan stainless steel maupun karet alam. Jauhkan oli, minyak, ataupun gemuk
dari permukaan karet alam.
Keringkan Ferrox Air Filter dengan cara diangin-anginkan, atau dibantu dengan alat pengering rambut (Hair Dryer). Penggunaan kompresor juga diperbolehkan asal dengan tekanan air yang sewajarnya (tidak terlalu keras).
Langkah akhir adalah meletakkan kembali pada tempatnya dan Ferrox Air Filter akan tampil seperti baru lagi.

*Apakah Masih Ada Lagi Manfaat Lain Pemakaian Ferrox™ Stainless Steel Air Filter?

Efek langsung dari sempurnanya pembakaran BBM adalah naiknya tenaga kuda secara instant, halusnya perpindahan transmisi, halusnya suara mesin kendaraan bermotor, serta bersihnya sistem pembuangan sisa pembakaran. Tenaga akan terisi di setiap transmisi sehingga tanpa harus menekan pedal akselarasi dalam – dalam, kecepatan yang dikehendaki telah tercapai dengan sendirinya. Semua ini telah dibuktikan dengan hasil Dyno Test super ketat yang telah dilakukan atas Ferrox Air Filter.
Berkendara dalam jarak dekat maupun jauh menjadi lebih menyenangkan dengan adanya Ferrox Air Filter.

*Apakah Ada Efek Samping Penggunaan Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Pada Kendaraan Bermotor?

Ferrox Air Filter hanya memaksimalkan pasokan oksigen yang diperlukan di dalam ruang pembakaran tanpa mengubah fungsinya sebagai penyaring udara. Tidak ada bagian dari kendaraan bermotor yang perlu diubah atau dimodifikasi sehingga bisa dipastikan tidak akan ada efek samping terhadap kendaraan bermotor.

*Apakah Ferrox™ Stainless Steel Air Filter Tersedia Untuk Semua Jenis Kendaraan Bermotor?
Untuk saat ini, Ferrox Air Filter tersedia untuk beberapa kendaraan berikut ini:

Roda dua: Yamaha Vixion (Honda Tiger, Kawasaki Ninja 250, Honda CBR, Yamaha Mio akan menyusul di tahun 2012).

Roda empat: Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Yaris, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Nissan Grand Livina, Nissan March, Mitsubishi Pajero Sport, Honda Jazz, Honda CRV 2000cc dan 2400cc

CARA MEMBERSIHKAN FILTER UDARA FERROX
(juga tertera di belakang kemasan)

image

1. Periksalah keadaan fisik Ferrox Air Filter setiap 10.000 km untuk memastikan apakah sudah perlu dibersihkan atau belum Pemakaian di lingkungan dengan tingkat polusi tinggi seperti daerah industri, periksalah kebersihan Ferrox Air Filter bersamaan dengan waktu penggantian oli.
2. Jika diperlukan, celupkan Ferrox Air Filter ke dalam air bersih dan gerak2an agar kotoran terlepas dari lapisan stainless steel.
3. Deterjen ataupun shampoo hanya ditambahkan jika terdapat noda yang membandel.
4. Gunakan sikat gigi yang halus (hindari sikat kawat atau sikat lainnya yang kasar) jika memang diperlukan saja.
5. Keringkan dengan diangin2kan, atau gunakan alat pengering rambut. Kompresor dengan tekanan angin yang rendah juga boleh dipakai.
6. Hindari terkenanya bingkai Ferrox Air Filter dari bahan karet alami itu dari gemuk, minyak, ataupun oli.
7. Pasangkan Ferrox Air Filter kembali pada tempatnya dan nikmati kenyamanan berkendaraan anda dengan Ferrox Air Filter.
8. Ulangi semua langkah di atas setiap kali anda merasa Ferrox Air Filter telah tiba saatnya untuk dibersihkan kembali.
————————–

Ane baru pasang semingguan dan memang terasa lebih nyaman.
Tapi karna blm lama pake jadi blm bisa kasih testi lebih jauh.

Ada yang udah pake….???

Review’nya donk…..

Iklan

Komentar»

1. mbah tedjo - 8 Maret 2014

pengen,tapi larang bro

2. orong-orong - 8 Maret 2014

bisa dipakai seumur hidup, hmmmm

3. rahmanmaspeke - 8 Maret 2014

Nice info Mas Bro,. Wah tambah mantap nih tunggangannya, upgrade iss, manipol dan injector, selang air intake, air filter ferrox. Jozzzz dah.. 😀

MazPed - 8 Maret 2014

Iya Daftar utang ane makin panjang aja nih :mrgreen:

4. rahmanmaspeke - 8 Maret 2014

Haha.. Salut Mas Bro. Makasih, artikelnya sangat bermanfaat dan informatif, ane jd ga ragu lagi sm air filter ferrox ini dan pastinya masuk dalam cek list daftar racoen2 tunggangan ane.. Haha..

5. sawal cool - 8 Maret 2014

wah boleh di coba nih,,, mazped buka lapak nggak (filter udara v125)??

MazPed - 8 Maret 2014

Ada… tp gak nyetok banyak

sawal cool - 8 Maret 2014

harganya brp Gan?

MazPed - 8 Maret 2014

Itu di artikel dah ada harganya.

endruw - 8 Maret 2014

mazped di jogja ap ibukota?

MazPed - 8 Maret 2014

Di Tangerang

endruw - 8 Maret 2014

Kalo di jogja mau ane samperin nih

6. monkeymotoblog - 8 Maret 2014

Lobangnya gede yah mas 45 mikron, kalo ori biasanya 10 mikron. Debu masuk gak ya?
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/07/lebih-dekat-dengan-gsx750p-motor-patwal-polisi-militer-the-big-thunder/

MazPed - 8 Maret 2014

Nah… nanti bikin trik seberapa banyak debu yg lolos dgn melapisi dinding box filter pake double tape.

faqih313 - 16 September 2014

lanjutkan Mas…bikin artikel ttg ini (modif ferrox pake dbl tape)

7. Yoshi - 8 Maret 2014

sip, bisa jadi alternatif

8. jofrin - 8 Maret 2014

Pakenya di byson dulu…emang ajib bikin tarikan enteng bgt….sapa yg mau filter ferrox bekas nich…cuma 250rb heheheh

MazPed - 8 Maret 2014

Nah…. tuh ada yg jual murah :mrgreen:

jofrin - 10 Maret 2014

barang second kang…dudu anyar…tapi tetep koyo anyar 🙂

9. Kobayogas - 8 Maret 2014
10. sawal cool - 8 Maret 2014

pesan satu ya maz? Takut keabisan…Tinggal nunggu reviewnya ”debunya bisa masuk apa aman di pake”. Mksh maz,,,

11. oyil - 8 Maret 2014

Harga tak pernah bohong, nunggu wayahe sing asli ganti, baru 2 bln varione mas bro

12. Nopapipepo - 8 Maret 2014

udah Mazped, tak pasang di CB150R , Mesin jadi ringan, narik gas jadi enak sekali , top speed sepertinya tetep aja, tapi ke 100 km/jam cepat nyampenya , power mesin terasa sekali , apalagi waktu narik gas, bensin sedikit lebih irit , recomended produk

13. sandal_jepit - 8 Maret 2014

waaah. . .wawancarane dawa nmen mz?intine,ferrox luwih apik. . Iya toh?

14. rezaholic - 8 Maret 2014

mahal ya.. 325..

Jika R15 dijual 25 jutaan, siapa yang bakal nyungsep? :mrgreen:
http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/08/jika-yamaha-r15-seharga-25-juta-siapa-yang-bakal-meradang/

15. nbsusanto - 8 Maret 2014

10 x lipat filter udara biasa..umur motorku 100ewu km sakelingku lagi ganti 1x, utawa paling nek pas digantikne max 2x. berarti rasido. duite kacek akeh. 😆

MazPed - 8 Maret 2014

Rego filter standar beda2 lik..
CBR 125ewu.
CB 80 ewu.
Vario 42 ewu.
Kui nang buku panduan ganti tiap 8000km tergantung kondisi..
Filter type basah, skali kotor gak iso diresik’i.
Nak supra murah.. lan ijek type kertas kering, masih bisa dibersihin.
lagian versi Ferrox’e gak ono. 😆

nbsusanto - 9 Maret 2014

nah kuwi lek mulakno..supra kan cen filter di bawah 50 ewu regane..bedo ro liyo-liyone.. 😆
nek nggo cs1 kae tipene opo lek? seprono seprene dinggo adiku je.. ming nggo jogo-jogo ae nek adiku ra tek nggatekne.. :mrgreen:

16. pandahitam - 10 Maret 2014

mbe koso adem ndi mas airflow ne…???
jare kok nax ferrox lebih adem je..

pandahitam.wordpress.com/2014/02/24/tutorial-camera-fv-5-slow-shutter-android/.

MazPed - 10 Maret 2014

Blm pernah nyoba Koso

17. rusman - 10 Maret 2014

pengen tapi mahal

MazPed - 10 Maret 2014

Buat Verzah blm ada :mrgreen:

18. andhi_125 - 10 Maret 2014

dah nyoba, di cibi
kerasa, tarikan enteng, maklumlah, kan lebih blong udaranya 😆
jangka panjang, kayaknya harus sering cek injektor nih

MazPed - 10 Maret 2014

Kenapa injektor…..???
Udara dan injektor jalurnya beda , jadi gak ngaruh ke injektor masbro…

19. ir1 - 11 Maret 2014

Ono stock ngo NVL ura kang..???

MazPed - 11 Maret 2014

Ada…

20. WOKO - 12 Maret 2014

nge tiger pinten mazped?

suwun.

21. cahyadip - 14 Maret 2014

Saya sudah pake di pcx150, bodi filternya sepertinya belum sesuai dgn filter bawaan (ada ngeganjel)
Kesan pemakaiannya di tarikan awal seperti agak berat (mungkin debit udara masuk lebih blas)…. Feelnya beda sekali..

Mampir di blog aku masbro
http://cahyadip.wordpress.com

22. cahyadip - 14 Maret 2014

Juga dipasang di kawasaki z250, nafasnya lebih mantebbb

23. ajar - 14 Maret 2014

Ane pasang om di tiger2000 waktu itu msh blm yg bnyk tau ferrox,enteng tarikannya klo bbm trgantung yg bawa.

MazPed - 14 Maret 2014

Setubuh gan…..
Ane pasang di Vario 125 BBM gak kerasa boros.

24. willy - 16 Maret 2014

ngomong2 pasang trik biar debu gak banyak masuk gimana om heru? pasang double tape nya piye bro?
mau beli tapi ragu nih, takut debu nya lolos masuk ke ruang bakar..
thanks,,

25. vario125 - 18 Maret 2014

ntar ditunggu update gambar TB nya ya bro hhehehhehe

26. danisubject - 4 Mei 2014

buat new megapro ga ada e 😐 ferrox kejammm

27. rahadian reza r - 21 Juli 2014

Harga 350rb seumur hidup, sedangkan motor usianya 50rb km/5tahun. Ane dulu pake supra x125., terawat ahass 7taun ganti. Sekarang pake viss 125,, filter udara harganya 45rb per 16rb.km. Atau dengan 350rb bisa ganti 7x filter asli honda=112rb.km. Udah keburu ganti motor. Kalo pake asli honda 5taun cuma 4x ganti=180rb. Hemat. Pake ferrox 10rb bongkar. Sama aja. Kemahalan kesimpulannya

MazPed - 21 Juli 2014

Ya pendapat orang kan beda-beda.

Lalu apakah yakin kalo mau ganti pasti READY di AHASS.

MazPed - 21 Juli 2014

Trus apakah anda juga yakin harga filter gak akan naik…
Ane cuma review aja, masalah tertarik atau tidak itu urusan pribadi masing2.

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

achmad - 5 Agustus 2014

hitungnya gini bro… pemakaian ferrox kan claimnya bisa lbh irit BBM… nah hitung brp rupiah bisa dihemat jadinya dgn pemakaian ferrox… klo gw yg udh pake Ferrox di mobil gw, scr rupiah jauh lbh menguntungkan pake Ferrox krn BBM bisa lbh irit 20% … trus Ferrox kan bisa dijual ke pemilik motor yg sama… jd gak ada ruginya.. malah untung bro…

28. achmad - 5 Agustus 2014

selain itu power mobil jg lbh bagus…

rahadian reza r - 15 Agustus 2014

@mazped. Bukannya nyalahin review. Tapi minta supaya ferroxnya turun harga. Hehehe. Karena umur motor 10tahun untuk penggantian filter udara AHM, seharga dengan ferrox ini. Sedangkan @achmad. Bener. Setuju. Tapi namanya motor punya.usia pakai bentar lagi.viss juga udah ketinggalan zaman kaya supra x/fit old. @mazped indent ga masalah AHM. Ane cari.filter udara emang susah tapi sekalian trayek jalan kampus. Ya dapet sepanjang jalan ada 5ahm. No problem. Masalah.irit riding style aja. Tenaga motor? Ane full ori viss idling. Di adu ama vixion juga ga ada apa2nya gimana rider. Thanks. Riviewnya bagus mazped.

rahadian reza r - 15 Agustus 2014

Oh ia. Mau nanya. Kalo filter udara tipe kertas atau apalah namanya asli ahm kan kalo dibuka sisi lainnya sumpah bersih banget artinya filter udara bekerja dengan baik walau sisi satunya udah kaya berlumpur hitam. Tapi ngga ada bekas basah atau lembab sedikitpun. Artinya uap air bisa diatasi karena terserap bahan filter. Nah gimana dengan ferrox? Partikel air tembus ga? Kallo masuk mesin? Tecampur bensin?

MazPed - 15 Agustus 2014

Semoga di denger ama presiden direkturnya Ferrox 😀

rahadian reza r - 15 Agustus 2014

Mazped. Udah ada riview alarm suzuki satria fu ga? Apa emamg belum? Pengen pasang taapi bisa ga ya di viss. Ga ada yg sebagus itu fiturnya. Thanks.mazped


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s