jump to navigation

Bikin Indiglow Spido Fino Fi 30 Maret 2014

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
Tags: ,
trackback

image

Spido Fino injeksi ternyata lebih menarik ketimbang versi karbu’nya.
Jika di amati… jarum penunjuk sudah menggunakan jenis mika seperti yang di pake pada spido digital.

Jarum model mika ini akan terlihat cantik jika malam hari ( kondisi gelap ) karena jarum seperti menyala, tampak kontras dengan papan spidonya sehingga lebih mudah terpantau posisinya.

Namun sayang… spido standar Fino injeksi ini masih kurang cantik, karna backlight masih menggunakan lampu LED warna kuning , sehingga tampilan masih belum bisa mengexpose kelebihan jarum mika ini…
Mari kita buat lebih cantik dan informatif tentunya.

image

Pertama yg di ulas di bagian konsol penunjuk bensin dulu masbro.
Bagian kecepatan di bahas besok.

image

Pisahkan dulu part demi part seperti ini.
Untuk membuat jarum keliatan menyala.. siapkan sebuah LED SMD 3528 warna merah, dioda 1N4148 dan Resistor 470 ohm.
Rakit seri seperti ini.

image

Kenapa pake LED SMD…??
Karena LED akan diletak’kan di belakang jarum yg memiliki ruang relatif sempit, dgn LED SMD yang dimensinya lumayan kecil, akan lebih mudah di jejalkan ketimbang LED konvensional.

Sambungkan LED yang sudah di seri dengan R dan Dioda tadi dengan PIN dibelakang papan yg berhubungan dgn kabel.
Kabel coklat sebagai + dan kabel hitam sebagai –

image

Test dulu hasilnya…

image

Kemudian kita pasangkan backlight putih buat papan’nya.
Yang dipake adalah LED SMD juga yang model deret seperti pict dibawah, tapi kita hanya pake 6 titik saja.

image

Penyambungan kabel sama seperti pada LED jarum, di paralel saja.
Pasang LED deret tadi di casing bagian dalam dgn menggunakan double tape. Lalu pasangkan kembali papan penunjuk bensin’nya.

Dan hasilnya kira-kira seperti ini masbro…

image

Keren kan…???

Semoga kepingin…..

Email : admin@mazped.com
Whatsapp : 0878 7148 8426
PIN : 7F999AC0
Fb : Revan Aditya

Iklan

Komentar»

1. febri peb peb - 30 Maret 2014

keren kang… ssk gwe seng mdel iluminasi ky new mega pro kang… hhe…

2. sijidewe - 30 Maret 2014

mantab…

3. cahyadip - 30 Maret 2014
4. Karis - 31 Maret 2014
5. kura kura - 31 Maret 2014

led SMD brp v kang?

MazPed - 31 Maret 2014

Skitar 2,2 volt

6. motobikerz - 31 Maret 2014

I like this. Kreatip banget.

7. monkeymotoblog - 31 Maret 2014
8. orong-orong - 31 Maret 2014

lagi lagi racun

9. Visco Dutha Parawangsa S - 31 Maret 2014

Mas, review DIY untuk NJMX juga dong. Kayaknya bagus tu diaplikasikan ke NJMX

10. Bikin Indiglow Spido Fino Fi ( part 2 ) | MAZPED BLOG - 1 April 2014

[…] kemarin bahas bagian penunjuk bensin’nya ( artikel disini ) sekarang bagian penunjuk […]

11. pio225 - 4 Agustus 2014

cara buka covernya gimana atuh kang?


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s