jump to navigation

Lebih Dekat Dengan LED Vario 110 Fi 25 April 2014

Posted by MazPed in Opini, Review.
trackback

10178044_826824880664378_6357377358032888921_n

Bicara soal motor.. hal yang paling ane suka adalah bagian kelistrikannya…

Ya soalnya cuman di bagian itu ane agak paham :mrgreen:

Ketika dapat kesempatan mengexplorer si Vario 110 Fi pada event Fun Riding Blogger goes to Ujung Genteng kemaren… uji pancaran headlamp LED Vario 110 pun di uji pada malam harinya..

Kompak euy.. semua blogger penasaran dan rela turun dari peraduan meski sedikit di guyur gerimis… gak masalah…

spek daya led vario

 

Untuk kali ini… ane salut ama  insinyur AHM yang udah nge’desain headlamp LED ini dengan baik banget.

Konstruksi reflektorisasi LED yang mampu memaksimalkan daya pancar LED yang HANYA 2,2 watt saja , namun hasilnya lebih baik dari bohlam halogen 35 watt sekalipun.

daya pancar led vario

Jepretan di atas di buat seREAL mungkin dengan kondisi di lapangan…. berdaya pancar 18.000 Candela ( lilin ) sedang standar minimum lampu penerangan kendaraan roda dua ada pada 12.000 Candela.

Jozzzz Gandozzzzz…..

Tetep dalam hati bertanya-tanya…

Kok bisa ya…. 2,2 watt x 2 bisa seterang ini…

Ane yang sering mainan Luxeon 10 watt pun hasilnya gak seterang ini bro… geleng-geleng tenan poko’e…

Selain itu tampilan dari depan ketika lampu menyala juga cukup menarik… beda dari motor pada umumnya.

Posisi lampu dekat.. hanya 2 buah LED yang menyala yaitu di pinggir sisi kiri dan kanan.

lampu dekat

Sedang lampu jauh.. ke-4 LED menyala bersamaan , sehingga total daya pada posisi lampu jauh ini menjadi 4,4 watt x 2 alias 8,8 watt saja.

lampu jauh

 

Meski terang.. namun gak bikin silau bro… kerja reflektor cukup bagus mengarahkan sinar fokus kedepan.. gak ke atas.

Sebuah gebrakan LED’nisasi yang nyaris sempurna…. kok nyaris..??? ya karena masih ada sedikit kekurangannya, namun overall sudah patut di acungi jempol.

Hayo apa kekurangannya…????

Warna sinarnya masbro…. putih… menurut logika sih gak tembus kabut… tapi gak tau deh kalo AHM udah melakukan tes di jalanan berkabut dan sudah di pastikan aman.

 

suhu warna led

Mungkin akan lebih sempurna lagi jika pada lampu dekat di beri LED yang berwarna agak kekuningan , bahasa lainnya putih warm , kisaran 3200 – 4200 K  jika di ukur dengan suhu warna.

Cukup di lampu dekat saja , lampu jauh tetep menggunakan warna putih… keren kayaknya jika di aplikasikan untuk generasi berikutnya.

Lampu dekat kuning untuk jaga-jaga menerjang kabut atau hujan deras di malam hari, sementara lampu jauh putih buat nembak atau ketika butuh pencahayaan lebih juga menambah kesan mewahnya.

Pie bro….?
setuju…?????

 

Semoga berguna

Iklan

Komentar»

1. hulssay - 25 April 2014
2. macantua - 25 April 2014
3. sijidewe - 25 April 2014

josss mantab tenan.. pasang nang cb ku lek 😆

4. ipanase - 25 April 2014

nah putihe kui kayane dadi masalah lek, pie lek

MazPed - 26 April 2014

Nak cara murah meriah gae kuning yo tempeli stiker transparan warna kuning ae, beres

5. Fitready - 25 April 2014

ane selalu setuju dgn pendapat sampean maz hehehe 😀

6. belalangmerah - 25 April 2014
7. hanbalitaxi - 25 April 2014

Bagiku gak perlu digae kuning2an masped. Soale masalah kabut kui wes ditangani global warming.

8. Joko - 25 April 2014

Coba, bikin reflektor custom dgn meniru cara kerjanya led itu. Lumayan kalau 10w dekat + 10w jauh.

9. sijidewe - 25 April 2014
MazPed - 26 April 2014

CBR iso lho……
Gak perlu ubah ke fullwave juga bisa.

( ratjoen )

10. rusman - 25 April 2014

jadi kepengen

MazPed - 26 April 2014

Podho lik 🙂

11. jofrin - 25 April 2014

Ane kmrn coba lwt sumowono bandungan pas kabut turun lumayan jg kok kang masih bisa tembus dibdg HID 8000K yg malah mantul bikin silau hehehhe

MazPed - 25 April 2014

Wakakakakak… kawus ane

jofrin - 25 April 2014

wkwkwkwkkw

12. dentria - 25 April 2014

kayanya pake led cree..

MazPed - 26 April 2014

Bisa jadi… tapi kalo LED cree panasnya gak ketulungan om..
Cree pake tegangan rendah skitar 3,7 volt sehingga arusnya gedhe.
Beda dgn HPL yg biasanya pake tegangan 12 volt.

Tau kan rumus daya
Watt = tegangan X arus

13. Kobayogas - 25 April 2014
MazPed - 26 April 2014

Udah ketemu…
Jatoh di kolong meja om…

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

Kobayogas - 26 April 2014

Pantes… Keselip yeee….biji keselip wkwkwwk

14. mustdhimust - 25 April 2014

LED-e panas ra mas?

MazPed - 26 April 2014

Blm pernah buka daleman’nya.
Panas atau tidak LED tergantung arusnya.
Makin tinggi arus, makin tinggi panasnya.

15. sirio110 - 25 April 2014

mantap…..irit daya terang pula…

MazPed - 26 April 2014

Sipppp…

16. gondes - 25 April 2014

Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari ahm

17. gondes - 25 April 2014

Harusnya memang lampu dekatnya warna kuning,lampu jauh kuning keputihan jangan terlalu putih silau kasihan arah yg berlawanan,mungkin belinya entar nunggu ada refisi dari ahm

MazPed - 26 April 2014

Sipppp…
Atau di ubah sendiri juga bisa, HPL ( High Power Led ) dipasaran banyak kok.
jika perlu di naikin watt’nya

18. nbsusanto - 25 April 2014

di cc ning yugo lek.. ben pengen.. :mrgreen:

MazPed - 26 April 2014

Wegah nak di utang… :mrgreen:

19. orong-orong - 25 April 2014
MazPed - 26 April 2014

Sipp…..

Joz FXRnya

orong-orong - 26 April 2014

Motor keren

20. omocho.com - 25 April 2014

ngih

21. badak - 26 April 2014

aki cuma 3 ampere kecil amat ya

MazPed - 26 April 2014

Aki itu sebenernya kepake dalam kondisi mesin mati saja masbro…
Kalo mesin hidup… aki justru di’charge dan semua kebutuhan listrik disuply ama sepul ( altenator )

22. arie - 26 April 2014

mas brow apa lampu ini (2x2watt)ini ada dipasaran? coba mas broww cari dipasaran dan apakah bisa diaplikasi modif lampu di matic biasa

MazPed - 26 April 2014

Gak bisa di aplikasikan ke motor lain mas..
Karna reflektor di desain khusus untuk merefleksikan sinar LED dari atas kedepan.
Sedang reflektor pada umum’nya titik sinar berada di tengah.

23. Anonim - 26 April 2014

di pasang di vario 125 bisa gak mas?

24. Ery Puja Utama (@erypujautama) - 26 April 2014

LED nya di pasang di vario 125 kira2 bisa gak mas?

25. Om Gasat! - 26 April 2014

Karena pijarnya LED tidak panas, mampir ke tukang stiker aja om, pasangin stiker kuning transparan. pastilah awet, kan suhu LED tidak sepanas lampu pijar biasa 😎

MazPed - 26 April 2014

Betul…

26. otogadjet - 27 April 2014

Mas tolong bikinin artikel, cara bikin answer back kyk vario fi d motor lain dong!

27. andhi_125 - 29 April 2014

ujutes peyan kang….kuning-low, putih-hi

28. eiscell - 30 April 2014

bukannya lebih efektif kalau lampu dekat yg white trus lampu jauh yg warmwhite ya?

http://injeksirodadua.blogspot.com/2014/03/kelemahan-desain-led-vario-110-fi.html?m=1

MazPed - 30 April 2014

Jika menghadapi kabut… maka jarak pandang menjadi pendek masbro.. Karna itulah lampu dekat biasa diseting warna kuning biar jalanan keliatan.. kalo dibalik lampu jauh yg kuning atuh gimana..?? Lampu dekat kan lampu yg nyorot ke jalan kalo dibuat putih malah gak keliatan jalan’nya masbro.. wkwkwkwkwkwk lucu sampeyan mas..

29. karSidi - 1 Mei 2014

setuju bro…
dan emang ini yg saya sangsikan dari headlamp vario new ini.. apakah sinar nya bisa menembus kabut/hujan dan track basah(abis ujan).. dan itu belum ada yg mereview..

MazPed - 1 Mei 2014

kalo cuman hujan ringan dan sedang masih cukup aman kok..
pengalaman pake HID 6000K di hujan deras masih kelihatan, gak tau kalo kabut.
Toh mungkin pihak AHM sudah menguji safetynya sebelum di lempar kepasar… IMHO

30. wawan suprayitno - 23 Mei 2014

Honda memang semakin terdepan tehnologinya,ga ada tandingannya deh….untuk kdepannya vario 125 pake LED juga dong,psti tmbah kereeen abis…harusnya yg punya logo “Semakin didepan” adalah Honda…setujuuu……!!!!

31. wawan suprayitno - 23 Mei 2014

Di surabaya udah gak ada kabut,jd gak perlu warna kuning2an,Honda jempoooool abis…

32. wawan suprayitno - 23 Mei 2014

Q pake beat fi,q pasang lampu LED asesoris yg ada kipas kecil dibelakang lampunya…awet,ga nguras batrei,tmbah terang n kereeeeeen….

Iman Setiadhi - 11 Juli 2014

Silau gak tuh? trus di semprit pak Plokis gak masbroh lampunya Terang putih? tau sendiri pakPlokis dimarih reseh..

MazPed - 12 Juli 2014

Baca dulu Undang-Undang mengenai penggunaan lampu yg diperbolehkan.
Lampu utama berwarna kuning atau putih dan maximal berjumlah 2 buah.

Vario 110 masih mengikuti peraturan yg ada.

Kalo ditilang gara2 lampu putih.
Bisa dipastikan tu polkis buta ama Undang-undangnya sendiri alias o’on

˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚••˚ώκώЌώk

33. Iman Setiadhi - 6 Juli 2014

sejak kapan seri VARIO pake pendingin udara alias kipas? ini mah motor New Beat FI di kasih baju Vario? hadeeeehh… Vario 110 pertama aja make radiator? masa Seri Vario baru malah Penurunan Fitur.. honda kok gitu ya? nama VArio yg identik dgn fitur Liquid Cooler nya sekarang pake kipas sate? Teganya.. Teganyaa.. jadi kesanya Motor MURAHAN? sekelas Beat padahal kan bawa nama VARIO? tanya kenape?

MazPed - 6 Juli 2014

Po yo tak piker……..

34. Iman Setiadhi - 10 Juli 2014

ndang,, jo kesuen.. keburu lumutan nek kesuen..

35. bulllook - 15 September 2014

mas klo mau pasang saklar lmpu di vario 110fi gimn cranya

MazPed - 15 September 2014

Belum sempet mempelajari wiring lampu Vario 110 fi mas.
Soalnya agak beda, di saklar Hi-low ada 5 kabel.
Yg umum kan cm 3 kabel.

36. Masaviep - 17 Januari 2015

Yen pengen led warna kuning…yaaa lampunya di rendam kedalam air kunyit aja kan beres to mas bro…hehehe

37. Masaviep - 17 Januari 2015

Ngrendamnya harus setahun biar warna kuningnya tdk pudar gitu loh

38. irdian - 5 Agustus 2017

assalamu’alaikum.. mas aku mau tanya klo lampu jauhnya mati, apa benar harus ganti 1 set semuanya? 😢
apa bisa di perbaiki atau di ganti layaknya ganti bohlam motor biasa?
mohon pencerahannya mas klopun bisa harus di bawa kemana… 700rb ga sedikit soalnya mas klo untuk ganti lampu saja


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s