jump to navigation

Komparasi Sinar LED Luxeon dan CREE 10 Watt 1 Mei 2014

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
trackback

wpid-IMG-20140316-WA0036-picsay.jpg

 

Misi untuk merakit sebuah headlamp projie masih belum tuntas masbro…

Projie HID dengan double Angel Eyes memang menjadi trend saat ini, selain tampilannya yang menarik , HID juga menjamin pancaran cahaya yang terang.

Namun sayang… pemakaian arus listrik yang kuat serta suhu sinar yang panas menjadi momok tersendiri untuk mengaplikasi headlamp model ginian..

Yup… mika retak dan tekornya accu menjadi pertimbangan tersendiri.

 

wpid-20140216_145435-picsay.jpg

 

Udah lama ane berexperimen bagaimana merakit sebuah headlamp dengan tampilan mirip Projie HID dengan shroud dobel Ae namun tetep aman buat accu juga mika.

Pake LED jawabannya….

Nah… di pasaran ada beberapa jenis LED seperti COB , CREE juga HPL atau yang sering di sebut Luxeon.

Dulu… ane pernah nyoba pake LED Luxeon 10 Watt juga 20 Watt… Terang sih… Namun kendalanya gak bisa di buat jauh – dekat..

Hal ini di karenakan besarnya dimensi LED HPL sehingga casing Luxeon tak memungkinkan untuk di jejalkan 2 buah LED HPL , bisa pun hasil gak maximal karna penyimpangan terhadap bidang lensa terlalu extrim.

Selain itu selisih jarak antara lampu jauh dan lampu dekat terlalu jauh.. akibatnya lampu dekatnya deket banget dan lampu jauhnya malah nyorot ke atas… lah meh golek cicak to lik :mrgreen:

 

cree , luxeon , shroud

Hari ini mumpung libur… ane dah siap berexperimen dengan menggunakan LED CREE…

Casingnya pun tidak menggunakan Luxeon lagi namun menggunakan heat sink yang memang di desain buat Luxeon..

Perlu di ketahui bahwa LED ini akan mengeluarkan panas ketika menyala… Yang panas cuman bodynya saja.. sedang sinarnya tetep adem , jadi aman buat mika juga reflektor…

Penggunaan heat sink besar di atas akan membuat panas CREE akan teredam sempurna.. tak perlu kipas pembantu pun masih aman..

 

cree vs luxeon

Yup secara dimensi CREE ini lebih kecil namun ternyata memiliki sinar yang lebih bagus daripada LED HPL Luxeon..

Dari speknya pun berbeda… jika LED HPL Luxeon bekerja pada tegangan 12 volt DC 800mA , kalo CREE bekerja pada tegangan 3,7 volt dengan arus 2,8 A.

Jika di hitung nilainya setara.. sama-sama 10 Watt… masih cukup aman buat accu.. bahkan masih di bawah watt bohlam ori pabrikan..

Pemasangan ke shroud pun terbilang mudah… Bisa di baut saja dari belakang.. kebetulan dimensi heat sink pass banget ama shroud ukuran diameter 12 cm ini.

 

cree tampak belakang

Penasaran ama sinarnya kan……

Mari kita bandingkan sama-sama…..

Ini penampakan sinar LED HPL Luxeon 10 Watt….

Sinar fokus.. untuk lampu dekat masih aman… Tapi jika buat lampu jauh… ambyar sinarnya masbro….

 

sinar luxeon

Bandingkan dengan sinar dari CREE 10 Watt ini….

Sinar lebih fokus, tampak pada sisi pinggir sinar tidak ada bayangan dan sinarnya pun tebal , gak akan ambyar buat lampu jauh..

 

sinar cree single

 

Dan ini penampakan sinar CREE 10 Watt Hi – Low.. masih cukup aman buat jarak jauh dan dekat.. jika jarak sinar yang jatuh antara Hi-Low kurang dekat , tinggal jarak LED CREE di deketin lagi…

Mantap dah…. Jadi semangat nih maenan Retrofitt lagii….

 

sinar cree hi-low

 

Ada yang kepengen…????

Daftar harga part

– LED HPL Luxeon 10 Watt = 50 – 60 ribu , drivernya 25 ribu

– LED CREE 10 Watt = 70 – 80 ribu , drivernya 30 ribu

– Shroud set Double AE + balast = 250 ribu

– Heat sink LED = 40 ribu

– Casing Luxeon standar = 100 ribu

Belinya di kaskus aja bro…. di sana banyak kok… Ane gak jualan ya…… :mrgreen:

Iklan

Komentar»

1. jmjanuar - 1 Mei 2014

petromax ra ya

MazPed - 1 Mei 2014

ora kayane…

Anonim - 10 Agustus 2017

Alamat bengkel di mn bozz

2. gaplek mania - 1 Mei 2014

ora dodolan to mas saiki?

MazPed - 1 Mei 2014

luweh seneng dolanan daripada dodolan :mrgreen:

3. ramadanisite - 1 Mei 2014

mantep bro,

MazPed - 1 Mei 2014

ah yang boneng….. tar kalo dah di rakit keracunan bodo amat ya…

ramadanisite - 1 Mei 2014

ikut-ikutan keracunan gk pa2 deh,,
haw…3

4. marwanto anto - 1 Mei 2014

nggonku pengrn di rubah ky ngono iso ga mas ??

MazPed - 1 Mei 2014

isooooooooooo

5. Triyanto Banyumasan - 1 Mei 2014

H7 weke P220 cocoke ganti opo ki lik? HID kok larang men yo

MazPed - 1 Mei 2014

ganti BPKB mobilio kang.. wekekekekekekekekek

Triyanto Banyumasan - 1 Mei 2014

hadezig…

6. omocho.com - 1 Mei 2014

o..

7. rifz - 1 Mei 2014

kalo dibikin depan belakang bisa gak ya, jd lampu dekat nya fokus, lampu jauh nya nyebar. ya kayak h4 gitu

MazPed - 1 Mei 2014

bisa…

8. digdo - 1 Mei 2014

Bisa pesan gak mas ane gak bisa masalah ginian hehe

9. ramadantigi - 1 Mei 2014

Bro lain x coba buat spido kosonya di kasih jam sma kompas gmna..???

MazPed - 1 Mei 2014

koso udah ada jam’nya brooo

10. Mohammad Rizky - 1 Mei 2014

duchhh ,,, jan pncen rcun tnan lek ,,

11. mazpoetu - 1 Mei 2014

juzz ginduzzz

12. yuvhe46 - 1 Mei 2014

klo di old vixion bs dipasang 2 gk ya om??

MazPed - 1 Mei 2014

2 Projie atau 2 LED mas

13. Kobayogas - 1 Mei 2014
14. nbsusanto - 1 Mei 2014

awas yugo weruh njug pengen.. :mrgreen:

15. andhi_125 - 2 Mei 2014

semoga kepingin (masih atut en bingung cara lepas mika headlamp)

16. at0zz - 2 Mei 2014

hemmmmmm
*keracunan

17. Adhitya Ramadian - 2 Mei 2014

kalo mau jadinya langsung berapa duit?

18. septianpuguh - 3 Mei 2014

video reviewnya dimalem hari bro.. biar tau realnya gimana

MazPed - 3 Mei 2014

Ini baru experimen bro…
Nanti di review stelah terpasang aja biar lebih real.

19. ivanks - 3 Mei 2014

itu lensa nya yg nempel dishroud pake apa mas?

20. danisubject - 4 Mei 2014

wew kok murah iki mas dari pada projie hid yang nyampek 800 rb an . mana bisa tekor n mika pecah . wah ane jadi pengen πŸ˜€ . cuman bingung cari mika lampu dimana ‘:| kalo di ahass harus beli paketan . aku kan mau beli mikanya tok ‘:| . klithikan ono ra yo πŸ˜€ .

21. dani - 6 Mei 2014

wah ada yg bru lgi dr master ngoprek.. btw mas bro klo blh tau led cree yg d pke xml u2 apa t6??

22. andry - 8 Mei 2014

Masbro…, sy udh coba pake yg 2 luxeon spy bisa Hi-Lo. Tp bagian HPLnya yg berdempetan dua2nya sy papas smp batas bagian putih HPL, trus posisi HPL untuk yg Lo agak ke atas, n usahakan nempelnya serapat2nya tu HPL dua2nya, spy jatuh sinarnya ga terlalu jauh antara Lo sm Hi.. Hasilnya mantap masbro.. Yg lain bisa coba koq

MazPed - 8 Mei 2014

Sipp…. saya udah coba masbro…
Tapi tetep kepincut sinar CREE..
Xixixixi

23. willy - 9 Mei 2014

om heru, aku kepingin ki.. piye pesen entuk gak?

24. rusman - 12 Mei 2014

driver fungsinya buat apa?

25. Hary Muhammad - 13 Mei 2014

Mas saya pesan jadi bisa ga? maklum aku ga mudeng msalah elektro…Hehe

26. renhan - 30 Mei 2014

kalo buat nvl mo pasang led cree perlu ubahan apa aja maz? perlu pake projie?
suwun..

MazPed - 30 Mei 2014

Akan dibahas di artikel berikutnya mas….

Renhan - 1 Juni 2014

Siip..

27. r.hidayat - 1 Juni 2014

nice info mas, berarti bisa disimpulkan penggunaan cree baik untuk lampu dekat maupun jauh, sedang led luxeon baiknya untuk lampu dekat aja, gitu bukan mas ?
pengen masang ginian, tp masih bngung milih cree atau led luxeon, hehe, review cahayanya di malam hari dong mas, suwun”…
salam kenal mas….

MazPed - 1 Juni 2014

Yg malam hari sudah dibahas diartikel jupie burhan yg pake cree

28. gondes - 1 Juni 2014

Bos pa 1 buah driver bs untk beberapa lampu cree?kl bs kira2 1 driver bs berapa lampu? Rencana m buat lampu akuarium.tks

MazPed - 2 Juni 2014

Driver buat akuarium ada khusus bro…. langsung ke 220 PLN

MazPed - 2 Juni 2014

1 driver bisa buat beberapa LED, misal driver 5 watt bisa untuk 5 LED ukuran 1 watt. Dst

29. eliezer - 4 Juni 2014

Bos, Led cree nya beli dimana ya? cari di kaskus gak nemu nih.. :p

30. BOY - 9 Juni 2014

MANTAP!

31. honda mobilio - 9 Juni 2014

Thanks for sharing your thoughts on honda mobilio. Regards

32. dani - 7 Juli 2014

bsakah master klo d bikin pake 2led cree bkan u HiLo.. tpi 1led warna cool white, 1led lgi warna warm (kuning) biar bsa tmbus kabut & hjan lebat.. kl bsa Psisi lednya gmna master.. kanan kiri apa atas bawah? mohon ptnjuknya..

33. boy - 10 Juli 2014

mantap…

34. BOY - 15 Juli 2014

gw nyalain led luxeon 3 watt dg charger hp 5v 450ma terang bngt. heatsink bintang sngt panas.

35. BOY - 18 Juli 2014

gw nyalain led luxeon 3 watt dg charger hp se 4.9v 450ma, charger nya langsung matot. pkai charger nokia 5v 350ma aman.

Ramadhan - 30 Juli 2014

Sejalan dengan ini, mau tanya panasnya berapa ya ?? karena saya coba untuk cree 20watt, heatsink bintang jadi panas sekali setelah di nyalakan lebih dari 30 menit….

36. rdzackyfairuza - 10 Oktober 2014

kalo buat lampu tembak cocoknya pake apa

37. samm - 17 Oktober 2014

nyari di kaskus ya bro…..
lapak mana?
Uppsss

MazPed - 17 Oktober 2014

Bukan…

38. Soeciptoe Arie Wibowoe - 6 November 2014

mazped aku mau dong 1 yg udah jadi yah πŸ™‚

39. zaky anantha - 14 Oktober 2017

Mazped blh request gk.
Bikin sinar projie led yg kyk senter menjadi kyk hid gan,sinarnya nyebar gk fokus kyk projie hi loww ama projie hid ya plies gan(sinarnya nyebar)”_”


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s