jump to navigation

Bikin Backlight spido Vario 125 – 2 Warna 6 Juli 2014

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
Tags: , ,
trackback

image

Artikel ini merupakan pengembangan dari artikel sebelumnya yang kemarin di bahas modal limaribu bikin spido Vario 125 jadi cantik.
Yang belum baca klik disini.

Pada kesempatan iseng kali ini ane cuman pengen bikin tampilan lebih atraktif.
Dimana lampu backlight dapat berubah warna dgn sendirinya tanpa bantuan saklar..
Nah lo….. gimana tuh….??

Pertama baca doa dulu biar experimen ini berhasil.
Kemudian siapkan 50rb buat nebus bahan-bahan’nya yaitu :
– LED fleksible warna putih atau sesuai selera.
– LED SMD 3528 warna biru atau sesuai selera, bisa ambil dari LED fleksibel atau lampu senja T10 LED.
– IC 7809 atau 7805

Pemasangan lampu pertama…
Ane pake warna biru aja… dengan mengganti LED papan panel km asli (putih) dgn warna biru.

image

Warna pertama beres… lanjut rakit warna kedua…
Warna kedua ini ane pake warna putih dgn menggunakan LED fleksible.

image

LED fleksible yang dipake seperti pada foto.. potong secukupnya sepanjang lingkar rumah panel kilometer.
Lalu pasangkan dengan double tape seperti gambar dibawah.

image

Selipkan kabel LED fleksibel pada ujung kiri melalui lubang yang ada.

Langkah selanjutnya, pasang IC7809 pada PCB. Rekatkan IC dgn double tape agar badan IC tidak konslet dgn sirkuit.
Posisi liat gambar dibawah.

image

IC 7809 ini berfungsi sbg pembatas tegangan LED agar LED tidak jebol.
Jika cahaya LED terlalu terang, maka tegangan diturunkan dgn menggunakan IC7805.

Lalu sambung kabel LED fleksibel dgn IC7809/7805 tadi dengan wiring seperti gambar dibawah.

image

Setelah kabel terpasang rapi… rakit kembali spido.

image

Ketika kontak ON… maka backlight panel akan berwarna biru…
Setelah tombol starter dipencet dan mesin menyala… maka seketika lampu backlight papan km akan berubah menjadi putih…

image

Manteppp gan…..
Cahaya merata mulai dari angka 0 sampe angka 160.
Warna juga makin kontras…

Jozzlah….

Semoga kepingin….

Mari belajar utak-atik ama mazped
Email : admin@mazped.com
Whatsapp : 0878 7148 8426
PIN : 7F999AC0
Fb : Revan Aditya

Iklan

Komentar»

1. Plat-R - 6 Juli 2014

sitok

2. Plat-R - 6 Juli 2014

ndobel

3. Plat-R - 6 Juli 2014

sik tak woco’ne 🙂

4. Plat-R - 6 Juli 2014

setelah membaca, saya kepingin bgt hehe..

MazPed - 6 Juli 2014

Revo yo iso…

Plat-R - 6 Juli 2014

he’eh

5. wtf170 - 6 Juli 2014

cuma bosa ngowoh lan ndoweh

MazPed - 6 Juli 2014

Ane juga…..

6. bikeaddict14 - 6 Juli 2014
MazPed - 6 Juli 2014

Arus yg lewat IC sangat kecil sekali, gak bikin IC panas, anget juga enggak…. 🙂

bikeaddict14 - 6 Juli 2014

Sip joss

7. danisubject - 6 Juli 2014

5 to bang merah ijo biru kuning putih :p punyaku susah modif nya .

8. cicak kreatip.com - 6 Juli 2014
9. alfian - 7 Juli 2014

Om kok racune mantep2. Kreatip puol (y)

10. Irfan - 7 Juli 2014

Numpang nempel info
Ane mau jual speedo cs1
Yang minat hub: (085860565187)

11. Anonim - 7 Juli 2014

bro mazped utk led putih .. jika backlight ori spido ny wrn oren .. apa akan tetap terlihat seperti diatas tks .. el

12. alan - 8 Juli 2014

mazped emank ga ada obatnya, ada trus akalnya dan selalu berbagi ilmu

13. Anonim - 8 Juli 2014

Possisi anda dimana ?

14. Daris - 11 Juli 2014

Cara ngepasin stiker nya bagian belakang di panel odometer dan bensin gmn…..

15. alfian - 17 September 2014

kalo kepingin begimana ini di daerah jakarta barat? :p

16. Aa Ikhwan - 22 Oktober 2014

luar biasa ajib kakak


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s