jump to navigation

Pasang Pengaman Motor Sensor Sentuh ALSENTO di Vario 125 9 Agustus 2014

Posted by MazPed in Modif, Review.
Tags: , ,
trackback

alsento

ALSENTO ( Alarm Sensor Sentuh ) merupakan system pengaman kendaraan roda 2 dan memungkinkan juga di pasang di kendaraan roda 4, dengan system sensor sentuh yang di tempatkan secara rahasia dilengkapi dengan alarm ( berupa buzzer atau sirine )

Prinsip kerjanya sama dengan pengaman sentuh lainnya di mana kendaraan akan terkunci system kelistrikannya secara otomatis ketika kontak ON, semua instrumen kendaraan tidak akan berfungsi sebelum kedua sensor sentuh yang di pasang rahasia tersebut di sentuh dengan kedua jari.

Keunggulan brand ALSENTO ini adalah dengan adanya fitur Alarm yang akan berbunyi ketika kontak ON sebelum sensor di sentuh.

Sebuah fitur yang sangat membantu kita dimana alarm ini akan memberikan signal suara ketika kendaraan kita sedang di jamah oleh tangan-tangan jahil yang gak bertanggung jawab.

 

Alsento setau ane ada 3 jenis ..

1. Alsento standar , kontak on buzer langsung on

2. Alsento dengan jeda, kontak on buzer akan berbunyi setelah jeda waktu kira-kira 10 detik.

3. Alsento dengan jeda ( upgrade ) , kontak on buzer akan berbunyi setelah jeda waktu kira-kira 10 detik dan buzer akan tetap berbunyi meski kontak di OFF.

Pada setiap paket pembelian Alsento.. kita akan mendapatkan 1 unit Alsento , manual book cara pemasangan dan beberapa part pendukung seperti kabel ties, soket, pin – skun pendukung sesuai motor yang akan di pasangi.

Karna soket kontak tiap motor berbeda maka kita perlu merakit sendiri pin dan soketnya menyesuaikan motor kita.

Contoh Alsento yang siap pasang untuk Vario 125 dan beberpa motor lainnya yang mempunyai bentuk soket kontak sama ( Vario 125 dan beberapa motor injeksi bebek / matik Honda sama )

 

wiring diagram alsento

Wiring diagramnya bisa di lihat di atas…

Alsento memiliki 8 kabel ( 9 kabel untuk versi upgrade )

– Kabel hitam sebagai negatif di hubungakn ke negatif accu.

– 2 kabel menuju Buzzer ( bisa di upgrade menggubakan Sirine )

– Kabel kuning sebagai sensor sentuh 1

– Kabel oren sebagai sensor sentuh 2 , pastikan ke-2 sensor sentuh dipasang pada baut cover body yang TIDAK BERSENTUHAN DENGAN RANGKA / FRAME. Karna salah satu sensor sentuh ini berkutup positif.

– Kabel Hijau ( Emergency ) sebaiknya di buatkan soket ( sekring juga boleh ) sebagai soket darurat , jika terjadi masalah ( eror ) atau ketika akan di servis ke bengkel resmi kabel ini di hubungkan ke kabel oren untuk menon-aktifkan Alsento.

– Kabel Merah di hubungkan ke kabel dari kunci kontak sebut saja kabel kontak A

– Sedang kabel biru di hubungkan ke kabel yang menuju ke kelistikan motor kita sebut saja kabel kontak B.

 

Untuk pemasangan ke Vario 125 .. yang perlu kita oprek hanyalah bagian soket kontak.. posisinya berada di dekat ECU.

Terlihat di situ ada soket kotak isi 4 PIN , jalur kabel yang di lepas adalah kabel warna hitam garis putih.

Berikut gambar detilnya biar lebih jelas.

kabel-kontak-A

Sebelum memasang Alsento.. sebaiknya bungkus dulu PIN kabel kontak A dengan solasi bakar biar gak konslet dengan body.

Isolasi bakar sudah tersedia dalam paket pembelian.

kabel-dibungkus-solasi

Pasangkan Alsento sesuai wiring di atas… usahakan kabel merah di pasang paling akhir untuk menghindari kerusakan Alsento karna konsleting.

instalasi-kabel-kontak

Setelah wiring tersambung dengan benar.. Rapikan kabel dan letakkan Alsento di tempat yang aman, jangan kuatir terhadap air masbro.. Alsento sudah di desain tahan air kok, yang penting penempatannya tidak mengganggu part lain aja, bentuknya yang mini gak makan tempat cukup flrksible di selipkan di antara celah-celah cover body.

Soooo…. amankan kendaraan anda sebelum di amankan ama maling…

 

projie-led-wtf

Semoga kepingin…

 

Iklan

Komentar»

1. bayu aji - 9 Agustus 2014

sipp

2. Kobayogas - 10 Agustus 2014

ribetnya kalau kena dijailin ya, bentar2 bunyi, yang jailin kabur hehehe
————
Tahukah lads bukan hanya Yamaha R25 dan R6 saja yang jidatnya bercahaya? Walau di kelas 250 cc sepertinya memang hanya R25 saja yang punya…
http://kobayogas.com/2014/08/09/intermezzo-bukan-hanya-yamaha-r25-yang-jidatnya-bercahaya/

3. galau - 10 Agustus 2014

kepengin projine le…

4. ngaspalblog - 10 Agustus 2014

Masih nunggu artikel bikin cut off let proji.. Kapan mazped

5. heri - 19 Agustus 2014

Vartec q jg tk psg alarm sentuh, skema pemasangan sama punya smpean. Tp saat buat nglakson /ngesein, lampu kepala jd redup itu kenapa za? Tlg bntuanya. …

6. ipanase - 20 Agustus 2014

lemes racuneeeee

7. el - 30 September 2014

bro saia mo pasang saklar d V125 saia
itu lampu.n jd AC ato DC
setau saia AC terang.n tergantung putaran engine

MazPed - 30 September 2014

Sejak kapan Vario 125 bisa berubah jadi AC mas..
Vario 125 udah DC, gak bakal berubah kalo cuma tambah saklar mah..

8. Anonim - 5 November 2014

bro saat mau menghidupkan sensor sentuh 1 dan sentuh 2 harus disentuh semua ya?


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s