jump to navigation

Inilah Wujud Daleman Engine Vario 125 Setelah Menempuh 50.000 km 5 September 2014

Posted by MazPed in Review.
trackback

image

Vario 125 ane udah mulai tua masbro..
Bulan pembelian Juli 2012 brati udah 2 tahun lebih dengan jarak tempuh lebih dari 50.000km….
Maklum motor pekerja keras nih.. hehehe..

Niat awal hanya ingin service besar, membersihkan kerak dalam ruang bakar akibat beberapa kali di jejali premium.
Namun akhirnya mrembet bongkar semuanya masbro…
Pengen tau aja daleman engine setelah menempuh jarak 50.000 km.

Yuk kita amati one by one….

Piston dan Silinder

image

Bisa masbro lihat kondisi kepala piston yang diselimuti karbon tebal nan hitam… horor liatnya… 😀
Namun melihat jarak tempuh yg dilalui ya wajarlah… apalagi pake BBM bersubsidi warna kuning.
Ya kek gitu akibatnya.
Jika rutin menggunakan BBM dgn RON 91 keatas, pasti hasilnya gak separah ini.

image

Mari kita lihat dinding silindernya.
Part ini merupakan bagian yang bekerja paling keras menahan gesekan dengan piston.
Material harus bagus untuk mencegah keausan dini.
Tampak dinding silinder Vario 125 ane setelah 50.000 km tampak kinclong tanpa ada baret sedikitpun.
Kualitas olie pun berpengaruh terhadap keawetan part ini.
Gunakan olie yang di rekomendasikan pabrikan.
AHM oil MPX2 dan SPX2 terbukti membuat mesin awet muda.

Roller dan Rumah Roller

image

Dulu ane pernah sesekali pake roller aftermarket…
Namun hanya beberapa minggu saja, stelah itu balik ke standarnya.
Roller tampak masih utuh, gak peyang.
image

Rumah roller juga tidak ada tanda-tanda tergerus, efek kerja roller dan rumah roller yang baik tidak akan merusak bagian ini.
Cara perawatan ane cuma sering-sering aja di bersihkan dari debu dan kotoran tiap 5000 km.

Kruk as dan Setang Seher

image

Katanya….. stang seher Vario 125 itu rawan oblak.. apalagi jika terkontaminasi olie palsu.
Nah… yang suka gonta-ganti olie gak jelas, sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan itu.
Olie standar pabrikan sudah diracik khusus buat kendaraan anda.
Kenapa musti pake olie yang gak jelas ramuannya.

So….. melihat fakta di atas sudah jelas ketahanan engine Vario 125 memang jempolan..
Tinggal menyempurnakan kualitas body plastiknya aja pasti Vario 125 makin sempurna..

MS sudah berbicara…
Bukti kalo masyarakat Indonesia itu cerdas…

Masih meragukan kualitas Honda..?
….MIKIR….!!!
*cak lontong mode on

Ngoahahahahahaha
—– poto part lain menyusul yak

Iklan

Komentar»

1. rizkyrm - 5 September 2014
2. galau - 5 September 2014

dibongkar dw’kan po?
wes lngkp bearti alate?!

MazPed - 5 September 2014

Kapan mampir rene…?
Wekmu di bongkar..

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

3. nivikoko - 5 September 2014
4. ipanase - 5 September 2014

ngojek lek?

5. pramind - 5 September 2014

Punya guweh dari 12062012 baru 30rb mas berooo :mrgreen: oli standar pabrikan aja 😀 1x ganti roller (1set), 1x ganti v-belt , 1x aki , ban depan 1x ,ban belakang 1x , ijih pinuk tumpakane,,,cuma bodi ancur nabrak avanza, sama gapura ,

MazPed - 5 September 2014

Raenek sik luweh empuk timbang gapuro po min…

pramind - 5 September 2014

ada sih,,,TAHU tapi kecil,,,gapura kan gede tuh jadi enak ngepasinnya popiye 😀

6. gaplek mania - 5 September 2014

kok roller nya ganti aslinya? kenapa mas ?

MazPed - 5 September 2014

Setelah di rasa-rasa, aq lebih suka karakter asli Vario

7. WTF 2012 - 5 September 2014

Punya ane gen 1 (Juni 2012).. sekarang baru dapet 13.000 km.. maklum, ra tau metu….. roller skydrive 15 gr, per cvt beat fi , busi iridium, resistor 1 ohm d kabel sensor O2 ..oli shell scooter ax7, nubruk megapro sekali.. jatuh sekali.. lumayan °º°=))Hªªhªªhªªhªª°°º

8. Kobayogas - 5 September 2014
MazPed - 6 September 2014

Berharap bisa naik dikit dari OB.

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

Kobayogas - 6 September 2014
9. Fahmi Rizal - 5 September 2014

punya ane juga udah tembus 57.000 km langsung tak jual.. wkwkwkwk

10. andhi_125 - 5 September 2014

ah, si desah babihutan :mrgreen:
#itu dulu…wekekekekeeee

MazPed - 6 September 2014

Iyah… sekarang udah gak keluar versi desah baby hutand..

Padahal unik juga suaranya.

11. Rideralam - 5 September 2014
12. Fitready - 5 September 2014

jelas efbehahahaha… 😀

MazPed - 6 September 2014

Besok pake jaket R series ah…

˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚••˚ώκώЌώk

Fitready - 6 September 2014

wah.. nyaruu… 😛

13. jaospada - 5 September 2014

Sampe bongkar kruk as segala….
Ati2 bongkar & masang-e boss.
Salah sitik (kalo bongkar-pasange g pake traker khusus) iso2 laher kruk as-e bermasalah. Rawan…..

MazPed - 6 September 2014

Yup… bener..
Bongkar kek gini gak boleh pake alat alakadarnya.
Pasti pake tracker boss…
Bongkarnya di AHASS kok…

14. bladeus - 6 September 2014

bandul kruk as bladeus piye yo?

—————

brosur K45 keren juga

http://www.bladeus.wordpress.com/2014/09/06/marc-marquez-menjadi-brand-ambassador-cbr-150-lokal-k45/

15. Follower - 6 September 2014

Kllo Soal ketahanan mesin dan awet Honda jagonya kalo soal plastik dan cat jauh lah dari Yamaha..

16. Ujang Nurdin - 7 September 2014

kalo cat nya pingin bagus, kinclong, sini aku cat-in hehe. cat bakar sekelas cat mobil..

oia mazped, kalo mau bersihin komponen cvt, kira2 bagean yg dikasih gemuk/greas bagian apanya aja? trus greas nta yg kyk gimana?

17. rusman - 8 September 2014

padahal bukan diasil silinder tapi masih kinclong #eh..

18. axo92 - 6 Oktober 2014

wih..

19. hamimhidayat - 26 November 2014

Nggarai wedi nggawe bahan bakar kuning mazped iki rek :D. Gapopo, lanjutkan! btw meskipun tunggangan baru, vario ne ojok diguwak bro, lanjutkan terus meng-kustom vario ne ben ono inspirasi buat vario owners.

20. Lukmanul Hakim - 1 Februari 2015

50.000 KM itu dianggap 5 Tahun oleh Waranty AHM ya gan 😀

BTW, Menurut ane justru Oli Pabrikan yg TIDAK JELAS, MSDS/Data Sheet saja tidak direlease kok, beda dengan Oli After Market yang jelas-jelas direlease ke publik spesifikasi Oli tersebut dalam dokumen Data Sheet/MSDS, disitu ada nilai TBN, VI, KVI, Flash Point, dll, lengkap, sedangkan MPX/SPX ?, Masih misteri hingga detik ini 😀

So, yg mana oli gak jelas dan yg mana oli jelas itu bisa disimpulkan sendiri :D, namun yg jelas, pengalaman ane membuktikan oli MPX dan SPX mudah menguap, performa biasa aja, aksel biasa aja, suara mesin kasar, kenyamanan mesin mudah hilang jika oli sudah dipakai diatas 1500 KM 😀

Ane sih yg pasti-pasti aja, milih oli yg transparan aja mengenai spesifikasi oli tersebut.


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s