jump to navigation

Akselerasi CBR150R lokal Unggul Tipis dari R15.. Kok Bisa….? 10 September 2014

Posted by MazPed in Opini.
trackback

image

Lagi rame di warung kang haji TMC-Blog mengenai Akselerasi CBR150R lokal unggul tipis dibanding R15… ane sendiri pada awalnya kaget…

Lho…. kok bisa begitu ya..???

Sebelumnya…. ane mengira, akselerasi R15 harusnya lebih bagus ketimbang CBR150R lokal dengan melihat data spek keduanya CBR150R power max 17,1 PS @10.500 rpm dan torsi max 13 Nm @7500 rpm dengan berat 143 kg.

Sedang R15 Power Max 16,59 PS @8.500 rpm dan torsi max 14,5 Nm @ 7.500 rpm dengan berat 136 kg .. .

Dari data dapat di tarik Power to weight Ratio (PWR) dari CBR 150R 0,1195 PS/kg dan PWR Yamaha R15 sebesar  0,1219 PS/kg.

image

Logikanya… untuk tarikan awal.. R15 unggul.. apalagi dengan range percepatan 0 – 60 km/jam saja..
Untuk 60 km/jam ke atas pasti akan beda lagi hasilnya.

Karakter CBR150R CBU memang ane akui agak kedodoran di putaran bawah, baru nendang di rpm 7000 keatas, kebalikan dari R15 yg pernah ane jajal di alun-alun Wates dulu… nampol banget tarikan bawahnya. Dan jujur ane kasih jempol buat R15 buat akselerasinya.

Jadi kalo akselerasi CBR150R bisa mengimbangi R15 itu sesuatu banget buat ane.

Power CBR150R lebih besar dari R15 tapi torsi CBR lebih kecil.
Torsi ini erat kaitanya dengan akselerasi.

Masalah top speed entahlah.
Apa akan drop…?
Atau malah tambah melejit..

Dengan memperbesar sproket belakang 3 mata, logikanya gear 6 jadi memiliki torsi lebih besar ketimbang versi CBU, sehingga masih mampu untuk mengail kecepatan puncak karna gak overdrive.

Tapi nunggu fakta dilapangan aja dah.. daripada mumet…

image

CBR150R lokal dengan paduan sproket 15-46 ternyata mampu mendongkrak akselerasi mengimbangi R15 itu udah cukup bagus buat ane, setidaknya bisa jadi solusi buat CBR150R CBU yang mau ningkatin akselerasinya.

Paduan gear CBR150R CBU 15-43 pasti akan lebih nampol dengan racikan sproket 15-46.
Nanti akan coba ane buktikan.

Last…. ini hanya sebatas opini pribadi ane sebagai manusia awam yg gak paham hitung-hitungan kek gini.
Masih perlu upgrade pola pikir juga nih. Ngoahahahahahaha.

CBR150R lokal vs R15 memang cukup bikin puyeng sang calon buyer.
Semua punya keunggulan masing-masing.
Kenapa dibikin mepet-mepet..?
Ya itukan strategi marketing mereka.
Bagaimana membuat produk yang bisa mengimbangi spek kompetitor dgn harga seimbang juga.

Mau spek lebih tinggi…???
Bisa saja… tentu harga juga akan tinggi…

image

Pilih mana…??
Kembali ke selera masing-masing.

Iklan

Komentar»

1. orong-orong - 10 September 2014
2. rusman - 10 September 2014

11 12

3. kudo78dk - 10 September 2014

nggak usah bingung.. tinggal siapin dompet ato atm 😀
http://78deka.com/2014/09/10/antara-r15-dan-cbr150r-pilih-mana/

MazPed - 10 September 2014

Pilih R3 yang roda 4

(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))

tsaqifabu - 11 September 2014

Cikarang tambah macet?

4. gaplek mania - 10 September 2014

saya akui saya FBH lik walaupun begitu saya milih cbr150 buahahaha… tuku ah nek enek turahan duit

5. Rideralam - 10 September 2014

test milik konsumen

6. aanhamzah - 10 September 2014
7. adiatm27 - 10 September 2014

gak usah puyeng lek,,,

r15 cocok gawe nggaru sawah kok,,,
nah,,,
CBR150R LOKAL, cocok nggo nglindes para fby’er wkkkkk…… :v

8. sijidewe - 10 September 2014

perang baratayuda tenan lek iki….. ayo buktikan (gear 46 ngko aku nyontek) :mrgreen:

sijidewe - 10 September 2014
9. RPMspeed - 10 September 2014

top spit gmna ya 😀

—————————————
Pasang Turbo di Motor Yuk !
http://rpmsuper.com/2014/09/09/pasang-turbo-di-motor/

10. mazpoetu - 10 September 2014

honda gituw lhoh….

11. Bejo - 11 September 2014

Menang telak ya cbr ahm

12. Fitready - 11 September 2014

ditunggu review aplikasi komponen lokal di cbu nya 😀

13. Ferboes Richardson - 11 September 2014

tetep bingung milih mas…

Adu banteng Yamaha R15 vs CBR lokal 😀
http://ferboes.com/2014/09/10/yamaha-r15-vs-honda-cbr150r-lokal-versi-ferboes-com/

14. NuKasev - 11 September 2014

Gear #46 aja bisa ngacir, apalagi gear #93 ya 🙂

Anonim - 11 September 2014

Cbr250 aja di injek2 sma R25….apalagi cbr150r lokal kualitas lokal bkn kualitas eksport, R15 n R25 kualitas eksport bro….yamaha semakin didepan…

MazPed - 11 September 2014

Nanti biar MS yang berbicara masbro

15. wahyu - 7 Oktober 2014

wew
persaiangan kendaraan brmotor semakin ketat..
dan jalan raya pun semakin padat..

16. Anonim - 13 November 2014

saya sudah test drive baik R15 atau pun CBR 150 lokal, speed sama sama aja, rasanya lebih nyaman untuk dikendarai adalah CBR 150R lokal, saya tidak fanatik merk tertentu, saya coba dua duanya karena ada niat mengambil motor sport u/ pendamping roda 4 saya, alias beli roda 2 sport u/ jalan2 sore atau sabtu minggu saja, jadi pasti saya mau yg nyaman dan speed juga lumayan (namanya juga cuma 150cc), saya putuskan ambil CBR 150R lokal (kendaraan nyaman yg mudah dikendalikan di top speed dan tarikan awal juga di tikungan berkelok2).

MazPed - 13 November 2014

Yup….. sesuaikan ama selera saja masbro..

Anonim - 3 Januari 2015

Bro kalau cbr 150 sama r15 tinggian mana dari posisi jok ke bawah


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s