jump to navigation

Mengenal Jenis-Jenis LED ( Part 1 DIP ) 25 September 2014

Posted by MazPed in Review.
Tags: , , , ,
trackback

image

Sebuah artikel request dari pembaca nih..
Bahwasanya pada saat chat dgn sobat semua, entah via Whatsapp, BBM, fb atau yg lain.. hal ini sering kali di tanyakan…

Lampu LED yang di pake jenis apa bro..??

LED ( Light Emiting Dioda ) merupakan komponen semi konduktor yang dapat memancarkan cahaya dengan konsumsi daya yang kecil dan tahan lama alias awet pol.
Nah… sambil kita sama-sama belajar.. yuk kenalan ama beberapa jenis LED yang ada di sekitar kita

LED DIP ( Dual In-Line Package )
image

LED paling jadul ini disebut LED DIP ( Dual In-Line Package )
LED ini sangat mudah di temui di toko-toko elektronika dan listrik.
Harga cukup murah ( antara Rp 400 – Rp 1000 /pcs ) dengan varian warna beragam, ada merah, hijau, biru, putih, kuning, bahkan ada yang 1 Led bisa menampilkan cahaya 3 warna , 7 warna dan masih banyak lagi.
Ukurannya juga macem-macem, ada yang diameter 3mm, 5mm, 8mm sampe 10mm.

image

Daya gak lebih dari 1 watt, dan hanya memerlukan tegangan kecil saja untuk bisa berpendar.
Spek selengkapnya silahkan cek pict di bawah.

image

Pada kendaraan… LED DIP ini banyak di aplikasikan pada Stop Light , pada Wingker (sein) buat lampu senja, LED strip dll.

image

image

SUPERFLUX / PIRANHA

image

Nah.. jenis superflux atau piranha ini sebenernya meterial sama dengan type DIP di atas, hanya saja cahaya yang di hasilkan lebih terang dan cerah.
Superflux memiliki 4 kaki sehingga membuat komponen ini lebih kokoh nancap di PCB.
Superflux banyak di aplikasikan pada Sein Spion pada Mobil, stop lamp mobil dan motor, sein dan macem-macem.
Di pasaran sedikit susah nyarinya.. pasaran harga sekitar. Rp 2000/pcs.

image

image

LED sepertinya akan banyak di gunakan dalam industri sepeda motor, varian-varian motor dengan headlamp LED, stop lamp LED, sein LED kini mulai banyak bermunculan.
Bahkan new PCX150 sekarang sudah full LED..
Karakter LED yang hemat energi dan long life time membuat lampu jenis ini banyak di minati.
Sayang untuk harga masih lebih tinggi dibanding bohlam konvensional.

So…..Masih banyak jenis LED lainyya masbro… seperti HPL, SMD, CREE , COB…
Kita bahas sama-sama di artikel berikutnya…

Semoga…. berguna

Pict dari berbagai sumber

Email : admin@mazped.com
Whatsapp : 0878 7148 8426
PIN : 7F999AC0
Fb : Revan Aditya

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 25 September 2014

menyimak suhu

MazPed - 25 September 2014

Suha suhu…
Suhu paypal po…

Wkwkwkwk

2. nbsusanto - 25 September 2014

part 2 tari baLED.. *nganggo sepatu hak tinggi*

3. sijidewe - 25 September 2014

waaa… aku pengen headlamp led

4. ndesoedisi - 25 September 2014

nyimak Om 🙂

5. kura kura - 26 September 2014

ulasan yg SMD dtgu..

6. gaplek mania - 26 September 2014

sampeyan iso gawe lik sing gambar terakhir kae?

MazPed - 26 September 2014

Ganpang lik…
Malah di gae variasi nak stanby mlaku bolak-balik koyo knight rider, nak ngerem ngeblink koyo lampu rem Fi kae…

Rep ngrakit ngunu kui males le gae PCB.

7. Mengenal Jenis-Jenis LED ( Part 2 SMD ) | MAZPED BLOG - 27 September 2014

[…] ) , setelah kemaren kita udah mengenal type DIP , yang belum baca artikel LED DIP silahkan klik disini, sekarang kita mencoba mengenal yang lebih canggih yaitu type SMD ( Surface Mounted Device ) atau […]

8. Triyanto Banyumasan - 28 September 2014

waini wis suwe ta enteni


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s