jump to navigation

Mengenal Jenis-Jenis LED ( Part 3 HPL dan COB ) 29 September 2014

Posted by MazPed in Review.
trackback

image

HPL ( High Power Led )
High Power Led biasanya tertanam di Luxeon atau Foglamp… untuk penerangan proyek2 bangunan atau pertambangan.
Dalam kehidupan rumah tangga HPL juga banyak dipake sebagai penerangan ruang, dekorasi aquarium dll.
Sejatinya HPL ini merupakan pengembangan dari type SMD dimana dalam satu penampang terdapat beberapa chip Led yang berjajar sehingga mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang di banding SMD.

Saya agak kesulitan juga mendefinisikan apa itu HPL, udah ngubek-ubek google juga wikipedia tetep gak nemu gan.
Namun jika melihat strukturnya memang gak beda jauh dari SMD, hanya saja HPL jumlah chipnya ebih banyak dengan penampang yang sama.
Maksudnya.. dengan bidang yang sama, HPL dan COB mampu menghasilkan daya yang lebih besar daripada type SMD atau DIP.

image

Itulah sebabnya HPL sering di sebut juga multi chip LED. IMHO
Cekidot struktur perbandingan jenis LED mulai dari DIP, SMD, HPL dan COB

image

HPL yang sering kita temui ada yang berdaya 1 watt, 3 watt, 5 watt, 10 watt, 20 watt sampe ratusan watt.
Harga mulai 5000 rupiah untuk 1 watt dan 100 ribuan untuk 20 watt. Mahal juga yak.
image

LED COB ( Chip On Board )
image

Sesuai namanya.. Chip On Board… LED COB ini merupakan sebuah hamparan ratusan bahkan ribuan chip LED yang tersusun pada satu papan.

Kelemahan LED SMD disempurnakan pada LED COB ini.
Maksudnya gimana…?
Ini erat kaitannya dengan Lumens dan Flux.
Nanti di bahas terpisah ya gan antara Lumen dan Flux.

LED kini tidak hanya sebagai lampu indikator saja, seiring perkembangan technology kini LED sudah dipergunakan sebagai penerangan ruangan seperti halnya lampu neon.

Secara logika, kita tak mungkin menyamai daya terang sebuah neon dengan beberapa LED SMD meski dengan daya yang sama.
Kelemahan HPL dan SMD adalah jangkauannya yang tidak luas dan tidak merata. SMD titik cahayanya nampak sehingga menimbulkan efek silau.
Nah dengan COB ini.. bidang sumber cahaya dibuat merata dan memungkinkan untuk di perluas sehingga mampu menggantikan neon.
Perhatikan beberapa pict di bawah untuk membedakan SMD dan COB.

image

image

image

image

COB banyak di gunakan pada penerangan ruangan, kalo pada kendaraan biasanya di pake buat DRL mobil.. lampu kabin, Angel Eyes dll.
Tapi kini sudah banyak headlamp motor atau mobil yang mengadopsi jenis LED HPL atau COB.
HPL dan COB kondang dengan hasil lumens yang tinggi dengan daya rendah.
Karna memiliki struktur pendinginan yang baik, maka LED jenis ini mampu bertahan hingga puluhan ribu jam. ELOK TENAN…

image

Last… di banding neon dan bohlam pijar, LED tetep juaranya soal terang dan hemat energinya.
Selain itu, LED tidak menimbulkan reaksi bahan2 kimia yang membahayakan.
Go green gitu.
Suatu saat ada kalanya neon akan tergantikan dengan LED.
Sudah pernah liat kan sekarang ada lampu penerangan LED merk Philip*
Harganya berapa…???

Gak perlu di jawab.. sudah pasti mahal.

Hehehehe semoga berguna…

Masih ada beberapa jenis LED lagi yang belum di bahas.
Salah satunya CREE…..

Tunggu artikelnya….

Email : admin@mazped.com
Whatsapp : 0878 7148 8426
PIN : 7F999AC0
Fb : Revan Aditya

Komentar»

1. MbahManten - 30 September 2014

Memang mahal yang LED, terakhir saya beli philips 7W » 55rb (promo) normal 75an. 10W » 90rb (promo) normal 110rb. 13W » 125rb (promo) normal 145rb. Itu harga di daerah saya. Tapi terangnya memang beda, lebih terang LED. 13W LED terangnya kayak philips essential 18-23W. Itu menurut saya sih.

2. Bejo - 30 September 2014

Lampu led merek ekonomat murah tp dioda nya sering mbledos bgtu pula dg merek philips jg sama

3. buyung - 30 September 2014

kalo Cree gimana mas??

MazPed - 30 September 2014

Sabar mas…
Bahasnya satu-satu biar gak mblenger.. hehehe

4. ghanet - 30 September 2014

mazped…pye lho?aku minat karo projie led vario kok g ada balasn..fb g’ d respon
minta no.hp ato pin.bb ne ya
bls k emailku m.456.un87@gmail.com
trim’s

MazPed - 30 September 2014

Gak ada pesan masuk nanyain projie tuh…
Mungkin mase gak nyantumin data diri sehingga ama sekurity di anggep sepam.. hehehehe

5. erwin - 30 September 2014

Suka yang berbau otomotif ya? Kebetulan nih gue ada info Bro, Proton salah satu brand mobil di Indonesia lagi ngadain kontes menulis blog, nah, kesempatan nih buat lo untuk ikutan kontes ini. Hadiahnya jutaan rupiah+merchandise menarik dari proton. Mau daftar? Klik disini, bro http://www.protonwritingcompetition.com/

6. gc133hijrah - 30 September 2014

70rebu yg 4 watt…. Harga alfamart. Ane pake d ruang tamu tuh….

7. mazpoetu - 30 September 2014

lampu led go penerangan ng kerjaanku harga kisaran Rp10,000 merk philip + garansi…tp biasa pake bohlam biasa 4/5 biji pake led 1 biji udah terang banget..

8. mazpoetu - 30 September 2014

ralat bukan 10rb.tp 10jt…hhh

9. Yudakusuma - 1 Oktober 2014

mantaf lek buat sinau 😛

10. WB - 1 Oktober 2014

Gan mazped mohon maaf sebelumnya saya mau nanya, saya pengguna vartech 125 kira kira baru setahun, gini saya mau nanya kan waktu itu lagi jaman jamanya lampu putih yang 30rban yang ada di bengkel bengkel, jadi saya pake tu lampu putih, lampu orinya saya simpe n.terus setelah lampu putih nya udah putus semua saya pake lampu orinya lagi, eh ternyata lampu orinya putus semua kanan kiri.Jadi saya mampir ke bengkel beli lampu, pas itu saya di tanyain lampu ori honda ato lampu biasa mas?, saya bilang lampu ori, saya liat si tuh bungkus warnanya merah ada segelnya sih yaudah saya beli.setelah kepasang la kok malah muncul kejadian aneh, tiap di gas tuh lampu makin terang, saya heran setau saya kan vartech pake aliran listrik DC harusnya kan mau di gas/enggak lampunya ga nambah terang tapi tetep stabil nyalanya.. nah ini kok punya saya kok kalo di gas nambah terang dikit ya ? Mohon bantuanya gan, saya newbie
TerimaKasih

11. Triyanto Banyumasan - 4 Oktober 2014

area taman nguliku menuju LED, target tahun baru, progress COB pengganti HPI-T di tahun baru 🙂

MazPed - 4 Oktober 2014

Wah… bakal panen HPL bekas iki..

Eh….

Triyanto Banyumasan - 4 Oktober 2014

Aku nemu cob sing mirip bokhlam casinge, wis mati, disinyalir elektronik 220 to 12 e rusak, dadi iso ta templeke montor, wis ono lensane barang. 😀 Tp rung kober ngutak ngatik je

12. sagti - 4 Oktober 2014

Mas aku mau membuat lampu ntuk shooting video yang menggunakan batery. Mohon saran alat dan bahan yang dibutuhkan

MazPed - 4 Oktober 2014

Batre 18650 biasanya yang di pake.
Lampu HPL.
Beli yang udah jadi ada kok.

sagti - 7 Oktober 2014

Sebelumnya saya telah membeli lampu sorot led 10W, 20W, 30W. Sumber AC. Bagaimana cara agar bisa untuk sumber accu 12V.

MazPed - 7 Oktober 2014

Pake driver yang buat 12 volt masbro

13. RichardGN - 4 Oktober 2014

kang, bisa buat perbandingannya sama lampu motor biasa gak ? ane mau beli led buat headlamp tapi gatau led nya berapa watt yg sama terang kaya lampu standar ane,

kalau berkenan bisa juga sih bikin artikel tentang ngerangkai lampu led buat headlamp yg DIY. jos gandozzz tuh (y)

MazPed - 4 Oktober 2014

Sudah banyak di bahas di sini mas.
Perbandingannya, cara masangnya, hasil sinarnya dll.

jipan23 - 8 Oktober 2014

MazPed klo lagi iseng bikin ky gini dong.. http://youtu.be/exeGUpYL1kA
plus kasih tau juga DIY nya ya
pengen bikin LED powered dari USB or powerbank.
thanks

14. anto - 13 November 2014

Mau tanya mas, jika lampu tanpa driver cocoknya diberi tegangan berapa volt? Sy pernah coba yg satu watt tanpa driver dikasih tegangan 4v nyala, tapi kalau dua lampu diseri kok tidak nyala kenapa ya? Padahal rangkaian aslinya tiga lampu diseri sumber tegangan dari driver. Trims

MazPed - 13 November 2014

Driver tu penaik atau penurun tegangan sumber.
Menyesuaikan tegangan Led nya.

15. akmal - 23 November 2014

Mau nanya mas..kalo Led buat aksesori lampu senja yg sampe 10 lampu itu berapa watt ya mas…?
Matur suwun

MazPed - 23 November 2014

SMD3528 itu curent arusnya 20mA.
Kalo 10 pcs brarti 200mA (0,2A)
Tegangan kerjanya antara 2,7 – 3 Volt.
Rumus daya = I x V = 0,2 x 3 = 0,6 Watt


Bagaimana Menurut Masbro....

