jump to navigation

Beberapa Cara Bikin Switch Passing 21 Desember 2014

Posted by MazPed in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

image

Switch passing atau lampu tembak sudah umum di pake di motor sport, namun sepertinya masih sangat jarang di temui di motor bebek atau matic ( versi pabrikan )

Nah… di artikel ini ane mau berbagi tips mudah yang murah sampe yang mahal untuk bikin switch passing di motor bebek atau matic.

image

Untuk pasang switch passing ini paling tidak sudah terpasang saklar anti AHOnya masbro.
Kalo masih AHO, switch passing terasa kurang begitu optimal karna passing pada AHO bisa dilakukan dengan memainkan saklar jauh dekat saja.

Disini ane sertakan wiring diagramnya.
Mulai dari wiring AHOnya sampe wiring diagram passingnya biar gampang ngurutin kabelnya.

image

Pict di atas adalah wiring standar motor AHO, minus saklar lampu utama.
Kalo mau pasang saklar lampu utama berikut saklar lampu senjanya, silahkan simak pict berikut.

image

Nah…. sekarang gimana kalo mau tambah fitur passing tanpa merubah atau menambah saklar passing.
Trik ini sangat mudah, bahkan lebih simpel daripada bikin saklar AHO seperti pict di atas.
Pada saklar jauh dekat, hanya kabel lampu dekatnya saja yang di masukkan ke saklar.
Jadi ketika saklar lampu utama OFF, dengan menekan saklar jauh-dekat ke posisi High, lampu jauh otomatis menyala.
Kembalikan ke posisi low, lampu kembali mati.
Simpel kan…
Silahkan simak wiringnya di bawah.

image

Mudah dan murah kan masberooo….

Masih kurang puas….???
Oke… ini tips yang mahal.
Kenapa mahal…? Karena kita musti mengganti saklar jauh dekatnya dengan yang sudah terintegrasi dengan tombol passing.
Harganya bikin emosi masberooo πŸ˜€
Contohnya pake switch passing dimmer milik matic Honda Eropa ini.
Soketnya berisi 4 kabel ya bro….

image

Untuk bebek dan matic Honda PNP…
Tinggal pasang saja.

image

Plung n Blung… sempurna.
Sekarang tinggal wiringnya.

image

Ini adalah soket saklar jauh dekat standarnya.. soket isi 3 kabel.
Kalo mau pake switch passing harus ganti kepala soketnya yang isi 4.

image

Lepas semua kabelnya dari kepala soket.
Caranya dengan menyelipkan obeng minus kecil pada pin pengunci seperti pict di atas, setelah pin pengunci terangkat ( intip dari lubang soket ) lalu tarik bersamaan antara obeng dan kabel.

Setelah terlepas.. pasangkan ke kepala soket yang isi 4 dengan posisi seperti ini.

image

Karna kabelnya 4, brarti ada tambahan 1 kabel masbro… yang kuning paling atas.
Sambung kemana…?

image

Sambung ke positif pada saklar lampu utamanya.

Kalo bingung silahkan perhatikan wiringnya di bawah.

image

Jossss masberooo… kini bebek dan matic pun bisa pake switch passing.
Mau pilih cara yang mana…. terserah masbro saja.
Tergantung kantong juga sih…

image

Switch passing matic Eropa tapi buatan Vietnam seperti pict di atas harganya lumayan mahal masbrooo.
Di pasaran sekitar Rp 250 ribuan.
Sobek tenan…..

Ada yang kefengend….?????

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - 21 Desember 2014
MazPed - 21 Desember 2014

Jiah… jadi inget Galaxy tab 3 nih…

Ngoahahahahahahahah…
Bikin ah…

Kobayogas - 21 Desember 2014

ayoooo

2. trie - 21 Desember 2014

mumet… beli saja vario milk masped… hoahoahao

3. lekdjie mumet-ndhase.com - 21 Desember 2014
4. ali.s - 21 Desember 2014

racunnnnnnnnnnn……

5. Harris - 21 Desember 2014

Mau nanya mas itu
1. misalkan kita pakai switch passing yg dari eropa. Ketika motor dihidupkan lampu depan(bukan lampu senja) langsung nyala atau engga?

2. Ketika pakai alat itu pas ditekan, keterangan lampu passing(sdh diganti) dan lampu jauh(blm diganti) apakah sama atau beda?

Nama barangnya apa ya yg harga 250rb pingin juga soalnya mas

MazPed - 22 Desember 2014

Switch passing bekerja seperti layaknya switch passing pada umumnya.
Lampu utama tetep mengikuti saklar on-off.
Passing bekerja hanya kalo di tekan saja.
Meski saklar off kalo passing di tekan ya lampu jauh nyala.
Kayak di Tiger atau megapro.
Prinsip kerjanya sama.

Sebelumnya maaf, saya kurang bisa menangkap maksud pertanyaan agan.

6. pramin - 21 Desember 2014

Maaf mw tanya mas,,
1.Itu nanti ngaruh ke spion gak mas??
2.klo salah nyambungnya bikin berubah suara kenalpot gak :mrgreen:

MazPed - 22 Desember 2014

Madyang min…..

7. motobikerz - 21 Desember 2014

oh gitu.. nyimak

Lapak Ekspedisi, cara belanja murah meriah digelar 7Gear Otista http://motobikerz.com/archives/9751

8. Acus - 21 Desember 2014

Kirain th, 2500 kburu kpincut modif modifan πŸ˜€

9. darmawan - 22 Desember 2014

Kui dudu metik eropa mas tapi gone new megapro fi.

ali.s - 22 Desember 2014

punya nya new megapro/verza beda lagi Gan

gambar–>

MazPed - 22 Desember 2014

Mossok….

Iki gone matic Eropa mas.
Jenenge Honda SH125.
Nek gone Megapro fi memang cara kerjanya sama, tapi gak bisa di pasang di bebek/matic.

10. ali.s - 22 Desember 2014

Mas, kalo varionya masih orisinil AHO, pass beam nya bisa tetep bekerja?

MazPed - 22 Desember 2014

Bisa

ali.s - 22 Desember 2014

Bisa minta tolong dibuatkan Mas skemanya kalo passbeam nya masih standar aho, biar tidak ada keraguan di dalamnya. hehehee..

MazPed - 22 Desember 2014

Sudah di jelaskan di atas.
Kalo masih AHO pasang pass beam gak begitu pengaruh.
Mainkan aja saklar jauh dekat udah kayak pass beam.

11. donydedon - 22 Desember 2014

mas, saya berniat akan mengaplikasikan di vario 125 milik sya.
switch passing Honda SH125 bisa di dapat di mana ya mas?

12. Anonim - 22 Desember 2014

Mas klo in di aplikasihan ke vario mmc bisa gak? Dari dulu pingin aplikasi in mas :g

MazPed - 22 Desember 2014

Bisa…
Buat apa aja bisa

13. st3v4nt - 22 Desember 2014

Di PCX bisa pnp gak mas bro? Sampeyan jual gak?

14. Kluban.net - 22 Desember 2014

masih manual

15. goozir - 22 Desember 2014

jangan tanya ” bisa ngga mas” kalo soal listrik semua bisa dikerjakan ama mazped, motor matik jadi genset juga bisa kalo mau. yang penting ada duitnya .

ya ga mazped … kaburrrrrrrrrrrrrrr

http://www.goozir.com/2014/12/motor-yang-akan-launching-di-india-2015.html

16. orong-orong - 22 Desember 2014
17. setia1heri - 22 Desember 2014
18. usup - 26 Desember 2014

mas klw mlm hari msih bisa di pakai lampu jauh nya? Trus klw buat bebek blm fullwave bisa gk?

19. moezib - 28 Desember 2014

Mas, ane udah hmpir 2 th pake trik ngakali AHO V125. Yang nyabut kabel lampu dkt itu, alhamdulillah Aki aman2 aja..
Trus ane pasang saklar bbrp hari yg lalu pake trik yg baru ini.. Ee mlah Aq jd lemah.. 😦
Keadaan perlampuan motor standar.. Cuman lampu senja & blk pake led

moezib - 28 Desember 2014

Maaf Salah nulis :D..
Mkstnya AKI jd lemah….

MazPed - 28 Desember 2014

Umur aki normal cuman 1,5 tahun..
Kalo bisa lebih dari itu ya bagus.

Memang sudag waktunya ganti aki

moezib - 28 Desember 2014

Hehe.. Oh gt
Soalnya kbtln bgt mas.. Stlh 2hr pasang saklar, ehh buat stater udh ξš•β€Žβ€‹β€Žβ€‹GΜ…Μ²ΜΆΓ£KΜ…Μ²ΜΆξš• bisa..
Temen ane nyaranin pake Aki satria, Apa aman mas?

awe - 28 Desember 2014

Aki motorku 6 th 4 bulan masih jozz..

20. Widodo - 31 Desember 2014

itu beli switch passingnya dimana mas? apa di ahass ada? kode barangnya apa?

21. DannyRoesman - 3 Januari 2015

Mazped, itu Switch nya jual dmn? Mau dong mau, kalo ready langsung ane bayarin wkwk
#HV125OC #JKT

MazPed - 3 Januari 2015

Jakarta beli ama pak Wiet aja.

DannyRoesman - 5 Januari 2015

oalaah di Pak Wiet ada ternyata, oke sip lah thanks Mazped wkwkwk πŸ˜€

22. Aa Ikhwan - 13 Januari 2015

manteb..menguasai πŸ˜€

23. aditya tulus julianto - 16 Januari 2015

mazzzzz, ngiler akuuu, tuku neng ngendi kuwi, kuwi inden barange opo langsung teko? salam wtf.


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s