jump to navigation

Uji Sinar Cree – Luxeon – COB 12 Januari 2015

Posted by MazPed in Review.
Tags: , , ,
trackback

image

Mengobati rasa penasaran mengenai output sinar Cree – Luxeon – COB masbro.
Kali ini saya coba mengkomparasikan sinarnya biar ketauan plus minus masing2 Led.

Untuk bentuk fisiknya.. masbro bisa liat pict di atas..
Antara Luxeon dan COB sebenernya sama aja.
COB merupakan pengembangan dari Luxeon.
Dimana “chip” led pada Luxeon di buat lebih merata pada COB sehingga pada COB sinarnya lebih rata juga tanpa ada spot-spot chip seperti pada Luxeon.
Bentuknya pun lebih tipis COB daripada Luxeon.
Sedang Cree memang dari awal sudah berbentuk kecil, bahkan sangat kecil sehingga mampu menghasilkan keluatan flux lebih besar daripada Luxeon meski dalam ukuran lumens yang sama.

image

Pada sesi experimen ngawur kali ini..
Saya menggunakan casing projie COB.
Dimana nanti tiap led di uji menggunakan casing Projie yang sama biar bener2 adil dalam membandingkannya.

image

Fokus bisa di atur sedemikian rupa karna casing projie ini bisa di seting jarak antara led dengan lensa, sehingga nanti pas pengukuran tiap led berada di titik fokus maksimalnya.

Pertama yang kita uji adalah Cree 10 watt 6000K

image

Cree saya pasang di tempat led seperti pada pict di atas.. pasang drivernya lalu masukkan ke casing.
Hubungkan dengan power suply 12 volt , seting fokusnya dan kita lihat hasilnya.

image

Cree tampak fokus.. sinarnya tebal namun bidang yang tersorot lumayan kecil.
Kita ukur kekuatan cahayanya menggunakan flux meter biar jelas.

image

Cree menghasilkan cahaya 1295 x 100 lux.

Oke… data kita simpan dulu.

Lanjut uji pake Luxeon.
Luxeon yang di uji ini speknya sama dengan Cree tadi. 10 watt 6000K.

image

Luxeon kita perlakukan sama dengan Cree tadi.
Hasil output sinarnya silahkan di intip.

image

Luxeon memiliki bidang sorot yang lebih luas.
Terdapat titik-titik spot putih kotak-kotak sebagai efek spot chip luxeon.
Efek ini tak akan di temui pada COB.

image

Mari kita ukur dengan flux meter.

image

Luxeon hanya menghasilkan cahaya 240 x 100 lux.
Jauh banget ya jika di bandingkan dengan Cree…
Ya maklum.. dari segi harga saja Cree bisa 2x lipat harga Luxeon kok 😀

—–
Kesimpulan…
Luxeon memiliki bidang sorot lebih luas dibanding Cree.. itulah sebabnya sinar Luxeon terlihat lebih tipis dibanding Cree meski keduanya memiliki Lumens yang sama.

Buat gambaran kita bisa ambil contoh alat steam air yang biasa buat cuci mobil / motor.
Semakin kecil semburan air.. maka kekuatannya semakin besar.
Sebaliknya.. semakin lebar semburan air maka kekuatannya makin lemah.

Luxeon lebih cocok buat foglamp.
Jika di motor lebih cocok buat lampu jarak dekat..
Luxeon kalo buat lampu jauh… sinarnya makin ilang masbro..
Jadi kurang rekomended kalo buat lampu jauh.

image

Sebaliknya… Cree lebih cocok buat lampu dim / lampu tembak / lampu jauh.
Kalo buat lampu dekat tetep terang… tapi bidang sorotnya kecil..
Kalo buat lampu jauh… sinarnya kuat dan jelas meski pada jarak 100 meter sekalipun.

image

Sooo…. bisa buat referensi bagi yang mau pasang Led.

Ada pertanyaan…???
Silahkan corat-coret aja di kolom komentar…

image

Semoga berguna….

Iklan

Komentar»

1. MazPed - 12 Januari 2015

Pertamax..

Ngoahahahahahahahah

giripur - 14 Januari 2015
2. riko - 12 Januari 2015

mantap eksperimen nya mas,semoga kepingin. .

3. Wobby - 12 Januari 2015

Mazped, projie cree tsb kalo d pasang d k45 piye yoo sorotan lampu ke jalane ? 😀 hihi

4. septianpuguh - 13 Januari 2015

sinarnya ga kayak skupi ya? kalo skupi kan (lampu dekat) jatoh kejalannya rata

5. Aa Ikhwan - 13 Januari 2015

ajib

6. nbsusanto - 13 Januari 2015

lampu lampu..

7. Kluban.net - 13 Januari 2015

puadyang

8. kompor - 13 Januari 2015

kayanya luxeon jg bisa buat dim, klo fokus projie nya diset ulang lg 😉

9. orong-orong - 13 Januari 2015
10. ms - 13 Januari 2015

yang cob mana?

11. mydasign - 13 Januari 2015

nah kurang COB ne kang… 😀

12. lekdjie mumet-ndhase.com - 13 Januari 2015

Larang mesti

13. ulin indonesia - 13 Januari 2015

klo di pasang di soul jadul cocok gk ya???

MazPed - 13 Januari 2015
MazPed - 13 Januari 2015
14. 18++ - 13 Januari 2015

sik sik robot ompongku iseh picek. po tambahi siji neh yo..

15. goozir - 13 Januari 2015

yang cob ga di coba ko cree ama luxeon doang gimana nih mazped ga adilll kasian si cob ga ikutan

http://www.goozir.com/2015/01/pulsar-160ns-ternyata-tidak-sepenuhnya-benar.html

16. motobikerz - 13 Januari 2015

berguna sekali

Bahan referensi buat yg hobi turing & wisata
Ini dia Tugu Titik Nol Kilometer Anyer – Panarukan http://motobikerz.com/archives/10011

17. acus - 14 Januari 2015

tp luxeon hebatnya bisa di jauh dekat kan

MazPed - 14 Januari 2015

Gak bisa

18. at0zz - 14 Januari 2015

ce o be nya mannnaaa 😦

19. andhi_125 - 14 Januari 2015

milih endi yoo??

20. gaplek mania - 14 Januari 2015

la COB e endi hasile?

21. axo92 - 20 Januari 2015

COBnya mana?


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s