jump to navigation

Headlamp Led Vario 150 dan Vario 125 tuh Brapa Watt sih..?? 17 Januari 2015

Posted by MazPed in Review.
Tags: , ,
trackback

image

Telah kita ketahui bersama bahwa all new Vario 125 dan Vario 150 telah mengadopsi headlamp type LED…
Keunggulan LED ini jelas… free maintenance, long live , save power hingga 80% dan lebih terang 80% dari bohlam konvensional.

image

Nah… seberapa terang sih headlamp LED Vario 125 dan Vario 150 ini…???

Setelah kemarin kelar test ride mengitari area Taman Mini sebanyak 2 lap… lalu kemudian kembali ke “markas”… kita masuk ke sesi presentasi product knowledge.
Nah… pada brosur katalognya setelah saya cari-cari di kolom data speknya kok tidak di cantumkan berapa daya lampu utamanya.
Langsung saja pas sesi tanya jawab.. saya tanyakan kepada Bpk Sarwono Edhi selaku bagian tehnical AHMnya.

Setidaknya ada 2 point penting yang saya tanyakan :

1.Berapa sih daya lampu utama Vario 125 dan 150 ini…?

2. Karena telah menggunakan lampu utama type LED… otomatis beban daya akan lebih kecil daripada Vario 125 versi sebelumnya, apakah ada perubahan pada altenatornya selaku pengisi tegangan listrik ke accu…?

image

Jawaban dari AHM :
1. Daya LED pada Vario 125 dan Vario 150 adalah 2,6 watt.
Lebih besar dari Vario 110 fi yang hanya 2,2 watt saja.
Karena Headlamp Vario 125 dan Vario 150 ini menggunakan 4 buah LED…. maka hitungan totalnya sebagai berikut.

image

Low beam Vario 125 dan Vario 150 tampak pada pict di atas.. dimana hanya 2 buah LED sisi kiri kanan saja yang menyala.
Jadi total dayanya adalah 2 x 2,6 watt = 5,2 watt.

image

Posisi high beam… semua lampu LED menyala… yang 2 buah di samping juga 2 buah di tengah..
Jadi total dayanya adalah 4 x 2,6 watt = 10,4 watt.

Gile gak tuh berooooo….
Total hanya 10,4 watt saja…..
….. tapi 80% lebih hemat daya dibanding Vario 125 versi sebelumnya ( 2 x 25 watt = 50 watt ) dan memiliki intensitas cahaya yang lebih terang 80% dari Vario 125 versi sebelumnya.

image

2. Nah… untuk altenator menurut saya sih sama.. karna terintegrasi dengan ACG, jadi gak mungkin kalo dikurangi.
Tapi pengisiannya berbeda.
Tidak dijelaskan arti berbeda itu terjadi kenaikan atau penurunan… logikanya turun lah ya.
Maksutnya pengisian ke aki disesuaikan… berarti tidak sebesar Vario 125 versi sebelumnya guna menghidari overcharge… dalam hal ini yang maksut disesuaikan adalah ukuran kiproknya sebagai penghubung sekaligus pengatur debit arus listrik yang masuk ke aki…

Perlu di pertimbangkan nih buat yang mau pasang HID… karna pengisian ke akinya gak sekuat yang lawas….

Masih ada yang mau di tanyakan seputar headlamp LED..???

Yang pada galau….
Semoga diberikan ketabahan dan dilancarkan rezekinya.

Aaamiiin…!!!

Iklan

Komentar»

1. faiq - 17 Januari 2015

wow… oia itu kira kira panel depan bila di aplikasi ke vario 125 lama langsung plug n play apa kagak bro ?

MazPed - 17 Januari 2015

Gak bisa kayaknya

2. matt - 17 Januari 2015

alternator ttp sama. mungkin pengaturan regulasi pada ECU yg berbeda, seperti pada ISS lebih besar dibanding versi biasa. berarti ini mungkin lebih kecil pengisiannya dibanding vario125 biasa yang memakai bohlam halogen.

MazPed - 17 Januari 2015

Betul… beda di kiproknya.
Altenatornya kan gabung ama ACG, gak mungkin kalo di kurangi.
Lebih masuk akal kalo kiproknya yang di kecilin.

3. Afrishinoda - 17 Januari 2015

Pict yg bmr 3 dri atas itu motor apa bro?

MazPed - 17 Januari 2015

Cek di artikel sebelumnya masbro…
Itu Vario 150 versi modif

4. ryan - 17 Januari 2015

iku irenge dof mas?

MazPed - 17 Januari 2015

Yup…

5. abu zahran - 17 Januari 2015

fitur lainya donk mazped

6. osmond - 17 Januari 2015

kalo headlamp Led spt itu repot buat dioprek2, mau dijebol sayang, harga headlamp 1 set barunya bisa 700rb lebih, lagi an aselinya jg udah keren.

MazPed - 17 Januari 2015

Ya…
Tapi buat yang mau nekad gak papa.
Bisa kok di ganti yang watt’nya lebih besar..
Atau ganti warna putih warm untuk low beamnya.

7. SANSINNO.COM - 17 Januari 2015

woooww

———————–
izin share para biker..sudah selayaknya kita menghormati hak pejalan kaki, karena setiap hari ada 18 pejalan kaki yang tewas karena ulah kita menyerobot trotoar.

http://sansinno.com/2015/01/17/18-pejalan-kaki-tewas-setiap-hari-karena-pemotor/

8. klowor - 17 Januari 2015

spek CVTnya dibahas dong mazpret,kali aja bisa substitusi.Saya ngincer gir reduksinya new vario 125,katanya lebih berat dikit

9. Acus - 18 Januari 2015

LED ITU DINGIN

10. hanipp - 18 Januari 2015

lampu led vario 150 saat hujan ato berkabut masih tembus gak?

MazPed - 18 Januari 2015

Tembus kok mas..
Meski putih tapi safety buat segala cuaca.

11. badak - 18 Januari 2015

ebusettt mahalllk bener lednya ya,padahal led cree 8 watt plus projie mini cuma 80 ribu diglodok lha ini kalo beli dihonda kok 750 ribu,honda ngambil untungnya kebanyakan nih

MazPed - 18 Januari 2015

Situ tak kasih duit 500 rb bikin HEADLAMP Vario 150 komplit bisa gak.

Ngoahahahahahahahah

12. Afriansyah - 19 April 2017

Untuk kabel lampu vario 150
Itu selain kabel lampu jauh dan dekat serta kabel masa itu kabel nyambung kmn lagi y soalnya jumlah kabel lampu utama vario 150 lebih dari 3 di luat kabel lampu sen


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s