jump to navigation

Pasang Spido NMP di Verza bag 1 ( Wiring Diagram ( PIN OUT ) Spido NMP Fi ) 22 Januari 2015

Posted by MazPed in Modif Kelistrikan.
Tags: , , , ,
trackback

image

Artikel request dari beberapa pembaca nih…
Mengenai pin out spido NMP Fi masbro…
Kenapa NMP Fi…??
Karna spido ini yang mudah buat di aplikasikan ke Verza…. selain koso.
Koso bisa juga… tapi harganya bikin emosi.

image

Verza menjadi salah satu motor laki yang gak punya fitur tachometer sebagai penunjuk putaran mesin (rpm)
Kurang afdol rasanya kalo motor laki kok gak ada RPMnya… kalah ama FU.. xixixixi…

Kenapa mesti NMP Fi…
Motor injeksi ya harus pake spido dari generasi injeksi juga.. selain spido injeksi ya gak ada lampu MILnya.
Selain itu biasanya RPMnya ngaco kalo pake spido dari gen karbu.
Bisa kok pake yang lain seperti CBR150R atau CB150R yang memiliki sensor speed sama plek.
Tapi kalo pake spido CBR150R atau CB150R, fitur penunjuk suhunya mubadzir.. alias gak kepake…
Dari segi bentuk juga kayaknya lebih cocok NMP Fi untuk dipasang di Verza.

Selera sih…

Langsung saja siapkan alat sederhana buat menjinakkan nih spido.
Seperti biasa…
Alatnya cukup pake soket Supra X 125 lawas yang memang memiliki bentuk soket sama dengan Verza, NMP, CB150R, Vario 125 dll.

image

Tapi….. untuk di pasang di Verza kita perlu 2 tambahan kabel berikut pin soketnya seperti pict di atas.

2 kabel tambahan buat apa sih bro..?

Pertama jelas buat kabel input RPMnya yang nanti di hubungkan ke ECU.
Kedua sebagai back up jam digital biar ketika kontak di off, jam tidak nge-reset ke 01:00 lagi.

Paham ya…

image

Alat kedua berupa adaptor 12 Volt buat ngidupin spido…
Alat lainnya sebuah multivibrator sebagai pembangkit frekwensi untuk menggerakkan speed digitalnya juga jarum RPM.

Langsung saja kita simak wiring diagram ( pin out ) spido NMP Fi.

image

1. Kosong
2. Pulse/sinyal sensor speed ( kabel putih )
3. Sinyal RPM ( kabel kuning garis hijau )
4. Indikator MIL ( kabel hitam garis biru )
5. Negatif sensor speed ( kabel hijau atau hitam)
6. Kosong
7. Kosong
8. + 5 Volt sensor speed ( kabel pink )
9. Indikator Neutral ( kabel hijau garis merah )
a. Positif ( kabel hitam atau putih garis hijau )
b. Bahan bakar / fuel ( kabel kuning garis putih )
c. Kosong
d. Negatif ( kabel hijau )
e. Indikator Lampu Jauh ( kabel biru )
f. Indikator sein kanan ( kabel biru muda )
g. Indikator sein kiri ( kabel oren )

Kabel akinya belum ketemu masbro…
Maklum gak liat kabel dari soket asli NMP Fi.
Tapi tanpa kabel aki kok jamnya gak nge-reset ya ketika sumber listrik di lepas.
Nanti kalo ada pengembangan… langsung segera di revisi.

image

————————–
————————–
Informasi tambahan mengenai kabel sensor speed.
Pada artikel terdahulu… mengenai kabel + sensor speed, kabel – sensor speed dan pulse sensor speed… masih banyak yg belum paham.

image

Jadi gini…
Sensor speed saya ambil contoh punya Versa…
Sensor speed merupakan sebuah sensor aktif.
Aktif disini maksutnya…. sensor ini butuh tegangan listrik untuk bisa bekerja.
Nah… tegangan itu di ambil dari spido… biasanya sebesar +5 Volt.
Pada soket spido biasa di beri kabel warna pink, sedang di sensornya kabel warna merah.
Kabel hitam pada sensor speed merupakan negatifnya.
Sedang kabel putih sensor speed adalah sinyal output dari pembacaan sensor terhadap sinyal yang dihasilkan dari putaran roda.

Jumlah sinyal per 1 putaran roda pada tiap sensor speed motor tu beda-beda masbro.
Jadi belum tentu akurat jika di kanibal ( di oplos )

Misal…. untuk Verza, NMP karbu, NMP Fi, CBR150R, CB150R memiliki 8 sinyal sinus pada tiap 1 putaran roda.
Jadi sensor speed motor di atas bisa saling tukar karna jumlah magnitnya sama.

Untuk Byson ada 6 sinyal per 1 putaran roda.
FU ada 12 sinyal, CS1 ada 3 sinyal dan NVL ada 44 sinyal.

Jadi jangan heran kalo NVL sulit di aplikasikan ke motor lain karna jumlah sinyalnya lumayan banyak di tiap putaran rodanya… dan sensor speed NVL tidak bisa di akali melalui sensor roda jadi NVL harus mengikuti sensor speed aslinya melalui sektor engine seperti halnya Supra X 125.
Kecuali kalo pake alat pemanipulasi sinyal menggunakan microcontroler… itu baru ada harapan bisa pake sensor roda.
Belum sempet nyoba euy…

image

Skip… skip…

Kembali ke spido NMP Fi…

Kira-kira… ada gak pemilik Verza area Jabodetabek yang mau di acak-acak buat di pasangin spido NMP Fi ini..

Kalo ada…. contak ane yak..

Email : admin@mazped.com
Whatsapp : 0878 7148 8426
PIN : 7F999AC0
Fb : Revan Aditya

Semoga kepengen…..

Iklan

Komentar»

1. bacangaja3 - 23 Januari 2015

Wuih cakep nih 😀
sekarang masih pake spido NMP karbu di verza, dan takonya ga jalan, semoga pake ini work normal di verza, ikut mantau ah 😀

thanks bro sharenya

2. gondes - 23 Januari 2015

Request artikel saya kok belum om,yang motor stater dan generatornya vario 150 itu gimana sitem kerjanya dari motor stater kok jadi generator

MazPed - 23 Januari 2015

Sabar yo bosss 😀

3. Luthfi - 23 Januari 2015

Kira-kira abis berapa om buat spedo nmp fi ini?

4. Provaiders - 23 Januari 2015

Bro artikel yg mantap keren abis. Cuma sayang ane masih kurang paham euy. Pengen cb tp takut. Hehe. Baru cb2 pasang jam digital mobil nih sama pemantik api buat ngcas hp dikala lg turing ga ad colokan. Hahaa
tp bro ngemeng2 klo pake rpm aftermarket di verza kira2 bs normal ga ya? Takutnya malah jd ngerusak ecu nya.. haddeeuuhhh

5. benjoel - 23 Januari 2015

Ada sih, masalahnya geratis engak??
Sukur sukur dapet bonus spedo koso kalo gagal, karena motor persah nya di ubrak abrik ra jelas

Ngehehehehehe

MazPed - 23 Januari 2015

Lho….

Jangankan yang gratis..
Yang mau bayarin aja banyak…
Ngapain milih yang maunya gratis..

Ngoahahahahahahahah…. 😀

kevin - 24 Januari 2015

Banyak ya ditanggung resikonya

MazPed - 24 Januari 2015

Resiko apa maksutnya.

6. Ricky Jp - 23 Januari 2015

mantep Bgt bro…… ikut Mantau dulu,,,,

7. FajarPerdana - 23 Januari 2015

Karo sing NMP karbu podo to kang ?

MazPed - 23 Januari 2015

Beda jauh dalemanya

8. andhi2010 - 23 Januari 2015

semarang

9. klowor - 23 Januari 2015

ulas juga sensor RPMnya ya mazped

10. rusman - 23 Januari 2015

wew, bikin galau lagi nih

11. Nanang riyadi - 24 Januari 2015

Bukane satria fu sensor speednya dah digital om?????request agr bisa dipake di supra x 125. Mungkin ada rekan yg laen penasaran

MazPed - 24 Januari 2015

Beda… jumlahnya beda.
Jadi perlu di konversikan dulu.

FU itu 4 sinyal di gear depan.
Karna gear depan FU 14 belakang 43.
Maka kalo di itung per 1 putaran roda ketemu 12 sinyal.
Supra X lebih gedhe lagi, sekitar 50 sinyal per 1 putaran roda.

Kalo cuma asal nyala bisa..
Tapi kalo butuh akurat.. agak susah

12. mbib - 28 Januari 2015

buat tiger lama bisa ga pk spido nmp?

MazPed - 28 Januari 2015

Bisa banget mas.

13. Rinaldi - 28 Januari 2015

kalo mau pasang gimana mas? untuk harganya bisa dikasih tau donk buat dipasang di verza


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s