jump to navigation

Inilah Vario 110 Injeksi dari Sulawesi 23 Februari 2014

Posted by MazPed in Modif, Modif Kelistrikan, Review.
Tags: , , ,
trackback

Vario 110 injeksi Sulawesi

EIT…. penampakan di atas bukan calon motor injeksi Honda yang akan brojol lho… Tapi Vario 110 MMC yang sukses di injeksikan… Gak salah dong kalo namanya Vario 110 Injeksi :mrgreen:

Masih inget artikel ane mengenai meng-INJEKSI-kan motor karbu ( artikel klik disini ) yang dulu pernah ane aplikasikan ke Vario Techno 110 di bengkel milik mas Gepeng tetangga ane di Kulon Progo yang ternyata hasilnya mantap bener…

Yup… ane dah coba langsung soalnya, tarikan yahud banget, tapi sayang karna terlalu asik ngebengkelnya jadi lupa mengabadikannya.

Bermula dari artikel tersebut ada seorang mekanik handal pemilik Ifamotosport asal Luwuk Banggai Sulawesi Tengah tertarik untuk mengaplikasikan paket injeksi ke Vario 110 MMC miliknya.

Konsultasi nyantai mengenai kendala-kendala apa saja yang di temui, ane pun mencoba menjabarkan detil apa saja yang perlu di seting , perlu di ubah , perlu di utak atik ketika ane pasang di Vario Techno 110 dulu.

Setelah paham titik – titik kesulitannya, akhirnya paket injeksi oplosan pun ane terbangkan ke Sulawesi.. werrrrr…………

Kenapa ane sebut oplosan….?? Soalnya waktu itu paket injeksi gak ada yang lengkap, jadi part – part injeksi punya Scoopy Fi , Beat Fi juga Spacy Fi di kanibal buat melengkapi , toh liat kodenya sama saja antara ketiga motor tersebut, bedanya hanya di bagian wiring harness ( kabel body ) saja.

Mengenai part – part apa saja yang di ganti sudah pernah ane bahas sebelumnya di artikel disini.

Antara lain  :

– Kabel body motor injeksi ( terserah mau paket mana yang mau di pake ) menggantikan kabel body asli.

– Throtle Body menggantika karburator

– ECM menggantikan CDI

– Fuel pump menggantikan Keran Vakum beserta pelampung bahan bakar

– Sepul , pulser dan magnet menggantikan yang asli

– Sensor EOT pake aslinya Vario 110

– Sensor O2 tidak termasuk dalam paket namun sang pemilik Vario menggantikannya dengan sensor O2 milik Mio-J

– Kiprok juga ganti karena yang aslinya terlalu kecil dan minus Capasitor Bank.

Turun mesin bro

Biar gampang.. mesin musti di turunin bro…. Hehehehehe….

Mari kita bahas satu satu kendala apa saja yang di hadapi beserta trik-trik mengakalinya.

Kendala pertama yang di temui  yaitu ketika memasang felpump pada tangki ori Vario 110

Kenapa pake tangki ori..?? karena pake tangki Bet Fi, Scoopy Fi apalagi Spacy ori gak bisa PNP ke frame Vario 110, jadi langkah mudah ya memodifikasi tangki ori ini agar bisa bi jejali fuelpump, lubang selang bahan bakar asli yang berada di bawah di tutup saja, karena pemasangan fuel pump ini dari atas.

Bikin dudukan baut 4 buah seperti ini.

Tangki BBM Vario 110

Setelah terpasang fuelpump hasilnya kira-kira seperti ini berooo….

fuel pump Vario 110 injeksi

Kendala kedua pada pemasangan magnet sepul. Meski memiliki dimensi yang sama , namun magnet sepul Vario 110 dan Beat Fi, Scoopy Fi atau Spacy Fi ini berbeda.

Bedanya terletak pada tonjolan ( pick-up ) biasa juga di sebut CKP atau apa ya bahasa lainnya…. pokoknya tonjolan pada magnet yang kemudian akan di baca oleh pulser ini jumlahnya beda.

Kalo di motor karbu ada 1 buah saja, di motor injeksi ada 9 . Nah lhooo…

Dan perbedaan lain pada lubang as’nya. Milik Beat Fi ini lubang asnya lebih kecil.

Gimana solusinya..??

Tonjolan magnet Vario 110 di modif

Kalo trik ane dulu waktu pasang di Vario Techno 110, ane bawa ke tukang bubut biar di gedhe’in lubang asnya.

Setelah as bisa masuk, eh ternyata tonjolan pulser tadi mentok rumah magnet juga pulsernya. Jadi tonjolannya ane papas juga sekita 0,5 mm.

Ternyata boss Ifatamotosport ini punya trik lain setelah mendengar cerita ane yang mungkin memang ribet.

Ifatamotosport mengakalinya dengan membuat duplikat tonjolan-tonjolan tadi denga posisi menyontek magnet asli Beat Fi…

Cerdas tenan berooo……..

Kendala ketiga pada pemasangan air intake filter atau selang yang menghubungkan Throtle Body dengan box filter.

Versi Beat Fi, filter berada di atas CVT, berbeda dengan Vario 110 yang masih berada di belakang karbu.

Kalo ane dulu sempat pasang filternya Beat Fi, tapi gak tau kenapa tarikan setelah kecepatan 80 km/jam tenaga seolah hilang.

Akhirnya tetep pake box filter ori Vario yang di sambung dengan selang radiator mobil, lalu di lem…

akali air intake tube Vario 110

Kendala lain jelas pada wiring harnes atau kabel body, seperti pada bagian spidometer dan lampu-lampu, namun sebenernya mudah mengakalinya, tinggal menghubung-hunbungkan saja dengan warna kabel yang sama, sedang bagian sensor sudah di jamin PNP dan tak akan tertukar .

Sepertinya hanya itu yang masih ane inget , jika ada yang kurang nanti di revisi kembali biar lebih informatif , maaf jika foto kurang lengkap, insya Alloh besok akan di lengkapi.

Sooooo.. ada yang mau mencoba…????

Info baru lagi… Juragan Ifatamotosport ini juga akan melakukan experiment pasang ACG starter di Vario 110 miliknya.. Besok pagi-pagi dah blusuk’an ke loakan nih buat berburu ACG starter Vario 125 :mrgreen:

Tunggu aja aksi mekanik TOP ini…

Semoga berguna.

Iklan

Komentar»

1. kura kura - 23 Februari 2014

pertamax kang

2. Aluvimoto - 23 Februari 2014
3. touringrider - 23 Februari 2014

Keren.

4. Fitready - 23 Februari 2014

ada perpanjangan tangan nih buat coba2 Haha

5. sijidewe - 23 Februari 2014

joss tenan

6. sijidewe - 23 Februari 2014
7. s0erya - 23 Februari 2014

weh,,, mumet…. 😀

8. omocho.com - 23 Februari 2014

angel yo

9. ipanase - 23 Februari 2014

ajin tenannnnn

10. cahyadip - 23 Februari 2014

Pcx150 bisa diinjeksikan? He he

11. rusman - 24 Februari 2014

nunggu kelanjutannya

12. Ujang Nurdin - 27 Februari 2014

Kalo di beat fi bisa di modif jd ACG ga? Mau dong. ACG nya berapa duit ya?

13. hayyu motor - 28 Februari 2014

Kembali ke sekolah… kalo nggak, bisa jadi mekanik gagap teknologi gue nih… Pertamax gan… Artikel nya inspiratif :mrgreen:

14. iwan - 1 Maret 2014

jozz kang..kreatif

15. ganda - 6 April 2014

maz saya mau nih paket injeksi yang sama seperti pada artikel di atas.,,.itung” juga buat Tugas Akhir ane.,,.mhon bimbinganya bangen.,,.

16. Anonim - 27 April 2014

wah, ane mu nyoba tuh, motor ane supra, tapi injesinya mio j, bisa gk ya??

17. ogut - 27 April 2014

wah, ane mu nyoba tuh, motor ane supra, tapi injesinya mio j, bisa gk ya??

18. Anonim - 5 Desember 2014

kirakira habis berapa mengganti injeksi


Bagaimana Menurut Masbro....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s