Experimen Pasang Capasitor Bank di NVL 23 Februari 2014
Posted by MazPed in Modif Kelistrikan, Review.Tags: aki soak, NVL, NVL aki tekor
trackback
Dah pada tau donk kalo NVL mengalami aki tekor.. di selah berapa kalipun mesin gak akan mau nyala.
Berbeda dengan old Vixion yang masih bisa diselah tanpa accu karena telah di bekali Capasitor Bank dengan kode part 3C1-H1965-00, entah kenapa pada NVL ini justru di hilangkan…
Padahal akibatnya fatal lho….
Bayangin aja kalo aki tekor dan mogok di jalan sepi atau tempat yang jauh dari tanda-tanda kehidupan…
Iso ngowoh pean di godani demit.
Okey…. langsung aja bengkel dibuka…
Regedeg…… ada NVL sowan silaturahmi guna pasang pengaman sentuh…
Kebetulan sekali bongkar NVL sekalian ijin experimen pasang Capasitor Bank di NVL…
Capasitor yang ane pake berukuran 15.000uF bro…
Cara pasang tinggal di paralel saja dengan accu.
Sebagai simulasi kalo accu koit, maka accu gak disambung kutub (+) nya.
Jadi kabel (+) accu langsung di hubungkan ke Capasitor.
Kontak di ON kan… lalu di selah…..
1 x …. aja gelem…
2 x …. ora gelem…
3 x …. ora gelem maning….
Minum aer dulu….
Nyoba nyelah lagi…….
Tapi tetep gak mau nyalah….
Intinya Gagal masbro…..
Yah namanya juga experimen, cuma iseng coba-coba.
Ada beberapa kemungkinan kenapa meski sudah di pasang Capasitor NVL di selah tetep gak mau nyalah…
1. Ukuran Capasitor kurang gedhe
2. Jalur pemasangan Capasitor Bank yang benar tidak seperti cara diatas, mungkin arus simpanan dari Cap Bank hanya di arahkan ke perangkat yang bersangkutan dengan injeksi saja, sedang cara di atas arus simpanan Cap Bank akan lari kemana-mana.
3. Capasitor Bank ori pabrikan bisa saja tak hanya berisi Capasitor saja, bisa jadi ada rangkaian tertentu sebagai penunjang fungsi Capasitor sebagai penyuply tegangan ke perangkat injeksi.
4. Montirnya bego, sok tau aja dan kurang kerjaan
Ane belum menyerah masbro… Semakin penasaran ama kasus ini.
Siap-siap berburu Capasitor Bank Old Vixi dan CB150R buat experimen lagi…
Hm…. ada yang mau jadi korban percobaan ane….???
latihan ngengkol po :v
wis taunan ra tau ngengkol…
Lagi sadar
wkwkwkwkwk
belum ada yang komentar
memantau
Melu nyimak…
jos tenan suara engine pas di selah..
aja gelem
ora gelem
ora gelem maning
aki-ku soak kang 😦
Subtitusinya pake accu Vario 125
iya.. ki mau arep tuku warunge tutup ra keliangan nek minggu..
Sekenan wae 150ewuan we, mbuh nak anyar
Uwes kang yuasa kena 230rb ki mau
ada banyak,,, tapi mosok kelinci percobaan yang menghampiri aljagal nya 😛
Lah mosok NVL uwong nang parkiran tak acak’acak 😆
bruakakakak…
kl boleh tau alamat bngkel nya dmna kang
Bengkel kaget mas…
Bukaknya cuman kalo ada pasien plus agak maksa..
(っˆヮˆ)っ ┼┼aa┼┼aa.. ┼┼aa┼┼aa..=))
Vario125 ku pernah soak akinya, ditambah bensin kering alias kehabisan bensin, tapi pas di isi bensin langsung nyala lagi, apakah ada kapasitornya?
Ada…
Di Honda rata-rata sudah dibekali Cap Bank, kcuali CBR series.
Lha ndak ada engkole, jadi buat apa pake Cap Bank
Didorong kale
Klo di supra x 125 helm in pgm fi udah ada Capasitor Bank blom kang…. klo blom ada, bisa ga ditambahin Capasitor Bank….. thx kang…
Motornya lagi iseng…. ngerjain montirnya sendiri wkwkwkwk
pulsar q pake caps.bank berhasil berhasil berhasil 😀
Pulsar injeksi…????
bisa jadi bisa jadi
seri build up?
Never give upppp…
———
Downgrde
nek di dorong pripun mas? mau idup ngga?
Test akselerasi honda verza 0 – 60 Km/h 😀
sy test capasitor bank di mio j gak berfungsi kalau tanpa aki, jadi perasaan ECM ama pompa Injeksi yamaha yg baru kok perlu tegangan besar ya? untuk NVL kalau ada yg mau coba pasang capasitor bank tanpa aki trus dorong mau hidup gak belum ada kelinci percobaan.
Injeksi Yamaha proses Bootingnya lama.
Bunyi nging… fuelpump ketika kontak on… ane nyebutnya booting.
Beda ama Honda yg cuma sebentar.
Kalo dilogikan bisa sih. Mungkin akinya sudah habis banget. Gak bisa kasih energi yang cukup buat di simpan kapasitor. Tau ah, cara kerja kapasitor sebenarnya itu gimana sih 😀
ganti kelistrikan pake old vixion 😀
mungkin aki juga harus dipasang meski sudah tekor, sebagai temporary
nunggu update trial-e
wah keren iki
coba kasih yang 1farad…audio mobil aja ajeb ajeb kalau di pake’i ntu.
tdk bisa langsung seperti itu,hrs kondisi normal dulu,biar capasitor terisi .
menyimak mas bro..
salam kenal..
http://hulssay.com/2014/02/24/tampil-keren-dengan-warna-rambut-terbaru/
Om kentoet boreup udah nyobain bro… Nyobanya pakai aki soak… Jadi tetep pake aki… 😀
Hasilnya….???
Btw.. kiprox NVL konon beda dgn kiprox old vixi, yang mengelola pengisian aki.
Menurut teknisinya kalo mau berhasil kudu ganti kiprox dulu.
Cmiiw
aki harus tetep nyambung mas bro. Karna menurut blog om kenthoet,kiprok ga mau ngeluarin listrik jika tidak ada aki.
Om kenthoet jg udah buktiin. nvl berhasil hidup dengan aki soak plus capasitor bank. Namun ketika aki dilepas, motor diengkol berkali kali jg ga mau hidup.
Jadi kesimpulannya,cuma masalah di aki. Harus nyambung. Besok lagi nyobanya pake aki tekor aja bro.
Mas aku punya yang 250.000uf/15v guede dipakai dibeat udah 5th accu ga ganti awet banget,temen udah pada ganti 2x
Sippp… guedhe’ne sepiro kui..?
kalo misale motor lg jalan tiba2 fuse putus gmn kang?
Ganti aja fuse pake cadangan’nya.
maksudnya kalo tiba2 fuse putus apa motor bisa mendadak mati kang 😀
Betul
[…] yang jadi referensi: # capasitor bank megison | pertamax7 Review: lampu dan sein gak ngedip . # capasitor bank nvl | mazped.com Review: pake elco 15000mf aki soak ragelem di selah # cappasitor bank oldvixion di nvl | […]
Salam kenal bro, kulo cah Kutoarjo.
Masukan aja: klo ditambah penyearah (dioda) mngkn ada efeknya bro. Tp aq jg blm pernah coba dink…….
Melu nyimak ae…
Ya kalo pake dioda kan arus jadi searah saja.
Sedang capasitor kan pertama buat ngisi (masuk) lalu buat nyuply (keluar)
Lah tambah dioda ya terus pie..
Rame banget.. pada ngapain yak?
usul
bukan sok!!
mungkin……
mungkin Ni yaaa….!!
mungkin tu Capasitornya belum keisi Sama arus listrik!!
jd coba sambungin dulu aki nya!!
bila perlu bangunin bentar tu “shincan” bila perlu geber dikit .Heeeeeeeee!!!
baru copot tu aki aki!!!
monggo dicoba!!
semoga berhasil!!
Bukan mas…
Masalah ada pada kiprok NVL yg akan meng-short arus ke massa jika tanpa aki.
Jadi disitu masalahnya.
*kata suhu Ovi
mas bro numpang nanya., NVL gw udah gw fullwave pake kiprok TIG*R., tapi kok lampu spido nyalanya tetep nunggu mesin nyala yah,ga mau jreeng pak kontak di ON., la itu ngambil arusnya dari mana??
Ya memang lampu backlight spido nyala tergantung rpm mas..
jd dalm kiprox nvl d semacam “relay” gtu pO mas??
kelebihan ato kekurangan ya mas??
atau mungkin bisa jg cap g mencukupi saat kompresi awal mesin (saat kontak on) n tenaga habis cuma buat bilang “Hi Broooo”
senang bisa konsultasi dg mazped!!
Cas dl capbanknya kali gan..
untung verza sy dah disimulasi; aki dicopot, tendang 3x kickstarter mesin langsung nyala.
Tp headlamp nyalanya kedip2 ngikut gas ky motor bebek
btw.. puaslah, buat jaga2 waktu aki tekor.
Cap Bank buat NVL tetap dtunggu updatenya mas.. salam..
wng ngd bro?
ya ampunnnnnnnnnn
mantapppppppppp
Setau ane capasitor bank harus di cas dulu bro. Soalnya awalnya kosong. Kalo langsung di konek ke aki malah jdi makan listrik yg ada di aki. Jdi sebaiknya di cas terlebih dahulu. CMIIW
Caoasitornya akan terisi pas kick starter di tendang mas.
Gak ada gunanya meng’charge kapasitor karna penyimpanannya hanya bersifat sementara.
d kc capasitor10000 mikro ‘d slah nyala kok
Mas bisa minta nmr hpnya
Buat apa mas 😀
Buat sering tentang motor injeksi
Siapa tau cocok